RPP SISTEM PENCERNAAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan    : MTsN
Kelas / Semester        :  VIII / 2 (Genap)
Mata Pelajaran          : IPA Terpadu
Materi Pokok             : Sistem Pencernaan
Pertemuan ke            : 1
Alokasi Waktu           :  2 x 15 Menit
 


A.      Kompetensi Inti  
KI 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
3.8   Mendeskripsikan sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunaan energi makanan.

4.8    Melakukan penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan

B.     Indikator
·     Mendeskripsikan struktur dan fungsi organ pencernaan pada manusia.
·     Menjelaskan mekanisme pencernaan pada manusia meliputi pencernaan mekanik dan kimiawi serta menjelaskan proses dan lokasinya

C.    Tujuan Pembelajaran

·        Peserta didik dapat mendeskripsikan struktur dan fungsi organ pencernaan pada manusia dengan tepat.
·        Peserta didik dapat menjelaskan proses pencernaan mekanik dan kimiawi serta lokasinya dengan detail.

D.    Materi Ajar
Proses pencernaan merupakan suatu proses yang melibatkan organ-organ pencernaan dan kelenjar-kelenjar pencernaan. Antara proses dan organ-organ serta kelenjarnya merupakan kesatuan sistem pencernaan. Proses pencernaan makanan pada manusia terjadi di luar sel, disebut pencernaan ekstrasekuler.
Sistem pencernaan manusia tersusun dari saluran pencernaan (mulut, faring, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus) dan kelenjar pencernaan (hati dan pankreas).
Berdasarkan prosesnya, pencernaan makanan dapat dibedakan menjadi dua macam seperti berikut.
1.      Proses mekanis, yaitu pengunyahan oleh gigi dengan dibantu lidah serta peremasan yang terjadi di lambung.
2.      Proses kimiawi, yaitu pelarutan dan pemecahan makanan oleh enzim-enzim pencernaan dengan mengubah makanan yang bermolekul besar menjadi molekul yang berukuran kecil. Adapun proses pencernaan makanan meliputi hal-hal berikut.
a.       Ingesti
b.      Mastikasi
c.       Deglutisi
d.      Digesti
Sistem pencernaan terdiri dari organ-organ dan kelenjar-kelenjar pencernaan. Berikut alat-alat pencernaan yang dibutuhkan pada proses pencernaan.
1        Mulut Makanan dicerna secara mekanis dan kimiawi. Di dalam mulut terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah (glandula salivales).
2        Kerongkongan (Esofagus) Kerongkongan merupakan saluran panjang (± 25 cm) yang tipis sebagai jalan bolus dari mulut menuju ke lambung. Fungsi kerongkongan ini sebagai jalan bolus dari mulut menuju lambung.
3        Lambung Lambung merupakan saluran pencernaan yang berbentuk seperti kantung, terletak di bawah sekat rongga badan. Lambung terdiri atas tiga bagian sebagai berikut.
a.       Bagian atas disebut kardiak, merupakan bagian yang berbatasan dengan esofagus.
b.      Bagian tengah disebut fundus, merupakan bagian badan atau tengah lambung.
c.       Bagian bawah disebut pylorus, yang berbatasan dengan usus halus. Pada lambung terjadi proses pencernaan secara mekanik dan kimiawi. Secara mekanik dengan gerakan otot lambung yang disebut dengan gerakan peristaltic. Secara kimiawi dengan bantuan getah lambung seperti asam lambung/HCl dan enzim-enzim pencernaan. Enzim-enzim pencernaan tersebut antara lain pepsin, rennin dan lipase.
4.      Usus Halus Usus halus merupakan saluran berkelok-kelok yang panjangnya sekitar 6–8 meter, lebar 25 mm dengan banyak lipatan yang disebut vili atau jonjot-jonjot usus. Vili ini berfungsi memperluas permukaan usus halus yang berpengaruh terhadap proses penyerapan makanan. Usus halus dibagi menjadi tiga bagian, yakni duodenum, jejunum dan ileum. Di usus halus terjadi proses pencernaan secara kimiawi dengan menggunakan getah usus, getah pancreas dan getah empedu.
5.      Usus Besar Usus besar atau kolon memiliki panjang ± 1 meter dan terdiri atas kolon ascendens, kolon transversum, dan kolon descendens. Di antara intestinum tenue (usus halus) dan intestinum crassum (usus besar) terdapat sekum (usus buntu). Pada ujung sekum terdapat tonjolan kecil yang disebut appendiks (umbai cacing) yang berisi massa sel darah putih yang berperan dalam imunitas. Zat-zat sisa di dalam usus besar ini didorong ke bagian belakang dengan gerakan peristaltik. Zat-zat sisa ini masih mengandung banyak air dan garam mineral yang diperlukan oleh tubuh. Air dan garam mineral kemudian diabsorpsi kembali oleh dinding kolon, yaitu kolon ascendens. Zat-zat sisa berada dalam usus besar selama 1 sampai 4 hari. Pada saat itu terjadi proses pembusukan terhadap zat-zat sisa dengan dibantu bakteri Escherichia coli, yang mampu membentuk vitamin K dan B12. Selanjutnya dengan gerakan peristaltik, zat-zat sisa ini terdorong sedikit demi sedikit ke saluran akhir dari pencernaan yaitu rektum dan akhirnya keluar dengan proses defekasi melewati anus.
E.     Metode dan Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan
-          Saintifik
Metode
-          Ceramah
-          Pengamatan dan diskusi


F.     Media, Alat dan Sumber Belajar

Media                     : power point, video dan gambar
Alat                       : laptop, projector
Sumber belajar      : Karim, Saeful, DKK. 2008. Belajar IPA membuka cakrawala alam sekitar. Jakarta: Puasat Perbukuan Depdiknas. XI. 

G.    Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan 
Kegiatan
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Guru
Siswa
Pembuka
·      Guru memberi salam, mengecek absensi dan menyiapkan media pembelajaran.
· Siswa menjawab salam, mengeluarkan buku pelajaran biologi.

1     menit
Apersepsi
·      Guru menanyakan hal yang berhubungan dengan sistem pencernaan “apakah kebutuhan pokok makhluk hidup yang paling utama?”
·      Guru menanyakan hal yang berhubungan dengan sistem pencernaan apa yang kalian ketahui dari proses pencernaan?”

· Siswa berpikir dan menjawab pertanyaan dari guru.

1 menit
Motivasi
·   Guru memberi pujian terhadap siswa yang bisa menjawab pertanyaan dari guru dan mengkomunikasikan tujuan pembelajaran.
· Siswa memperhatikan penjelasan guru.

1 menit




Kegiatan Inti

Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu

Guru
Siswa
Observasi
·   Guru memperlihatkan video mengenai system pencernaan
·   Guru menyebutkan nama organ-organ pencernaan
·   Guru meminta siswa mengidentifikasi .
· Siswa memperhatikan video yang ditampilkan oleh guru
· Siswa memperhatikan nama  organ-organ pencernaan.
· Siswa mengidentifikasi struktur dan fungsi organ-organ pencernaan

2 menit
Menanya
· Guru memotivasi siswa untuk menanyakan bagaimana proses pencernaan
·   Guru memotivasi siswa untuk menanyakan mengapa makanan harus dikunyah terlebih dahulu
·   Siswa mengajukan pertanyaan
bagaimana proses pencernaan?

·   Siswa mengajukan pertanyaan mengapa makanan harus dikunyah terlebih dahulu?

1 menit
eksplorasi
·   Guru memberikan sedikit penjelasan mengenani organ-organ system pencernaan.
·   Guru meminta siswa membagi kedalam 3 kelompok.
· Guru meminta siswa mengerjakan LKS yang diberikan.
· Siswa siswa memperhatikan guru.
· Siswa terbagi menjadi 3 kelompok
·   Siswa mengerjakan LKS dengan tertib.


4 menit
Asosiasi
·   Guru meminta siswa menjelaskan ciri khusus organ pencernaan.
·   Guru meminta siswa untuk mengaitkan antara struktur dan fungsi organ pencernaan
·   Guru meminta siswa mendeskripsikan proses pencernaan secara berurut.
·   Siswa menjelaskan ciri khusus organ pencernaan.
·   Siswa mengaitkan antara struktur organ pencernaan berdasarkan fungsinya.
·   Siswa memberikan deskripsi proses pencernaan.


2 menit
Komunikasi
·   Guru meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur dan fungsi organ pencernaan
·   Guru meminta perwakilan kelompok mempresentasikan mekanisme proses pencernaan secara berurut.
·   Siswa mempresentasikan struktur dan fungsi organ pencernaan.
·   Siswa mempresentasikan proses pencernaan

3 menit
Pengayaan
·   Guru memberikan penjelasan penguatan materi kepada siswa
·   Siswa memperhatikna  penjelasan guru.
6 menit








Kegiatan penutup (7 Menit)

Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Guru
Siswa
· Guru membuat kesimpulan bersama dengan siswa mengenai pembelajaran yang sudah dilalui.

· Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
1 menit
· Kemudian guru memberikan evaluasi pembelajaran.
· Siswa menjawab soal yang diberikan oleh guru
5 menit
· Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
· Siswa menjawab salam
1 menit
H.    Penilaian
Jenis penilaian:
-          Penilaian tes tertulis
-          Penilaian sikap
Instrument
-          Tes tertulis


Mengetahui,                                                                      Jakarta. 29 Oktober 2015
Kepala Sekolah                                                                 Guru Biologi



(…………………..)                                                          Fauzyah Aulia Rahman
                                                                                          NIM : 1112016100072

SOAL EVALUASI
Indikator
Soal
Kunci
Skor
·     Mendeskripsikan struktur dan fungsi organ pencernaan pada manusia.

1.    Sistem pencernaan yang melakukan gerak peristaltik pertama adalah...
a. mulut
b. lambung
c. kerongkongan
d. Usus
C.
1
2.   Organ pencernaan yang bersifat sangat asam, bertugas untuk membunuh bakteri dan mencerna protein adalah....
a. mulut
b. lambung
c. usus halus
d. usus besar
B
1
3.   Perhatikan gambar di bawah !
 















Bagian yang berperan sebagai tempat penyerapan sari makanan terjadi di  nomor
 a.C   b. D   c.  E    d. F
E
1
4.   Fungsi dari usus besar adalah ...
a.    mengatur kadar urea dalam sisa makanan
b.   mengatur kadar air dalam sisa makanan
c.    mengatur kerja bakteri Eschesecia coli
d.    mengatur membusukkan kuman



B
1



·     Menjelaskan mekanisme pencernaan pada manusia meliputi pencernaan mekanik dan kimiawi serta menjelaskan proses dan lokasinya
.

5.   Pencernaan pada tubuh manusia meliputi pencernaan...
a. mekanik dan kimiawi
b. mekanik dan biologis
c. biologis dan kimiawi
d. kimiawi dan enzimatis
A
1
6.   Urutan saluran percernaan manusia yang benar   Ialah…
a.    mulut, kerongkongan, lambung, usus  halus, usus besar.
b.   mulut, kerongkongan, lambung, usus  besar, usus halus.
c.    mulut, kerongkongan,  usus  besar, usus besar, lambung.
d.   mulut, lambung, kerongkongan, ususu halus dan usus besar. 

A
1
JUMLAH
6
Format penilaian :

                              Nilai = 

No comments:

Post a Comment