Konten Representasi (CORE) Sistem Pencernaan Manusia

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C

Zat makanan
Organ dan fungsi sistem pencernaan
Proses dan saluran sistem pencernaan
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Dalam bagian ini peserta didik harus memahami jenis-jenis zat/sumber makanan.

Pada bagian ini peserta didik mampu memahami organ-organ yang termasuk dalam saluran pencernaan dan juga fungsinya.
Peserta didik mampu memahami bagaimana proses pencernaan makanan didalam tubuh.
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Dengan memahami konsep dasar dari pembahasan materi akan memudahkan peserta didik ubntuk mengembangkan pengetahuan dan lebih cepat menyerap materi yang nantinya akan disampaikan.

Sumber makanan tersebut diantaranya
1.   Karbohidrat
2.   Lemak
3.   Protein
4.   Vitamin
5.   mineral
Dengan memahami organ-organ dan fungsinya dapat membantu siswa untuk menerima pengetahuan lebih

Organ-organ tersebut diantaranya:
1.   Mulut
2.   Kerongkongan
3.   Lambung
4.   Usus halus
5.   Usus besar
6.   Anus

Dapat memahami pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi
Dengan memahami proses pencernaan diharapkan peserta didik lebih peduli terhadap pengtingnya sistem pencernaan didalam tubuh, sehingga timbul pola hidup sehat.
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Pemanfaatan media untuk penyampaian materi

Lebih menekankan pada pemahaman awal belum pada pemahaman konkrit, berkaitan metode pembelajaran saintifik.
Memahami fungsi-fungsi dari masing-masing organ dengan nama latin

Membedakan organ mana saja yang mengalami pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi
Mengaitkan konsep dalam kehidupan sehari-hari
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Dalam hal ini pengetahuan awal dan pengalaman peserta didik sangat penting dalam mengaitkan konsep pembelajaran.

Menyajikan video untuk menggali pengetahuan yang dimiliki, sehingga peserta didik dapat memahami konsep pembelajaran.
Pembuatan proyrk poster terkait organ dan fungsinya untuk mengidentifikasi pengetahuan siswa

Meningkatkan kreativitas dan melatih kerja tim dengan rasa saling tanggung jawab
Kemampuan peserta didik dalam memahami proses saluran pencernaan pada manusia.
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Penggunaan pendekatan saintifik dengan strategi pembelajaran menekankan pada Project Based Learning (PjBL) untuk melatih keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik
Memastikan proyek dengan membuat poster dengan  pendekatan saintifik dengan strategi pembelajaran menekankan pada Project Based Learning (PjBL) untuk melatih keterampilan yang dimiliki.
Memastikan proyek dengan membuat poster dengan  pendekatan saintifik dengan strategi pembelajaran menekankan pada Project Based Learning (PjBL) untuk melatih keterampilan yang dimiliki.
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mengajukan beberapa pertanyaan kepada peserta didik mengenai zat makanan
Memberikan pertanyaan pada peserta didik untuk menjabarkan organ dan fungsi dari sistem pencernaan.
Peserta didik di harapkan mampu menjelaskan kembali dengan mengklarifikasi mengenai proses saluran pencernaan.


No comments:

Post a Comment