RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ................
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI / 2
Materi
Pokok : Sistem Pencernaan Makanan
Pertemuan : Ke-1
Alokasiwaktu : 1 x 30 menit
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
3.7 Mendeskripsikan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem pencernaan makanan pada manusia dan membandingkan struktur pencernaan
pada hewan ruminansia.
4.9 Menganalisis kebutuhan kalori
bagi individu berdasarkan BMI (Body mass Index) dan menyusun menu satu
hari bagi dirinya berdasarkan BMI.
4.10 Melakukan percobaan uji zat
makanan pada berbagai jenis bahan makanan dan menyusun laporan hasil
percobaannya.
4.11 Membuat
tabel perbandingan struktur, fungsi dan proses sistem pencernaan manusia dan
hewan ruminansia berdasarkan pengamatan gambar
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7.1
Menjelaskan
berbagai jenis kandungan zat dalam bahan makanan.
3.7.2
Membedakan
zat makanan makro dan mikro.
3.7.3
Menyebutkan
fungsi zat gizi pada makanan bagi tubuh manusia.
3.7.4
Menyebutkan
bahan makanan yang mengandung sumber zat gizi
D.
Tujuan Pembelajaran
3.7.1
Peserta
didik mampu menjelaskan berbagai jenis kandungan zat dalam bahan makanan dengan
benar melalui pengamatan gambar.
3.7.2
Peserta
didik mampu membedakan zat makanan makro dan mikro dengan benar melalui studi literature.
3.7.3
Peserta
didik mampu menyebutkan fungsi zat gizi pada makanan
bagi tubuh manusia dengan benar melalui studi
literatur.
3.7.4
Peserta
didik mampu menyebutkan bahan makanan yang mengandung sumber zat gizi dengan benar melalui studi literatur.
E.
Materi Pembelajaran
Untuk tetap dapat bertahan hidup, makhluk hidup
memerlukan makanan. Karena salah satu ciri makhluk hidup yakni memerlukan makan
(nutrisi). Fungsi makanan bagi makhluk hidup yakni diantaranya sebagai sumber
energi, sumber bahan pembangun sel dan jaringan tubuh, serta sebagai pengatur
proses yang terjadi di dalam tubuh dan sebagai pelindung tubuh terhadap
berbagai penyakit. Fungsi tersebut dapat berjalan dengan baik berkat adanya zat
gizi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi makhluk hidup.
Zat makanan merupakan bahan-bahan
yang diperlukan oleh tubuh supaya dapat tetap hidup. Ada 2 jenis zat makanan,
yaitu zat makanan makro (karbohidrat, lemak, protein, air) dan zat makanan
mikro (vitamin, mineral). Banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan manusia, diantaranya adalah makanan. Melalui makanan,
manusia dapat memperoleh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Nutrisi
tersebut berupa karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan garam mineral.
No.
|
Zat
Makanan
|
Fungsi
|
Contoh
|
1.
|
Karbohidrat
|
· Sebagai sumber energi utama.
· Berperan penting dalam
metabolisme.
· Menjaga keseimbangan asam dan
basa.
· Pembentukan struktur sel,
jaringan, dan organ tubuh.
· Membantu proses pencernaan makanan
dalam saluran pencernaan, misalnya selulosa.
· Membantu penyerapan kalsium,
misalnya laktosa.
· Bahan pembentuk senyawa kimia
lain, seperti lemak dan protein.
· Karbohidrat beratom C lima buah,
yaitu ribosa adalah komponen DNA dan RNA.
|
· beras
· jagung
· gandum
· kentang
· ubi- ubian
|
2.
|
Lemak
|
· Sebagai sumber energi, pelarut
vitamin A, D, E, dan K
· Sumber asam lemak esensial
· Pelindung organ tubuh
· Penyebab lamanya pengosongan
lambung sehingga memberi rasa kenyang lebih lama.
|
Lemak hewani:
· lemak daging
· mentega
· susu
· ikan basah
· telur
· minyak ikan
Lemak nabati.
· kelapa
· kemiri
· kacang-kacangan
· alpukat
|
3.
|
Protein
|
· Sintesis zat-zat penting tubuh,
seperti hormon, enzim, dan antibodi
· Pertumbuhan, perbaikan, dan
pemeliharaan jaringan tubuh
· Pelaksanaan metabolisme tubuh
· Penyeimbangan asam dan basa cairan
tubuh karena berperan sebagai buffer
· Pemeliharaan tekanan cairan dalam
sekat rongga tubuh
· Penyediaan sumber energi, di mana
1 gramnya terkandung 4,1 kalori
· Penetralan (detoksifikasi) racun
di dalam tubuh.
|
Protein hewani,
· lemak
· daging
· susu
· ikan
· telur
· keju
Protein nabati
· kedelai
· kacang tanah
· kacang hijau
|
4.
|
Air
|
· Sebagai pelarut senyawa-senyawa
lainnya
· Mengangkut zat lain dari sel ke
sel atau dari jaringan ke jaringan lainnya
· Menjaga stabilitas suhu tubuh
|
Air Mineral
|
5.
|
Mineral
|
· Kalsium berfungsi pembentukan
darah, kontraksi otot, pembentukan tulang, dan gigi, dan sebagainya.
|
· susu
· keju
· daging
· sayur-sayuran
|
6.
|
Vitamin
|
· sebagai kompenen organik enzim
yang disebut sebagai co-enzim.
|
· buah-buahan
· sayuran
|
F.
Strategi Pembelajaran
1.
Pendekatan : Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach)
2.
Model
pembelajaran : Cooperative Learning
3.
Metode : Numbered Head Together (NHT)
G.
Media Pembelajaran
1.
LKS
2.
LCD
3.
Laptop
4.
Papan
Tulis
H.
Sumber Belajar
Pujiyanto, S. 2015. Biologi 2 SMA/MA. Solo: PT Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri
Pratiwi, D.A. 2009. Biologi 2 SMA/MA. Jakarta: Erlangga
I.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah Pembelajaran
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal (5 menit)
|
|||
1.
Pembukaan
|
· Guru memberi salam dan
menanyakan kabar
· Mengecek kesiapan siswa
· Menyiapkan media pembelajaran
|
· Siswa menjawab salam dan mempersiapkan pelajaran
|
2 menit
|
2.
Apersepsi
& Motivasi
|
· Guru menanyakan tentang
pengetahuan siswa mengenai ciri makhluk hidup
“Anak-anak, masih ingatkah kalian dengan pelajaran yang pernah kalian
pelajari sebelumnya mengenai makhluk hidup?”
“Apa saja ciri-ciri makhluk hidup?”
“Mengapa makhluk hidup memerlukan makan?”
“Apa fungsi makanan bagi makhluk hidup?”
· Memuji siswa yang berani menjawab
· Guru membimbing siswa untuk menyebutkan
tujuan pembelajaran
· Guru menayangkan power point
mengenai fungsi makanan bagi makhluk hidup
|
·
Siswa
menjawab pertanyaan guru, dengan harapan jawaban:
“Masih ingat bu”
“Bernapas, bergerak, peka
terhadap rangsang, tumbuh, bereproduksi, memerlukan makan.”
· Siswa menyebutkan ciri makhluk
hidup
“Sebagai sumber energi”
· Siswa menyebutkan tujuan
pembelajaran
· Siswa memperhatikan penjelasan
guru
|
3 menit
|
Kegiatan
Inti (20 menit)
|
|||
1.
Mengamati
|
· Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok
secara heterogen.
· Guru membagikan nomor kepada
tiap-tiap siswa secara acak.
· Guru menapilkan gambar penyakit
yang disebabkan kekurangan zat makanan.
“Ibu memiliki gambar
untuk kalian. Gambar apa ini?”
|
· Siswa duduk secara berkelompok
sesuai arahan guru.
· Tiap-tiap siswa mendapatkan nomor
· Siswa memperhatikan gambar dan
menjawab pertanyaan guru.
“penyakit pada
manusia, Bu”.
|
2 menit
|
2.
Menanya
|
· Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik
untuk bertanya mengenai apa yang sudah diamati.
· Guru
memberikan sedikit penjelasan setelah peserta didik bertanya.
|
· Peserta
didik mengajukan pertanyaan yang bersifat faktual sampai kepada pertanyaan yang
bersifat hipotetik.
Hal yang mungkin ditanyakan peserta didik yakni :
“Apa hubungannya dengan materi yang akan
kita pelajari?
“Apakah penyakit itu akan tetap timbul
apabila kita kelebihan zat makanan?
|
1 menit
|
3.
Mencoba
|
· Guru
membagikan LKS untuk tiap kelompok.
· Guru
memberikan kesempatan kepada peserta
didik secara berkelompok untuk mencari informasi mengenai gambar yang
telah mereka amati.
|
· Peserta
didik secara berkelompok mencari informasi mengenai gambar yang telah mereka
amati melalui studi literatur.
|
2 menit
|
4.
Menalar
|
· Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendiskusikan hasil
informasi yang telah didapat.
|
· Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap
anggota kelompok dapat mengerjakannya atau mengetahui jawabannya.
|
3 menit
|
5.
Mengkom-unikasikan
|
· Guru
memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil
kerjasama mereka
· Guru
mempersilahkan siswa lain yang ingin menyampaikan tanggapannya, kemudaian
memanggil nomor yang lain.
|
· Siswa
yang dipanggil secara acak menjawab pertanyaaan dan hasil diskusi di depan
kelas
· Siswa
menanggapi penampilan siswa yang dipanggil. Kemudian siswa yang dipanggil
menjawab hasil diskusi dan pertanyaan di depan kelas.
|
8 menit
|
Kegiatan Akhir (5 menit)
|
|||
|
· Guru
mengevaluasi ketercapaian indikator
· Guru
memberikan kesimpulan tentang fungsi makanan serta zat-zat makanan yang
diperlukan oleh tubuh
|
·
Siswa mendengarkan penjelasan
guru
|
9 menit
|
J.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Kognitif
·
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
·
Instrumen
Penilaian : LKS
2. Psikomotorik
·
Teknik Penilaian : Observasi
·
Instrumen
Penilaian : Lembar Observasi
3. Afektif
·
Teknik Penilaian : Observasi
·
Instrumen
Penilaian : Lembar Observasi
Tangerang Selatan,
9 Agustus 2015
Mengetahui,
Kepala
SMA Guru Biologi Kelas XII
............................................. ............................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
Lampiran
1 : Penilaian Kognitif
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas /
Semester : XI / 2
Materi Pokok :
Sistem Pencernaan
Pertemuan : Ke-1
Hari/Tanggal : ...
Waktu : 1 x 30 menit
Indikator
|
Soal
|
Kunci
|
Skor
|
Menjelaskan
berbagai jenis kandungan zat dalam bahan makanan.
|
1. Apa saja zat gizi yang terkandung dalam
makanan?
|
1.
Zat
gizi yang terkandung dalam makanan berupa karbohidrat, protein, lemak,
mineral, vitamin, dan air.
|
6
|
Membedakan
zat makanan makro dan mikro.
|
2. Mengapa karbohidrat, lemak, protein, air
tergolong sebagai zat makanan makro?
3. Mengapa vitamin serta mineral tergolong
sebagai zat makanan mikro?
|
2.
Karbohidrat,
lemak, protein, air tergolong sebagai zat makanan makro karena dibutuhkan
dalam jumlah yang banyak oleh tubuh terkait dengan fungsinya sebagai sumber
energi serta untuk perkembangan dan pertumbuhan.
3.
Vitamin
serta mineral tergolong sebagai zat makanan mikro karena dibutuhkan tubuh
dalam jumlah yang sedikit.
|
3
3
|
Menyebutkan
fungsi zat gizi pada makanan bagi tubuh manusia.
|
4. Apa fungsi dari karbohidrat, protein,
lemak, air, mineral, dan vitamin bagi tubuh manusia? Sebutkan masing-masing 1!
|
4.
Karbohidrat : Sebagai sumber energi utama
Lemak : Sebagai pelindung organ tubuh
Protein : berfungsi untuk pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan
jaringan tubuh
Air : Sebagai pelarut senyawa-senyawa lainnya
Mineral : Kalsium berfungsi untuk pembentukan tulang
Vitamin : Sebagai komponen organic enzim yang disebut sebagai
koenzim.
|
6
|
Menyebutkan
bahan makanan yang mengandung sumber zat gizi
|
5. Sebutkan masing-masing 3 bahan makanan
yang mengadung karbohidrat, lemak, protein, mineral?
|
5.
Karbohidrat : beras, umbi-umbian, gandum
Lemak : daging, mentega, alpukat
Protein : ikan, telur, kedelai
Mineral : susu, keju, sayuran
|
12
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama
|
No
Soal
|
Skor
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Lampiran
2 : Penilaian Afektif
Nama Siswa : .....
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas /
Semester : XI / 2
Materi Pokok :
Sistem Pencernaan
Pertemuan : Ke-1
Hari/Tanggal : ...
Waktu : 1 x 30 menit
No
|
Pernyataan
/ indikator
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Skor
|
1
|
Kehadiran
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Membaca buku referensi
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Kerjasama dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Bertanya
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Menghargai pendapat orang lain
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
5
= sangat baik / sangat sering
4
= baik / sering
3
= cukup
2
= kurang / jarang
1 = sangat kurang / sangat jarang
Lampiran
3 : Penilaian Psikomotorik
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas /
Semester : XI / 2
Materi Pokok :
Sistem Pencernaan
Pertemuan : Ke-1
Hari/Tanggal : ...
Waktu : 1 x 30 menit
No
|
Nama
|
Aspek
penilaian
|
Jumlah
skor
|
nilai
|
|||
Ketepatan
menjawab
|
Kecepatan
mengerjakan
|
Kemandirian
|
Ketelitian
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
1 = tidak tepat / tidak teliti
2 = kurang tepat / kurang teliti
3 = tepat / teliti
4 = tepat / teliti / cermat
No comments:
Post a Comment