RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SISTEM SIRKULASI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.  Identitas
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran        :  Biologi
Kelas/Semester       :  XI IPA/1
Materi Pokok          :  Sistem Peredaran Darah Manusia
Alokasi Waktu       :  1 x 30 menit

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1  Menghayati dan mengamalkan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ dan sistem dalam tubuh manusia, dengan cara  menjaga serta memeliharanya menurut ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1        Menjaga segala sesuatu yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa serta bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh-Nya.
2.1  Berperilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; disiplin,  jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) secara gotong royong, kerjasama, resposif dan proaktif  dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.1.1        Menunjukkan sikap teliti, tanggung jawab, dan kerjasama saat mengadakan  kegiatan baik diskusi di kelas maupun percobaan di laboratorium.
3.6  Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/ penyakit yang terdapat pada sistem peredaran darah manusia dan membandingkannya dengan sistem peredaran darah hewan ikan.
3.6.1   Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia.
3.6.2   Mengidentifikasi struktur anatomi dan fungsi jantung.
3.6.3   Menjelaskan hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya.
3.6.4   Mengetahui skema mekanisme peredaran darah pada manusia.
4.7  Melakukan pengamatan bentuk-bentuk dan menghitung jumlah sel darah dan melakukan tes golongan darah masing-masing siswa.



C.  Tujuan Pembelajaran
1.      Mengembangkan sikap mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang respirasi.
2.      Bertanggung jawab dalam mengkomunikasikan pendapat di kelas dengan jelas
3.      Peserta didik dapat mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia.
4.      Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur anatomi dan fungsi jantung.
5.      Peserta didik mampu menjelaskan hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya.
6.      Peserta didik mampu menjelaskan skema mekanisme peredaran darah manusia.
D.  Materi Pembelajaran
Fakta :
Darah merupakan alat tranportasi untuk mengantarkan oksigen dan sari makanan.
Sel darah tidak memiliki inti sel (nukleus).
Konsep :
Pengertian sistem sirkulasi darah pada manusia.
Manfaat mengetahui gangguan dalam sistem sirkulasi pada manusia dan mencegahnya.
Prinsip :
Darah dipompa oleh organ jantung ke seluruh tubuh.
Darah berbentuk cair dan tidak berinti berbeda dengan sel-sel lainnya yang selalu berinti.
Prosedur:
Pengamatan tekanan darah dapat dilakukan dengan alat tensimeter untuk mengetahui tekanan darah, dapat dilakukan sesama peserta didik dengan bimbingan guru

E.  Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode       : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab

F.   Media Pembelajaran
Gambar organ jantung, powerpoint,  gambar  alat peredaran darah, video mekanisme peredaran darah, papan tulis.

G. Sumber Belajar
1.    Buku pelajaran biologi :
Rachmawati, faidah. 2009. Biologi Untuk SMA/MA Kelas XI Program IPA. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.



H.  Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
No
Tahap
Deskripsi
Alokasi Waktu
Guru
Peserta didik
Nilai Karakter
1.
Orientasi
Berdoa sebelum memulai pembelajaran dan mengabsen  kehadiran siswa
Berdoa dan menyimak guru
Religius dan tanggung jawab
1 menit
Menunjukkan gambar (alat peredaran darah) untuk menarik perhatian siswa.
Menyimak penjelasan dan demonstrasi dari guru
Toleransi
2.
Apersepsi
Mengajukan pertanyaan secara umum mengenai gambar yang telah di tunjukkan pada powerpoint.
Berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
Jujur, berpikir kritis dan berpikir kreatif
2 menit
Meminta perwakilan siswa menjawab dan mengemukakan pendapatnya.
Menyimak
Keberanian
3.
Motivasi
Menimbulkan rasa ingin tahu.

bagaimanakah darah dapat beredar ke seluruh tubuh?”
Merespon motivasi yang guru berikan dengan cara menjawab dan menanggapi pertanyaan  yang diberikan oleh guru.
Keberanian dan berpikir kritis
2 menit
4.
Tujuan dan Pemberian Acuan
Memaparkan tujuan dari materi yang akan diajarkan.
Menyimak pemaparan guru.
Toleransi
1 menit
Memberitahukan kepada siswa buku yang akan digunakan proses pembelajaran.
Menyimak informasi yang disampaikan guru.
Toleransi

2.      Kegiatan Inti
No
Tahap
Deskripsi
Alokasi Waktu
Guru
Peserta didik
Nilai karakter
1.
Mengamati
Menampilkan video mengenai sistem peredaran darah pada manusia.
Menyimak dan mencari informasi yang terdapat dalam video yang ditayangkan oleh guru.
Berpikir kritis
3 menit
2.

Menanya
Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai hal apa saja yang dapat dipelajari dalam sistem peredaran darah
§  silahkan masing-masing membuat pertanyaan mengenai hal-hal yang ingin dipelajari hari ini tentang sistem peredaran darah”
Merumuskan pertanyaan dengan menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan sistem peredaran darah,
§  organ apa saja yang berperan dalam sistem peredaran darah?”
§ “Adakah faktor-faktor yang mempengaruhi peredaran darah seseorang bu?”
§ Bagaimana mekanisme dari sistem peredaran darah pada manusia?
Kejujuran dan keberanian
2 menit
3.
Mengeksplorasi
Membagi siswa ke dalam 3 kelompok diskusi
Membentuk kelompok diskusi, agar suasana belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan.
Tanggung jawab
1 menit
Memberikan lembar kerja siswa untuk diskusi
Mengerjakan LKS yang diberikan guru dengan berdiskusi
Tanggung jawab dan berpikir kritis.
7 menit
4.
Mengasosiasi
Membimbing dan memantau siswa yang sedang melakukan diskusi.
Melakukan diskusi aktif
Kejujuran, tanggung jawab, berpikir kritis.
1 menit
5.
Mengkomunikasikan
Meminta siswa mempresentasikan hasil diskusinya dengan menunjuk satu siswa secara acak pada tiap kelompoknya.
Mempresentasikan hasil diskusi, untuk tiap kelompok diwakilkan oleh satu orang
Kejujuran
3 menit
Memberitahu kesalahan yang terjadi dalam menjawab LKS yang diberikan guru.
Menyimak informasi yang disampaikan oleh guru.
Toleransi
3 menit
Berdiskusi bersama siswa untuk memecahkan masalah.
Berdiskusi aktif bersama guru untuk memecahkan masalah.
Berpikir kritis dan menghargai pendapat orang lain.

1.      Kegiatan Penutup
No.
Tahap
Deskripsi
Alokasi Waktu
Guru
Peserta didik
Nilai karakter
1.
Kesimpulan
Guru mengajak peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
Menentukan kesimpulan yang harus diambil dari pembelajaran.
Berpikir kritis
2 menit
2.
Evaluasi
Memberikan beberapa pertanyaan sesuai dengan indikator pembelajaran
Menjawab pertanyaan yang diberikan guru
Menghargai pendapat orang lain.
5 menit
3.
Tindak lanjut
Mengklarifikasi apabila terdapat kesalahan yang bisa mengakibatkan miskonsepsi.

Menyimak informasi yang disampaikan oleh guru.

Toleransi
1 menit


I.     Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Jenis/ Teknik Penilaian
a.       Penilaian Keterampilan
Menggunakan penilaian portofolio.
b.      Penilaian Pengetahuan
Menilai hasil diskusi yang dilakukan siswa dengan kelompoknya pada lembar diskusi dan pengadaan ujian tertulis.
c.       Penilaian Sikap
Menilai sikap siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.
2.      Bentuk Instrumen
a.       Tes (soal pilihan ganda).
b.      Non tes (lembar observasi sikap, lembar diskusi dan lembar dokumen)             


LAMPIRAN 1
1.      Instrumen Non Tes
Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah
No
Nama Siswa
Aspek Yang Ingin Dinilai
Skor
Nilai
Rasa ingin tahu
Ketelitian dan kehati-hatian
Ketekunan dan tanggung jawab
Keterampilan komunikasi


1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


















































 
                                                   Nilai =                                  x 100

     Rubrik
No.
Aspek yang Dinilai
Skor
Kriteria
1.
Rasa ingin tahu
1
Tidak menunjukkan rasa ingin tahu, tidak antusias, pasif
2
Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak antusias, pasif
3
Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif
2.
Ketelitian dan kehati-hatian
1
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati- hati dalam melakukan percobaan
2
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati- hati dalam melakukan percobaan.
3
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan.
3.
Ketekunan dan tanggungjawab
1
Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
2
Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
3
Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
4.
Keterampilan komunikasi
1
Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasana atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain
2
Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaka gagasan atau ide, menghagai pendapat siswa lain
3
Aktif dalam tanya jawab dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain

Instrumen Penilaian Sikap
No.
Nama
Skor Untuk Sikap
Jumlah Skor
Nilai
Predikat
Santun
Jujur
Cinta Damai








































 
Nilai =                                       X 100

Rubrik
Kriteria
Skor
Indikator
Sangat Baik
4
Selalu santun/jujur/cinta damai kepada guru dan teman
Baik
3
Sering santun/jujur/cinta damai kepada guru dan teman
Cukup
2
Kadang-kadang santun/jujur/cinta damai kepada guru dan teman
Kurang
1
Tidak pernah santun/jujur/cinta damai kepada guru dan teman



LAMPIRAN 2
Instrumen Penilaian Diskusi
No
Nama
Aspek yang Dinilai
Skor
Nilai
Keterampilan Bertanya
Menyampaikan Pendapat
Menanggapi Pendapat
Kesesuaian Topik




1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


















 
                                                    Nilai =                                X 100   
Rubrik
No.
Aspek yang Dinilai
Skor
Kriteria
1.
Keterampilan berkomunikasi
1
Dalam penyampaian tidak menarik perhatian peserta diskusi.
2
Dalam penyampaian kurang menarik perhatian peserta diskusi.
3
Dalam penyampaian menarik perhatian peserta diskusi.
2.
Menyampaikan pendapat.
1
Pendapat tidak sesuai dengan masalah.
2
Pendapat sesuai dengan masalah tapi belum benar.
3
Pendapat sesuai dengan masalah dan benar.
3.
Menanggapi pendapat
1
Setuju/menyanggah pendapat dengan alasan yang tidak benar.
2
Setuju/menyanggah pendapat dengan alasan yang benar
3
Setuju/menyanggah pendapat dengan benar dan disertai dengan referensi.
4.
Kesesuaian topik
1
Pertanyaan tidak sesuai dengan topik.
2
Pertanyaan kurang sesuai dengan topik.
3
Pertanyaan sesuai dengan topik.



LAMPIRAN 3
Lembar Penilaian Dokumen
Judul Dokumen           :..........................................................................
Kelas/Kelompok         :..........................................................................
No.
Kriteria Penilaian
Nilai
Catatan
1
Kelengkapan:
Apakah dokumen lengkap untuk menjawab suatu permasalahan


2
Kejelasan:
  1. Tersusun dengan baik.
  2. Tertulis dengan baik
  3. Mudah dipahami


3
Informasi:
  1. Akurat
  2. Memadai
  3. Penting


4
Dukungan:
  1. Memuat contoh untuk hal-hal utama
  2. Memuat alasan yang baik


5
Data Grafis:
  1. Berkaitan dengan isi setiap bagian
  2. Diberi judul yang tepat
  3. Memberikan informasi
  4. Meningkatkan pemahaman


6
Bagian Dokmentasi:
  1. Cukup memadai
  2. Dapat dipercaya
  3. Berkaitan dengan hal yang dijelaskan
  4. Terpilih (terseleksi)



Jumlah skor



Petunjuk penilaian
  1. Setiap kriteria diberi skor dalam skala 1-5
  2. Nilai dinyatakan sebagai berikut:
1 = Rendah                 3 = Rata-rata               5 = Istimewa
2 = Cukup                   4 = Baik

LAMPIRAN 4
Instrumen Tes
Soal Pilihan Ganda
Indikator
Soal
Kunci jawaban
Skor
3.6.1    Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia.
Pernyataan di bawah ini adalah fungsi sistem sirkulasi pada manusia, kecuali…
A.  Mengangkut zat nutrisi ke seluruh jaringan tubuh
B.  Menghantarkan rangsang ke organ-organ tubuh
C.  Mengatur suhu tubuh
D.  Mengangkut sisa-sisa metabolisme ke alat-alat pengeluaran
E.   Mengedarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh
B
10
Sistem peredaran darah manusia terdiri dari komponen berikut kecuali ....
A.  Darah
B.  Jantung
C.  Vena
D.  Arteri
E.   Ginjal
E
10
3.6.2   Mengidentifikasi struktur anatomi dan fungsi jantung.
Bagian jantung yang menerima darah dari pulmo yaitu …
A. Atrium Sinister
B. Ventrikel Dexter
C. Atrium Dexter
D. Arteri Pulmonalis
E. Ventrikel Sinister
A
10
Bagian yang bertanggung jawab atas kontraksi jantung adalah ...
A. Perikardium
B. Endokardim
C. Myokardium
D. Epikardium
E. Katup
C
10
3.6.3   Menjelaskan hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya.
Sel darah yang aktif bekerja dalam reaksi immunitas, yaitu ....
A. Eosinofil
B. Limfosit
C. Basofil
D. Monosit
E. Neutrofil
B





10
Pembuluh darah dalam tubuh manusia yang mengandung banyak O2 yaitu ….
A. Vena
B. Venula
C. Vena Pulmonalis dan Aorta
D. Sinus Venosus
E. Vena Kava
C
10
3.6.4   Mengetahui skema mekanisme peredaran darah pada manusia.
Aliran darah pada peredaran darah kecil melalui ....
A. Jantung-Aorta-Seluruh Tubuh-Jantung
B. Jantung-Aorta-Paru-paru-Jantung
C.Jantung-Aorta-Seluruh Tubuh-Paru-paru-Jantung
D. Jantung-Vena Pulmonalis-Arteri Pulmonalis-Jantung
E. Jantung-Arteri Pulmonalis-Paru-paru-Vena pulmonalis-Jantung
E
10
Tekanan diastol adalah tekanan tekanan darah sewaktu jantung  ....
A. Terisi darah
B. istirahat
C. Kontraksi
D. Melemas
E. Relaksasi
E
10

LAMPIRAN 5
Lembar Kerja Siswa
“Sistem Peredaran Darah Manusia”

A.    Kompetensi Dasar
3.6  Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/ penyakit yang terdapat pada sistem peredaran darah manusia dan membandingkannya dengan sistem peredaran darah hewan ikan.
B.     Tujuan
1.    Peserta didik dapat mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia.
2.    Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur anatomi dan fungsi jantung.
3.    Peserta didik mampu menjelaskan hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya.
4.    Peserta didik mampu menjelaskan skema mekanisme peredaran darah manusia.
C.    Dasar Teori
Sistem peredaran darah disebut juga sistem transportasi, yang terjadi pada hewan vertebrata dan invertebrata. Pada hewan invertebrata lebih tepat digunakan istilah sistem transportasi. Hal ini disebabkan karena hewan invertebrata mengedarkan makanan tidak melalui pembuluh darah. Pada manusia, sistem transportasi atau peredaran darah terdiri atas tiga bagian utama, yaitu jantung, pembuluh darah, dan darah.
1.      Jantung
Jantung terletak di rongga dada, diselaputi oleh suatu membran pelindung yang disebut perikardium. Dinding jantung terdiri atas jaringan ikat padat yang membentuk suatu kerangka fibrosa dan otot jantung. Jantung manusia mempunyai empat ruangan, yaitu atrium kiri dan kanan, serta ventrikel kiri dan kanan.
2.      Pembuluh darah
Pembuluh darah merupakan jalan bagi darah yang mengalir dari jantung menuju ke jaringan tubuh, atau sebaliknya.  Pembuluh darah dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu pembuluh nadi, pembuluh vena, dan pembuluh kapiler.
3.      Darah
Darah manusia terdiri atas dua komponen, yaitu sel-sel darah yang berbentuk padatan dan plasma darah yang berbentuk cairan. Jika darah disentrifugasi, maka darah akan terbagi menjadi beberapa bagian. Bagian paling bawah adalah sel-sel darah merah, lapisan di atasnya adalah lapisan berwarna kuning yang berisi sel-sel darah putih. Sedangkan, lapisan paling atas adalah plasma darah.

D.    Alat dan Bahan
-          Buku Biologi SMA kelas XI
-          Alat tulis
E.     Prosedur Kerja
a.       Bacalah secara cermat petunjuk sebelum melakukan  kegiatan.
b.      Bentuklah kelompok sebanyak 4 orang untuk tiap kelompoknya.
c.       Tuliskan nama anggota kelompok di tempat yang telah disediakan.
d.      Baca buku-buku Biologi SMA kelas XI yang relevan untuk memperkuat konsep dan pemahaman Anda.
e.       Diskusikanlah pertanyaan yang terdapat dalam LKS ini dengan anggota kelompokmu.
f.       Presentasikan hasil diskusi di depan kelas.
g.      Tanyakan kepada guru pembimbing apabila ada hal-hal yang kurang jelas.

Selamat mengerjakan J


F.     Tugas Diskusi
6
 
2
 

 
8
 
      7
 
    4
 
                         5
 

 
3
 
1
 
1.      Berdasarkan gambar diatas, sebutkan dan jelaskan fungsi dari bagian tersebut!
No.
Bagian Organ
Fungsi
1


2


3


4


5


6


7


8



2.      Sel darah terbagi menjadi 3 macam yaitu eritrosit, leukosit dan trombosit. Jelaskan perbedaannya dalam bentuk tabel!
3.      Jelaskan mekanisme peredaran darah pada manusia !

Nama anggota kelompok             :

Kelas                                            :

No comments:

Post a Comment