Konten Representasi (CORE) SISTEM PERNAPASAN


Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Ide Besar D
Ide Besar E

Macam-macam organ pernapasan dan fungsinya

Mekanisme pertukaran gas pernapasan dan mekanisme pernapasan
Factor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan dan volume pernapasan
Gangguan pada system pernapasan.
System pernapasan pada hewan avertebrata dan vertebrata
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik mengetahui organ-organ pada system pernapasan


Bagian-bagian organ pernapasan beserta fungsinya

Peserta didik mampu menjelaskan proses pertukaran gas

Pertukaran gas O2 dan CO2 di alveolus

Mekanisme pernapasan

Pernapasan dada

Pernapasan perut
Peserta didik  dapat mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan

Macam-macam volume pernapasan.
Peserta didik dapat mengetahui macam-macam gangguan pada system pernapasan.
Peserta didik dapat menjelaskan proses pernapasan pada hewan.

Pada hewan avertebrata
Dapat membedakan proses pernapasan dari setiap filumnya

Pada hewan vertebrate
Dapat membedakan proses pernapasan pada setiam filumnya
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?

(pengetahuan kurikulum)
Dengan mengetahui bagian-bagian organ pernapasan,siswa dapat mengaitkan organ-organ tersebut dengan fungsinya.


Sangat penting untuk mengetahui proses pertukaran gas O2 dan CO2 dalam alveolus

Pada proses pernapasan dada, yang berkontraksi adalah tulang rusuk

Pada pernapasan perut yang berkontraksi adalam diafragma.
Penting untuk mengetahui factor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan.

Mengetahui volume-volume pernapasan yang di tampung oleh paru-paru manusia
Penting untuk peserta didik mengetahui gangguan system pernapasan, agar bias menjaga  organ-organ pernapasannya.
Penting untuk siswa mengetahui perbedaan sisterm pernapasan pada berbagai jenis hewan
 Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa keterbatasaan yang terkait dengan mengajar virus

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
Untuk mengetahui keterkaitan antara organ dan fungsinya tidak bias dilihat langsung.
Pada sub-bab proses pertukaran gas O2 dan CO2 dalam alveolus merupakan materi yang abstrak karena tidak dapat dilihat langsung. Maka itu diperlukan banyak contoh gambar atau video untuk menunjang pemahaman siswa.
Kesulitan atau kendala siswa menghafalkan volume-volume pernapasan manusia.
Kesulitan untuk memahami nama-nama gangguan dan karena tidak dilihat secara langsung penyakit-penyakit pada system pernapasan
Kesulitan untuk system pernapasan hewan avertebrata yang kecil, karena masih abstrak
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa

Menampilkan gambar organ-organ pernapasan dan meminta peserta didik untuk menyebutkan bagian-bagian dari organ pernapasan
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa

Menampilkan gambar tahapan proses mekanisme pernapasan dada dan perut dan meminta peserta didik untuk menjelaskan proses pada masing-masing mekanisme.
Membuat hubungan antara factor yang mempengaruhi frekuensi dengan frekuensi pernapasan.

Meminta siswa untuk menyebutkan volume-volume pernapasan
Mengaitkan macam-macam penyakit pernapasan dengan sebabnya.
Membuat perbedaan antara filum-filum hewan dengan system pernapasannya.
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan dengan ide ini

(pengetahuan
tentang strategi intruksional dan representasi)
Menampilkan gambar dari organ pernapasan agar peserta didik dapat lebih mudah untuk memahami ciri-ciri dan sifat virus
Menampilkan gambar dan video mekanisme pernapasan akan memperdalam pemahaman siswa tentang mekanisme pernapasan
Memberikan catatan singkat untuk memudahkan siswa menghafal dan memahami factor-faktor yang mempengaruhi frekuensi bernapas dan volume pernapasan
Memberikan gambar-gambar yang mendukung pemahaman siswa akan penyakit pernapasan
Memberikan gambar dan video untuk lebih mudah siswa memperdalam pemahamannya
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan

(pengetahuan tentang penilaian)
Mempertanyakan siswa

Meminta siswa menjelaskan menyebutkan bagian organ-organ pernapasan beserta fungsinya
Meminta siswa untuk menjelaskan masing-masing mekanisme pertukaran gas O2 dan CO2 di alveolus

Penjelasan siswa tentang proses pernapasan perut

Penjelasan siswa tentang proses pernapasan dada
Menilai prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa

Factor yang mempengaruhi frekuensi bernapas

Menjelaskan volume-volume pernapasan.
Meminta siswa menyebutkan penyakiy-penyakit pernapasan beserta sebabnya.
Meminta siswa untuk menyebutkan perbedaan proses pernapasan pada hewan avertebrata dan vertebrate.
    

   

No comments:

Post a Comment