Analisis Perbandingan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013

Tabel Analisis Perbandingan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013
Kelas
Materi/Konsep Biologi
Kurikulum 2006
Kurikulum 2013
Isi
Analisis Tabel Taksonomi
Isi
Analisis Tabel Taksonomi
X
Hakikat Biologi
sebagai ilmu
1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup 1 Biologi
A1
3.1 Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
B1
B2
C2



1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)

B2
4.1 Menyajikan data tentang objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memperhatikan aspek keselamatan kerja
serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.
B2
C2

Pengelompokan makhluk hidup
2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
A2
3.3 Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan dengan ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan
masyarakat.
D3




4.3 Menyajikan data tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan dalam bentuk model/charta.
A2


2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
A2
3.4 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan archaebacteria dan eubacteria berdasarkan ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan secara teliti
dan sistematis.
B3




4.4 Menyajikan data tentang ciri-ciri dan
peran archaebacteria dan eubacteria dalam kehidupan berdasarkan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis.
A2


2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan peranannya bagi kehidupan
A2
3.5 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan protista berdasarkan ciriciri umum kelas dan perannya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
B3




4.5 Merencanakan dan melaksanan pengamatan tentang ciri-ciri dan peran protista dalam kehidupan dan menyajikan hasil pengamatan dalam
Bentuk model/charta/gambar.



2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
A2
3.6 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan jamur berdasarkan cirri-ciri dan cara reproduksinya melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
B3




4.6 Menyajikan data hasil pengamatan ciri-ciri dan peran jamur dalam kehidupan dan lingkungan dalam bentuk laporan tertulis.
A2

Keanekaragaman hayati
3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan

B2
3.2 Menganalisis data hasil obervasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia.
A4


3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam

4.2 Menyajikan hasil identifikasi usulan
upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan hasil analisis data ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia yang dikomunikasikan dalam berbagai bentuk media informasi.




3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
A2
3.7 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam kelangsungan kehidupan di bumi.
D3




4.7 Menyajikan data tentang morfologi dan peran tumbuhan pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis.
A2


3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan
A2
3.8 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan pengamatan anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
D3




4.8 Menyajikan data tentang perbandingan kompleksitas jaringan penyusun tubuh hewan dan perannya pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis.
A2

Komponen ekosistem, perubahan materi dan energi
4.1 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
A2
3.9 Menganalisis informasi/data dari berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung
didalamnya.
A4




4.9 Mendesain bagan tentang interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan hasilnya dalam berbagai bentuk media.



4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
B2
3.10 Menganalisis data perubahan lingkungan dan dampak dari perubahan perubahan tersebut bagi kehidupan.


A4




4.10 Memecahkan masalah lingkungan dengan membuat desain produk daur ulang limbah dan upaya pelestarian lingkungan.
A6


4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
A4




4.4 Membuat produk daur ulang limbah
A6



Kelas
Materi/ konsep Biologi
Kurikulum 2006
Kurikulum 2013
Isi
Analisis tabel taksonomi
Isi
Analisis tabel taksonomi
XI
Sel
1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
A.2
3.1 Memahami tentang komponen kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang ditunjukkan oleh struktur, fungsi danproses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan.
A.2
1.2 Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan
A.1
3.2 Menganalisis berbagai proses pada sel yang meliputi: mekanisme transpor pada membran, difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis, reproduksi, dan sintesis protein sebagai dasar pemahaman bioproses dalam sistem
hidup.
C.4
1.3 Membandingkan mekanisme transpor
pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)
C.2


Jaringan Tumbuhan
2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat
totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
D.2
3.3 Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan hasil
pengamatan.
B.3
Jaringan hewan
2.2 Mendeskripsikan struktur jaringan  hewan Vertebrata dan mengaitkannya
dengan fungsinya
B.2
3.4 Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan berdsarkan hasil pengamatan.
B.3
Sistem gerak
3.1 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia
D.2
3.5 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada system gerak dan mengaitkan dengan
bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme gerak serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem gerak manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
D.4
Sistem peredaran darah
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah
D.2
3.6 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada system sirkulasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem sirkulasi manusia melaluistudi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
D.4
Sistem pencernaan
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya
ruminansia)
D.2
3.7 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada system pencernaan dan mengaitkannya dengan nutrisi dan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pencernaan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan,
dan simulasi.
D.4
Sistem respirasi
3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi
pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)
D.2
3.8 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada system respirasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pernapasan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada system respirasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
D.4
Sistem ekskresi
3.5 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan
hewan (misalnya pada ikan dan serangga)
D.2
3.9 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada system ekskresi dan mengaitkannya dengan proses ekskresi sehingga dapat
menjelaskan mekanisme serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada system ekskresi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
D.4
Sistem regulasidan koordinasi
3.6 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
D.2
3.10 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada system koordinasi dan mengaitkannya dengan proses koordinasi sehingga dapat menjelaskan peran saraf dan hormone dalam mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem koordinasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
D.4
Ssenywa psikotropika
-

3.11 Mengevaluasi pemahaman diri tentang bahaya penggunaan senyawa psikotropika dan dampaknya terhadap
kesehatan diri, lingkungan dan masyarakat.
D.5
Sistem reproduksi
3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pem-bentukan sel kelamin,
ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
D.2
3.12 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ reproduksi dengan fungsinya dalam proses reproduksi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
D.4


3.13 Menerapkan pemahaman tentang prinsip reproduksi manusia untuk menanggulangi pertambahan penduduk melalui program keluarga berencana (KB) dan peningkatan kualitas hidup SDM melaui pemberian ASI ekslusif.
D.3

Sistem imun
3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit







C.2
3.14 Mengaplikasikan pemahaman tentang prinsip-prinsip sistem immun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan kekebalan yang dimilikinya melalui program immunisasi sehingga dapat terjaga proses fisiologi di dalam
tubuh.
D.3

Kelas
Materi/konsep biologi

Kurikulum 2006
Kurikulum 2013

Isi
Analisis tabel taksonomi
Isi
Analisis tabel taksonomi
XII
Pertumbuhan dan perkembangan
1.1    Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Keterampilan
3.1 Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada Mahluk Hidup berdasarkan hasil percobaan.
D.4
1.2    Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Keterampilan
1.3    Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Keterampilan
XII
Metabolisme
2.1    Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
B.2
3.2  Memahami peran enzim dalam proses metabolisme dan menyajikan data tentang proses metabolisme berdasarkan hasil investigasi dan studi literatur untuk memahami proses pembentukan energi pada makhluk hidup.
D.2
2.2    Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
B.2
2.3    Menjelaskan keterkaitan   antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein
D.2
XII
Substansi genetika
3.1    Menjelaskan konsep gen, DNA, dan Kromosom
B.2
3.3 Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat pada mahluk hidup serta menerapkan prinsi-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan.
D.4
3.2    Menjelaskan hubungan gen (DNA)-RNA-polipeptida dan proses sintesis protein
D.2
XII
Pembelahan sel
3.3    Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
D.2
3.4 Menganalisis proses pembelahan sel.
C.4
XII
Pola-pola Hereditas
3.4    Menerapkan prinsip hereditas dalam  mekanisme pewarisan sifat
B.3
3.5 Memahami pola-pola Hukum Mendel
B.2
3.6 Memahami pola-pola hereditas pautan dan pindah silang.
B.2
3.7 Menganalisis hereditas pada manusia.
B4
XII
Mutasi
3.5    Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas
A.2
3.8   Menganalisis peristiwa mutasi
A.4
XII
Evolusi
4.1    Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
B.2
3.9 Menganalisis tentang teori evolusi dan seleksi alam dengan pandangan baru mengenai pembentukan spesies baru di bumi berdasarkan studi literatur
B.4
4.2    Mengkomunikasikan hasil studi evolusi biologi
Keterampilan
4.3    Mendeskripsikan kecenderungan baru tentang teori evolusi
B.2
XII
Bioteknologi
5.1    Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis biolteknologi
A.2
B.2
3.10 Memahami tentang prinsip-prinsip bioteknologi yang menerapkan bioproses dalam menghasilkan produk baru untuk  meningkatkan kesejahteraan manusia dalam berbagai aspek kehidupan
B.2

5.2    Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada Salingtemas
B2 dan B4



No comments:

Post a Comment