RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMA
La Tansa
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester *) : IX/ 1
Materi Pokok :
REPRODUKSI
PADA TUMBUHAN
Alokasi Waktu :
1
x 30 menit ( 1 x pertemuan)
·
Kompetensi Inti
·
KI 1 : menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·
KI 2 : menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kerjasama,
toleran, damai, santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi ( gotong
royong secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pegaulan dunia.
·
KI 3 : memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
·
KI 4 : mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
mengunakan metode sesuai keilmuan.
·
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang
ruang lingkup, objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
.1.1
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang dunia tumbuhan
.1.2
Menyadari dan mengagumi pola pikir dalam kemampuan
mengamati reproduksi aseksual dan seksual.
.1.3
Peka dan
peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi
lingkungan sebagai manisfestasi pengenalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah:
teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,
dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam
mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai,
berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap
tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di
luar kelas/laboratorium.
2.1.1 Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli terhadap teman sejawatnya.
2.1.2 Responsif dan proaktif dalam menunjukan setiap tindakan dan
dalam melakukan.
Pengamatan.
3.11 Memahami reproduksi pada tumbuhan,hewan, dan
manusia, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup.
3.11.1 Menjelaskan reproduksi aseksual pada tumbuhan
3.11.2 M ennyebutkan reproduksi vegetatif pada tumbuhan
3.11.3 Melakukan identifikasi cara
reproduksi tumbuhan
.
·
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
Produk
·
Peserta
didik mampu menjelaskan reproduksi aseksual pada tumbuhan melalui studi
pustaka secara tepat,teliti, dan bertanggung jawab.
·
Peserta
didik mampu mengidentifikasi cara reproduksi tumbuhan aseksual melalui studi
pustaka secara tepat,teliti, dan bertanggung
jawab.
Proses
·
Peserta
didik mampu mendeskripsikan reproduksi pada tumbuhan.
·
Peserta
didik mampu membandingkan cara berkembang biak aseksual pada tanaman.
Psikomotorik
·
Peserta
didik mampu mengamati cara reproduksi aseksual pada tumbuhan sesuai dengan
petunjuk yang disediakan pada LKS.
·
Peserta
didik dapat mengkomunikasikan hasil diskusi
·
Peserta
didik dapat bertangung jawab dalam mengkomunikasikan hasil diskusi
Afektif
·
Peserta
didik dapat mengubah sikap dan perilakunya untuk senantiasa menjaga
keanekaragaman hayati sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.
·
Peserta
didik mampu bertanggung jawab dalam mengkomunikasikan hasil diskusi.
·
Peserta
didik dapat menyampaikan pendapat dan menyetujui serta menolak pendapat
dengan sopan.
D. Materi Pembelajaran
Tumbuhan ada yang dapat melakukan reproduksi secara vegetatif
(aseksual), generatif (seksual), atau keduanya.
Reproduksi vegetatif atau reproduksi aseksual merupakan cara
reproduksi tanpa didahului oleh peleburan sel kelamin jantan dan betina. Cara
reproduksi ini hanya melibatkan satu induk dan menghasilkan keturunan secara
genetik identik dengan induknya.
Reproduksi generatif atau reproduksi seksual merupakan cara reproduksi
yang didahului oleh peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Cara
reproduksi ini melibatkan dua induk dan menghasilkan keturunan yang secara
genetik dapat sama atau berbeda dengan induknya.
Reproduksi aseksual adalah reproduksi tumbuhan atau
hewan tanpa melewati proses fertilisasi. Reproduksi aseksual menggunakan
organ tubuh ataupun bagian tubuh hewan ataupun tumbuhan. Reproduksi seksual
adalah reproduksi yang melalui proses fertilisasi, yaitu proses peleburan
inti sel kelamin jantan (sel sperma) dan inti sel kelamin betina (sel telur).
Reproduksi aseksual alami tumbuhan Angiospermae dengan menggunakan rhizoma,
stolon, umbi lapis, umbi batang, kuncup adventif daun, dan anakan. Reproduksi
aseksual buatan dapat dilakukan melalui cangkok, merunduk, menyambung,
menempel dan setek. Reproduksi seksual merupakan cara reproduksi yang
melibatkan sel kelamin dan fertilisasi. Reproduksi seksual pada tumbuhan
melibatkan sel kelamin berupa sel sperma yang dihasilkan oleh serbuk sari dan
sel telur yang dihasilkan oleh putik.
E. Strategi dan Metode Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran
·
Cooperative Learning
·
Diskusi
·
Tanya Jawab
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
·
Media
Laptop, infocus (menyesuaikan keadaan kelas), laptop
·
Alat / Bahan
Bahan presentasi, gambar-gambar/foto,
tanaman-tanaman, cutter dan lup
·
Sumber Belajar
Buku Guru IPA Kurikulum 2013 Kelas IX
Buku Siswa IPA Kurikulum 2013 Kelas IX
Semester I
Tim Abdi
Guru, 2013. IPA BIOLOGI SMP/MTS kelas
XI. Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama, penerbit Erlangga
G. Langkah-langkah
Pembelajaran/Rancangan Pertemuan
Pertemuan I :
a.
Pendahuluan (2
menit)
·
Guru
memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai
implementasi nilai religius).
·
Guru mengabsen, mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai
implementasi nilai disiplin).
·
Apersepsi: Menggali
pemahaman siswa tentang pengertian reproduksi
tumbuhan.
·
Guru bertanya pada peserta didik
“ reproduksi tumbuhan bisa dilakukan dengan cara apa saja?”
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan Inti
c.
Penutup ( 2 menit)
·
Guru
meminta peserta didik untuk menyimpulkan materi pada hari ini.
·
Guru
memberikan evaluasi kepada peserta didik
·
Tindak lanjut:
memberikan tugas mandiri untuk pertemuan selanjutnya.
·
Menutup
pertemuan hari ini.
H.
Penilaian ****)
1.
Teknik
dan Bentuk Instrumen
·
Sikap Spiritual
Penilaian
Diri : penilaian Diri
·
Sikap Sosial
Penilaian
antarteman : Lembar Penilaian antarteman
·
Pengetahuan
Tes
Tulis : PG dan Soal
Uraian
Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
Indikator
pencapaian kompetensi
Menunjukkan
rasa syukur atas anugerah Tuhan karena telah menciptakan berbagai makhluk
hidup di bumi .
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai
sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai sikap
spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
1. Tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
2. Kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
3. Sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
4. Selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
Nama
Peserta Didik :
…………………......................................
Kelas/No. :
…………………......................................
Tanggal
Pengamatan :
…………………......................................
Materi
Pokok : Sistem Reproduksi pada Tumbuhan
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Penilaian
Sikap Sosial
Indikator
pencapaian kompetensi
Menunjukkan sikap jujur, teliti,
dan mampu bekerjasama dengan teman di kelas.
Kelas :
………………………................................
Hari, tanggal :
……………………….................................
Materi Pokok/Tema :
Sistem Reproduksi pada Tumbuhan
Kriteria
penskoran :
4
= apabila selalu konsisten menunjukkan
sikap sesuai aspek sikap
3
= apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan
kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2
= apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan
sering tidak sesuai
aspek
sikap
1 =
apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Petunjuk penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Penilaian Pengetahuan
Nama :
...................................................................
Kelas :
………………………................................
Hari, tanggal :
……………………….................................
Materi Pokok/Tema :
Sistem Reproduksi pada Tumbuhan
Instrumen
Soal Pengetahuan
………., …………………
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMA ……..
_______________ __________________
NIP. …. NIP. ….
Catatan Kepala Pesantren:
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REPRODUKSI PADA TUMBUHAN
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment