RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Ciri – ciri Protista Mirip Hewan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SMA NEGERI 1 JAKARTA
Mata Pelajaran                      : IPA
Kelas/Semester                      : X / Satu
Materi                                     : Ciri – ciri Protista Mirip Hewan
Alokasi waktu                        : 1 Pertemuan ( 30 Menit )

A.    Kompetensi Inti

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli ( gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, resposnif dan proaktif dan menunujukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual , konseptual , prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilnu pengetahuan, teknologi , seni budaya dan humaniora dengan wawasn kemanusiaan, kebangsaan dan kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

3.5 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan protista berdasarkan ciri – ciri umum kelas dan perannya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis

4.5 Merencanakan dan melaksanankan pengamatan tentang ciri – ciri dan peran protista dalam kehidupan dan menyajikan hasil pengamatan dalam bnetuk model/charta atau gambar


Indikator
3.5.1 Menjelaskan ciri-ciri protista
3.5.2 Mengklasifikasikan protista berdasarkan ciri umum kelas
3.5.3 Menjelaskan peranan protista dalam kehidupan

C.    Tujuan Pembelajaran

·         Peserta didik mampu menggolongkan protista berdasarkan ciri – ciri umum kelas dengan tepat melalui pengamatan gambar protista yang disajikan
·         Peserta didik mampu menjelaskan peranan protista dalam kehidupan dengan tepat melalui studi literatur dan diskusi kelompok



D.    Materi Pembelajaran

·         Ciri-ciri protista

-          Bersifat eukarotik, yaitu inti diselubungi membran inti serta organel-organelnya dikelilingi membrane
-          Respirasi secara aerobic
-          Struktur tubuhnya ada yang terdiri ats  uniseluler  dan multiseluler
-          Ada yang bereproduksi secara aseksual dan ada yang secara seksual
-          Ada yang hidup bebas dan ada yang bersimbiosis

·         Klasifikasi protista

Perbedaan antara protista mirip hewan, mirip tumbuhan, dan mirip jamur
Protista mirip hewan
Bentuk Protozoa sangat beragam, ada yang berbentuk lonjong, menyerupai bola, memanjang, dan polimorfik (memiliki berbagai bentuk morfologi), ukuran tubuhnya berdiameter 1 milimikron. Sel Protozoa terbungkus membran sitoplasma dan setiap selnya mempunyai satu atau beberapa nukleus.
Pada umumnya Protozoa dapat membentuk sista atau seludang yang dibuat secara vegetatif/trofozoit sehingga dapat melindungi dirinya terhadap bahaya dari alam sekitarnya, misalnya kekeringan dan kehabisan makanan atau keasaman perut di dalam inangnya.

Protista Mirip Tumbuhan
Setiap sel alga mempunyai inti dan plastida, dalam plastida terdapat zat-zat warna derivat klorofil dengan warna-warna yang lain berupa fikosianin (warna biru), fukosantin (warna pirang), fikoeritrin (warna merah). Selain itu, ditemukan pula zat-zat warna xantofildan karotin sehingga alga mampu berfotosintesis. Alga tidak mempunyai akar, batang, dan daun sejati yang disebut sebagai ‘tubuh yang bertalus’. Alga yang bergerak dilengkapi dengan alat flagela. Ada yang tunggal, berpasangan, atau bergerombol.

Protista Mirip Jamur
Jamur golongan ini mempunyai struktur tubuh dan cara bereproduksi yang berbeda dari kelompok jamur pada umumnya. Gerakan dan reproduksinya mirip dengan Amoeba sehingga dimasukkan dalam anggota Protista. Termasuk anggota ini adalah filum Oomycota dan Myxomycota.



·         Peranan protista dalam kehidupan

Peranan Protista ada yang menguntungkan dan ada juga yang merugikan.

1. Protista yang merugikan pada manusia antara lain:
Plasmodium sp, menyebabkan malaria pada manusia.
- Trypanosoma gambiense, Ttypanosoma rhodesiense menyebabkan penyakit tidur pada manusia.
- Trypanosoma cruzi, penyebab penyakit chagas (pada otot, jantung, dan saraf) pada manusia.

2.  Protista yang menguntungkan antara lain.

- Protista yang hidup bebas di air tawar sebagai plankton seperti :  Euglena viridis, juga sebagai indikator polusi air atau sungai, cangkok dari Radiolaria dan Foraminifera sebagai indikator adanya minyak bumi.
Entamoeba coli, membusukkan makanan dan membentuk vitamin K.

E.     Metode pembelajaran

Pendekatan    : Saintifik

Metode          : Diskusi kelompok dan tanya jawab



F.     Sumber belajar

Pratiwi D. A, dkk. 2007. Biologi Untuk SMA/MA kelas XII. Jakarta : Erlangga. Hal. 33-38
Prawirohartono, slamet. 2013. Konsep dan Penerapan Biologi SMA/MA kelas X. Jakarta : Bailmu. Hal. 91-116

                     


G.    Media Pembelajaran

-          Laptop
-          LCD/proyektor
-          Gambar protista
-          Buku dan berbagai literatur protista


H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1 pertemuan ( 30 Menit )
A.    Pendahuluan ( 3 Menit )

Kegiatan
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Guru
Siswa
Pembuka
·         Guru memberi salam dan berdoa
·         Guru meminta peserta didik merapihkan tempat duduknya dan mengecek absensi siswa

·      Peserta didik menjawab salam dan berdoa
·      Peserta didik merapikan tempat duduknya

2 menit
Apersepsi
·       Guru mengkaitkan materi yang akan dipelajari dengan materi yang sudah dipelajari sebelumnya
·       Guru menyampaikan KD, indikator dan tujuan pembelajaran

·      Peserta didik berpikir dan menjawab pertanyaan dari guru.
·      Peserta didik menyimak KD dan tujuan pembelajaran yang disampaikan guru

2 menit
Motivasi
·       Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan semangat belajar.

·      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru.

1 menit



B.     Kegiatan Inti  (20 Menit)

Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan Inti
Guru
Peserta Didik
Mengamati
·         Guru menampilkan contoh-contoh gambar protista

·               Peserta didik mengamati dan mencermati contoh gambar protista yang disajikan


2 menit
Menanya
·             Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya/ menanggapi terkait gambar yang ditampilkan oleh guru

·  Peserta didik bertanya / menanggapi  berkaitan dengan gambar yang ditampilkan oleh guru
·  Peserta didik termotivasi dan diharapkan  untuk membuat pertanyaaan tentang : Organisme protista apa yang ada pada gambar? Dan Apa nama kelompok organisme tersebut?
·  Dalam sesi menanya ini peserta didik memakai alat bantu boneka, dengan mekanisme lempar tangkap boneka untuk mengungkapkan pertanyaan maupun menjawab
4 menit
Mencoba
·         Guru membagi peserta didik menjadi 4 kelompok besar. Guru membagikan LKS pada masing-masing kelompok
·         Guru menginstruksikan dan mempersilakan peserta didik mencari informasi yang dibutuhkan untuk mengerjakan LKS (buku, internet



·         Peserta didik dalam kelompoknya mencari informasi yang dibutuhkan dari buku/internet
5 menit
Mengasosiasi
·         Guru mmeberi arahan kepada peserta didik untuk mengaitkan gambar protista mirip hewan dengan ciri cirinya
  • Peserta didik dalam kelompoknya mengaitkan protozoa yang diamati pada gambar dengan ciri - cirinya.
3 menit
Mengkomunikasikan
  • Guru meminta peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
·         Guru meminta peserta didik untuk memperhatikan serta menyanggah/menambahkan jawaban temannya.
  • Perwakilan dari tiap kelompok untuk maju untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok masing-masing
·         Peserta didik memperhatikan teman yang sedang mempresentasikan hasil diskusi serta menyanggah atau menambahkan jawaban temannya.
6 menit


C.     Penutup ( 3 Menit )


No
Pendekatan Saintifik
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi
1.
Penutup
·      Guru bersama peserta didik memberi kesimpulan dari hasil pembelajaran yang sudah selesai dilakukan
·      Guru  memberi tugas untuk membaca materi protista lanjutan tentang alga
·      Guru menutup pelajaran dan berdoa

·      Peserta didik menyimpulkan pembelajaran




·      Peserta didik memperhatikan penjelasan tugas yang diberikan guru.

·         Peserta didik berdoa bersama

3 menit






2 Menit


I.       Penilaian


Aspek spiritual

Lembar Observasi
Nama Peserta didik     :
Kelas                          :
Tanggal pengamatan    :
No
Sikap yang dinilai
Skor

1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran




2
Memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat




3
Mengungkapkan kekaguman Kepada Allah secara lisan, ketika berpendapat





Jumlah skor yang diperoleh


Keterangan  :
 4 = selalu
 3 = sering
 2 = kadang-kadang
 1 = tidak pernah

Kriteria penilaian = Jumlah skor yang diperoleh
                                    ----------------------------------------------- X 4
                                                Skor maksimum






Keterampilan sosial

Lembar Penilaian diri

Nama Peserta didik     :
Kelas                          :
Tanggal pengamatan   :

Aspek yang dinilai
Skor
K
C
B
SB
Teliti




Jujur




Antusias dalam pembelajaran




Bekerja sama




Berpendapat secara Ilmah




Jumlah skor yang diperoleh



Keterangan :
K= kurang
B= Baik
C= Cukup
SB= Sangat baik






Keterampilan Pengetahuan

Nama :
Kelas :
Isilah pertanyaan di bawah ini dengan memilih option yang tepat!

Indikator
Soal
Jawaban

3.5.1 Mengidentifikasi ciri – ciri Protista mirip hewan
INSTRUMEN TES TULIS

1.      Organisme yang termasuk ke dalam kingdom protista memiliki ciri..
a.       Uniseluler atau multiseluler sederhana, eukariotik
b.      Uniseluler, prokariotik, anaerob
c.       Uniseluler atau multiseluler, aerob
d.      Uniseluler atau multiseluler, prokariotik
e.       Uniseluler, prokariotik, parasit


2. Jika air sawah digunakan untuk media praktikum dalam pengamatan Protozoa, maka siswa tersebut tidak mungkin menemukan ...
a. Stentor                                       d. Plasmodium
      b. Amoeba                                      e. Spirogyra
      c. Paramecium

3. Seorang siswa mengamati preparat dengan mikroskop. Ciri-ciri organisme tersebut adalah memiliki satu cambuk, bergerak cepat, terdiri dari satu sel, namun protoplasmanya terdapat klorofil. Siswa tadi berkesimpulan bahwa organisme tersebut adalah. ...
      a. Stentor                d. Paramaecium
      b. Amoeba                e. Euglena
      c. Plasmodium

4. Perhatikan gambar di bawah ini !
     
Dari gambar di atas yang termasuk kelas rhizopoda adalah
a.       1      d. 4
b.      2
c.       3

5        Di bawah ini adalah sifat – sifat mikroorganisme
1.      Bersel satu
2.      Eukariotik
3.      Bentuk sel tetap
4.      Berbulu cambuk
5.      Bersilia
Sifat yang merupakan ciri flagellata...
a.       1,2,dan 3
b.      1,2, dan 4
c.       1,2,dan 5
d.      1,3, dan 4
e.       1,3, dan 5





  







A
  















A












C








C



 
















B



Keterampilan Psikomotorik

Hasil Penilaian Diskusi
Topik   : Ciri – ciri Protista Mirip Hewan
Tanggal : ……………………………………….


            No
Nama siswa
Menyampaikan pendapat
Menanggapi
Mempertahankan argumentasi
Jumlah score
Nilai
1
2
3
1
2
3
4
1
2
3
4

Rubrik :
Menyampaikan pendapat
1.      Tidak sesuai masalah
2.      Sesuai dengan masalah, tapi belum benar
3.      Sesuai dengan masalah dan benar
Menanggapi pendapat
1.      Langsung setuju   atau menyanggah tanpa alasan
2.      Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak sempurna
3.      Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar 
4.      Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar  dengan didukung referensi
Mempertahankan pendapat
1.      Tidak dapat mempertahankan pendapat
2.      Mampu Mempertahankan pendapat, alasan kurang benar
3.      Mampu mempertahankan pendapat, alasan benar tidak didukung referensi
4.      Mampu mempertahankan pendapat, alasan benar didukung referensi


   




















TUGAS INDIVIDU

Nama              :
No absen        :

Protista mirip hewan  yang beraneka ragam banyak memiliki peranan bagi manusia. Baik yang menguntungkan maupun merugikan. Kumpulkan informasi tentang peranan berbagai informasi dari berbagai sumber!
Tujuan           :
Mempelajari peranan protista bagi manusia dengan mengumpulkan berbagai informasi dari berbagai sumber

No
Protista mirip hewan
Peranan

a.


b.


c.

d.
a.

b.


c.


d.




No comments:

Post a Comment