CoRe (Core Representation) Mekanisme Difusi dan Osmosis

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Ide Besar D
Ide Besar E
Sifat membran sel sebagai lapisan yang semipermeabel  
Proses terjadinya difusi
Proses terjadinya osmosis
Faktor yang mempengaruhi kecepatan difusi dan osmosis
Plasmolisis dan Tekanan turor
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Siswa memahami sifat dari membran sel:
• struktur dua lapisan  (bilayer) fosfolipid  dan terdapat protein serta karbohidrat.
• mengelilingi sel di bagian terluar dan bertindak sebagai pembatas antara isi sel dengan lingkungan luarnya.
sifat semipermeabel memungkinkan untuk melakukan seleksi bahan (ion,molekul,senyawa) untuk masuk atau keluar dari sel.
Siswa dapat menjelaskan konsep difusi berasarkan gradien konsentrasi:
• konsentrasi relatif zat akan menentukan arah osmosis atau difusi.
• zat akan berdifusi dari tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah.
· Terbagi menjadi dua yaitu difusi sederhana dan difusi terfasilitasi
Siswa dapat menjelaskan konsep osmosis berdasarkan perpindahan zat pelarutnya:
• osmosis adalah difusi air (pelarut) melintasi membran semipermeabel.
• arah osmosis adalah hasil dari gradien konsentrasi antara isi sel dan lingkungan sekitarnya.
Siswa dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi kecepatan difusi dan osmosis:
·       konsentrasi relatif zat akan menentukan arah osmosis atau difusi.
·       gerak molekul acak dan tabrakan mendorong kedua difusi dan osmosis.
·       Jarak konsentrasi  menentukan kecepatan menuju isotonis

Siswa dapat mengidentifikasi syarat serta akibat dari proses difusi dan osmosis:
·    Peristiwa plasmolisis dan turgid
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Membran sel sangat penting untuk:
menjaga dan melindungi isi sel agar tidak keuar meninggalkan sel.
• mengontrol zat-zat yang akan masuk/keluar meninggalkan sitoplasma sebagai pasokan bahan untuk respirasi selular dan pembangkitan energi yang mendukung fungsi sel.
• mempertahankan kestabilan lingkungan dalam sel (homeostasis).
Pemahaman difusi penting untuk memahami aktivitas sel:
 Difusi bisa terjadi ketika sel ingin mengambil nutrisi bermolekul hydrophonic atau tidak berpolar/berkutub, dapat langsung berdifusi ke dalam membran plasma yang terbuat dari fosfolipid.  
·  ketika sel ingin mengambil nutrisi  bermolekul hydropilic atau berpolar dan ion, Difusi memerlukan protein transpor dan saluran protein yang membantu perpindahan partikel.
Pemahaman osmosis:
• mendukung pemahaman siswa terhadap arah gerakan air selama osmosis.
• mendukung pemahaman konsentrasi relatif air di kedua sisi membran semipermeabel dalam hal memprediksi arah osmosis.
• menjelaskan proses air masuk atau meninggalkan sel.
Pentingnya faktor yang mempengaruhi proses difusi dan osmosis:
·     laju difusi osmosis menentukan laju metabolisme sel


Pentingnya siswa memahami plasmolisis dan tekanan turgor:
·    plasmolisis terjadi pada sel tumbuhan yang berada dalam keadaan larutan hipertonik karena kehilangan tekanan turgor yaitu melepasnya membran dari dinding sel  


Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Membran sel:
gambaran struktur membran yang menghasilkan sifat semipermeabel.
istilah hidrofobik dan hidrofilik
·  sulitnya siswa mengingat struktur-struktur yang ada di membrane sel.
Kesulitan konsep difusi:
siswa mungkin masih sulit menyadari hubungan konsentrasi relatif padat terlarut dalam larutan yang mennunjukkan konsentrasi air
·    membedakan antara difusi terfasilitasi melewati saluran protein dan protein transpor
Kesulitan konsep osmosis:
arah osmosis bisa ditentukan oleh konsentrasi relatif dari air di dalam sel dan lingkungan sekitarnya. 
•  istilah: hipotonik, isotonik, dan hipertonik dapat membingungkan bagi siswa.
Kesulitan siswa:
·  sulit mengingat faktor mana yang melambatkan dan mengacu kecepatan difusi osmosis.

·  Kerancuan pemahaman antara besar perbedaan  konsentrasi dan jarak distribusi. Semakin besar perbedaan konsentrasi, semakin cepat laju difusi. Semakin besar/jauh jarak antara kedua konsentrasi melambatkan laju difusi. 
Kesulitan siswa:
·    Istilah: plasmolisis, lisis, krenasi, turgid, tekanan turgor
·    Sulit menentukan  tekanan turgor pada saat turgid ataupun plasmolisis
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
• membuat hubungan antara pemahaman siswa terhadap lipid yang hidrofobik (menolak air) dan membran sel sebagai struktur berbasis lipid (fosfolipid yang mengandung fosfat dan asam lemak).
Mengaitkan hubungan antara konsep sebelum pengetahuan dan pengalaman hidup siswa:
·  Meminta siswa menjelaskan proses membuat teh sebagai model untuk difusi.
Mengaitkan hubungan antara konsep osmosis dengan kejadian sehari-hari:
·   Gunakan umbi kentang yang direndam dalam air dan air garam
·   Meminta siswa untuk membuat prediksi apa yang akan terjadi pada kentang dan menentukan arah osmosis  
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan kejadian sehari-hari:
·  Mengaitkan besar ruangan dengan parfum yang disemprot, menyuruh siswa menentukan kapan akan tercium oleh orang yang berjarak dekat dengan yang jauh
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan kejadian sehari-hari:
·    Penampakan tumbuhan darat yang terendam air dan yang tidak (kering)
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
menunjukkan gambar model membrane sel dan meninjau kembali struktur membran sel
 Difusi tinta dan pembuatan teh
menggunakan tinta dan air sebagai model untuk difusi.
Menggunakan gambar (GIF) atau video  yang memperlihatkan molekul-molekul melewati membran sel akan memperdalam pemahaman siswa terhadap konsep proses difusi sel.  
Percobaan sederhana osmosis dengan umbi kentang menarik siswa untuk memprediksi apa yang akan terjadi pada kentang setelah 30 menit.
·   Menggunakan gambar (GIF) atau video  yang memperlihatkan molekul-molekul melewati membran sel akan memperdalam pemahaman siswa terhadap konsep proses osmosis sel.  
Difusi pembuatan teh
Mengajak siswa memprediksi mana yang lebih cepat saat menyeduh teh, apakah menggunakan air biasa atau dengan air yang panas.  
·   Mengajak siswa apa lagi yang bisa menentukan kecepatan difusi osmosis
·    Mengajak siswa memperkirakan apa yang terjadi jika tumbuhan darat yang terendam air lama
·    Menampilkan gambar model menunjukkan proses lisis pada sel darah merahdan plasmolisis pada tumbuhan akan memperdalam pemahaman siswa
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa:
• meminta siswa menjelaskan hubungan struktur dan fungsi membrane sel  
Menilai akurasi:
• penjelasan siswa tentang arah difusi dalam demonstrasi air dan tinta.
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
• prediksi arah difusi air pada percobaan umbi kentang   
Menilai akurasi dan mempertanyakan siswa:
·   Mengidentifikasi apa saja selain suhu yang mempengaruhi kecepatan difusi dan osmosis dan arah lajunya
Menilai akurasi dan mempertanyakan siswa:
·    Meminta siswa menjelaskan proses plasmolisis dan keadaan turgid pada sel tumbuhan

No comments:

Post a Comment