Konten Representasi (CORE)
|
||||
Pertimbangan
|
Ide
Besar A
|
Ide
Besar B
|
Ide
Besar C
|
Ide
Besar D
|
Pengertian
pencernaan
|
Proses
pencernaan secara berurut
|
Enzim-enzim
yang berperan pada proses pencernaan serta lokasi terdapatnya enzim.
|
Gangguan
pada system pencernaan
|
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Peserta
didik mengetahui organ-organ pada system pernapasan
Bagian-bagian
organ pernapasan beserta fungsinya
|
Peserta
didik mampu menjelaskan proses pencernaan
Pencernaan
pada manusia
Pencernaan
mekanik
Pencernaan
kimiawi
|
Peserta
didik dapat mengetahui enzim apa saja
yang berperan pada proses pencernaan
Organ
penghasil enzim serta fungsinya.
|
Peserta
didik dapat mengetahui macam-macam gangguan pada system pencernaan.
|
Mengapa
penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
(pengetahuan
kurikulum)
|
Dengan
mengetahui bagian-bagian organ pencernaan,siswa dapat mengaitkan organ-organ
tersebut dengan fungsinya.
|
Sangat
penting untuk mengetahui proses pencernaan dari mulut sampai anus
Pada
proses pencernaan mekanik menggunakan gerak aktif organ pencernaan
Pada
pencernaan kimiawi melibatkan enzim
|
Penting
untuk mengetahui enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan
Mengetahui
organ apa saja yang menghasilkan enzim beserta fungsinya
|
Penting
untuk peserta didik mengetahui gangguan system pencernaan, agar bias
menjaga organ-organ pencernaannya.
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa
keterbatasaan yang terkait dengan mengajar virus
(pengetahuan
siswa sebagai peserta didik)
|
Untuk
mengetahui keterkaitan antara organ dan fungsinya tidak bisa dilihat
langsung.
|
Pada
sub-bab proses pencernaan kimiawi merupakan materi yang abstrak karena tidak
dapat dilihat langsung. Maka itu diperlukan banyak contoh gambar atau video
untuk menunjang pemahaman siswa.
|
Kesulitan
atau kendala siswa menghafal nama-nama enzim, fungsinya dan pada organ pencernaan
manusia.
|
Kesulitan
untuk memahami nama-nama gangguan dan karena tidak dilihat secara langsung
penyakit-penyakit pada system pencernaan
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini
(pengetahuan
siswa sebagai peserta didik)
|
Mengaitkan
hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa
Menampilkan
gambar organ-organ pernapasan dan meminta peserta didik untuk menyebutkan bagian-bagian
dari organ pencernaan
|
Mengaitkan
hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa
Menampilkan
gambar tahapan proses pencernaan kimiawi dan meminta peserta didik untuk
menjelaskan proses pada masing-masing mekanisme.
|
Membuat
hubungan antara nama enzim dan fungsinya
Meminta
siswa untuk menyebutkan nama enzim dan fungsinya serta tempat enzim tersebut.
|
Mengaitkan
macam-macam penyakit pencernaan dengan sebabnya.
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan dengan ide ini
(pengetahuan
tentang
strategi intruksional dan representasi)
|
Menampilkan
gambar dari organ pencernaan agar peserta didik dapat lebih mudah untuk
memahami system pencernaan
|
Menampilkan
gambar dan video proses pencernaan akan memperdalam pemahaman siswa tentang
mekanisme pencernaan
|
Memberikan
catatan singkat untuk memudahkan siswa menghafal dan memahami nama-nama enzim
dan fungsinya serta tempat enzim tersebut pada organ pencernaan.
|
Memberikan
gambar-gambar yang mendukung pemahaman siswa akan penyakit pencernaan
|
Mengidentifikasi
cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan
(pengetahuan
tentang penilaian)
|
Mempertanyakan
siswa
Meminta
siswa menjelaskan menyebutkan bagian organ-organ pencernaan beserta fungsinya
|
Meminta
siswa untuk menjelaskan masing-masing proses pencernaan.
Pencernaan
mekanik
Pencernaan
kimiawi
|
Menilai
prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa
Nama-nama
enzim
Fungsi
enzim dan letaknya pada organ pencernaan.
|
Meminta
siswa menyebutkan penyakiy-penyakit pencernaan beserta sebabnya.
|
Konten Representasi (CORE) SISTEM PENCERNAAN
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment