RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 1 Babelan
Mata Pelajaran : IPA
Kelas /
Semester : VIII/ II
Alokasi Waktu : 30
Menit
A.
Kompetensi Inti
1.1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
1.2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
1.3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
1.4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.2 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan percobaan dan berdiskusi
3.12 Mendeskripsikan penyebab
perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.3.1 Mengetahui data jumlah penduduk
di suatu daerah dalam kurun waktu tertentu.
3.3.2 Mengidentifikasi
faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan jumlah penduduk di suatu
wilayah.
3.3.3 Mengidentifikasi beberapa jenis
pencemaran yang terjadi di lingkungan dan cara mengatasinya.
3.3.4 Menjelaskan keterkaitan antara
peningkatan jumlah penduduk dengan ketersediaan ruang dan sumber daya.
D.
Materi
Dinamika penduduk dipengaruhi
oleh tiga faktor, yaitu kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan
perpindahan penduduk (migrasi).
Cara menghitung angka kelahiran
Setelah melakukan penghitungan
angka kelahiran, selanjutnya hasilnya dicocokkan dengan acuan penggolongan
angka kelahiran berikut ini.
Apabila angka kelahiran
menunjukkan angka kurang dari 20 (< 20), maka angka kelahiran di wilayah
tersebut tergolong rendah.
Apabila angka kelahiran
menunjukkan angka antara 20 – 30, maka angka kelahiran di wilayah tersebut tergolong
sedang.
Apabila angka kelahiran
menunjukkan angka lebih dari 30 (> 30), maka angka kelahiran di wilayah
tersebut tergolong tinggi
Cara menghitung angka kematian
Setelah melakukan penghitungan
angka kematian, cocokkan hasilnya dengan acuan penggolongan angka kematian
sebagai berikut.
Apabila angka kematian
menunjukkan angka kurang dari 14 (< 14), maka angka kematian di wilayah
tersebut tergolong rendah.
Apabila angka kematian
menunjukkan angka antara 14 – 18, maka angka kematian di wilayah tersebut
tergolong sedang.
Apabila angka kematian
menunjukkan angka lebih dari 18 (>18), maka angka kematian di wilayah
tersebut tergolong tinggi.
Pertumbuhan jumlah
penduduk disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, imigrasi yang tinggi serta
emigrasi yang rendah dan tingginya angka kelahiran serta rendahnya angka
kematian.
Dampak yang terjadi pada
lingkungan akibat peningkatan jumlah penduduk antara lain; pencemaran
lingkungan oleh limbah atau sampah rumah tangga, berkurangnya ketersediaan air
bersih, berkurangnya ketersediaan udara bersih, dan berkurangnya lahan hijau
dan lahan
pertanian.
Ciri-ciri air tercemar
sebagai berikut.
Adanya perubahan suhu
Adanya perubahan pH
Adanya perubahan warna, bau, dan
rasa
Adanya mikroorganisme
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintific
Metode :
1.
Ceramah
2.
Tanya Jawab
3.
Contextual Learning(CTL)
Model : Quantum Learning
F.
Sumber Belajar
Sudjadi,
Bagod dan Siti Laila.2012.Biologi Sains dalam Kehidupan SMA Kelas X
Semester 1.Jakarta: Yudhistira
Semester 1.Jakarta: Yudhistira
G.
Media Pembelajaran
1. Media
-Power
Point
-Buku Paket
-Buku Paket
-Instrumen
-Poster
2. Alat dan Bahan
- LCD
-Papan Tulis
-Papan Tulis
-Spidol
-Speaker
H.
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
Salam, do’a
dan absensi
|
Mengucapkan
salam, berdo’a dan memeriksa kehadiran peserta didik.
|
Mempersiapkan
diri untuk mengikuti proses belajar mengajar
|
1 Menit
|
Motivasi
|
Memberikan motivasi
dan membangkitkan perhatian siswa dengan pemutaran video populasi penduduk
|
Menyimak dan
memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru.
|
1 Menit
|
||
Apersepsi
|
Memberikan apersepsi dengan mengaitkan
tentang pencemaran akibat manusia
|
Mengaitkan dengan pengetahuan sebelumnya
|
2 Menit
|
||
Menyampaikan
Tujuan
|
Menyampaikan
garis besar tujuan pembelajaran
|
Peserta didik membacakan KD dan Tujuan
|
2 Menit
|
||
2.
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
|
Menyajikan contoh gambar pencemaran
|
Mengamati(melihat dan mendengar)
|
8 Menit
|
Menanya
|
Guru menyatakan beberapa pernyataan untuk memancing
peserta didik bertanya
|
Dari kegiatan mengamati, diharapkan peserta didik
dapat bertanya tentang :
-Bagaimana mengatasi populasi penduduk yang menurut data dari tahun ketahun
semakin meningkat?
Pabrik juga dibutuhkan untuk lapangan pekerjaan tetapi pabrik
juga banyak menghasilkan limbah, bagaimana menangani hal tersebut ?
|
2 Menit
|
||
Mencoba
|
Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba dengan
membaca sumber lain dan memberikan soal
|
Peserta didik membaca sumber lain serta
mengerjakan soal (Dengan LKS)
|
5 Menit
|
||
Menalar
|
Guru mempersilakan peserta didik untuk menyampaikan
informasi yang sudah didapatkan
|
Peserta didik menyampaikan berbagai
pendapat dari pembelajaran yang sudah dilakukan
|
3 Menit
|
||
Mengkomunikasikan
|
Guru mengkonfirmasi setelah peserta didik menjelaskan
|
Peserta didik menyampaikan kesimpulan
dengan lisan
|
3 Menit
|
||
3.
|
Penutup
|
Menyimpulkan
|
Mereview kembali pelajaran
|
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi (konfirmasi)
|
1 Menit
|
Mengevaluasi
|
Guru memberikan
soal
|
Peserta didik menjawab soal
|
1,5 Menit
|
||
Salam dan
Do’a
|
Guru menutup pelajaran
|
Peserta didik bersiap mengakhiri
pembelajaran.
|
0,5 Menit
|
I.
Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
- Penilaian
Penilaian yang dilakukan dengan 4 cara
penilaian yaitu
a)
Penilaian
Sikap
a. Teknik penilaian :
penilaian diri
b. Bentuk instrumen : lembar penilaian diri
c. Instrumen :
terlampir
b)
Penilaian Sikap sosial
a. Teknik penilaian :
observasi
b. Bentuk instrumen : lembar observasi
c. Instrumen :
terlampir
c)
Penilaian Pengetahuan
a. Teknik penilaian :
tes terlulis
b. Bentuk instrumen : soal pilihan ganda
c. Instrumen :
terlampir
d)
Penilaian Keterampilan
a. Teknik penilaian :
observasi
b. Bentuk instrumen :
lembar observasi
c. Instrumen :
terlampir
- Pembelajaran Remedial
Remidian dilakukan untuk peserta didik yang
belum tuntas evaluasi. Instrumen remedi terdapat pada lampiran.
- Pengayaan
Materi pengayaan tentang Upaya
Pengelolaan Air untuk Menjaga Ketersediaan Air Bersih. Instrumen pengayaan terdapat pada lampiran.
Lampiran 1 : Penilaian
Sikap Spiritual
Indikator pencapaian kompetensi
Menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan
karena telah menciptakan langit dan bumi beserta isinya sehingga dapat
dijadikan tempat tinggal bagi manusia dan makhluk hidup lainnya .
Petunjuk :
Lembaran ini
diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek
(Ö)
pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik,
dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta Didik :
…………………......................................
Kelas/No. :
…………………......................................
Tanggal Pengamatan :
…………………......................................
Materi Pokok :
Kependudukan dan Lingkungan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan
pendapat/presentasi
|
||||
3
|
Mengungkapakan
kekaguman terhadap Tuhan saat melihat berbagai sifat keanekaragaman mahluk
hidup yang menunjukkan kebesaran Tuhan.
|
||||
4
|
Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
|
||||
5
|
Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
|
||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Lampiran 2 :
Penilaian Sikap Sosial
Indikator
pencapaian kompetensi
Menunjukkan sikap jujur, teliti, dan mampu bekerjasama dengan teman
di kelas.
Kelas :
………………………................................
Hari, tanggal :
……………………….................................
Materi Pokok/Tema : Kependudukan dan Lingkungan
No
|
Nama Peserta Didik
|
Sikap
|
Keterangan
|
||
Jujur
|
Teliti
|
Kerjasama
|
|||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
|||||
6.
|
|||||
7.
|
|||||
8.
|
|||||
9.
|
|||||
10.
|
Kriteria
penskoran :
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap
sesuai aspek sikap
3 = apabila
sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang tidak
sesuai aspek sikap
2 = apabila
kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak
sesuai aspek sikap
1
= apabila tidak pernah konsisten
menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Petunjuk penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Lampiran 3 : Penilaian Pengetahuan
Indikator pencapaian kompetensi
3.3.1 Menganalisis data jumlah
penduduk di suatu daerah dalam kurun waktu tertentu.
3.3.2 Mengidentifikasi
faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan jumlah penduduk di suatu
wilayah.
3.3.3 Mengidentifikasi beberapa jenis
pencemaran yang terjadi di lingkungan dan cara mengatasinya.
3.3.4 Menjelaskan keterkaitan antara
peningkatan jumlah penduduk dengan ketersediaan ruang dan sumber daya.
Nama :
...................................................................
Kelas :
………………………................................
Hari, tanggal :
……………………….................................
Materi Pokok/Tema : Kependudukan dan Lingkungan
Instrumen Soal Pengetahuan
No
|
Indicator
|
Soal
|
Kunci jawaban
|
Skor
|
1.
|
3.3.2
Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan jumlah
penduduk di suatu wilayah.
|
Di antara aktivitas
berikut yang secara langsung dapat membantu mengurangi polusi udara di kota
adalah....
a. menggunakan masker saat mengendarai sepeda motor
b. menggunakan materi yang dapat didegradasi secara
alami
c. menggunakan transportasi umum daripada kendaraan
pribadi
d. mengganti bahan bakar bensin dengan biosolar
|
C
|
2
|
2.
|
3.3.2
Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan jumlah
penduduk di suatu wilayah.
|
Pembakaran bahan
bakar fosil telah meningkatkan kandungan karbondioksida di atmosfer. Dampak
yang mungkin terjadi akibat kenaikan kandungan karbondioksida di bumi
adalah....
a. iklim yang lebih hangat
b. menurunnya permukaan air laut
c. kelembaban udara yang lebih tinggi
d. lebih banyak ozon di atmosfer
|
A
|
2
|
3.
|
3.3.4 Menjelaskan keterkaitan antara
peningkatan jumlah penduduk dengan ketersediaan ruang dan sumber daya.
|
Perkiraan jumlah air
tawar dari keseluruhan jumlah air di bumi adalah....
a. 100%
b. 90%
c. 70%
d. 2%
|
D
|
2
|
4.
|
3.3.1 Mengetahui data jumlah
penduduk di suatu daerah dalam kurun waktu tertentu.
|
Perhatikan gambar berikut
Perubahan populasi
manusia di dunia setelah 300 tahun ditunjukkan oleh gambar....
a.A
b.B
c.C
d.D
|
B
|
2
|
5.
|
3.3.3 Mengidentifikasi beberapa
jenis pencemaran yang terjadi di lingkungan dan cara mengatasinya.
|
Cara mengurangi
pencemaran lingkungan akibat limbah rumah tangga adalah ....
a. Membakar sampah plastik dan kertas satu minggu
sekali.
b. Membawa tas dari rumah setiap pergi berbelanja.
c. Mengganti penggunaan LPG dengan kayu bakar
d. Menimbun sampah rumah tangga di lahan kosong
|
B
|
2
|
Total
|
10
|
Lampiran 4 : Penilaian Keterampilan
Indikator
pencapaian kompetensi :
4.3.1 Membuat artikel tentang
permasalahan yang muncul di lingkungan sekitar siswa yang terjadi akibat
peningkatan jumlah penduduk
Nama peserta
didik : ..................................................................
Kelas / No. : ..................................................................
Hari, tanggal
: ……………………….................................
Materi Pokok/Tema : Kependudukan
dan Lingkungan
No.
|
Indikator
|
Hasil
Penilaian
|
|||
4
(amat
baik)
|
3
(baik)
|
2
(cukup)
|
1
(kurang)
|
||
1
|
Menyiapkan bahan laporan
|
||||
2
|
Mengidentifikasi permasalahan
|
||||
3
|
Deskripsi hasil pengamatan
|
||||
4
|
Mengumpulkan artikel
|
||||
5
|
Mempresentasikan hasil studi
|
||||
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
Kriteria penilaian
No comments:
Post a Comment