Konten Representasi (CORE)
|
|||||
Pertimbangan
|
Ide
Besar A
|
Ide
Besar B
|
Ide
Besar C
|
Ide
Besar D
|
Ide
Besar E
|
|
Macam-macam
organ pernapasan dan fungsinya
|
Mekanisme
pertukaran gas pernapasan dan mekanisme pernapasan
|
Factor-faktor
yang mempengaruhi frekuensi pernapasan dan volume pernapasan
|
Gangguan
pada system pernapasan.
|
System
pernapasan pada hewan avertebrata dan vertebrata
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Peserta
didik mengetahui organ-organ pada system pernapasan
Bagian-bagian
organ pernapasan beserta fungsinya
|
Peserta
didik mampu menjelaskan proses pertukaran gas
Pertukaran
gas O2 dan CO2 di alveolus
Mekanisme
pernapasan
Pernapasan
dada
Pernapasan
perut
|
Peserta
didik dapat mengetahui factor-faktor
yang mempengaruhi frekuensi pernapasan
Macam-macam
volume pernapasan.
|
Peserta
didik dapat mengetahui macam-macam gangguan pada system pernapasan.
|
Peserta
didik dapat menjelaskan proses pernapasan pada hewan.
Pada
hewan avertebrata
Dapat
membedakan proses pernapasan dari setiap filumnya
Pada
hewan vertebrate
Dapat
membedakan proses pernapasan pada setiam filumnya
|
Mengapa
penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
(pengetahuan
kurikulum)
|
Dengan
mengetahui bagian-bagian organ pernapasan,siswa dapat mengaitkan organ-organ
tersebut dengan fungsinya.
|
Sangat
penting untuk mengetahui proses pertukaran gas O2 dan CO2 dalam alveolus
Pada
proses pernapasan dada, yang berkontraksi adalah tulang rusuk
Pada
pernapasan perut yang berkontraksi adalam diafragma.
|
Penting
untuk mengetahui factor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan.
Mengetahui
volume-volume pernapasan yang di tampung oleh paru-paru manusia
|
Penting
untuk peserta didik mengetahui gangguan system pernapasan, agar bias
menjaga organ-organ pernapasannya.
|
Penting
untuk siswa mengetahui perbedaan sisterm pernapasan pada berbagai jenis hewan
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa
keterbatasaan yang terkait dengan mengajar virus
(pengetahuan
siswa sebagai peserta didik)
|
Untuk
mengetahui keterkaitan antara organ dan fungsinya tidak bias dilihat
langsung.
|
Pada
sub-bab proses pertukaran gas O2 dan CO2 dalam alveolus merupakan materi yang
abstrak karena tidak dapat dilihat langsung. Maka itu diperlukan banyak
contoh gambar atau video untuk menunjang pemahaman siswa.
|
Kesulitan
atau kendala siswa menghafalkan volume-volume pernapasan manusia.
|
Kesulitan
untuk memahami nama-nama gangguan dan karena tidak dilihat secara langsung
penyakit-penyakit pada system pernapasan
|
Kesulitan
untuk system pernapasan hewan avertebrata yang kecil, karena masih abstrak
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini
(pengetahuan
siswa sebagai peserta didik)
|
Mengaitkan
hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa
Menampilkan
gambar organ-organ pernapasan dan meminta peserta didik untuk menyebutkan
bagian-bagian dari organ pernapasan
|
Mengaitkan
hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa
Menampilkan
gambar tahapan proses mekanisme pernapasan dada dan perut dan meminta peserta
didik untuk menjelaskan proses pada masing-masing mekanisme.
|
Membuat
hubungan antara factor yang mempengaruhi frekuensi dengan frekuensi
pernapasan.
Meminta
siswa untuk menyebutkan volume-volume pernapasan
|
Mengaitkan
macam-macam penyakit pernapasan dengan sebabnya.
|
Membuat
perbedaan antara filum-filum hewan dengan system pernapasannya.
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan dengan ide ini
(pengetahuan
tentang
strategi intruksional dan representasi)
|
Menampilkan
gambar dari organ pernapasan agar peserta didik dapat lebih mudah untuk
memahami ciri-ciri dan sifat virus
|
Menampilkan
gambar dan video mekanisme pernapasan akan memperdalam pemahaman siswa
tentang mekanisme pernapasan
|
Memberikan
catatan singkat untuk memudahkan siswa menghafal dan memahami factor-faktor
yang mempengaruhi frekuensi bernapas dan volume pernapasan
|
Memberikan
gambar-gambar yang mendukung pemahaman siswa akan penyakit pernapasan
|
Memberikan
gambar dan video untuk lebih mudah siswa memperdalam pemahamannya
|
Mengidentifikasi
cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan
(pengetahuan
tentang penilaian)
|
Mempertanyakan
siswa
Meminta
siswa menjelaskan menyebutkan bagian organ-organ pernapasan beserta fungsinya
|
Meminta
siswa untuk menjelaskan masing-masing mekanisme pertukaran gas O2 dan CO2 di
alveolus
Penjelasan
siswa tentang proses pernapasan perut
Penjelasan
siswa tentang proses pernapasan dada
|
Menilai
prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa
Factor
yang mempengaruhi frekuensi bernapas
Menjelaskan
volume-volume pernapasan.
|
Meminta
siswa menyebutkan penyakiy-penyakit pernapasan beserta sebabnya.
|
Meminta
siswa untuk menyebutkan perbedaan proses pernapasan pada hewan avertebrata
dan vertebrate.
|
Konten Representasi (CORE) SISTEM PERNAPASAN
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment