Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Darah
|
Alat peredaran
|
Skema mekanisme peredaran darah
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa
dalam pelajaran ini.
|
Peserta didik dapat mengetahui :
-Fungsi darah
-Komponen darah
-Golongan darah
|
Mengetahui organ yang berperan pada sistem peredaran
darah
-sirkulasi darah meliputi organ jantung, pembuluh
darah, darah.
Mengetahui bagian jantung dan fungsinya.
|
Mengetahui siklus peredaran darah pada manusia
-peredaran darah terbuka
-peredaran darah tertutup
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten
ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Dengan mengetahui bagian struktur darah dan
fungsinya dapat membuktikan bahwa darah merupakan komponen utama dalam
penyusun tubuh manusia dan memiliki peran penting pada sistem sirkulasi.
|
Penting untuk mengetahui organ sistem peredaran darah manusia.
-dapat membedakan dengan sistem transporttasi pada
hewan.
-mengetahui kelainan yang dapat terjadi pada alat
peredaran darah.
|
-mengetahui adanya peredaran darah pulmonal dan
sistemik.
-mengetahui bagaimana siklus jantung dalam kerja
memompa darah
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan
keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
pentingnya darah merupakan medium transpor dalam
sistem sirkulasi.
-berperan aktif dalam memerangi bibit penyakit.
-sel-sel darah dalam jumlah yang cukup besar dapat
diamati dengan mikroskop.
|
Kesulitan siswa dalam mengaitkan bagian alat
peredaran dengan fungsi serta hubungannya dalam proses peredaran darah pada
manusia diperlukan adanya contoh dari setiap fungsi organ yang berkaitan
dengan sistem peredaran darah.
|
Kendala siswa dalam mekanisme peredaran darah,
membedakan bagian saluran sirkulasi pada sistem peredaran darah terbuka atau
tertutup.
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi
pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Membuat hubungan antara konsep dan
siswa sebelum pengetahuan dan pengalaman hidup
-menampilkan gambar bagian dan fungsi darah.
-sel-sel darah
-pembuluh darah
|
Membuat hubungan antara konsep dan
siswa sebelum pengetahuan dan pengalaman hidup
-menampilkan gambar alat perderan darah serta fungsi
dan cara kerja
-meminta siswa menganalisis kelainan yang dapat
terjadi pada alat peredaran darah dan faktor penyebabnya.
|
Membuat hubungan antara konsep dan
siswa sebelum pengetahuan dan pengalaman hidup
-menampilkan video mekanisme peredaran darah pada
manusia
- Meminta
siswa untuk membuat skema sirkulasi darah
|
Strategi pengajaran dan representasi
diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan
representasi]
|
Menampilkan gambar dari komponen dan sel-sel darah
agar siswa lebih mudah memahami konsep sistem peredaran darah.
|
Menampilkan gambar dan video bagian alat peredaran
darah sehingga siswa dapat menganalisa proses sistem peredaran darah pada
manusia.
|
Menunjukkan gambar atau bagan skema mekanisme
peredaran darah manusia agar lebih mudah memahami konsep sirkulasi.
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan siswa:
-meminta siswa menjelaskan
pentingnya darah dalam sistem sirkulasi.
|
Menilai akurasi penjelasan siswa:
-penjelasan siswa tentang alat
peredaran darah dan fungsinya
-penjelasan siswa tentang kelainan
yang dapat terjadi pada alat peredaran darah serta faktor lainnya
|
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan
pemahaman siswa:
-prediksi skema mekanisme
peredaran darah (peredaran darah terbuka & tertutup, siklus memompa darah
pada jantung)
|
CoRe (Core Representation) Sistem Peredaran Darah Manusia
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment