CoRe (Core Representation) Sistem Peredaran Darah Manusia

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Darah
Alat peredaran
Skema mekanisme peredaran darah
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik dapat mengetahui :
-Fungsi darah
-Komponen darah
-Golongan darah
Mengetahui organ yang berperan pada sistem peredaran darah
-sirkulasi darah meliputi organ jantung, pembuluh darah, darah.
Mengetahui bagian jantung dan fungsinya.
Mengetahui siklus peredaran darah pada manusia
-peredaran darah terbuka
-peredaran darah tertutup

Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Dengan mengetahui bagian struktur darah dan fungsinya dapat membuktikan bahwa darah merupakan komponen utama dalam penyusun tubuh manusia dan memiliki peran penting pada sistem sirkulasi.
Penting untuk mengetahui organ  sistem peredaran darah manusia.
-dapat membedakan dengan sistem transporttasi pada hewan.
-mengetahui kelainan yang dapat terjadi pada alat peredaran darah.

-mengetahui adanya peredaran darah pulmonal dan sistemik.
-mengetahui bagaimana siklus jantung dalam kerja memompa darah
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
pentingnya darah merupakan medium transpor dalam sistem sirkulasi.
-berperan aktif dalam memerangi bibit penyakit.
-sel-sel darah dalam jumlah yang cukup besar dapat diamati dengan mikroskop.
Kesulitan siswa dalam mengaitkan bagian alat peredaran dengan fungsi serta hubungannya dalam proses peredaran darah pada manusia diperlukan adanya contoh dari setiap fungsi organ yang berkaitan dengan sistem peredaran darah.
Kendala siswa dalam mekanisme peredaran darah, membedakan bagian saluran sirkulasi pada sistem peredaran darah terbuka atau tertutup.

Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum pengetahuan dan pengalaman hidup
-menampilkan gambar bagian dan fungsi darah.
-sel-sel darah
-pembuluh darah
Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum pengetahuan dan pengalaman hidup
-menampilkan gambar alat perderan darah serta fungsi dan cara kerja
-meminta siswa menganalisis kelainan yang dapat terjadi pada alat peredaran darah dan faktor penyebabnya.
Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum pengetahuan dan pengalaman hidup
-menampilkan video mekanisme peredaran darah pada manusia
- Meminta siswa untuk membuat skema sirkulasi darah
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Menampilkan gambar dari komponen dan sel-sel darah agar siswa lebih mudah memahami konsep sistem peredaran darah.
Menampilkan gambar dan video bagian alat peredaran darah sehingga siswa dapat menganalisa proses sistem peredaran darah pada manusia.
Menunjukkan gambar atau bagan skema mekanisme peredaran darah manusia agar lebih mudah memahami konsep sirkulasi.
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa:
-meminta siswa menjelaskan pentingnya darah dalam sistem sirkulasi.
Menilai akurasi penjelasan siswa:
-penjelasan siswa tentang alat peredaran darah dan fungsinya
-penjelasan siswa tentang kelainan yang dapat terjadi pada alat peredaran darah serta faktor lainnya
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
-prediksi skema mekanisme peredaran darah (peredaran darah terbuka & tertutup, siklus memompa darah pada jantung)

No comments:

Post a Comment