RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 10 Kota Tangerang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : XI/ Ganjil
Materi
Pokok : Sel (komponen
penyusun sel )
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pencapaian
Kompetensi
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
|
1.1
Menghayati dan mengamalkan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang
struktur dan fungsi sel, jaringan, organ dan sistem dalam tubuh manusia,
dengan cara menjaga serta
memeliharanya menurut
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengalaman ajaran agama yang dianutnya.
|
2
|
2.1 Berperilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; disiplin, jujur;
teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
secara gotong royong,
kerjasama,
resposif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
|
2.1.1. Menunjukkan sikap
ilmiah saat mengamati, mengkaji melaporkan hasil pengamatan gambar struktur sel hewan dan tumbuhan
melalui literatur.
2.1.2.
Menunjukkan sikap ilmiah saat mengamati, melaporkan secara lisan saat diskusi hasil pengamatan
sederhana sel.
2.1.3. Melakukan
dengan penuh tanggung jawab pelaksanaan kegiatan pengamatan dengan
memperhatikan pengamatan gambar struktur sel hewan dan tumbuhan.
|
3
|
3.1
Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit
terkecil kehidupan, mengidentifikasi
organel sel melalui pengamatan.
|
3.1.1.
Mengidentifikasi organela sel hewan dan tumbuhan berdasarkan literatur/gambar
3.1.2. Menjelaskan fungsi masing-masing
dari organella sel
3.1.3 Menjelaskan perbedaan
organel sel tumbuhan dan sel hewan
|
4
|
4.1 Melakukan
pengamatan mikroskopis sel umbi lapis bawang merah dan sel epitel pipi,
mengidentifikasi organel
penyusunnya serta fungsinya.
|
4.1.1 Mengamati mikroskopis sel umbi lapis bawang merah
dan sel epitel pipi
4.1.2 Mengidentifikasi organel penyusunnya serta
fungsinya.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 3
1.1.1
Melalui
pengamatan pada lingkungan sekitar, peserta didik dapat mengagumi keteraturan
dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengalaman ajaran agama yang dianutnya.
2.1.1
Melalui
pengamatan peserta
didik mampu menunjukkan sikap ilmiah
saat mengamati, mengkaji melaporkan hasil pengamatan gambar struktur sel hewan dan
tumbuhan melalui literatur.
2.1.2
Melalui
pengamatan peserta
didik menunjukkan sikap ilmiah saat mengamati, melaporkan secara lisan saat
diskusi hasil pengamatan sederhana sel.
2.1.3
Melalui
pengamatan peserta
didik melakukan dengan penuh tanggung jawab pelaksanaan kegiatan pengamatan
dengan memperhatikan pengamatan gambar struktur sel hewan dan tumbuhan.
3.1.1
Peserta didik mampu mengidentifikasi organela sel
hewan dan tumbuhan berdasarkan literatur/gambar
3.1.2
Peserta didik mampu menjelaskan fungsi masing-masing dari organella
sel
3.1.3
Peserta didik mampu membedakan organel sel tumbuhan
dan sel hewan
D. Materi Pembelajaran
Materi
Esensial
a. Organel dan Fungsi Bagian-Bagian Sel
Retikulum
Endoplasma (RE)
Merupakan
kantung-kantung pipih dan tabung dua lapis membran yang meluas dan menutupi
sebagian besar sitoplasma dan berhubungan dengan membran inti. Terbagi atas
Retikulum Endoplasma Halus (REH) dan Retikulum Endoplasma Kasar (REK). Fungsi : alat transportasi zat-zat di dalam sel.
Ribosom
Merupakan butiran kecil nukleoprotein yang tersebar di dalam sitoplasma. Fungsi : untuk melangsungkan sintetis protein.
Merupakan butiran kecil nukleoprotein yang tersebar di dalam sitoplasma. Fungsi : untuk melangsungkan sintetis protein.
Badan
Golgi
Merupakan kantung
pipih bertumpuk yang tersusun dari ukuran besar hingga ukuran kecil dan terikat
pada membran. Fungsi : untuk memproses protein dan molekul lain yang akan
dibawa keluar sel atau ke membran sel dan membentuk lisosom
Mitokondria
Merupakan organel bermembran rangkap, tersusun atas membran luar, membran dalam yang berlekuk-lekuk (krista) dan matriks mitokondria. Fungsi : tempat respirasi aerob untuk pembentukan ATP sebagai sumber energi sel.
Merupakan organel bermembran rangkap, tersusun atas membran luar, membran dalam yang berlekuk-lekuk (krista) dan matriks mitokondria. Fungsi : tempat respirasi aerob untuk pembentukan ATP sebagai sumber energi sel.
Lisosom
Berbentuk kantong-kantong kecil dan umumnya berisi enzim pencernaan (hidrolisis) yang berfungsi dalam peristiwa pencernaan intra sel. Sehubungan dengan bahan yang dikandungnya lisosom memiliki peran dalam peristiwa:
Berbentuk kantong-kantong kecil dan umumnya berisi enzim pencernaan (hidrolisis) yang berfungsi dalam peristiwa pencernaan intra sel. Sehubungan dengan bahan yang dikandungnya lisosom memiliki peran dalam peristiwa:
• pencernaan intrasel
: mencerna materi yang diambil secara fagositosis.
• eksositosis
: pembebasan sekrit
keluar sel.
• autofagi
: penghancuran
organel sel yang sudah rusak
• autolisis
:
penghancuran diri sel dengan cara melepaskan enzim pencerna dari dalam lisosom
ke dalam sel. Fungsi : sebagai penghasil dan penyimpan enzim
pencernaan seluler.
Sentrosom
(Sentriol)
Berbentuk bintang
yang berfungsi dalam pembelahan sel (Mitosis maupun Meiosis). Sentrosom
merupakan organel yang disusun oleh dua sentriole. Sentriole berbentuk seperti
tabung dan disusun oleh mikrotubulus yang terdiri atas 9 triplet,
terletak di dekat salah satu kutub inti sel.
Fungsi : berperan dalam proses pembelahan sel dengan membentuk benang spindel. Benang spindel inilah yang akan menarik kromosom menuju ke kutub sel yang berlawanan.
Fungsi : berperan dalam proses pembelahan sel dengan membentuk benang spindel. Benang spindel inilah yang akan menarik kromosom menuju ke kutub sel yang berlawanan.
Plastida
Merupakan organel
yang umumnya berisi pigmen.
Lekoplas (Plastida berwarna
putih berfungsi sebagai penyimpan makanan), terdiri dari:
• Amiloplas (untak menyimpan amilum)
• Elaioplas (Lipidoplas) (untukmenyimpan
lemak/minyak)
• Proteoplas (untuk menyimpan protein).
Kloroplas yaitu plastida berwarna hijau. Plastida ini berfungsi
menghasilkan klorofil dan sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis.
Kromoplas yaitu plastida yang mengandung pigmen, misalnya :
1. Karotin (kuning)
2. Fikodanin (biru)
3. Fikosantin (kuning)
4. Fikoeritrin (merah)
Vakuola
Merupakan rongga yang terbentuk di dalam sel, dan dibatasi membran yang disebut tonoplas. Pada beberapa spesies dikenal adanya vakuola kontraktil dan vaknola non kontraktil. Pada tumbuhan vakuola berukuran sangat besar dan umumnya termodifikasi.
Merupakan rongga yang terbentuk di dalam sel, dan dibatasi membran yang disebut tonoplas. Pada beberapa spesies dikenal adanya vakuola kontraktil dan vaknola non kontraktil. Pada tumbuhan vakuola berukuran sangat besar dan umumnya termodifikasi.
Fungsi :
berisi alkaloid, pigmen anthosianin, tempat penimbunan sisa metabolisme,
ataupun tempat penyimpanan zat makanan. Pada sel
hewan vakuolanya kecil atau tidak ada, kecuali hewan bersel satu. Pada hewan bersel satu terdapat dua jenis vakuola yaitu vakuola makanan
yang berfungsi dalam pencernaan intrasel dan vakuola kontraktil yang berfungsi
sebagai osmoregulator.
Mikrotubulus
Berbentuk benang silindris, dan kaku. Fungsi : melindungi dan memberi bentuk sel dan berperan dalam pembentukan sentriol, silia, maupun flagela.
Berbentuk benang silindris, dan kaku. Fungsi : melindungi dan memberi bentuk sel dan berperan dalam pembentukan sentriol, silia, maupun flagela.
Mikrofilamen
Mikrofilamen mirip seperti mikrotubulus, tetapi diameternya lebih kecil. Bahan yang membentuk mikrofilamen adalah aktin dan miosin seperti yang terdapat pada otot.
Mikrofilamen mirip seperti mikrotubulus, tetapi diameternya lebih kecil. Bahan yang membentuk mikrofilamen adalah aktin dan miosin seperti yang terdapat pada otot.
Fungsi :
berperan dalam proses pergerakan sel, endositosis, dan eksositosis.
Peroksisom
(Badan Mikro)
Merupakan kantong
kecil yang berisi enzim katalase, organel ini banyak ditemui pada sel hati.
Fungsi : menguraikan peroksida (H2O2) yang merupakan sisa metabolisme yang bersifat toksik menjadi air dan oksigen. Glioksisom adalah badan mikro pada tumbuhan, berperan dalam proses pengubahan senyawa lemak menjadi sukrosa.
Fungsi : menguraikan peroksida (H2O2) yang merupakan sisa metabolisme yang bersifat toksik menjadi air dan oksigen. Glioksisom adalah badan mikro pada tumbuhan, berperan dalam proses pengubahan senyawa lemak menjadi sukrosa.
Inti Sel
(Nukleus)
Organel yang
mengatur semua kegiatan dalam sel.
Inti sel terdiri
dari bagian-bagian yaitu :
• Membran Inti (Karioteka)
• Nukleoplasma (Kariolimfa)
• Kromatin / Kromosom
• Nukleolus(anak inti).
Fungsi : mengatur
semua aktivitas (kegiatan) sel, karena di dalam inti sel terdapat kromosom yang
berisi ADN yang mengatur sintesis protein.
• Mengendalikan proses berlangsungnya metabolimsme
dalam sel.
• Menyimpan informasi genetik
• Tempat terjadinya replikasi
E. Metode Pembelajaran
1. Pembelajaran Saintifik
2. Pembelajaran Discovery Learning
F. Media Pembelajaran
1. Media
a. Audiovisual (Video)
b. Visual (PPT)
2. Alat dan Bahan
a. White board
b. LCD
c. Laptop
G. Sumber Belajar
Neil
Campbell and Jane Reece.Biology.Edisi
8.jilid 1.Erlangga
Nurrohmah, Siti dkk. 2009.Biologi SMA Kelas XI. Jakarta: Pusat perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional
Aryulina, Diah dkk. 2007. Biologi SMA dan MA untuk Kelas XI.
Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama
H. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Pertemuan 3
No.
|
Pendekatan Saintifik
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Guru
|
Peserta didik
|
|||
1.
|
PENDAHULUAN
|
1.
Guru mengucapkan salam kepada peserta didik, berdoa, dan absensi
2.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi
3.
Aperspsi,Guru melemparkan bola kepada peserta didik dengan beberapa
pertanyaan
4.
Menjelaskan peta konsep dan
mendeskripsikan
analogi sel
|
1. Menjawab
salam dan Berdoa
2.Peserta
didik membacakan tujuan pembelajaran
3.
Peserta didik berebut untuk menangkap bola dan peserta didik menjawab
pertanyaan dari guru
4.
Peserta didik memperhatikan guru
|
3 Menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
Mengamati
|
1.Guru
menggunakan slide presentasi untuk menjelaskan
materi
3.Guru memperlihatkan video tentang sel-sel tumbuhan dan hewan
|
1.
peserta didik menyimak guru menjelaskan materi
2.
peserta didik mengamati masing-masing gambar sel dan meyaksikan video
|
6 Menit
|
|
Menanya
|
1.Guru menstimulasi rasa penasaran peseta didik,
sehingga muncul petanyaan-pertanyaan baru dari peserta didik
|
1.Peserta didik mendiskusikan
hasil temuan yang didapatkan dari proses mencermati gambar slide berbagai sel
2. Peserta didik diharapkan
bertanya “apakah dari ke2 sel tersebut ada perbedaannya ?
“apakah fungsi organel-organel dari ke 2 sel
tersebut sama ?
|
2 Menit
|
|
Mencoba
|
1.Guru
membagi 2 kelompok dalam belajar
2.
Guru memberikan LKS kepada masing-masing kelompok , kelompok mengamati organel, fungsi, dan perbedaan
pada gambar sel tumbuhan dan sel hewan
3.Guru memfasilitasi peserta
didik untuk mengamati dan menjawab organel-organel apa saja yang terlihat
pada gambar beserta fungsinya
|
1. Peserta didik melihat dan
mencoba mengamati dan berdiskusi melalui literature tentang organel-organel
sel, fungsi, dan perbedaannya.
|
3 Menit
|
|
Menalar
|
1.Guru memberi kesempatan kepada
peserta didik untuk mencari informasi sendiri tentang pengamatan yang
dilakukan
|
1. Peserta didk diberi kesempatan
untuk mengkaji dan mencari informasi dari literature yang ada
2. Peserta didik mencari
informasi dan mengaitkan informasi yang
telah didapat dan mencri solusi untuk pengolahan informasi yang memiliki
pendapat yang berbeda
|
2 Menit
|
|
Mengkomunikasi
|
1.Guru memfasilitasi peserta
didik perwakilan kelompok untuk mengkomunikasikan hasil diskusi.
|
1.
perwakilan masing-masing kelompok mengemukakan
jawaban atau mengkomunikasikan hasil diskusi dari pengamatan tersebut
|
7 Menit
|
3.
|
PENUTUP
|
1. Guru memfasilitasi peserta
didik untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Guru memberikan evaluasi
kepada peserta didik
3. Guru mmberikan penugasan untuk
mengumpulkan hasil diskusi dan resumenya dalam bentuk portofolio
3.Guru
menutup pelajaran hari ini dengan membaca doa dan mengucapkan salam
|
1.
peserta didik menyimpulkan materi tentang sel yang telah dipelajari
2. Peserta
didik menjawab soal-soal yang di berikan
4. Peserta didik membaca doa dan
mengucapkan salam
|
7 Menit
|
I. Penilaian Hasil Belajar (Terlampir)
1.
Penilaian
Spiritual
Teknik : Observasi
Instrument : Lembar observasi
2.
Penilaian Afektif
Teknik : Penialain
antar peserta didik
Instrument : Lembar Penialain antar peserta didik
3.
Penilaian Kognitif
Teknik : Tes
Instrument : Lembar soal pilihan ganda
4.
Penilaian Psikomotor
Teknik :
Portofolio
Instrument : Lembar Portofolio
Jakarta, 14 Oktober
2015
Mengetahui
Dosen Pembimbing Mahasiswa
Nengsih
Juanengsih, M.Pd Putri
Yuliandari
1112016100054
J.
Lampiran-lampiran
1.
Penilaian
Spiritual
Lembar observasi
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai spiritual peserta
didik dalam melakukan diskusi kelompok. Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti. Berilah
tanda cek (√) sesuai dengan kondisi peserta didik dalam proses pembelajaran.
No.
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang dinilai
|
Total
skor
|
Nilai
|
Huruf
|
|||||||||||
Menghormati
guru dan menghargai antar teman
|
Berdoa
sebelum belajar dan sesudah belajar
|
Mengetahui
dan menyadari kebesaran ciptaan Allah swt
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Skor 1 = tidak pernah
Skor 2 = kurang
Skor 3 = kadang-kadang
Skor
4 = selalu
NA = ∑skor / 3
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013, Peserta Didik
memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik : apabila
memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik : apabila
memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila
memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : apabila
memperoleh skor : skor ≤ 1,33
2. Penilaian Afektif
Lembar Penilain antar teman
Lembaran ini diisi oleh peserta didik untuk menilai
sikap sosial peserta didik lainnya dalam melakukan diskusi kelompok. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan
teliti. Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan
keadaan pembelajaran.
Nama peserta didik yang menilai : ………………….
Kelompok : ………………….
Kelas : ………………….
No.
|
Nama Peserta didik
|
Aspek
yang dinilai
|
Total
skor
|
Nilai
|
Huruf
|
|||||||||||||||
Jujur
|
Bertanggung
jawab
|
Saling
Menghargai
|
Disiplin
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
·
Skor 1 = pasif/tidak pernah berprilaku dalam kegiatan
·
Skor 2 = jika kadang-kadang berprilaku dalam kegiatan
·
Skor 3 = jika sering berprilaku dalam kegiatan
·
Skor 4 = jika selalu berperilaku dalam kegiatan
NA
= ∑skor / 4
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013, Peserta Didik
memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33
3.
Penilaian Kognitif
Lembar
soal
No.
|
Indikator
|
Soal PG
|
Kunci jawaban
|
Skor
|
1.
|
3.1.2. Menjelaskan fungsi masing-masing
dari organella sel
|
Mengatur kapan,
di mana, ekspresi gen-gen harus dimulai, dijalankan, dan diakhiri adalah
salah satu fungsi dari organel…
a. Membrane plasma
b. Nucleus
c. Membrane inti
d. Mitokondria
e. Lisosom
|
B
|
10
|
2.
|
3.1.3 Menjelaskan perbedaan
organel sel tumbuhan dan sel hewan
|
Apabila dilakukan pengamatan sel hewan dengan menggunakan mikroskop
cahaya, bagian sel yang tidak teramati pada pengamatan tersebut …
f. Dinding sel
g. Membrane sel
h. Sitoplasma
i.
Inti sel
j.
Mitkondria
|
A
|
10
|
3.
|
3.1.1.
Mengidentifikasi organela sel hewan dan tumbuhan berdasarkan literatur/gambar
3.1.2. Menjelaskan fungsi masing-masing
dari organella sel
|
Organel X pada gambar
berikut memiliki fungsi...
a. Alat Transportasi
b. Sintesis molekul besar
c. Respirasi sel
d. Sekresi dan eksresi zat
e. Pengendali sintesis protein
|
C
|
10
|
4.
|
3.1.2. Menjelaskan fungsi masing-masing
dari organella sel
|
Organel yang berfungsi
untuk membentuk gelendong pembelahan pada hewan adalah ....
a.mikrotubulus. b.lisosom
c.
mikrofilamen
d. sentriol
e. mitokondria
|
D
|
10
|
5.
|
3.1.3 Menjelaskan perbedaan
organel sel tumbuhan dan sel hewan
|
Bagian yang hanya terdapat pada sel tumbuhan
adalah
a.
nukleus dan vakuola
b. mitokhondria dan dinding sel
c. lisosom
dan butir plastida
d.
lisosom dan dinding sel
e. butir
plastida dan dinding sel
|
E
|
10
|
NA= ∑skor * 2
4.
Penilaian Psikomotor
Lembar Portofolio
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai penugasan portofolio
yang telah dibuat oleh peserta didik dalam
melakukan penugasan individu dan diskusi kelompok. Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi peserta didik dalam proses
pembelajaran.
No.
|
KI/KD
|
Waktu
|
Macam Portofolio
|
Total
skor
|
|||||||||||||||
Kualitas Rangkuman
|
Makalah
|
Laporan pengamatan/diskusi
|
Kerapihan
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
KI 4
KD 4.1
PI 1.
|
30
menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
PI adalah
Pencapaian Indikator.
Rubrik
·
Skor 1 = pasif/tidak pernah berprilaku dalam kegiatan
·
Skor 2 = jika kadang-kadang berprilaku dalam kegiatan
·
Skor 3 = jika sering berprilaku dalam kegiatan
·
Skor 4 = jika selalu berperilaku dalam kegiatan
NA
= ∑skor / 4
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013, Peserta Didik
memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33
LEMBAR
KERJA SISWA
A.
Judul
Mengamati sel tumbuhan dan sel
hewan
B.
Kompetensi
Dasar
3.1
Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit
terkecil kehidupan, mengidentifikasi
organel sel melalui pengamatan.
C.
Tujuan
1. Peserta didik
mampu mengidentifikasi organela sel hewan dan tumbuhan berdasarkan
literatur/gambar
2. Peserta didik
mampu menjelaskan fungsi masing-masing dari organella sel
3. Peserta didik
mampu membedakan organel sel tumbuhan dan sel
D. Landasan Teori
Struktur
fungsional terkecil dari makhluk hidup (organisme) adalah sel. Sel merupakan
suatu bangunan berupa ruangan yang ukurannya sangat kecil (mikron). Sel pertama
kali diamati oleh Ilmuwan berkebangsaan Inggris yang bernama Robert Hooke.
Hooke pada saat itu mengamati irisan gabus dengan mikroskopnya dan dilihatnya
ruangan-ruangan kecil yang kosong (karena sudah mati). Penemuan-penemuan
selanjutnya diketahui bahwa sel tersusun atas bagianbagian sel dan tiap-tiap
bagian memiliki peranan tertentu.
Secara umum,
sel tersusun atas: membran sel, sitoplasma, inti, dan organella seluler.
Bagian-bagian tersebut berfungsi secara terpadu untuk mempertahankan kehidupan
sel. Didalam sel terdapat membran sel yaitu selaput yang membatasi sel dengan
lingkungan disekelilingnya, bersifat semipermiabel dan berfungsi sebagai
pelindung, Sitoplasma atau cairan sel yaitu substansi cair yang mengisi ruang
dalam sel. Nukleus atau inti sel yaitu bangunan berbentuk bulat biasanya
ditengah sel dan mengandung materi genetik DNA dan RNA. Mitokondria yaitu
bangunan lonjong yang didalam terdapat banyak lipatan lipatan. Ribosoma yaitu
bangunan bulat kecil-kecil yang fungsinya untuk menyusun dan membentuk protein,
Badan Golgi fungsinya untuk mengekspor protein dari dalam sel keluar sel.
Lisosom tempat digesti seluler, termasuk penghancuran benda-benda asing
seperti: bakteri, virus dsb
Sel itu terbagi
atas dua yaitu sel hewan dan sel tumbuhan. Sel hewan memiliki kemiripan dengan
sel manusia. Bahkan , ada pula yang menyatakan jika keduanya sama. Karena itu,
struktur sel hewan dapat diwakili pengamatannya melalui sel manusia. Sedangkan
sel tumbuhan dapat dilakukan pengamatan melalui sel bawang merah.
Didalam sel,
terdapat tiga bagian sel , meliputi membran sel, sitoplasma, dan
organel-organel penyusun sel. Organel sel bisa dilakukan pengamatan dengan
menggunakan mikroskop elektron. Kemudian, yang perlu ditekankan bahwa sel hewan
memiliki struktur berbeda dengan sel tumbuhan.
E. Alat dan Bahan
a.
Pulpen
b.
Pensil
c.
kertas
F. Langkah Percobaan
a.
Amatilah gambar di bawah ini dan beri keterangan.
G. Hasil Pengamatan
Sel
Tumbuhan
|
Bagian
– bagian sel
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
Sel
Hewan
|
Bagian-bagian
sel
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
H. Diskusi
1.
Jodohkan organel sel sesuai fungsinya
!
No.
|
Bagian-bagain
sel
|
jawaban
|
Fungsi
|
1.
|
Dinding
sel
|
|
a.
Sintesis protein
|
2.
|
Membran
sel
|
|
b.
Mengahsilkan ATP, respirasi seluler
|
3.
|
Nukleus
|
|
c.
Fagositosis, Autofagi
Autolisis
|
4.
|
Sitoplasma
|
|
d.
Pembentukan lisosom, enzim, membrane plasma, dan
Sebagai penerima dan pengirim vesikula transpor
|
5.
|
RE
|
|
e.
Pembatas
|
6.
|
Ribosom
|
|
f.
Pelindung, pencegah
|
7.
|
Badan
golgi
|
|
g.
Proses pembelahan sel
|
8.
|
Lisosom
|
|
h.
Pusat control
sel
|
9.
|
Mitokondria
|
|
i.
Sintesis lipid (Reh), sintesis protein (Rek)
|
10.
|
Kloroplas
|
|
j.
Fotosintesis
|
11.
|
Vakuola
|
|
k.
Fotosintesis, menyimpan cadangan makanan
|
12.
|
Sentriol
|
|
l.
Metabolisme sel
|
13.
|
Plastida
|
|
m.
Penyimpan cadangan makanan, mengatur tekanan turgor
sel tumbuhan
|
2.
Ceklist tabel di bawah ini sesuai
letaknya !
No.
|
Bagian-bagain
sel
|
Plant
|
Animal
|
1.
|
Dinding sel
|
|
|
2.
|
Membran sel
|
|
|
3.
|
Nukleus
|
|
|
4.
|
Sitoplasma
|
|
|
5.
|
RE
|
|
|
6.
|
Ribosom
|
|
|
7.
|
Badan golgi
|
|
|
8.
|
Lisosom
|
|
|
9.
|
Mitokondria
|
|
|
10.
|
Kloroplas
|
|
|
11.
|
Vakuola
|
|
|
12.
|
Sentriol
|
|
|
13.
|
Plastida
|
|
|
I. Kesimpulan
Setelah
melakukan seluruh kegiatan diatas, tuliskan kesimpulan yang dapat kalian ambil
dengan singkat dan jelas!
DAFTAR
PUSTAKA
Aryulina, Diah dkk. 2007. Biologi SMA dan MA untuk Kelas XI. Jakarta : PT. Gelora Aksara
Pratama
Nurcahyo,
Cahyo. Struktur Dan Fungsi Sel. 2012. diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/StrFx-Sel-SMA5-05.pdf pada tanggal 8 April 2015
jam 22.45 WIB
Nurrohmah,
Siti dkk. 2009. Biologi SMA Kelas XI.
Jakarta: Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
No comments:
Post a Comment