Konten Representasi (CORE) REPRODUKSI PADA TUMBUHAN

    
Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C

Reproduksi aseksual
Pertunasan reproduksi aseksual
Macam-macam pertunasan reproduksi
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik dapat mengetahui reproduksi aseksual

Bagian-bagian tanaman yang mengalami reproduksi aseksual


Peserta didik mampu menyebutkan pertunasan pada reproduksi aseksual


Reproduksi aseksual melalui tunas, fragmentasi, dan partenogenesis


Peserta didik  dapat mengetahui juga macam-macam pertunasan reproduksi aseksual

Cara reproduksi pada setiap masing-masing pertunasan
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?

(pengetahuan kurikulum)
Dengan mengetahui cara reproduksi aseksual  pada tanaman, peserta didik dapat membedakannya.


Sangat penting untuk mengetahui pertunasan  reproduksi aseksual

reproduksi aseksual melalui tunas, fragmentasi, dan parthenogenesis


Penting untuk mengetahui macam-macam pertunasan reproduksi aseksual pada tumbuhan

Tidak semua tanaman bisa melakukan pertunasan pada reproduksi aseksual
 Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa keterbatasaan yang terkait dengan mengajar virus

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
 Konsep reproduksi merupakan materi yang abstrak, dalam menjelaskan cara reproduksi pada tanamannya dibutuhkan banyak contoh dan model yang mudah dimengerti oleh peserta didik
Yang menjadi kesulitan pada reproduksi tumbuhan agar peserta didik benar-benar memahami perbedaan pada masing-masing fase, maka diperlukan contoh dari setiap cara dan penekanan konsep yang membedakan kedua cara sistem reproduksi yaitu seksual dan asekual
Kesulitan atau kendala siswa dalam pertunasan reproduksi aseksual mencari tanamannya











Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan referensi lain

Menampilkan gambar tanaman dan meminta peserta didik untuk menyebutkan bagian-bagian pada tanaman tersebut
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan referensi lain

Menampilkan gambar tahapan proses reproduksi tumbuhan dan meminta peserta didik untuk menjelaskan proses pada masing-masing cara.
Membuat hubungan antara konsep dan referensi lain

Meminta siswa untuk menyebutkan macam macam pertunasan pada reproduksi aseksual
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan dengan ide ini

(pengetahuan
tentang strategi intruksional dan representasi)
Menampilkan gambar dari tanaman yang mengalami reproduksi aseksual agar peserta didik dapat lebih mudah untuk memahami cara reproduksi tumbuhan
Menampilkan gambar dan  akan memperdalam pemahaman siswa tentang reproduksi tumbuhan
Menunjukan contoh gambar dari pertunasan pada reproduksi aseksual
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan

(pengetahuan tentang penilaian)
Mempertanyakan siswa

Meminta siswa menjelaskan reproduksi seksual dan aseksual pada tanaman gymnospermae
Meminta siswa untuk menjelaskan masing-masing reproduksi

Penjelasan siswa tentang proses pada reproduksi seksual

Penjelasan siswa tentang proses pada reproduksi aseksual
Menilai prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa

Prediksi tanaman yang dapat melakukan pertunasan pada reproduksi aseksual

   

No comments:

Post a Comment