RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                : SMA
Mata Pelajaran                       : Biologi
Kelas/semester                       : XI/1
Materi Pokok                         : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Alokasi Waktu                      : 1 x 30 menit

 


A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
KI-1
1.1.  Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
1.1.1. Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manifestasi pengamalan ajaran Agama yang dianutnya.
KI-2
2.1. Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar.
2.1.1. Menunjukkan sikap dan perilaku yang ilmiah dalam observasi PPT maupun gambar yang ditampilkan tentang struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
2.1.2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

KI-3
3.3.  Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
3.3.1. Menganalisis gambar tentang struktur dan jaringan tumbuhan yang ditayangkan oleh guru.
3.3.2. Menggambarkan struktur dan jaringan tumbuhan.
KI-4
4.3.Mengamati dengan mikroskop struktur jaringan penyusun organ akar, batang dan daun tumbuhan monokotil dan dikotil dan mengkaitkan dengan letak dan fungsinya.
4.3.1. Mengkomunikasikan tentang struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dengan baik.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik mampu menjelaskan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan secara teliti.
2.      Peserta didik mampu menunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele dengan baik.
3.      Peserta didik mampu membedakan berbagai jaringan pada tumbuhan secara jelas.
4.      Peserta didik mampu menganalisis gambar tentang struktur dan jaringan tumbuhan yang ditayangkan oleh guru.
5.      Peserta didik mampu menggambarkan macam-macam jaringan dewasa secara jelas.
6.      Peserta didik mampu mengkomunikasikan tentang struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dengan baik.

D.    Materi Pembelajaran
Materi Pokok : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan 
-          Konsep
1.      Pengertian diferensiasi.
“Proses perubahan jaringan meristem menjadi jaringan-jaringan lain”.
2.      Pengertian totipotensi.
“Kemampuan dari sel tumbuhan untuk beregenerasi menjadi tanaman lengkap kembali”.
3.      Sebutkan macam-macam meristem berdasarkan posisinya dalam tubuh tumbuhan.
a.      Meristem Apikal; terdapat di ujung batang dan ujung akar.
b.      Meristem Lateral; terdapat di kambium dan kambium gabus (felogen).
c.       Meristem Interkalar; terdapat di antara jaringan dewasa, misalnya di pangkal ruas batang.
4.      Sebut dan jelaskan macam-macam jaringan dewasa.
a.      Jaringan pelindung (epidermis); jaringan terluar tumbuhan yang berasal dari jaringan protoderma dan menutupi seluruh tubuh tumbuhan.
b.      Jaringan dasar (parenkim); suatu jaringan yang terbentuk dari sel-sel hidup dengan struktur morfologi serta fisiologi yang bervariasi dan masih melakukan segala kegiatan proses fisiologis.
c.       Jaringan penyokong; terdiri dari kolenkim dan sklerenkim. Kolenkim terdiri dari sel-sel hidup yang bagian sudut dindingnya mengalami penebalan selulosa, sedangkan sklerenkim tersusun oleh sel-sel mati yang seluruh bagian dindingnya mengalami penebalan sehingga memiliki sifat yang kuat.
d.      Jaringan pengangkut; terdiri dari xylem dan floem. Xylem merupakan jaringan dewasa yang kompleks dan tersusun dari berbagai macam sel, sedangkan floem berfungsi mengangkut dan mengedarkan zat-zat makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Saintifik.
2.      Metode:
-          Ceramah,
-          Tanya jawab,
-          Pengamatan, dan
-          Diskusi.

F.     Media Pembelajaran
1.      PPT,
2.      Gambar,
3.      LKS,
4.      Laptop,
5.      Papan Tulis dan Spidol,
6.      D.A. Pratiwi, Sri Maryati, Srikini, Suharno, Bambang S. 2007.  BIOLOGI 2. Jakarta: Erlangga.
7.      Purnomo, Sudjino, Trijoko, Suwarno Hadisusanto. 2009. BIOLOGI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
8.      Adif Laksana, S.Si., Kurnia Nur Ainy, S.Pd., Titis Wira Iriyanti, Fitri Nadifah, S.Si., dkk. 2010. Welcome to UI, UGM, ITB, IPB, UNPAD, UPI, UNPAR, UNPAS, UNSWAGATI SNMPTN IPA. Yogyakarta: Kendi Mas Media.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Pendahuluan (4 menit)
-          Mengucapkan salam kemudian membaca doa.
-          Pengkondisian kelas dan memeriksa kehadiran peserta didik.
-          Penyampaian tujuan pembelajaran, dan
-          Apersepsi.

1.      Apersepsi
Guru memberikan pertanyaan:
1.      Apa itu jaringan?

B.     Kegiatan Inti (18 menit)
No.
Pendekatan
Saintifik
Kegiatan
Guru
Kegiatan
Siswa
Alokasi
Waktu
1.       
Mengamati
1.  Guru menampilkan PPT mengenai struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
1.  Peserta didik mengamati dan memperhatikan materi yang ditampilkan guru  mengenai struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
3 menit
2.       
Menanya
1.  Guru memberikan waktu kepada  peserta didik untuk bertanya mengenai struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
Peserta didik kemudian bertanya tentang:
1.  Bagaimana proses pengangkutan pada tumbuhan?
2.  Mengapa totipotensi dapat digunakan sebagai dasar dari kultur jaringan?  
3 menit
3.       
Mencoba/ Mencari Informasi
1.  Guru membagikan gambar/ lembar diskusi kepada setiap kelompok.  
2.  Guru menugaskan kepada peserta didik mengenai gambar yang telah dibagikan.
3.  Kemudian, diskusi mengenai struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dimulai. Guru hanya mengawasi jalannya diskusi agar kondisi kelas tidak gaduh.   
4.  Guru menilai sikap peserta didik dalam diskusi kelompok, dan membimbing/ menilai setiap pendapat dari peserta didik serta menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah.
1.  Peserta didik mendiskusikan gambar yang diberikan oleh guru.
2.  Setiap perwakilan dari tiap-tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya.  
5 menit
4.       
Menalar
1.      Guru menilai kemampuan siswa dalam mengolah informasi berdasarkan pengalaman.  
1.      Peserta didik dalam kelompoknya menyimpulkan hasil diskusi dari gambar monokotil dan dikotil.
2 menit  
5.       
Mengkomun-ikasikan
1.  Guru meminta perwakilan dari tiap-tiap kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi mengenai monokotil dan dikotil.
2.  Kemudian, Guru menilai cara berkomunikasi dari peserta didik.
1.  Peserta didik dalam tiap-tiap kelompoknya menyimpulkan hasil diskusinya tentang struktur dan jaringan tumbuhan kepada rekan-rekannya di depan kelas.
2 menit

C.    Penutup (8 menit)
-          Guru memberikan waktu kepada peserta didik untuk bertanya mengenai hal yang belum bisa dipahaminya.
-          Guru mengevaluasi ketercapaian indikator.
-          Guru menutup mata pelajaran dengan mengucapkan salam.

H.    Penilaian Hasil Belajar (Terlampir)
1.      Penilaian Spiritual
a.       Teknik       : Non-Test
b.      Instrumen : Penilaian diri
2.      Penilaian Afektif
a.       Teknik       : Non-Test
b.      Instrument : Penilaian diri
3.      Penilaian Kognitif
a.       Teknik       : Test (tulis)
b.      Instrument : Pilihan ganda (PG), Lembar kerja siswa (LKS)
4.      Penilaian Psikomotorik
a.       Teknik       : Non-Test
b.      Instrument : Observasi  







Kompetensi
Inti
Kompetensi
Dasar
Indikator
Teknik
Penilaian
Instrumen
Sikap Spiritual
1.3.  Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
1.1.1.      Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manifestasi pengamalan ajaran Agama yang dianutnya.
Non- Test
Penilaian diri
Sikap Sosial
2.3.Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar.
2.1.1        Menunjukkan  sikap dan  perilaku  yang ilmiah dalam observasi observasi PPT maupun gambar yang ditampilkan tentang struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
2.1.2        Menunjukkan sikap yang bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
Non-Test
Penilaian diri
Pengetahuan
3.3.Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
3.3.1.      Menganalisis gambar tentang struktur dan jaringan tumbuhan yang ditayangkan oleh guru.
3.3.2.      Menggambarkan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
Test tulis
Pilihan Ganda (PG) dan Lembar Kerja Siswa (LKS)
Keterampilan
4.3.Mengamati dengan mikroskop struktur jaringan penyusun organ akar, batang dan daun tumbuhan monokotil dan dikotil dan mengkaitkan dengan letak dan fungsinya.
4.3.1.      Mengkomunikasikan tentang struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dengan baik.
Non-Test
Lembar observasi


Lampiran 1: Sikap Spiritual
Non-Test – Penilaian Diri

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

A.           Petunjuk:
Lembar ini diisi oleh Guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (ü) pada kolom skor yang telah tersedia sesuai dengan sikap spiritual yang ditunjukkan oleh peserta didik.
Skor:
1.      Kurang, peserta didik tidak pernah melakukannya sama sekali.
2.      Cukup, peserta didik kadang-kadang melakukan.
3.      Baik, peserta didik sering melakukan.
4.      Sangat baik, peserta didik selalu melakukan.

No.
Aspek yang dinilai
Penilaian Skor
Jumlah
Skor
Nilai
1
2
3
4
1.       
Mengucapkan salam ketika memasuki ruangan kelas.






2.       
Membaca doa sebelum dan sesudah  melaksanakan pembelajaran.






3.       
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesara Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan.






4.       
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan sesuai Agama masing-masing.







                   Rubrik Penilaian Spiritual
No.
Aspek yang dinilai
Penilaian Skor
Jumlah
Skor
Nilai
1
2
3
4
1.       
Mengucapkan salam ketika memasuki ruangan kelas dan setelah pelajaran berakhir.
Peserta didik tidak mengucapkan salam ketika memasuki ruangan kelas dan setelah pelajaran berakhir.
Peserta didik kadang mengucapkan salam ketika memasuki ruangan kelas dan setelah pelajaran berakhir.
Peserta didik sering mengucapkan salam ketika memasuki ruangan kelas dan setelah pelajaran berakhir.
Peserta didik selalu melakukan salam ketika memasuki ruangan kelas dan setelah pelajaran berakhir.


2.       
Membaca doa sebelum dan sesudah  melaksanakan pembelajaran.
Peserta didik tidak membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran.
Peserta didik kadang membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran.
Peserta didik sering membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran.
Peserta didik selalu membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran.


3.       
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan.
Peserta didik tidak menambah keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan.
Peserta didik kadang menambah keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan.
Peserta didik sering menambah keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan.
Peserta didik selalu menambah keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saar mempelajari ilmu pengetahuan.


4.       
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan sesuai Agama yang dianutnya. 
Peserta didik tidak mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan sesuai Agama yang dianutnya.
Peserta didik kadang mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan sesuai Agama yang dianutnya.
Peserta didik sering mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan sesuai Agama yang dianutnya.
Peserta didik selalu mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan sesuai Agama yang dianutnya.




















Lampiran 2: Sosial
Non-Test – Penilaian Diri

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL

A.           Petunjuk:
Lembar ini diisi oleh Guru untuk menilai sikap sosial peserta didik. Berilah tanda cek (ü) pada kolom skor yang telah tersedia sesuai dengan sikap sosial yang ditunjukkan oleh peserta didik.
Skor:
1.      Kurang, peserta didik tidak pernah melakukannya sama sekali.
2.      Cukup, peserta didik kadang-kadang melakukan.
3.      Baik, peserta didik sering melakukan.
4.      Sangat baik, peserta didik selalu melakukan.

                   Nama                    : _____
                   Kelas/ Semester    : _____
                   Mata Pelajaran     : _____
                   Tanggal                : _____                                   
No.
Kriteria
Indikator Sikap
Jumlah Skor
4
3
2
1
1.       
Ketekunan Belajar





2.       
Kedisiplinan





3.       
Kerjasama





4.       
Menghargai Guru





5.       
Kejujuran





6.       
Tanggung Jawab





                  
Rubrik Penilaian Sikap Sosial

                   Nama                    : (Diisi oleh Guru)
                   Kelas/ Semester    : XI (Sebelas)/ 1 (Satu) 
                   Mata Pelajaran     : Biologi 
       Tanggal                : (Menyesuaikan tanggal pada saat penilaian sikap sosial)

 Skor:
1.      Kurang, peserta didik tidak pernah melakukannya sama sekali.
2.      Cukup, peserta didik kadang-kadang melakukan.
3.      Baik, peserta didik sering melakukan.
4.      Sangat baik, peserta didik selalu melakukan.
No.
Kriteria
Indikator Sikap
Jumlah Skor
4
3
2
1
1.       
Ketekunan Belajar
Peserta didik tekun dan rajin dalam belajar.
Peserta didik  tekun tetapi tidak rajin dalam belajar.
Peserta didik kurang tekun dan rajin dalam belajar.
Peserta didik  tidak tekun dan tidak rajin dalam belajar.

2.       
Kedisiplinan
Peserta didik mentaati peraturan sekolah tanpa harus disuruh Guru.
Peserta didik mentaati semua peraturan sekolah dan harus disuruh oleh Guru.
Peserta didik kurang mentaati peraturan sekolah dan harus disuruh oleh Guru.
Peserta didik tidak mentaati peraturan sekolah dan harus disuruh oleh Guru.

3.       
Kerjasama
Peserta didik mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok  dan aktif.
Peserta didik mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok tetapi peserta didik kurang aktif dalam kelompok.
Peserta didik kurang mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok tetapi peserta didik tidak aktif dalam kelompok. 
Peserta didik tidak mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok  dan tidak aktif dalam kelompok.

4.       
Menghargai Guru
Peserta didik menghargai Guru didalam maupun diluar lingkungan sekolah.
Peserta didik menghargai Guru hanya didalam kelas.
Peserta didik kurang menghormati Guru baik didalam maupun diluar lingkungan sekolah. 
Peserta didik tidak menghargai Guru baik didalam maupun diluar lingkungan sekolah.

5.       
Kejujuran
Peserta didik selalu berkata jujur tanpa disuruh dan diawasi oleh Guru.
Peserta didik berkata jujur tetapi dalam pengawasan dan disuruh oleh Guru.
Peserta didik kurang berkata jujur walaupun didalam pengawasan dan disuurh oleh Guru.
Peserta didik tidak pernah berkata jujur.

6.       
Tanggung Jawab
Peserta didik selalu bertanggung jawab dalam semua tugas tanpa pengawasan oleh Guru.
Peserta didik bertanggung jawab dalam semua tugas dan dengan pengawasan oleh Guru.
Peserta didik kadang bertanggung jawab dalam semua tugas dan dengan pengawasan oleh Guru. 
Peserta didik tidak bertanggung jawab dalam semua tugas.
























Lampiran 3: Pengetahuan
Test – test tulis
PG dan LKS


Lembar soal PG
No.
Indikator
Soal
Kunci
Jawaban
Skor
1.       
Menganalisis gambar tentang struktur dan jaringan tumbuhan yang ditayangkan oleh guru.
Perhatikan gambar dibawah ini!







Pada gambar tersebut, yang bertanda X yaitu…
  1. Meristem Apikal
  2. Korteks
  3. Parenkim 
  4. Perisikel
  5. Meristem Lateral
A
10
2.       
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
Fungsi dari kolenkim adalah…
a.       Sel-selnya hidup dan berperan dalam pengangkutan hasil fotosintesis
b.      Memperkuat jaringan lain dan dapat berubah menjadi meristematis
c.       Mengokohkan bagian tumbuhan yang masih muda
d.      Jaringan tumbuhan yang berperan dalam pembentukan tunas
e.       Melindungi jaringan yang berada dibawahnya
B
10
3.       

Struktur berikut yang  berasal dari perkembangan sel epidermis adalah…
A.    Saluran getah 
B.  Daun mahkota
C.  Mulut daun
D.  Cabang akar
E.   Helai daun
C
10
4.       

Sel-sel epidermis pada daun dapat mengalami perubahan bentuk menjadi…
A.    Stomata
B.  Lentisel
C.  Kutikula
D.  Rambut akar
E.   Saluran getah
A
10
5.       

Fungsi stomata pada tumbuhan adalah…
A.    Pertukaran udara       
B.  Cadangan air
C.  Absorpsi air dan garam mineral 
D.  Proteksi terhadap kehilangan air
E.   Melindungi jaringan dibawahnya
A
10
6.       

Stomata tumbuhan membuka pada saat…
A.    Volume air dalam sel penjaga tinggi
B.  Volume air dalam sel penjaga sedikit
C.  Ion K+ dalam sel penjaga sedikit
D.  CO2 tanaman banyak
E.   pH sel penjaga rendah
A
10
7.       
Membedakan antara jaringan pada tumbuhan
Jaringan penyimpan udara (aerenkim) pada tumbuhan banyak dijumpai pada jaringan…
A.    Epidermis                  
B.     Endodermis
C.     Perisikel
D.  Korteks                         
E.   Pengangkut
D
10
8.       

Jaringan tumbuhan yang berperan dalam pembentukan tunas adalah…
A.    Xylem              
B.  Kolenkim
C.  Parenkim        
D.  Sklerenkim
E.   Epidermis
C
10
9.       
Mengemukakan sifat-sifat yang dimiliki jaringan dewasa
Berikut ini merupakan sifat-sifat yang dimiliki oleh jaringan dewasa, kecuali
A.    Diantara sel-selnya dijumpai ruang antar sel
B.  Kadang-kadang selnya telah mati
C.  Mempunyai vakuola yang besar
D.  Tidak mengalami diferensiasi
E.   Selnya mengalami penebalan dinding sesuai dengan fungsinya
D
10
10.   
Membedakan tumbuhan dikotil dan monokotil
Tumbuhan dikotil dapat dibedakan dari monokotil berdasarkan ciri khas di bawah ini, kecuali…
A.    Morfologi bunga
B.       Anatomi batang
C.       Susunan akar
D.      Susunan tulang daun
E.       Sel haploid
E
10
            NA = ∑skor*1





LKS

LEMBAR KERJA SISWA

Judul                    : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Tujuan        : Mengamati perbedaan struktur akar tumbuhan monokotil dan dikotil
Metode       : Observasi dan diskusi
Waktu         : 5 menit

Cara Kerja :

1.      Amatilah gambar berikut ini dan tuliskan dengan bagian-bagiannya secara jelas! 
B
 
C
 
C
 
D
 
D
 
Untitled-6
















A.    ……………...
B.     ………………
C.     ………………
D.    ………………
Pertanyaan Diskusi

1.      Apa perbedaan yang mecolok dari kedua gambar tersebut?
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.      Apakah fungsi dari keduanya sama/ tidak? Kemukakan pendapatmu!
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.      Sebutkan ciri-ciri dari tumbuhan monokotil dan dikotil!
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
















Lampiran 3: Keterampilan
Non-Test – Lembar observasi

INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

                   Kelas/ Semester    : _____
                   Mata Pelajaran     : _____
 Tanggal                : _____
No.
Nama
Peserta Didik
Skor Kegiatan Peserta Didik
Keaktifan Bertanya
Peserta Didik
Aktivitas
Kelompok
Cara Komunikasi/
Menyimpulkan
Baik
Sedang
Kurang
Baik
Sedang
Kurang
Baik
Sedang
Kurang
1.       









2.       









3.       
Dst.









Skor:
Baik                 = Skor 5,
Sedang            = Skor 3 – 4,
Kurang            = Skor 1 – 2.

Pa = x100 %

Keterangan:
𝑃𝑎       = Persentase keaktifan peserta didik.  
N𝑚      = Jumlah skor tiap indikator aktivitas yang diperoleh siswa.
𝑁         =  Jumlah skor maksimum tiap indikator aktivitas siswa.


Rubrik Penilaian Keterampilan

                   Kelas/ Semester    : _____
                   Mata Pelajaran     : _____
 Tanggal                : _____
No.
Nama
Peserta Didik
Skor Kegiatan Peserta Didik
Keaktifan Bertanya
Peserta Didik
Aktivitas
Kelompok
Cara Komunikasi/
Menyimpulkan
Baik
Sedang
Kurang
Baik
Sedang
Kurang
Baik
Sedang
Kurang
1.       
A
5



3


3

2.       
B

4

5




1
3.       
Dst.









Skor:
Baik           = Skor 5,
Sedang      = Skor 3 – 4,
Kurang      = Skor 1 – 2.




No comments:

Post a Comment