RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REPRODUKSI PADA TUMBUHAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                                      : SMA La Tansa
Mata Pelajaran                           : IPA
Kelas/Semester *)                      : IX/ 1
Materi Pokok                             : REPRODUKSI   PADA TUMBUHAN
Alokasi Waktu                          : 1 x 30 menit ( 1 x pertemuan)

·             Kompetensi Inti
·             KI 1 : menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·             KI 2 : menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kerjasama, toleran, damai, santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi ( gotong royong secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pegaulan dunia.
·             KI 3 : memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
·             KI 4 : mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu mengunakan metode sesuai keilmuan.

·             Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
.1.1            Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang dunia tumbuhan
.1.2             Menyadari dan mengagumi pola pikir dalam kemampuan mengamati reproduksi aseksual dan seksual.
.1.3            Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengenalan ajaran agama yang dianutnya.


     2.1  Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif  dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.

                     2.1.1 Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli terhadap teman sejawatnya.
                     2.1.2 Responsif dan proaktif dalam menunjukan setiap tindakan dan dalam melakukan.
                               Pengamatan.

              3.11 Memahami reproduksi pada tumbuhan,hewan, dan manusia, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup.
                 3.11.1  Menjelaskan reproduksi aseksual pada tumbuhan
               3.11.2   M ennyebutkan reproduksi vegetatif pada tumbuhan
                 3.11.3  Melakukan identifikasi cara reproduksi tumbuhan
.
·             Tujuan Pembelajaran
      Kognitif
           Produk
·             Peserta didik mampu menjelaskan reproduksi aseksual pada tumbuhan melalui studi pustaka secara tepat,teliti, dan bertanggung jawab.
·             Peserta didik mampu mengidentifikasi cara reproduksi tumbuhan aseksual melalui studi
 pustaka secara tepat,teliti, dan bertanggung jawab.

Proses
·             Peserta didik mampu mendeskripsikan reproduksi pada tumbuhan.
·             Peserta didik mampu membandingkan cara berkembang biak  aseksual pada tanaman.




Psikomotorik
·             Peserta didik mampu mengamati cara reproduksi aseksual pada tumbuhan sesuai dengan petunjuk yang disediakan pada LKS.
·             Peserta didik dapat mengkomunikasikan hasil diskusi
·             Peserta didik dapat bertangung jawab dalam mengkomunikasikan hasil diskusi

Afektif
·             Peserta didik dapat mengubah sikap dan perilakunya untuk senantiasa menjaga keanekaragaman hayati sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.  
·             Peserta didik mampu bertanggung jawab dalam mengkomunikasikan hasil diskusi.
·             Peserta didik dapat menyampaikan pendapat dan menyetujui serta menolak pendapat dengan sopan.

D. Materi  Pembelajaran
Tumbuhan ada yang dapat melakukan reproduksi secara vegetatif (aseksual), generatif (seksual), atau keduanya.
Reproduksi vegetatif atau reproduksi aseksual merupakan cara reproduksi tanpa didahului oleh peleburan sel kelamin jantan dan betina. Cara reproduksi ini hanya melibatkan satu induk dan menghasilkan keturunan secara genetik identik dengan induknya.
Reproduksi generatif atau reproduksi seksual merupakan cara reproduksi yang didahului oleh peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Cara reproduksi ini melibatkan dua induk dan menghasilkan keturunan yang secara genetik dapat sama atau berbeda dengan induknya.
Reproduksi aseksual adalah reproduksi tumbuhan atau hewan tanpa melewati proses fertilisasi. Reproduksi aseksual menggunakan organ tubuh ataupun bagian tubuh hewan ataupun tumbuhan. Reproduksi seksual adalah reproduksi yang melalui proses fertilisasi, yaitu proses peleburan inti sel kelamin jantan (sel sperma) dan inti sel kelamin betina (sel telur). Reproduksi aseksual alami tumbuhan Angiospermae dengan menggunakan rhizoma, stolon, umbi lapis, umbi batang, kuncup adventif daun, dan anakan. Reproduksi aseksual buatan dapat dilakukan melalui cangkok, merunduk, menyambung, menempel dan setek. Reproduksi seksual merupakan cara reproduksi yang melibatkan sel kelamin dan fertilisasi. Reproduksi seksual pada tumbuhan melibatkan sel kelamin berupa sel sperma yang dihasilkan oleh serbuk sari dan sel telur yang dihasilkan oleh putik.



E. Strategi dan Metode Pembelajaran
1.   Model Pembelajaran
·             Cooperative Learning
·             Diskusi
·             Tanya Jawab

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
·             Media
Laptop, infocus (menyesuaikan keadaan kelas), laptop
·             Alat / Bahan
Bahan presentasi, gambar-gambar/foto, tanaman-tanaman, cutter dan lup
·             Sumber Belajar
Buku Guru IPA Kurikulum 2013 Kelas IX
Buku Siswa IPA Kurikulum 2013 Kelas IX Semester I
Tim Abdi Guru, 2013. IPA BIOLOGI SMP/MTS kelas XI. Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama, penerbit Erlangga


  G. Langkah-langkah Pembelajaran/Rancangan Pertemuan

Pertemuan I :
a.      Pendahuluan (2 menit)
·             Guru memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
·             Guru mengabsen, mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·             Apersepsi: Menggali pemahaman siswa tentang pengertian reproduksi tumbuhan.
·             Guru bertanya pada peserta didik “ reproduksi tumbuhan bisa dilakukan dengan cara apa saja?”
·             Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.








b.      Kegiatan Inti
No
Pendekatan
Saintifik
Kegiatan
Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi
Waktu
1.
Mengamati
Guru meminta peserta didik untuk mengamati gambar tanaman-tanaman yang tersedia.
Peserta didik secara individu melakukan pengamatan terhadap tanaman-tanaman yang tersedia secara cermat dan teliti.
5 menit
2.
Menanya
Guru memotivasi /memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik.
Peserta didik diharapkan bertanya tentang “Apakah jamur masuk dalam reproduksi aseksual?”
2 menit
3
Mencoba
     Guru membagi peserta didik kedalam 4 kelompok ,kemudian membagikan alat, bahan dan guru meminta peserta didik untuk mengamati tanaman yang tersedia dan mengisi LKS yang telah disediakan.

Peserta didik membentuk kelompok, mengambil alat, bahan, mengamati dan mengisi LKS.
4 menit
4
Menalar
      Guru meminta peserta didik untuk berdiskusi, dapat bekerja dengan teman satu kelompoknya, dan mengemukakan hasil analisisnya secara berkelompok.
Peserta didik berdiskusi mengamati cara berkembang biak tanaman, dan mengisi LKS
10 menit
5
mengkomunikasikan
      Guru meminta perwakilan dari tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompoknya
5        menit

c.       Penutup ( 2 menit)
·         Guru meminta peserta didik untuk menyimpulkan materi pada hari ini.
·         Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
·         Tindak lanjut: memberikan tugas mandiri untuk pertemuan selanjutnya.
·         Menutup pertemuan hari ini.


H.    Penilaian ****)
1.      Teknik dan Bentuk Instrumen
·         Sikap Spiritual
Penilaian Diri            : penilaian Diri
·         Sikap Sosial
Penilaian antarteman : Lembar Penilaian antarteman
·         Pengetahuan
Tes Tulis                    : PG dan Soal Uraian






Instrumen Penilaian Sikap Spiritual

Indikator pencapaian kompetensi
   Menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan karena telah menciptakan berbagai makhluk hidup di bumi .      
Petunjuk :
  Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
1.      Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2.      Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3.      Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
4.      Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

Nama Peserta Didik                : …………………......................................
Kelas/No.                                 : …………………......................................
Tanggal Pengamatan               : …………………......................................
Materi Pokok                           : Sistem Reproduksi pada Tumbuhan

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




3
Mengungkapakan kekaguman terhadap Tuhan saat melihat berbagai sifat keanekaragaman mahluk hidup yang menunjukkan kebesaran Tuhan.




4
Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa




5
Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.




Jumlah Skor







Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :


Penilaian Sikap Sosial

Indikator pencapaian kompetensi
Menunjukkan sikap jujur, teliti, dan mampu bekerjasama dengan teman di kelas.

Kelas                                    : ………………………................................
Hari, tanggal                        : ……………………….................................
Materi Pokok/Tema : Sistem Reproduksi pada Tumbuhan

      No
Nama Peserta Didik
Sikap
Keterangan
Jujur
Teliti
Kerjasama
1.





2.





3.





4.





5.





6.





7.





8.





9.





10.












Kriteria penskoran :
4 =  apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai

aspek sikap
1 =  apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap

Petunjuk penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :



Penilaian Pengetahuan
Nama                                   : ...................................................................
Kelas                                    : ………………………................................
Hari, tanggal                        : ……………………….................................
Materi Pokok/Tema : Sistem Reproduksi pada Tumbuhan

Instrumen Soal Pengetahuan
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1.      Reproduksi yang memungkinkan tumbuhan mewarisi semua karakteristik atau sifat hanya dari satu induk adalah reproduksi secara ....
  1. generatif
  2. vegetatatif
  3. seksual
  4. alami

B
1
2.      Yang merupakan kelompok reproduksi vegetatif buatan adalah ....
  1. rhizoma,enten,tunas adventif
  2. okulasi, stolon, tunas adventif
  3. merunduk, enten, okulasi
  4. merunduk, enten, umbi lapis

C
1
3.      Berikut menunjukkan seekor kupu-kupu hinggap pada bunga A lalu membawa serbuk sari dari bunga A ke bunga B. Hasil yang akan terjadi dari peristiwa tersebut adalah ....
                                            
a.       keturunan dari pohon A akan terlihat seperti tanaman B
b.      keturunan dari tanaman B akan terlihat seperti pohon A
c.       keturunan dari tanaman B akan terlihat seperti pohon A dan tanaman B
d.      tidak akan terbentuk keturunan karena serbuk sari berasal dari jenis tanaman yang berbeda.

D
1
4.      Gambar berikut menunjukkan tanaman buncis pada tahap pertumbuhan yang berbeda. Urutan tahapan pertumbuhan yang benar adalah ….
                                                   
a.       2, 1, 3, 4
b.      2, 4, 1, 3
c.       3, 2, 1, 4
d.      4, 2, 3, 1


B
1
Soal Uraian
5.      Apakah yang disebut dengan tunas adventif? Tuliskan tumbuhan  yang berkembang biak dengan tunas adventif!

Uraian
5.      Tunas adventif merupakan tunas yang tumbuh tidak pada ujung batang dan ketiak daun. Contoh: cocor bebek, cemara,dll
3
6.      Apakah yang disebut rhizoma? Tuliskan contoh tumbuhan yang berkembang biak demgan rhizoma !
6.      Rizoma merupakan batang yang tumbuh di dalam tanah. Contoh : jahe, kunyit, temulawak
3













                                                                                                          ………., ………………… 
   Mengetahui                                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA ……..
   _______________                                                                                  __________________
NIP. ….                                                                                                  NIP. ….

Catatan Kepala Pesantren:
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................






No comments:

Post a Comment