RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                :           SMP Negeri 1 Babelan
Mata Pelajaran   :           IPA
Kelas / Semester  :           VIII/ II
Alokasi Waktu    :           30 Menit

A.    Kompetensi Inti
1.1.       Menghayati dan mengamalkan  ajaran  agama yang dianutnya
1.2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli  (toleransi, gotong royong), santun, percaya  diri, dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam  jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
1.3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu  pengetahuan, teknologi, seni, budaya  terkait fenomena dan kejadian tampak  mata.
1.4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan  membuat) dan ranah abstrak (menulis,  membaca, menghitung, menggambar, dan  mengarang) sesuai dengan yang dipelajari  di sekolah dan sumber lain yang sama  dalam sudut pandang/teori.  

B.     Kompetensi Dasar

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.2 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
3.12 Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.1 Mengetahui data jumlah penduduk di suatu daerah dalam kurun waktu tertentu.
3.3.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah.
3.3.3 Mengidentifikasi beberapa jenis pencemaran yang terjadi di lingkungan dan cara mengatasinya.
3.3.4 Menjelaskan keterkaitan antara peningkatan jumlah penduduk dengan ketersediaan ruang dan sumber daya.

D.    Materi
Dinamika penduduk dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan perpindahan penduduk (migrasi).
Cara menghitung angka kelahiran
         
Setelah melakukan penghitungan angka kelahiran, selanjutnya hasilnya dicocokkan dengan acuan penggolongan angka kelahiran berikut ini.
􀂃 Apabila angka kelahiran menunjukkan angka kurang dari 20 (< 20), maka angka kelahiran di wilayah tersebut tergolong rendah.
􀂃 Apabila angka kelahiran menunjukkan angka antara 20 – 30, maka angka kelahiran di wilayah tersebut tergolong sedang.
􀂃 Apabila angka kelahiran menunjukkan angka lebih dari 30 (> 30), maka angka kelahiran di wilayah tersebut tergolong tinggi
     Cara menghitung angka kematian
           
Setelah melakukan penghitungan angka kematian, cocokkan hasilnya dengan acuan penggolongan angka kematian sebagai berikut.
􀂃 Apabila angka kematian menunjukkan angka kurang dari 14 (< 14), maka angka kematian di wilayah tersebut tergolong rendah.
􀂃 Apabila angka kematian menunjukkan angka antara 14 – 18, maka angka kematian di wilayah tersebut tergolong sedang.
􀂃 Apabila angka kematian menunjukkan angka lebih dari 18 (>18), maka angka kematian di wilayah tersebut tergolong tinggi.

Pertumbuhan jumlah penduduk disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, imigrasi yang tinggi serta emigrasi yang rendah dan tingginya angka kelahiran serta rendahnya angka kematian.
Dampak yang terjadi pada lingkungan akibat peningkatan jumlah penduduk antara lain; pencemaran lingkungan oleh limbah atau sampah rumah tangga, berkurangnya ketersediaan air bersih, berkurangnya ketersediaan udara bersih, dan berkurangnya lahan hijau dan lahan
pertanian.
Ciri-ciri air tercemar sebagai berikut.
􀂃 Adanya perubahan suhu
􀂃 Adanya perubahan pH
􀂃 Adanya perubahan warna, bau, dan rasa
􀂃 Adanya mikroorganisme
E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintific
Metode :
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab
3.      Contextual Learning(CTL)
Model : Quantum Learning

F.      Sumber Belajar
Sudjadi, Bagod dan Siti Laila.2012.Biologi Sains dalam Kehidupan SMA Kelas X
      Semester 1
.Jakarta: Yudhistira

G.    Media Pembelajaran
1.      Media
-Power Point
-Buku Paket
-Instrumen
-Poster

2.      Alat dan Bahan
- LCD
-Papan Tulis
-Spidol
-Speaker

H.    Kegiatan Pembelajaran

No
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
Salam, do’a dan absensi
Mengucapkan salam, berdo’a dan memeriksa kehadiran peserta didik.

Mempersiapkan diri untuk mengikuti proses belajar mengajar

1 Menit
Motivasi
Memberikan motivasi dan membangkitkan perhatian siswa dengan pemutaran video populasi penduduk
Menyimak dan memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru.

1 Menit
Apersepsi
Memberikan apersepsi dengan mengaitkan tentang pencemaran akibat manusia
Mengaitkan dengan pengetahuan sebelumnya
2 Menit
Menyampaikan Tujuan
Menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran

Peserta didik membacakan KD dan Tujuan
2 Menit
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
Menyajikan contoh gambar  pencemaran 
Mengamati(melihat dan mendengar)

8 Menit
Menanya
Guru menyatakan beberapa pernyataan untuk memancing peserta didik bertanya
Dari kegiatan mengamati, diharapkan peserta didik dapat bertanya tentang :
-Bagaimana mengatasi populasi penduduk yang menurut data dari tahun ketahun semakin meningkat?

Pabrik juga dibutuhkan untuk lapangan pekerjaan tetapi pabrik juga banyak menghasilkan limbah, bagaimana menangani hal tersebut ?
2 Menit
Mencoba
Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba dengan membaca sumber lain dan memberikan soal
Peserta didik membaca sumber lain serta mengerjakan soal (Dengan LKS)
5 Menit
Menalar
Guru mempersilakan peserta didik untuk menyampaikan informasi yang sudah didapatkan
Peserta didik menyampaikan berbagai pendapat dari pembelajaran yang sudah dilakukan
3 Menit
Mengkomunikasikan
Guru mengkonfirmasi setelah peserta didik menjelaskan
Peserta didik menyampaikan kesimpulan dengan lisan
3 Menit
3.
Penutup
Menyimpulkan  
Mereview kembali pelajaran

Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi (konfirmasi)

1 Menit
Mengevaluasi
Guru memberikan soal
Peserta didik menjawab soal
1,5 Menit
Salam dan Do’a
Guru menutup pelajaran
Peserta didik bersiap mengakhiri pembelajaran.
0,5 Menit

I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
  1. Penilaian
Penilaian yang dilakukan dengan 4 cara penilaian yaitu
a)      Penilaian Sikap
a. Teknik penilaian                  : penilaian diri
b. Bentuk instrumen                : lembar penilaian diri
c. Instrumen                            : terlampir

b)      Penilaian Sikap sosial
a. Teknik penilaian                  : observasi
b. Bentuk instrumen                : lembar observasi
c. Instrumen                            : terlampir

c)      Penilaian Pengetahuan
a. Teknik penilaian                  : tes terlulis
b. Bentuk instrumen                : soal pilihan ganda
c. Instrumen                            : terlampir


d)     Penilaian Keterampilan
a. Teknik penilaian                  : observasi
b. Bentuk instrumen                : lembar observasi
c. Instrumen                            : terlampir

  1. Pembelajaran Remedial
Remidian dilakukan untuk peserta didik yang belum tuntas evaluasi. Instrumen remedi terdapat pada lampiran.


  1. Pengayaan
Materi pengayaan tentang Upaya Pengelolaan Air untuk Menjaga Ketersediaan Air Bersih. Instrumen pengayaan terdapat pada lampiran.







Lampiran 1             : Penilaian Sikap Spiritual

Indikator pencapaian kompetensi
Menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan karena telah menciptakan langit dan bumi beserta isinya sehingga dapat dijadikan tempat tinggal bagi manusia dan makhluk hidup lainnya .       
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

4            = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3            = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2            = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1            = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik          : …………………......................................
Kelas/No.                           : …………………......................................
Tanggal Pengamatan         : …………………......................................
Materi Pokok                     : Kependudukan dan Lingkungan

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




3
Mengungkapakan kekaguman terhadap Tuhan saat melihat berbagai sifat keanekaragaman mahluk hidup yang menunjukkan kebesaran Tuhan.




4
Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa




5
Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

























Lampiran 2    :  Penilaian Sikap Sosial

Indikator pencapaian kompetensi
Menunjukkan sikap jujur, teliti, dan mampu bekerjasama dengan teman di kelas.

Kelas                           : ………………………................................
Hari, tanggal               : ……………………….................................
Materi Pokok/Tema     : Kependudukan dan Lingkungan

            No
Nama Peserta Didik
Sikap
Keterangan
Jujur
Teliti
Kerjasama
1.





2.





3.





4.





5.





6.





7.





8.





9.





10.






Kriteria penskoran :

4 =  apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1 =  apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap

Petunjuk penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :


Lampiran 3    :  Penilaian Pengetahuan
Indikator pencapaian kompetensi
3.3.1 Menganalisis data jumlah penduduk di suatu daerah dalam kurun waktu tertentu.
3.3.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah.
3.3.3 Mengidentifikasi beberapa jenis pencemaran yang terjadi di lingkungan dan cara mengatasinya.
3.3.4 Menjelaskan keterkaitan antara peningkatan jumlah penduduk dengan ketersediaan ruang dan sumber daya.


Nama                           : ...................................................................
Kelas                           : ………………………................................
Hari, tanggal               : ……………………….................................
Materi Pokok/Tema     : Kependudukan dan Lingkungan

Instrumen Soal Pengetahuan
No
Indicator
Soal
Kunci  jawaban
Skor
1.
3.3.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah.

Di antara aktivitas berikut yang secara langsung dapat membantu mengurangi polusi udara di kota adalah....
a.       menggunakan masker saat mengendarai sepeda motor
b.      menggunakan materi yang dapat didegradasi secara alami
c.       menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi
d.      mengganti bahan bakar bensin dengan biosolar

C
2
2.
3.3.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah.
Pembakaran bahan bakar fosil telah meningkatkan kandungan karbondioksida di atmosfer. Dampak yang mungkin terjadi akibat kenaikan kandungan karbondioksida di bumi adalah....
a.       iklim yang lebih hangat
b.      menurunnya permukaan air laut
c.       kelembaban udara yang lebih tinggi
d.      lebih banyak ozon di atmosfer
A
2
3.
3.3.4 Menjelaskan keterkaitan antara peningkatan jumlah penduduk dengan ketersediaan ruang dan sumber daya.

Perkiraan jumlah air tawar dari keseluruhan jumlah air di bumi adalah....
a.       100%
b.      90%
c.       70%
d.      2%
D
2
4.
3.3.1 Mengetahui data jumlah penduduk di suatu daerah dalam kurun waktu tertentu.

Perhatikan gambar berikut
           
Perubahan populasi manusia di dunia setelah 300 tahun ditunjukkan oleh gambar....
a.A
b.B
c.C
d.D
B
2
5.
3.3.3 Mengidentifikasi beberapa jenis pencemaran yang terjadi di lingkungan dan cara mengatasinya.

Cara mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah rumah tangga adalah ....
a.       Membakar sampah plastik dan kertas satu minggu sekali.
b.      Membawa tas dari rumah setiap pergi berbelanja.
c.       Mengganti penggunaan LPG dengan kayu bakar
d.      Menimbun sampah rumah tangga di lahan kosong


B
2


Total

10













Lampiran 4    : Penilaian Keterampilan
Indikator pencapaian kompetensi :
4.3.1 Membuat artikel tentang permasalahan yang muncul di lingkungan sekitar siswa yang terjadi akibat peningkatan jumlah penduduk

Nama peserta didik                          :  ..................................................................
Kelas / No.                                       :  ..................................................................
Hari, tanggal                                   : ……………………….................................
Materi Pokok/Tema                         : Kependudukan dan Lingkungan

No.
Indikator
Hasil Penilaian
4
(amat baik)
3
(baik)
2
(cukup)
1
(kurang)
1
Menyiapkan bahan laporan




2
Mengidentifikasi permasalahan




3
Deskripsi hasil pengamatan




4
Mengumpulkan artikel




5
Mempresentasikan hasil studi




Jumlah Skor yang Diperoleh



Kriteria penilaian









No comments:

Post a Comment