Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XI/ I
Materi Pokok : Sel
Topik :Mekanisme
Difusi dan Osmosis
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsive, fan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator
1.1
Menghayati dan mengamalkan
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel,
jaringan, organ dan sistem dalam tubuh manusia, dengan cara menjaga serta
memeliharanya menurut ajaran agama yang dianutnya.
Indikator:
1.
Berdoa sebelum dan
sesudah melakukan sesuatu
2. Mengucapkan
kalimat pujian kepada Tuhan YME atas nikmat dan karunia ciptaan-Nya
3.
Mengungkapakan kekaguman
secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
4.
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
5.
Mensyukuri
kekayaan alam dengan memanfaatkannya secara benar semaksimal mungkin
6.
Berserah diri
(tawakal) kepada Tuhan YME setelah selesai melakukan usaha maksimal (ikhtiar)
2.1
Berperilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; disiplin; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif; dan peduli lingkungan)
secara gotong royong, kerjasama, responsif dan proaktif dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi.
3.2
Membandingkan mekanisme transpor pada membrane
(difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, dan eksositosis) dari hasil
pengamatan.
Indikator:
1. Menyebutkan
fungsi membran sel sebagai lapisan yang semipermeabel yang memungkinkan
terjadinya pertukaran zat
2. Menjelaskan
proses transport molekul melalui membrane dengan proses difusi berdasarkan gradien konsentrasi
3. Menjelaskan
proses transport molekul melalui membran dengan proses osmosis berdasarkan
perpindahan zat pelarutnya
4. Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan proses difusi dan osmosis
5. Mengidentifikasi
syarat serta akibat dari proses difusi dan osmosis (turgid dan plasmolisis)
4.6
Melakukan percobaan difusi dan osmosis dengan
menggunakan umbi kentang atau batang kangkung atau batang seledri dan
mengkaitkannya dengan peristiwa transport trans membrane.
Indikator:
1.
Mengamati proses
difusi dengan menggunakan tinta dan air
2.
Mengamati proses
osmosis dengan menggunakan batang kangkung
C.
Tujuan
1. Siswa
mampu menyebutkan fungsi membran sel sebagai lapisan yang semipermeabel yang
memungkinkan terjadinya pertukaran zat dengan tepat melalui tanya jawab.
2. Siswa
mampu menjelaskan proses transport molekul melalui membran difusi berdasarkan
gradient konsentrasi secara sistematis dari pengamatan yang dilakukan
3. Siswa
mampu menjelaskan proses transport molekul melalui membran osmosis berdasarkan
perpindahan zat pelarutnya secara sistematis dari pengamatan yang dilakukan
4. Siswa
mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan proses difusi
dan osmosis secara tepat melalui diskusi kelas
5. Siswa
mampu Mengidentifikasi syarat serta akibat dari proses difusi dan osmosis
(turgid dan plasmolisis) secara tepat melalui diskusi kelas
D.
Materi
Pembelajaran
·
Membran sel
merupakan bagian terluar dari sel yang bertindak sebagai pembatas antara isi
sel dengan lingkungan luarnya. Berupa lapisan tipis bersifat semi permeabel
karena hanya dapat dilewati oleh ion, molekul, dan senyawa tertentu.
·
Difusi adalah
proses pergerakan partikel, molekul, ion, gas, atau cairan dari konsentrasi
tinggi ke konsetrasi yang lebih rendah hingga tercapai suatu keseimbangan/
konsentrasi sama. Difusi dapat dipermudah oleh protein spesifik yang membentuk
saluran protein dan protein transport pada membrane sel.
·
Osmosis adalah
proses bergeraknya molekul pelarut (air) dari larutan dengan konsentrasi rendah
(hipotonik) ke larutan yang konsentrasi lebih tinggi (hipertonik) melalui
selaput semipermeabel.
·
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan difusi,
yaitu:
1. Ukuran partikel. Semakin kecil
ukuran partikel, semakin cepat partikel itu bergerak, sehingga kecepatan difusi
itu tinggi.
2. Ketebalan membrane. Semakin tebal
membrane semakin lambat kecepatan difusi.
3. Luas suatu area. Semakin besar luas
area, semakin cepat kecepatan difusinya.
4. Suhu. Semakin tinggi suhu, partikel
mendapatkan energi untuk bergerak dengan lebih cepat. Maka, semakin cepat pula
kecepatan difusinya.
5. Jarak. Semakin besar jarak antara
dua konsentrasi, semakin lambat kecepatan difusinya.
6. Perbedaan Konsentrasi, makin besar
perbedaan konsentrasi antara dua bagian, makin besar proses difusi yang terjadi
·
Apabila sel
tumbuhan berada dalam lingkungan hipertonis (konsentrasi tinggi) dapat terjadi
plasmolisis yang merupakan peristiwa lepasnya sel dari dinding sel. Sedangkan
apabila sel tumbuhan berada dalam lingkungan hipotonis (konsentrasi rendah),
maka akan terjadi tekanan turgor.
E.
Pendekatan/
Metode/ Model Pembelajaran
·
Pendekatan :
Saintifik
·
Metode : Demonstrasi, Tanya jawab, Diskusi
·
Model :Guided Inquiry
F. Media Pembelajaran
Papan tulis, spidol, laptop, proyektor, gambar,
tinta/zat pewarna cair, gelas beaker, pengaduk
G.
Sumber
Belajar
·
Sumber buku:
1. Priyadi,
Arif .2010. Buku siswa Biologi untuk
SMA/MA kelas XI. Jakarta: Yudhistira
2. Campbell,
Reece. 2010. Biologi jilid 1. Jakrta:
Erlangga
3. Kusumawati,
Rohana dkk. 2012. LKS Detik-Detik UN
Biologi SMA. Klaten: Intan Pariwara
·
Sumber internet:
1. 5MinutesSchool.
2014. Biology Help: Diffusion and Osmosis explained in 5 minutes. https://www.youtube.com/watch?v=eGCQwvIndMU
H.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran dengan pendekatan Saintifik
Alokasi
Waktu 1 x 30 menit
a) Kegiatan
awal (5 menit)
Tahapan
|
Aktivitas
Guru
|
Aktivitas
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru memberi salam kemudian menuntun do’a, mengabsen
siswa
|
· Menjawab salam dan
berdo’a, mempersiapkan diri melakukan pembelajaran
|
1
menit
|
Apersepsi
|
· Menanyakan kembali mengenai pelajaran sebelumnya
tentang
-“apa saja struktur yang dimiliki membrane sel?”
-”apa sifat membran
sel?”
|
· Menjawab
pertanyaan dari guru, sasaran jawaban adalah:
- lipid, protein, karbohidrat
-pelindung sel, semi permeabel
|
1 menit
|
Motivasi
|
· Memberikan
pernyataan “kita setiap hari makan, dan akan dicerna oleh tubuh, pada
akhirnya makanan yang dicerna itu akan dimanfaatkan oleh sel. Tapi bagaimana
makanan tersebut dapat masuk ke dalam sel kita?” Guru menjelaskan bahwa
makanan itu harus melewati membrane sel supaya bisa masuk ke dalam sel.
Kemudian guru memberitahu bahwa selanjutnya akan mempelajari mekanisme
transport melalui membrane sel.
|
· Memperhatikan dan mendengarkan penjelasan dari guru tentang
cara makanan masuk ke dalam sel
untuk dimanfaatkan.
· Siswa
telah siap untuk melakukan pembelajaran selanjutnya
|
3 menit
|
b) Kegiatan
inti (20 menit)
Kegiatan
|
Aktifitas
Guru
|
Aktifitas
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
Mengamati
|
· Guru
mendemonstrasikan proses difusi dengan tinta yang dimasukkan ke dalam beaker
yang berisi air panas dan dingin. Menginstruksikan siswa untuk
mengidentifikasi perubahan yang terjadi dan memikirkan satu pertanyaan
|
· Siswa memperhatikan dan mengidentifikasi perubahan
yang terjadi pada air di gelas beaker sambil mencari satu pertanyaan.
|
2 menit
|
Menanya
|
· Menstimulus
siswa untuk membuat pertanyaan dari demonstrasi yang dilakukan guru dengan
memberikan kesempatan dua siswa untuk menuliskan pertanyaannya di depan. dan
menginstruksikan siswa lain untuk memprediksi jawaban. Kemudian guru
mengkonfirmasi
|
· Terstimulus untuk membuat pertanyaan dan
memprediksinya.
Seperti: “apa terdapat pengaruh dari suhu?”, “mengapa tinta dalam air panas
lebih cepat merata?” dsb dan memprediksi jawaban di depan kelas. Kemudian
mendengarkan konfirmasi guru
|
5 menit
|
Eksperimen
|
·
Membentuk 2
kelompok besar
·
Membagikan LKS osmosis pada sel tumbuhan (lks terlampir)
· Membimbing
siswa untuk mengamati model hasil eksperimen yang disediakan.
|
· Siswa memulai
melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi dengan
tertib
|
5 menit
|
Mengasosiasi
|
· Mengajak siswa menalar jika teh direndam di air biasa dan air panas,
diaduk dan tidak diaduk, dan mengarahkan siswa hingga didapatkan kesimpulan
bahwa proses difusi dan osmosis dipengaruhi oleh faktor suhu, gradient konsentrasi,
tekanan, dan jarak
· Mengajak
siswa menalar tentang sel apabila berada dalam keadaan isotonis, hipertonis
dan hipotonis
|
· Mendiskusikan
dengan teman sekelompok perbedaan dari hasil percobaan dan demonstrasi yang
dilakukan guru di awal. Dan menyimpulkan pengertian dan perbedaan dari difusi
dan osmosis, bahwa ada faktor yang mempengaruhinya dan persyaratan serta akibatnya (proses turgor dan
plasmolisis karena ada perbedaan konsentrasi zat di dalam dan diluar sel)
|
5 menit
|
Mengkomunikasi
|
· Memfasilitasi
siswa perwakilan kelompok untuk mengutarakan hasil diskusi.
|
· Perwakilan
kelompok mengutarakan kesimpulan hasil diskusi.
|
3 menit
|
c) Kegiatan
penutup (5 menit)
Tahapan
|
Aktivitas
Guru
|
Aktivitas
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Evaluasi
|
· Melakukan refleksi untuk mengevaluasi
seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan meregeneralisasikan atau
mengkonfirmasi hasil kesimpulan yang dibuat, penguatan materi tentang difusi
dan osmosis yang terjadi di dalam sel.
|
· Mencatat
hasil generalisasi dari kesimpulan dan penjelasan tambahan dari guru
|
4
menit
|
Penutup
|
· Menginformasikan untuk mempersiapkan kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya tentang sistem transport aktif,
menyuruh siswa mencari tahu apa perbedaannya dengan yang dipelajari hari ini.
· Membimbing siswa untuk berdoa dan memberi salam.
|
· Mencatat tugas yang diberikan untuk mempersiapkan
pelajaran selanjutnya.
· Berdoa dan memberi salam.
|
1 menit
|
I.
Penilaian
Aspek
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Sikap spiritual
|
Observasi
|
Skala penilaian
|
Sikap sosial
|
Observasi
|
Skala penilaian
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis
|
Penugasan (PR)
|
Keterampilan
|
Tes praktik
|
Tes penilaian kinerja dalam pengamatan dan laporan
praktikum
|
INSTRUMEN
PENILAIAN
A.
Sikap Spiritual (Observasi)
LEMBAR OBSERVASI
Kelas/Semester :XI (sebelas)/1
Tahun Pelajaran :…
Periode pengamatan : tanggal… s.d ….
Kompetensi
dasar : Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel,
jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada mahluk
hidup.
Indikator
sikap:
1. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2. Mengucapkan kalimat pujian kepada Tuhan YME atas
nikmat dan karunia ciptaan-Nya
3. Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun
tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
4. Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat
mempelajari ilmu pengetahuan
5. Mensyukuri kekayaan alam dengan memanfaatkannya
secara benar semaksimal mungkin
6. Berserah diri (tawakal) kepada Tuhan YME setelah
selesai melakukan usaha maksimal (ikhtiar)
Petunjuk
penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4 (: 4= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan; 3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan; 2= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan; 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan) Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Contoh
: Skor diperoleh berjumlah 20, skor tertinggi 4x7 pernyataan = 28, maka
skor akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat baik :apabila memperoleh nilai 3,20-4,00 (80-100)
Baik :
apabila memperoleh nilai 2,80-3,19 (70-79)
Cukup :apabila
memperoleh skor 2,40-2,79 (60-69)
Kurang :apanila
memperoleh skor kurang 2,40 (kurang dari 60 %)
|
2.
Sikap Sosial
Aspek yang dinilai
|
Aturan penilaian
|
1 Teliti
|
1.
Tidak teliti dalam eksperimen
2.
Kurang teliti dalam eksperimen
3.
Teliti dalam ekseperimen
4.
Sangat teliti dalam eksperimen
|
2 Kerja sama
|
1.
Tidak kerja sama
dengan baik selama kerja kelompok
2.
Kurang kerja
sama dengan baik selama kerja kelompok
3.
kerja sama
dengan baik selama kerja kelompok
4.
Sangat kerja
sama dengan baik selama kerja kelompok
|
3 Disiplin
|
1. Tidak mengikuti proses pembelajaran
2. Mengikuti proses pembelajaran tetapi datang
terlambat > 15 menit
3. Mengikuti proses pembelajaran tetapi datang
terlambat < 15 menit
4. Mengikuti proses pembelajaran tepat waktu
|
4 Jujur
|
1. Tidak jujur dalam membuat analisis data ekperimen
2. Kurang jujur dalam membuat analilisi data ekperimen
3. Jujur dalam membuat analisis data ekperimen
4. Sangat jujur dalam membuat analisis data ekperimen
|
5 Komunikasi
|
1. menyampaikan pendapat tidak disertai dengan argumen
2. menyampaikan pendapat disertai dengan argument yang
kurang baik
3. menyampaikan pendapat disertai dengan argument yang
baik
4. menyampaikan pendapat disertai dengan argument yang
sangat baik
|
Nilai
:
Jumlah Skor
X 100
20
3. Pengetahuan (Tes tertulis)
INDIKATOR
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
Jenjang
pengetahuan
|
Contoh
Soal
|
1.
Menyebutkan fungsi membran plasma
sebagai lapisan yang semipermeabel yang memungkinkan terjadinya pertukaran
zat
|
Tes
tertulis
|
PG
|
C2
|
Sifat
permeabilitas membrane adalah
semipermeabel atau permeabel selektif. Maksudnya adalah dapat…
a.
dilalui semua zat
b.
tidak dapat dilalui semua zat
c.
dilalui oleh zat tertentu
d.
dilalui hanya oleh karbohidrat
e.
hanya dilalui oleh lipid
jawab:
c
|
2.
Menjelaskan proses transport
molekul melalui membran difusi berdasarkan gradient konsentrasi
|
PG
|
C2
|
Rania mencium aroma
parfum yang digunakan Rena 50 detik yang lalu, sedangkan jarak mereka berdua
adalah 3 meter. Aroma yang disebarkan parfum tersebut menunjukkan proses…
a. Difusi
b. Difusi
terfasilitasi
c. Osmosis
d. Fagositosis
e. Phinositosis
jawab:
a
|
|
3.
Menjelaskan proses transport
molekul melalui membran osmosis berdasarkan perpindahan pelarutnya
|
PG
|
C2
|
Peristiwa
perpindahan zat pelarut dari larutan berkonsentrasi rendah ke larutan
berkonsentrasi tinggi disebut…
a. isotonis
b. hipertonis
c. hipotonis
d. difusi
e. osmosis
jawab: e
|
|
4.
Mengidentifikasi faktor-faktor
yang mempengaruhi kecepatan proses difusi dan osmosis
|
PG
|
C1
|
Teh yang diseduh menggunakan air panas
akan lebih cepat merata daripada air biasa, hal tersebut menunjukkan bahwa
difusi dipengaruhi oleh…
a.
Tekanan
b.
Suhu
c.
Perbedaan konsentrasi
d.
Jarak
e.
Berat molekul
Jawab: b
|
|
5. Mengidentifikasi syarat serta akibat dari proses
difusi dan osmosis (turgor dan plasmolisis)
|
PG
|
C1
|
Jika tekanan
osmosis di dalam sel tumbuhan melebihi tekanan di luar sel, maka sel akan…
a. plasmolisis
b. turgid
c. tidak terjadi
apa-apa
d. isotonis
e. hipotonis
jawab:a
|
4.
Penilaian
Psikomotorik
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||
Melakukan Eksperimen
|
Pengolahan data
|
Presentasi
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Psikomotorik
NO
|
ASPEK PENILAIAN
|
PENILAIAN
|
|||
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
Melakukan Eksperimen
|
Tidak melakukan
eksperimen tetapi melakukan kegiatan lain selama waktu pengamatan.
|
Tidak melakukan
eksperimen dan hanya berdiam diri saja.
|
Melakukan eksperimen
tetapi kurang berkontribusi.
|
Melakukan eksperimen dan
berkontribusi penuh selama kegiatan pengamatan.
|
2
|
Pengolahan Data
|
Tidak mampu mengolah data
hasil pengamatan.
|
Kurang mampu dalam
mengolah data hasil pengamatan
|
Mampu mengolah data hasil
pengamatan tetapi dengan bantuan teman
|
Mampu mengolah dta hasil
pengamatan dengan baik dan benar secara individual
|
3
|
Presentasi
|
Tidak dapat
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
|
Kurang dapat
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas tetapi
|
Dapat mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas tetapi masih ragu-ragu
|
Dapat mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas dengan baik dan lancar
|
Keterangan :
1
: Kurang
2
: Cukup
3
: Baik
4
: Sangat Baik
Nilai :
Jumlah Skor X 100
12
LEMBAR KERJA SISWA
A.
Judul
Proses
osmosis pada sel tumbuhan
B.
Kompetensi
Dasar
4.2
Melakukan percobaan difusi dan osmosis dengan menggunakan umbi kentang atau
batang kangkung atau batang saledri dan mengkaitkannya dengan peristiwa
transpor trans membran
C.
Tujuan
Mengamati
proses terjadinya osmosis pada sel tumbuhan
D. Dasar Teori
Mekanisme perpindahan (pengangkutan) zat-zat
dari luar sel (ekstrasel) ke dalam sel (intrasel) melewati membran sel. Zat-zat
yang didapat dari pernafasan, makan dan minum, diangkut melalui sirkulasi darah
kemudian melalui kapiler pindah ke cairan interseluler (ruang antarsel) selanjutnya
pindah ke sitoplasma melalui membran sel.
Osmosis adalah perpindahan perlarut air
melalui membran selektif permeabel, dari konsentrasi zat pelarur yang tinggi ke
konsentrasi pelarut yang rendah. Zat pelarut ini dapat masuk dan keluar
melewati membran secara bebas. Namun, zat terlarut tidak dapat masuk melewati
membran sel. Sebab, membran sel memiliki sifat semi permeabel atau selektif
permeabel.
Larutan dengan zat pelarut yang
konsentrasi tinggi tentu saja memiliki konsentrasi zat terlarut rendah. Larutan
yang bersifat demikian disebut hipotonik (hipo artinya kurang). Kemudian,
larutan dengan zat pelarut yang konsentrasinya rendah memiliki konsentrasi zat
terlarut tinggi. Konsentrasi demikian dinamakan hipertonik (hiper berarti
lebih). Sedangkan, zat pelarut dan zat terlarut dapat memiliki konsentrasi yang
sama dalam satu larutan. Keadaan seperti ini disebut isotonik (iso berarti
sama).
E.
Alat
dan Bahan
1. Batang
Kangkung A yang sudah direndam 30 menit dalam larutan air
2. Batang
Kangkung B yang sudah direndam 30 menit dalam larutan gula
3. Batang
Kangkung kontrol
4. Penggaris
Alat
bahan dan langkah pembuatan model pengamatan:
- Siapkan
alat bahan: Gelas kimia, Pisau, Penggaris, Batang kangkung, Larutan
gula/sukrosa, Air mineral
- Potong
batang kangkung kira-kira 2 cm sebanyak 5 buah dan sayat kedua ujungnya.
- Kemudian
masukkan dan rendam masing-masing batang kangkung tersebut dalam air (A)
dan masukan ke larutan gula/sukrosa (B) dengan konsentrasi yang berbeda.
- Biarkan
selama 15- 30 menit
F.
Langkah
Pengamatan
- Siapkan
bahan pengamatan yang digunakan, yaitu batang kangkung yang sebelumnya
berukuran 2 cm sebanyak 5 buah yang
tersayat kedua ujungnya.
- Ukurlah
tinggi masing-masing kangkung antara yang direndam dalam air, air gula dan
tidak direndam sama sekali. Amati perbedaannya dari segi struktur dan
kekerasan dari batang kangkung.
G. Hasil Pengamatan
Tabel Hasil Pengamatan
Kangkung
dalam Larutan
|
Sebelum
|
Setelah
30 Menit
|
||
Tinggi
|
Struktur
|
Tinggi
|
Struktur
|
|
Kangkung
dalam Larutan Air (A)
|
2
cm
|
|
|
|
Kangkung
dalam Larutan gula/sukrosa (B)
|
|
|
||
Kangkung
control
|
|
|
H. Pertanyaan Diskusi
1. Bagaimana
perubahan tinggi pada kangkung gelas (A) yang direndam dengan air biasa dan bagaiaman
perubahan tinggi pada gelas (B) yang
direndam dengan larutan gula/sukrosa?
2. Keduanya
melewati ……….
3. Gambarkanla
arah difusi air sesuai dengan kondisi luar sel di bawah ini!
Hipertonik Isotonik Hipotonik
Luar sel
|
4. Sehingga, pada kondisi
hipotonik, sel tumbuhan akan mengalami….
5. Dan pada kondisi
hipertonik, sel tumbuhan akan mengalami…
DAFTAR PUSTAKA
Nurcahyo, Cahyo. Struktur Dan Fungsi Sel.
2012. diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/StrFx-Sel-SMA5-05.pdf
pada tanggal 8 April 2015 jam 22.45 WIB
Nurrohmah,
Siti dkk. Biologi SMA Kelas XI. 2009.
Jakarta: Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
No comments:
Post a Comment