Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Organ-Organ
Penyusun Sistem Reproduksi
|
Fungsi
Organ Penyusun Sistem Reproduksi
|
Kelainan dan penyakit pada sistem reproduks
|
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Peserta
didik mampu mengetahui organ-organ penyusun sistem reproduksi laki-laki dan
perempuan baik organ reproduksi dalam maupun luar.
|
Peserta
didik mampu menjelaskan
fungsi-fungsi organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan.
|
Peserta
didik dapat menjelaskan kelainan dan
penyakit pada sistem reproduksi manusia.
|
Mengapa
penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan
kurikulum]
|
Penting bagi peserta didik untuk
mengetahui struktur organ-organ peyusun sistem reproduksi manusia karena
struktur akan mempengaruhi fungsi kerja organ tersebut didalam suatu sistem
|
Peserta didik dapat menjelaskan
fungsi organ-organ penyusun sistem reproduksi sehingga dapat mengetahu di
organ mana ovum dan sperma diproduksi.
|
Peserta
didik dapat menyebutkan kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi,
mengidentifikasi penyebabnya, cara penularan, melakukan pencegahan terhadap
penyakit menular seksual hingga melakukan pengobatan secara tepat
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide
ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Peserta
didik akan sedikit kesulitan untuk menentukan batasan organ reproduksi bagian
luar dengan organ reproduksi bagian dan dalam menunjukkan gambar atau
penggambaran secara langsung organ-organ reproduksi tidak bisa secara jelas
dan secara gamblang
|
Peserta
didik akan merasa kesulitan untuk membedakan fungsi organ penyusun sistem
reproduksi sebagai suatu sistem yang fungsinya saling berkaitan.
Kesulitan
meemahami pembentukan sel kelami yaitu sperm dan ovum.
|
Memberi
pengertian peserta didik akan bahaya penyakit organ reproduksi sehingga
penting untuk menjaga kesehhatan organ reproduksi.
Peerta
didik kesulitan menentukan penyebab penyakit sistem reproduksi, penyakit yang
ditularkan oleh bakteri atau oleh virus serta menentukan tindakan pencegahannya
secara tepat berdasarkan agen penyebabnya.
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Menghubungkan
antara pemahaman konsep terhadap kebutuhan konsep reproduksi dalam biologi
atau kehidupan
|
Melakukan
studi literasi keterkaitan antara struktur organ dengan fungsinya.
Mempelajari
pembentukan sel sperma dan sel ovum.
|
Melakukan
observasi secara langsung terhadap kejadian nyata yang ada disekitar mengenai
penyakit reproduksi sehingga dapat menemukan beberapa upaya pencegahan maupun
pengobatan yang dapat dilakukan terhadap penyakit tersebut.
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan
tentang strategi instruksional dan representasi]
|
Mengamati
struktur organ penyusun sistem reproduksi melalui gambar yang disajikan.
|
Menjelaskan
fungsi organ reproduksi berdasarkan hasil membaca atau studi literatur elalui
buku sumber.
Menampilkan
video proses pematangan sperma dan ovum dengan melibatkan fungsi organ-organ
tersebut.
|
Menampilkan
contoh-contoh gambar yang berkaitan dengan jenis-jenis penyakit sistem
reproduksi
Membuat laporan
hasil studi berbasis proyek mengenai berbagai penyakit sistem reproduksi di sebuah
rumah sakit/ klinik sehingga siswa dapat memahami secara langsung upaya pencegahan
maupun pengobatannya.
|
Mengidentifikasi
cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan
tentang Penilaian]
|
Meminta siswa menyebutkan organ- organ penyususn
sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan.
Menanyakan pada siswa bagaimana struktur
masing-masing organ tersebut dan mana yang termasuk organ reproduksi bagian
dalam dan luar.
|
Menilai
ketepatan peserta didik dalam mengaitkan struktur organ reproduksi dengan
fungsinya.
Menanyakan
alur proses pembentukan sel sperma dan ovum
|
Memastikan
peserta didik untuk dapat menerapkan upaya menjaga dan meperhatikan kesehatan
organ reproduksi sehingga terhindar dari penyakit sistem reproduksi
|
Konten Representasi (CORE) Sistem Reproduksi Manusia
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment