RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI IPA/1
Materi Pokok : Sistem Peredaran Darah Manusia
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Menghayati dan
mengamalkan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan
fungsi sel, jaringan, organ dan sistem dalam tubuh manusia, dengan cara menjaga serta memeliharanya menurut ajaran
agama yang dianutnya.
1.1.1
Menjaga segala sesuatu yang telah
diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa serta bersyukur
atas nikmat yang telah diberikan oleh-Nya.
2.1 Berperilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; disiplin,
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) secara gotong royong, kerjasama, resposif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.1.1
Menunjukkan sikap teliti, tanggung
jawab, dan kerjasama saat mengadakan kegiatan baik diskusi di kelas
maupun percobaan di laboratorium.
3.6 Mendeskripsikan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/ penyakit yang
terdapat pada sistem peredaran darah manusia dan membandingkannya dengan sistem
peredaran darah hewan ikan.
3.6.1
Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia.
3.6.2
Mengidentifikasi struktur anatomi dan fungsi jantung.
3.6.3
Menjelaskan hubungan antara
berbagai komponen darah dan fungsinya.
3.6.4
Mengetahui skema mekanisme peredaran
darah pada manusia.
4.7 Melakukan pengamatan
bentuk-bentuk dan menghitung jumlah sel darah dan melakukan tes golongan darah
masing-masing siswa.
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Mengembangkan sikap
mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang respirasi.
2.
Bertanggung
jawab dalam mengkomunikasikan pendapat di kelas dengan jelas
3.
Peserta didik dapat mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia.
4. Peserta
didik mampu mengidentifikasi struktur anatomi
dan fungsi jantung.
5. Peserta
didik mampu menjelaskan hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya.
6. Peserta
didik mampu menjelaskan skema mekanisme peredaran darah manusia.
D. Materi Pembelajaran

Fakta
:
Darah merupakan alat tranportasi untuk
mengantarkan oksigen dan sari makanan.
Sel darah tidak memiliki inti sel
(nukleus).
Konsep :
Pengertian sistem
sirkulasi darah
pada manusia.
Manfaat mengetahui
gangguan dalam sistem sirkulasi pada manusia dan mencegahnya.
Prinsip :
Darah dipompa oleh organ jantung ke
seluruh tubuh.
Darah berbentuk cair dan tidak berinti
berbeda dengan sel-sel lainnya
yang selalu berinti.
Prosedur:
Pengamatan tekanan darah dapat dilakukan dengan alat
tensimeter untuk mengetahui tekanan darah, dapat dilakukan sesama peserta didik dengan bimbingan guru
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan
: Scientific
Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
F. Media Pembelajaran
Gambar organ jantung, powerpoint, gambar alat peredaran darah,
video mekanisme peredaran darah, papan tulis.
G. Sumber Belajar
1.
Buku pelajaran biologi :
Rachmawati, faidah. 2009. Biologi
Untuk SMA/MA Kelas XI Program IPA. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
No
|
Tahap
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
||
Guru
|
Peserta didik
|
Nilai Karakter
|
|||
1.
|
Orientasi
|
Berdoa
sebelum memulai pembelajaran dan mengabsen kehadiran siswa
|
Berdoa
dan menyimak guru
|
Religius dan tanggung jawab
|
1 menit
|
Menunjukkan
gambar (alat
peredaran darah) untuk
menarik perhatian siswa.
|
Menyimak
penjelasan dan demonstrasi dari guru
|
Toleransi
|
|||
2.
|
Apersepsi
|
Mengajukan
pertanyaan secara umum mengenai gambar yang telah di
tunjukkan pada powerpoint.
|
Berdiskusi
untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
|
Jujur, berpikir kritis dan berpikir
kreatif
|
2 menit
|
Meminta
perwakilan siswa menjawab dan mengemukakan pendapatnya.
|
Menyimak
|
Keberanian
|
|||
3.
|
Motivasi
|
Menimbulkan
rasa ingin tahu.
“bagaimanakah darah dapat beredar ke seluruh tubuh?”
|
Merespon
motivasi yang guru berikan dengan cara menjawab dan menanggapi
pertanyaan yang diberikan oleh guru.
|
Keberanian dan berpikir kritis
|
2 menit
|
4.
|
Tujuan dan Pemberian Acuan
|
Memaparkan
tujuan dari materi yang akan diajarkan.
|
Menyimak
pemaparan guru.
|
Toleransi
|
1 menit
|
Memberitahukan
kepada siswa buku yang akan digunakan proses pembelajaran.
|
Menyimak
informasi yang disampaikan guru.
|
Toleransi
|
2. Kegiatan Inti
No
|
Tahap
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
||
Guru
|
Peserta didik
|
Nilai karakter
|
|||
1.
|
Mengamati
|
Menampilkan
video mengenai sistem peredaran darah pada
manusia.
|
Menyimak dan
mencari informasi yang terdapat dalam video yang ditayangkan oleh guru.
|
Berpikir
kritis
|
3 menit
|
2.
|
Menanya
|
Memberi kesempatan
kepada peserta didik untuk bertanya mengenai hal apa saja yang dapat
dipelajari dalam sistem peredaran darah
§
“silahkan masing-masing membuat pertanyaan mengenai
hal-hal yang ingin dipelajari hari ini tentang sistem peredaran darah”
|
Merumuskan pertanyaan dengan menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan
sistem peredaran darah,
§ “organ apa saja yang
berperan dalam sistem peredaran darah?”
§ “Adakah faktor-faktor yang mempengaruhi peredaran darah seseorang bu?”
§ “Bagaimana mekanisme dari sistem peredaran darah pada manusia?”
|
Kejujuran dan
keberanian
|
2 menit
|
3.
|
Mengeksplorasi
|
Membagi siswa
ke dalam 3 kelompok diskusi
|
Membentuk
kelompok diskusi, agar suasana belajar lebih menyenangkan dan tidak
membosankan.
|
Tanggung
jawab
|
1 menit
|
Memberikan lembar kerja siswa untuk
diskusi
|
Mengerjakan LKS yang diberikan guru dengan berdiskusi
|
Tanggung
jawab dan berpikir kritis.
|
7 menit
|
||
4.
|
Mengasosiasi
|
Membimbing
dan memantau siswa yang sedang melakukan diskusi.
|
Melakukan
diskusi aktif
|
Kejujuran,
tanggung jawab, berpikir kritis.
|
1 menit
|
5.
|
Mengkomunikasikan
|
Meminta siswa
mempresentasikan hasil diskusinya dengan menunjuk satu siswa secara acak pada
tiap kelompoknya.
|
Mempresentasikan
hasil diskusi, untuk tiap kelompok diwakilkan oleh satu orang
|
Kejujuran
|
3 menit
|
Memberitahu
kesalahan yang terjadi dalam menjawab LKS yang diberikan guru.
|
Menyimak
informasi yang disampaikan oleh guru.
|
Toleransi
|
3 menit
|
||
Berdiskusi
bersama siswa untuk memecahkan masalah.
|
Berdiskusi
aktif bersama guru untuk memecahkan masalah.
|
Berpikir
kritis dan menghargai pendapat orang lain.
|
1.
Kegiatan Penutup
No.
|
Tahap
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
||
Guru
|
Peserta didik
|
Nilai karakter
|
|||
1.
|
Kesimpulan
|
Guru mengajak peserta didik menyimpulkan hasil
pembelajaran pada hari ini.
|
Menentukan
kesimpulan yang harus diambil dari pembelajaran.
|
Berpikir
kritis
|
2 menit
|
2.
|
Evaluasi
|
Memberikan beberapa pertanyaan sesuai dengan
indikator pembelajaran
|
Menjawab pertanyaan yang diberikan guru
|
Menghargai
pendapat orang lain.
|
5 menit
|
3.
|
Tindak lanjut
|
Mengklarifikasi
apabila terdapat kesalahan yang bisa mengakibatkan miskonsepsi.
|
Menyimak
informasi yang disampaikan oleh guru.
|
Toleransi
|
1 menit
|
I. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Jenis/
Teknik Penilaian
a. Penilaian
Keterampilan
Menggunakan penilaian
portofolio.
b. Penilaian
Pengetahuan
Menilai hasil diskusi yang
dilakukan siswa dengan kelompoknya pada lembar diskusi dan pengadaan ujian
tertulis.
c. Penilaian
Sikap
Menilai sikap siswa pada
saat proses pembelajaran berlangsung.
2. Bentuk
Instrumen
a. Tes
(soal pilihan ganda).
b. Non
tes (lembar observasi sikap, lembar diskusi dan lembar dokumen)
LAMPIRAN 1
1. Instrumen
Non Tes
Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Yang Ingin Dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
||||||||||||
Rasa ingin tahu
|
Ketelitian dan kehati-hatian
|
Ketekunan dan tanggung jawab
|
Keterampilan komunikasi
|
|
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai
= x 100
Rubrik
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Kriteria
|
1.
|
Rasa ingin tahu
|
1
|
Tidak
menunjukkan rasa ingin tahu, tidak antusias, pasif
|
2
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu, namun tidak antusias, pasif
|
||
3
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif
|
||
2.
|
Ketelitian dan kehati-hatian
|
1
|
Mengamati hasil
percobaan
sesuai prosedur,
kurang hati- hati
dalam melakukan percobaan
|
2
|
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-
hati dalam melakukan
percobaan.
|
||
3
|
Mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam
melakukan percobaan.
|
||
3.
|
Ketekunan dan tanggungjawab
|
1
|
Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan
tugasnya tidak selesai
|
2
|
Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan
tugas, namun belum menunjukkan
upaya terbaiknya
|
||
3
|
Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan
hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
|
||
4.
|
Keterampilan komunikasi
|
1
|
Aktif dalam
tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasana atau ide, kurang menghargai
pendapat siswa lain
|
2
|
Aktif dalam
tanya jawab, tidak ikut mengemukaka gagasan atau ide, menghagai pendapat
siswa lain
|
||
3
|
Aktif dalam
tanya jawab dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
|
Instrumen
Penilaian Sikap
No.
|
Nama
|
Skor Untuk Sikap
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Predikat
|
||
Santun
|
Jujur
|
Cinta Damai
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai
= X
100
Rubrik
Kriteria
|
Skor
|
Indikator
|
Sangat Baik
|
4
|
Selalu
santun/jujur/cinta damai kepada guru dan teman
|
Baik
|
3
|
Sering
santun/jujur/cinta damai kepada guru dan teman
|
Cukup
|
2
|
Kadang-kadang
santun/jujur/cinta damai kepada guru dan teman
|
Kurang
|
1
|
Tidak pernah
santun/jujur/cinta damai kepada guru dan teman
|
LAMPIRAN
2
Instrumen
Penilaian Diskusi
No
|
Nama
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||
Keterampilan Bertanya
|
Menyampaikan Pendapat
|
Menanggapi Pendapat
|
Kesesuaian Topik
|
|
|
||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai
= X 100
Rubrik
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Kriteria
|
1.
|
Keterampilan berkomunikasi
|
1
|
Dalam penyampaian tidak menarik perhatian peserta
diskusi.
|
2
|
Dalam penyampaian kurang menarik perhatian
peserta diskusi.
|
||
3
|
Dalam penyampaian menarik perhatian peserta
diskusi.
|
||
2.
|
Menyampaikan pendapat.
|
1
|
Pendapat tidak sesuai dengan masalah.
|
2
|
Pendapat sesuai dengan masalah tapi belum benar.
|
||
3
|
Pendapat sesuai dengan masalah dan benar.
|
||
3.
|
Menanggapi pendapat
|
1
|
Setuju/menyanggah pendapat dengan alasan yang
tidak benar.
|
2
|
Setuju/menyanggah pendapat dengan alasan yang benar
|
||
3
|
Setuju/menyanggah pendapat dengan benar dan
disertai dengan referensi.
|
||
4.
|
Kesesuaian topik
|
1
|
Pertanyaan tidak sesuai dengan topik.
|
2
|
Pertanyaan kurang sesuai dengan topik.
|
||
3
|
Pertanyaan sesuai dengan topik.
|
LAMPIRAN
3
Lembar
Penilaian Dokumen
Judul Dokumen :..........................................................................
Kelas/Kelompok :..........................................................................
No.
|
Kriteria Penilaian
|
Nilai
|
Catatan
|
1
|
Kelengkapan:
Apakah dokumen lengkap untuk menjawab
suatu permasalahan
|
|
|
2
|
Kejelasan:
|
|
|
3
|
Informasi:
|
|
|
4
|
Dukungan:
|
|
|
5
|
Data Grafis:
|
|
|
6
|
Bagian Dokmentasi:
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
Petunjuk penilaian
- Setiap
kriteria diberi skor dalam skala 1-5
- Nilai
dinyatakan sebagai berikut:
1 = Rendah 3 = Rata-rata 5 = Istimewa
2 = Cukup 4 = Baik
LAMPIRAN 4
Instrumen
Tes
Soal Pilihan Ganda
Indikator
|
Soal
|
Kunci jawaban
|
Skor
|
3.6.1
Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada
manusia.
|
Pernyataan di
bawah ini adalah fungsi sistem sirkulasi pada manusia, kecuali…
A. Mengangkut zat nutrisi ke seluruh
jaringan tubuh
B. Menghantarkan rangsang ke organ-organ
tubuh
C. Mengatur suhu tubuh
D. Mengangkut sisa-sisa metabolisme ke
alat-alat pengeluaran
E. Mengedarkan oksigen ke seluruh jaringan
tubuh
|
B
|
10
|
Sistem
peredaran darah manusia terdiri dari komponen berikut kecuali ....
A. Darah
B. Jantung
C. Vena
D. Arteri
E. Ginjal
|
E
|
10
|
|
3.6.2
Mengidentifikasi
struktur anatomi dan fungsi jantung.
|
Bagian jantung
yang menerima darah dari pulmo yaitu …
A.
Atrium Sinister
B.
Ventrikel Dexter
C.
Atrium Dexter
D.
Arteri Pulmonalis
E.
Ventrikel Sinister
|
A
|
10
|
Bagian yang
bertanggung jawab atas kontraksi jantung adalah ...
A.
Perikardium
B. Endokardim
C.
Myokardium
D. Epikardium
E. Katup
|
C
|
10
|
|
3.6.3
Menjelaskan hubungan antara
berbagai komponen darah dan fungsinya.
|
Sel
darah yang aktif bekerja dalam reaksi immunitas, yaitu ....
A.
Eosinofil
B. Limfosit
C. Basofil
D. Monosit
E. Neutrofil
|
B
|
10
|
Pembuluh
darah dalam tubuh manusia yang
mengandung banyak O2 yaitu ….
A.
Vena
B.
Venula
C.
Vena Pulmonalis dan
Aorta
D.
Sinus Venosus
E. Vena
Kava
|
C
|
10
|
|
3.6.4
Mengetahui skema mekanisme
peredaran darah pada manusia.
|
Aliran darah
pada peredaran darah kecil melalui ....
A. Jantung-Aorta-Seluruh
Tubuh-Jantung
B. Jantung-Aorta-Paru-paru-Jantung
C.Jantung-Aorta-Seluruh Tubuh-Paru-paru-Jantung
D. Jantung-Vena Pulmonalis-Arteri Pulmonalis-Jantung
E. Jantung-Arteri Pulmonalis-Paru-paru-Vena
pulmonalis-Jantung
|
E
|
10
|
Tekanan diastol adalah
tekanan tekanan
darah sewaktu jantung ....
A. Terisi darah
B. istirahat
C. Kontraksi
D. Melemas
E. Relaksasi
|
E
|
10
|
LAMPIRAN 5
Lembar
Kerja Siswa
“Sistem Peredaran Darah Manusia”
A. Kompetensi Dasar
3.6 Mendeskripsikan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/ penyakit yang
terdapat pada sistem peredaran darah manusia dan membandingkannya dengan sistem
peredaran darah hewan ikan.
B. Tujuan
1.
Peserta didik dapat mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia.
2. Peserta
didik mampu mengidentifikasi struktur anatomi
dan fungsi jantung.
3. Peserta
didik mampu menjelaskan hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya.
4. Peserta
didik mampu menjelaskan skema mekanisme peredaran darah manusia.
C.
Dasar Teori
Sistem peredaran darah
disebut juga sistem transportasi, yang terjadi pada hewan vertebrata dan
invertebrata. Pada hewan invertebrata lebih tepat digunakan istilah sistem
transportasi. Hal ini disebabkan karena hewan invertebrata mengedarkan makanan
tidak melalui pembuluh darah. Pada
manusia, sistem transportasi atau peredaran darah terdiri atas tiga bagian
utama, yaitu jantung, pembuluh darah, dan darah.
1.
Jantung
Jantung terletak di rongga dada, diselaputi oleh suatu membran pelindung
yang disebut perikardium. Dinding jantung terdiri atas jaringan ikat padat yang
membentuk suatu kerangka fibrosa dan otot jantung. Jantung manusia mempunyai
empat ruangan, yaitu atrium kiri dan kanan, serta ventrikel kiri dan kanan.
2.
Pembuluh darah
Pembuluh darah merupakan jalan bagi darah yang mengalir dari jantung menuju
ke jaringan tubuh, atau sebaliknya.
Pembuluh darah dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu pembuluh nadi,
pembuluh vena, dan pembuluh kapiler.
3.
Darah
Darah manusia terdiri atas dua komponen, yaitu sel-sel darah yang berbentuk
padatan dan plasma darah yang berbentuk cairan. Jika darah disentrifugasi, maka
darah akan terbagi menjadi beberapa bagian. Bagian paling bawah adalah sel-sel
darah merah, lapisan di atasnya adalah lapisan berwarna kuning yang berisi
sel-sel darah putih. Sedangkan, lapisan paling atas adalah plasma darah.
D.
Alat
dan Bahan
-
Buku Biologi SMA kelas XI
-
Alat tulis
E.
Prosedur
Kerja
a. Bacalah
secara cermat petunjuk sebelum melakukan
kegiatan.
b. Bentuklah
kelompok sebanyak 4 orang untuk tiap kelompoknya.
c. Tuliskan
nama anggota kelompok di tempat yang telah disediakan.
d. Baca
buku-buku Biologi
SMA kelas XI yang relevan untuk memperkuat konsep dan pemahaman Anda.
e. Diskusikanlah
pertanyaan yang terdapat dalam LKS ini dengan anggota kelompokmu.
f. Presentasikan
hasil diskusi di depan kelas.
g. Tanyakan
kepada guru pembimbing apabila ada hal-hal yang kurang jelas.
Selamat mengerjakan J
F. Tugas Diskusi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Berdasarkan gambar diatas, sebutkan dan jelaskan fungsi dari bagian tersebut!
No.
|
Bagian Organ
|
Fungsi
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
2.
Sel darah terbagi menjadi 3 macam yaitu eritrosit, leukosit dan trombosit.
Jelaskan perbedaannya dalam bentuk tabel!
3.
Jelaskan mekanisme peredaran darah pada manusia !
Nama anggota
kelompok :
Kelas :
No comments:
Post a Comment