Tabel Analisis Perbandingan kurikulum
2006 dan kurikulum 2013
Kelas
|
Materi/Konsep
Biologi
|
Kurikulum
2006
|
Kurikulum
2013
|
||
Isi
|
Analisis
Tabel Taksonomi
|
Isi
|
Analisis
Tabel Taksonomi
|
||
X
|
Hakikat Biologi
sebagai
ilmu
|
1.1
Mengidentifikasi ruang lingkup 1 Biologi
|
A1
|
3.1 Memahami tentang ruang lingkup
biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi
kehidupan), metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja berdasarkan
pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
|
B1
B2
C2
|
|
|
1.2 Mendeskripsikan objek dan
permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul,
sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
|
B2
|
4.1 Menyajikan data tentang objek
dan permasalahan biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan sesuai
dengan metode ilmiah dan memperhatikan aspek keselamatan kerja
serta menyajikannya dalam bentuk
laporan tertulis.
|
B2
C2
|
|
Pengelompokan makhluk hidup
|
2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri,
replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
|
A2
|
3.3 Menerapkan pemahaman tentang
virus berkaitan dengan ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan
masyarakat.
|
D3
|
|
|
|
|
4.3 Menyajikan data tentang ciri,
replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan dalam bentuk model/charta.
|
A2
|
|
|
2.2
Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi
kehidupan
|
A2
|
3.4 Menerapkan prinsip klasifikasi
untuk menggolongkan archaebacteria dan eubacteria berdasarkan
ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan secara teliti
dan
sistematis.
|
B3
|
|
|
|
|
4.4 Menyajikan data tentang
ciri-ciri dan
peran archaebacteria dan eubacteria
dalam kehidupan berdasarkan hasil pengamatan dalam bentuk laporan
tertulis.
|
A2
|
|
|
2.3
Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan peranannya bagi
kehidupan
|
A2
|
3.5 Menerapkan prinsip klasifikasi
untuk menggolongkan protista berdasarkan ciriciri umum kelas dan perannya
dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
|
B3
|
|
|
|
|
4.5 Merencanakan dan melaksanan
pengamatan tentang ciri-ciri dan peran protista dalam kehidupan dan
menyajikan hasil pengamatan dalam
Bentuk model/charta/gambar.
|
|
|
|
2.4
Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan,
percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
|
A2
|
3.6 Menerapkan prinsip klasifikasi
untuk menggolongkan jamur berdasarkan cirri-ciri dan cara reproduksinya
melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
|
B3
|
|
|
|
|
4.6 Menyajikan data hasil
pengamatan ciri-ciri dan peran jamur dalam kehidupan dan lingkungan dalam
bentuk laporan tertulis.
|
A2
|
|
Keanekaragaman
hayati
|
3.1
Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan
pengamatan
|
B2
|
3.2 Menganalisis data hasil
obervasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan
ekosistem) di Indonesia.
|
A4
|
|
|
3.2
Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian
serta pemanfaatan sumber daya alam
|
|
4.2 Menyajikan hasil identifikasi
usulan
upaya pelestarian keanekaragaman
hayati Indonesia berdasarkan hasil analisis data ancaman kelestarian berbagai
keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia yang dikomunikasikan dalam
berbagai bentuk media informasi.
|
|
|
|
3.3
Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi
kelangsungan hidup di bumi
|
A2
|
3.7 Menerapkan prinsip klasifikasi
untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan
morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam
kelangsungan kehidupan di bumi.
|
D3
|
|
|
|
|
4.7 Menyajikan data tentang
morfologi dan peran tumbuhan pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk
laporan tertulis.
|
A2
|
|
|
3.4
Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi
kehidupan
|
A2
|
3.8 Menerapkan prinsip klasifikasi
untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan pengamatan anatomi dan
morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
|
D3
|
|
|
|
|
4.8 Menyajikan data tentang
perbandingan kompleksitas jaringan penyusun tubuh hewan dan perannya pada
berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis.
|
A2
|
|
Komponen ekosistem, perubahan
materi dan energi
|
4.1
Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur
biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
|
A2
|
3.9 Menganalisis informasi/data
dari berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung
didalamnya.
|
A4
|
|
|
|
|
4.9 Mendesain bagan tentang
interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang berlangsung
dalam ekosistem dan menyajikan hasilnya dalam berbagai bentuk media.
|
|
|
|
4.2
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/
pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
|
B2
|
3.10 Menganalisis data perubahan
lingkungan dan dampak dari perubahan perubahan tersebut bagi kehidupan.
|
A4
|
|
|
|
|
4.10 Memecahkan masalah lingkungan
dengan membuat desain produk daur ulang limbah dan upaya pelestarian
lingkungan.
|
A6
|
|
|
4.3
Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
|
A4
|
|
|
|
|
4.4
Membuat produk daur ulang limbah
|
A6
|
|
|
Kelas
|
Materi/
konsep Biologi
|
Kurikulum
2006
|
Kurikulum
2013
|
||
Isi
|
Analisis tabel taksonomi
|
Isi
|
Analisis tabel taksonomi
|
||
XI
|
Sel
|
1.1
Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil
kehidupan
|
A.2
|
3.1
Memahami tentang komponen kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang
ditunjukkan oleh struktur, fungsi danproses yang berlangsung di dalam sel sebagai
unit terkecil kehidupan.
|
A.2
|
1.2
Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan
|
A.1
|
3.2 Menganalisis
berbagai proses pada sel yang meliputi: mekanisme transpor pada membran,
difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis, reproduksi, dan
sintesis protein sebagai dasar pemahaman bioproses dalam sistem
hidup.
|
C.4
|
||
1.3 Membandingkan
mekanisme transpor
pada membran
(difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)
|
C.2
|
|
|
||
Jaringan Tumbuhan
|
2.1
Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya,
menjelaskan sifat
totipotensi
sebagai dasar kultur jaringan
|
D.2
|
3.3
Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan
tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan hasil
pengamatan.
|
B.3
|
|
Jaringan hewan
|
2.2
Mendeskripsikan struktur jaringan hewan
Vertebrata dan mengaitkannya
dengan
fungsinya
|
B.2
|
3.4
Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan
hewan dengan fungsi organ pada hewan berdsarkan hasil pengamatan.
|
B.3
|
|
Sistem gerak
|
3.1 Menjelaskan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang
dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia
|
D.2
|
3.5
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada system gerak
dan mengaitkan dengan
bioprosesnya
sehingga dapat menjelaskan mekanisme gerak serta gangguan fungsi yang mungkin
terjadi pada sistem gerak manusia melalui studi literatur, pengamatan,
percobaan, dan simulasi.
|
D.4
|
|
Sistem peredaran darah
|
3.2 Menjelaskan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang
dapat terjadi pada sistem peredaran darah
|
D.2
|
3.6
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada system sirkulasi
dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme
peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem
sirkulasi manusia melaluistudi literatur, pengamatan, percobaan, dan
simulasi.
|
D.4
|
|
Sistem pencernaan
|
3.3 Menjelaskan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang
dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya
ruminansia)
|
D.2
|
3.7
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada system pencernaan
dan mengaitkannya dengan nutrisi dan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan
proses pencernaan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem
pencernaan manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan,
dan simulasi.
|
D.4
|
|
Sistem respirasi
|
3.4 Menjelaskan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang
dapat terjadi
pada sistem
pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)
|
D.2
|
3.8
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada system respirasi
dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses
pernapasan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada system respirasi
manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
|
D.4
|
|
Sistem ekskresi
|
3.5 Menjelaskan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang
dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan
hewan (misalnya
pada ikan dan serangga)
|
D.2
|
3.9
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada system ekskresi
dan mengaitkannya dengan proses ekskresi sehingga dapat
menjelaskan
mekanisme serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada system ekskresi
manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
|
D.4
|
|
Sistem regulasidan koordinasi
|
3.6 Menjelaskan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang
dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan
penginderaan)
|
D.2
|
3.10
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada system koordinasi
dan mengaitkannya dengan proses koordinasi sehingga dapat menjelaskan peran
saraf dan hormone dalam mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan
fungsi yang mungkin terjadi pada sistem koordinasi manusia melalui studi
literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
|
D.4
|
|
Ssenywa psikotropika
|
-
|
|
3.11
Mengevaluasi pemahaman diri tentang bahaya penggunaan senyawa psikotropika
dan dampaknya terhadap
kesehatan
diri, lingkungan dan masyarakat.
|
D.5
|
|
Sistem reproduksi
|
3.7 Menjelaskan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pem-bentukan
sel kelamin,
ovulasi,
menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
|
D.2
|
3.12
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ reproduksi dengan
fungsinya dalam proses reproduksi manusia melalui studi literatur,
pengamatan, percobaan, dan simulasi.
|
D.4
|
|
|
|
3.13
Menerapkan pemahaman tentang prinsip reproduksi manusia untuk menanggulangi pertambahan
penduduk melalui program keluarga berencana (KB) dan peningkatan kualitas
hidup SDM melaui pemberian ASI ekslusif.
|
D.3
|
||
Sistem imun
|
3.8 Menjelaskan
mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit
penyakit
|
C.2
|
3.14
Mengaplikasikan pemahaman tentang prinsip-prinsip sistem immun untuk meningkatkan
kualitas hidup manusia dengan kekebalan yang dimilikinya melalui program immunisasi
sehingga dapat terjaga proses fisiologi di dalam
tubuh.
|
D.3
|
Kelas
|
Materi/konsep
biologi
|
Kurikulum
2006
|
Kurikulum
2013
|
||
|
|||||
Isi
|
Analisis
tabel taksonomi
|
Isi
|
Analisis
tabel taksonomi
|
||
XII
|
Pertumbuhan dan perkembangan
|
1.1 Merencanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
|
Keterampilan
|
3.1
Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses
pertumbuhan dan perkembangan pada Mahluk Hidup berdasarkan hasil percobaan.
|
D.4
|
1.2
Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
|
Keterampilan
|
||||
1.3 Mengkomunikasikan hasil
percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
|
Keterampilan
|
||||
XII
|
Metabolisme
|
2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim
dalam proses metabolisme
|
B.2
|
3.2 Memahami peran enzim dalam proses
metabolisme dan menyajikan data tentang proses metabolisme berdasarkan hasil
investigasi dan studi literatur untuk memahami proses pembentukan energi pada
makhluk hidup.
|
D.2
|
2.2 Mendeskripsikan proses
katabolisme dan anabolisme karbohidrat
|
B.2
|
||||
2.3
Menjelaskan keterkaitan antara
proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein
|
D.2
|
||||
XII
|
Substansi genetika
|
3.1
Menjelaskan konsep gen, DNA, dan Kromosom
|
B.2
|
3.3
Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam
proses penurunan sifat pada mahluk hidup serta menerapkan prinsi-prinsip
pewarisan sifat dalam kehidupan.
|
D.4
|
3.2 Menjelaskan hubungan gen
(DNA)-RNA-polipeptida dan proses sintesis protein
|
D.2
|
||||
XII
|
Pembelahan sel
|
3.3
Menjelaskan
keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan
sifat
|
D.2
|
3.4
Menganalisis proses pembelahan sel.
|
C.4
|
XII
|
Pola-pola Hereditas
|
3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
|
B.3
|
3.5
Memahami pola-pola Hukum Mendel
|
B.2
|
3.6
Memahami pola-pola hereditas pautan dan pindah silang.
|
B.2
|
||||
3.7
Menganalisis hereditas pada manusia.
|
B4
|
||||
XII
|
Mutasi
|
3.5 Menjelaskan peristiwa mutasi dan
implikasinya dalam Salingtemas
|
A.2
|
3.8 Menganalisis peristiwa mutasi
|
A.4
|
XII
|
Evolusi
|
4.1
Menjelaskan
teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
|
B.2
|
3.9
Menganalisis tentang teori evolusi dan seleksi alam dengan pandangan baru
mengenai pembentukan spesies baru di bumi berdasarkan studi literatur
|
B.4
|
4.2 Mengkomunikasikan hasil studi evolusi
biologi
|
Keterampilan
|
||||
4.3 Mendeskripsikan kecenderungan baru
tentang teori evolusi
|
B.2
|
||||
XII
|
Bioteknologi
|
5.1
Menjelaskan
arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis biolteknologi
|
A.2
B.2
|
3.10 Memahami tentang
prinsip-prinsip bioteknologi yang menerapkan bioproses dalam menghasilkan
produk baru untuk meningkatkan
kesejahteraan manusia dalam berbagai aspek kehidupan
|
B.2
|
|
5.2
Menjelaskan
dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi
pada Salingtemas
|
B2 dan B4
|
|
No comments:
Post a Comment