Konten Representasi (CORE)
|
|||||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Ide Besar D
|
Ide Besar E
|
Sifat membran sel sebagai lapisan yang
semipermeabel
|
Proses terjadinya difusi
|
Proses terjadinya osmosis
|
Faktor yang mempengaruhi kecepatan difusi dan osmosis
|
Plasmolisis dan Tekanan turor
|
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Siswa
memahami sifat dari membran sel:
• struktur dua lapisan (bilayer) fosfolipid dan terdapat protein serta karbohidrat.
•
mengelilingi sel di bagian terluar dan bertindak sebagai pembatas
antara isi sel dengan lingkungan luarnya.
• sifat semipermeabel memungkinkan untuk melakukan seleksi bahan (ion,molekul,senyawa) untuk masuk
atau keluar dari sel.
|
Siswa dapat menjelaskan konsep difusi berasarkan gradien konsentrasi:
•
konsentrasi relatif zat akan menentukan arah osmosis atau difusi.
• zat akan
berdifusi dari tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah.
· Terbagi
menjadi dua yaitu difusi sederhana dan difusi terfasilitasi
|
Siswa dapat menjelaskan konsep osmosis berdasarkan perpindahan zat pelarutnya:
• osmosis
adalah difusi air (pelarut) melintasi
membran semipermeabel.
• arah
osmosis adalah hasil dari gradien konsentrasi antara isi sel dan lingkungan
sekitarnya.
|
Siswa dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi kecepatan difusi
dan osmosis:
·
konsentrasi relatif zat akan menentukan arah osmosis
atau difusi.
·
gerak molekul acak dan tabrakan mendorong kedua
difusi dan osmosis.
·
Jarak konsentrasi menentukan kecepatan menuju isotonis
|
Siswa dapat mengidentifikasi syarat
serta akibat dari proses difusi dan osmosis:
·
Peristiwa plasmolisis dan turgid
|
Mengapa
penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan
kurikulum]
|
Membran sel sangat penting untuk:
• menjaga dan melindungi isi
sel agar tidak keuar meninggalkan sel.
• mengontrol zat-zat yang akan
masuk/keluar meninggalkan sitoplasma sebagai pasokan bahan untuk respirasi
selular dan pembangkitan
energi yang
mendukung fungsi sel.
•
mempertahankan kestabilan
lingkungan dalam sel (homeostasis).
|
Pemahaman difusi penting untuk memahami aktivitas sel:
• Difusi bisa terjadi ketika
sel ingin mengambil nutrisi bermolekul hydrophonic atau tidak berpolar/berkutub, dapat
langsung berdifusi ke dalam membran plasma yang terbuat dari fosfolipid.
· ketika sel ingin mengambil nutrisi bermolekul hydropilic atau
berpolar dan ion, Difusi
memerlukan protein transpor dan saluran protein yang membantu perpindahan partikel.
|
Pemahaman
osmosis:
•
mendukung pemahaman siswa terhadap arah gerakan air selama osmosis.
•
mendukung pemahaman konsentrasi relatif air di kedua sisi membran semipermeabel
dalam hal memprediksi arah osmosis.
•
menjelaskan proses air masuk atau meninggalkan sel.
|
Pentingnya faktor yang mempengaruhi proses difusi dan osmosis:
·
laju difusi osmosis menentukan laju
metabolisme sel
|
Pentingnya siswa memahami plasmolisis dan tekanan turgor:
·
plasmolisis terjadi pada sel tumbuhan yang
berada dalam keadaan larutan hipertonik karena kehilangan tekanan turgor
yaitu melepasnya membran dari dinding sel
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide
ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Membran
sel:
• gambaran struktur membran yang menghasilkan
sifat semipermeabel.
• istilah hidrofobik dan
hidrofilik
· sulitnya siswa mengingat struktur-struktur
yang ada di membrane sel.
|
Kesulitan konsep difusi:
• siswa mungkin masih sulit
menyadari hubungan konsentrasi
relatif
padat terlarut dalam larutan yang mennunjukkan konsentrasi air
·
membedakan antara difusi terfasilitasi
melewati saluran protein dan protein transpor
|
Kesulitan konsep osmosis:
• arah osmosis bisa ditentukan oleh konsentrasi
relatif dari air di dalam sel dan lingkungan sekitarnya.
• istilah: hipotonik, isotonik, dan hipertonik
dapat membingungkan bagi siswa.
|
Kesulitan siswa:
· sulit
mengingat faktor mana yang melambatkan dan mengacu kecepatan difusi osmosis.
· Kerancuan
pemahaman antara besar perbedaan konsentrasi dan jarak distribusi. Semakin
besar perbedaan konsentrasi, semakin cepat laju difusi. Semakin besar/jauh
jarak antara kedua konsentrasi melambatkan laju difusi.
|
Kesulitan siswa:
·
Istilah: plasmolisis, lisis, krenasi, turgid,
tekanan turgor
·
Sulit menentukan tekanan turgor pada saat turgid ataupun plasmolisis
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
• membuat
hubungan antara pemahaman siswa terhadap lipid yang hidrofobik (menolak air)
dan membran sel sebagai struktur berbasis lipid (fosfolipid yang mengandung fosfat dan asam
lemak).
|
Mengaitkan hubungan antara konsep sebelum
pengetahuan dan pengalaman hidup siswa:
· Meminta
siswa menjelaskan proses membuat teh sebagai model untuk difusi.
|
Mengaitkan hubungan antara konsep osmosis dengan kejadian sehari-hari:
· Gunakan umbi kentang yang direndam
dalam air dan air garam
· Meminta
siswa untuk membuat prediksi apa yang akan terjadi pada
kentang dan menentukan arah osmosis
|
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan kejadian sehari-hari:
· Mengaitkan
besar ruangan dengan parfum yang disemprot, menyuruh siswa menentukan kapan
akan tercium oleh orang yang berjarak dekat dengan yang jauh
|
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan kejadian sehari-hari:
· Penampakan
tumbuhan darat yang terendam air dan yang tidak (kering)
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan
tentang strategi instruksional dan representasi]
|
• menunjukkan gambar model
membrane sel dan meninjau kembali struktur membran sel
|
Difusi tinta dan pembuatan teh
• menggunakan tinta dan air
sebagai model untuk difusi.
• Menggunakan gambar (GIF) atau video yang memperlihatkan molekul-molekul melewati membran sel akan memperdalam
pemahaman siswa terhadap konsep proses difusi sel.
|
Percobaan sederhana osmosis dengan umbi kentang menarik siswa untuk
memprediksi apa yang akan terjadi pada kentang setelah 30 menit.
·
Menggunakan gambar (GIF) atau video yang memperlihatkan molekul-molekul melewati membran sel akan memperdalam
pemahaman siswa terhadap konsep proses osmosis sel.
|
Difusi pembuatan teh
• Mengajak siswa memprediksi
mana yang lebih cepat saat menyeduh teh, apakah menggunakan air biasa atau
dengan air yang panas.
·
Mengajak siswa apa lagi yang bisa menentukan
kecepatan difusi osmosis
|
·
Mengajak siswa memperkirakan apa yang terjadi
jika tumbuhan darat yang terendam air lama
·
Menampilkan gambar model menunjukkan proses
lisis pada sel darah merahdan plasmolisis pada tumbuhan akan memperdalam
pemahaman siswa
|
Mengidentifikasi
cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan
tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan
siswa:
• meminta
siswa menjelaskan hubungan struktur dan fungsi membrane sel
|
Menilai
akurasi:
•
penjelasan siswa tentang arah difusi dalam demonstrasi air dan tinta.
|
Menilai
akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
• prediksi
arah difusi air pada percobaan umbi kentang
|
Menilai akurasi dan mempertanyakan siswa:
·
Mengidentifikasi apa saja selain suhu yang mempengaruhi
kecepatan difusi dan osmosis dan arah lajunya
|
Menilai akurasi dan mempertanyakan siswa:
· Meminta
siswa menjelaskan proses plasmolisis dan keadaan turgid pada sel tumbuhan
|
CoRe (Core Representation) Mekanisme Difusi dan Osmosis
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment