Konten Representasi (CORE) SISTEM PENCERNAAN

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Ide Besar D

Pengertian pencernaan

Proses pencernaan secara berurut
Enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan serta lokasi terdapatnya enzim.
Gangguan pada system pencernaan
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik mengetahui organ-organ pada system pernapasan


Bagian-bagian organ pernapasan beserta fungsinya

Peserta didik mampu menjelaskan proses pencernaan

Pencernaan pada manusia

Pencernaan mekanik

Pencernaan kimiawi
Peserta didik  dapat mengetahui enzim apa saja yang berperan pada proses pencernaan

Organ penghasil enzim serta fungsinya.
Peserta didik dapat mengetahui macam-macam gangguan pada system pencernaan.
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?

(pengetahuan kurikulum)
Dengan mengetahui bagian-bagian organ pencernaan,siswa dapat mengaitkan organ-organ tersebut dengan fungsinya.


Sangat penting untuk mengetahui proses pencernaan dari mulut sampai anus

Pada proses pencernaan mekanik menggunakan gerak aktif organ pencernaan

Pada pencernaan kimiawi melibatkan enzim
Penting untuk mengetahui enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan

Mengetahui organ apa saja yang menghasilkan enzim beserta fungsinya
Penting untuk peserta didik mengetahui gangguan system pencernaan, agar bias menjaga  organ-organ pencernaannya.
 Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa keterbatasaan yang terkait dengan mengajar virus

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
Untuk mengetahui keterkaitan antara organ dan fungsinya tidak bisa dilihat langsung.
Pada sub-bab proses pencernaan kimiawi merupakan materi yang abstrak karena tidak dapat dilihat langsung. Maka itu diperlukan banyak contoh gambar atau video untuk menunjang pemahaman siswa.
Kesulitan atau kendala siswa menghafal nama-nama enzim, fungsinya dan pada organ pencernaan manusia.
Kesulitan untuk memahami nama-nama gangguan dan karena tidak dilihat secara langsung penyakit-penyakit pada system pencernaan
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa

Menampilkan gambar organ-organ pernapasan dan meminta peserta didik untuk menyebutkan bagian-bagian dari organ pencernaan
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa

Menampilkan gambar tahapan proses pencernaan kimiawi dan meminta peserta didik untuk menjelaskan proses pada masing-masing mekanisme.
Membuat hubungan antara nama enzim dan fungsinya

Meminta siswa untuk menyebutkan nama enzim dan fungsinya serta tempat enzim tersebut.
Mengaitkan macam-macam penyakit pencernaan dengan sebabnya.
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan dengan ide ini

(pengetahuan
tentang strategi intruksional dan representasi)
Menampilkan gambar dari organ pencernaan agar peserta didik dapat lebih mudah untuk memahami system pencernaan
Menampilkan gambar dan video proses pencernaan akan memperdalam pemahaman siswa tentang mekanisme pencernaan
Memberikan catatan singkat untuk memudahkan siswa menghafal dan memahami nama-nama enzim dan fungsinya serta tempat enzim tersebut pada organ pencernaan.
Memberikan gambar-gambar yang mendukung pemahaman siswa akan penyakit pencernaan
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan

(pengetahuan tentang penilaian)
Mempertanyakan siswa

Meminta siswa menjelaskan menyebutkan bagian organ-organ pencernaan beserta fungsinya
Meminta siswa untuk menjelaskan masing-masing proses pencernaan.

Pencernaan mekanik

Pencernaan kimiawi
Menilai prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa

Nama-nama enzim

Fungsi enzim dan letaknya pada organ pencernaan.
Meminta siswa menyebutkan penyakiy-penyakit pencernaan beserta sebabnya.
    

   

No comments:

Post a Comment