CoRe (Core Representation) Makanan sebagai Sumber Energi

KD 3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis.

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
Zat makanan yang berperan sebagai sumber energi adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Selain menjadi sumber energi zat-zat makanan juga memiliki fungsi yang lain bagi tubuh.
Karbohidrat, lemak, dan protein diperlukan dalam jumlah yang cukup untuk tubuh melakukan aktivitas.
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Siswa harus memahami fungsi makanan sebagai sumber energi bagi tubuh.

Siswa harus memahami jenis dan fungsi zat makanan bagi tubuh serta contoh bahan makanannya.
Siswa harus memahami gangguan akibat kelebihan dan kekurangan asupan zat makanan.
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Untuk melakukan aktivitas sehari-hari tubuh memerlukan energi dari makanan.
Semua bahan makanan mengandung zat-zat makanan yang berperan sebagai sumber energi.
Dengan asupan makanan yang baik dan cukup, kita dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari dan terhindar dari berbagai penyakit.
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Memahami bagaimana makanan dapat menjadi sumber energi.
Memahami contoh bahan makanan yang mengandung banyak karbohidrat, protein, atau lemak.
Memahami gangguan akibat kelebihan dan kekurangan zat makanan.
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Melakukan pengamatan terhadap diri sendiri tentang yang dirasakan tubuh jika kurang asupan makanan.
Membuat tabel daftar bahan makanan dan kandungan zat makanannya.
Membaca dari berbagai literatur tentang gangguan akibat kelebihan dan kekurangan zat makanan.
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Melalui gambar dan tanya jawab.
Melalui diskusi kelompok dan studi literatur.

Melalui diskusi kelompok dan studi literatur.
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa:
Bagaimana makanan dapat berperan sebagai sumber energi?
Mempertanyakan siswa:
Apa jenis dan fungsi zat makanan serta contoh bahan makanannya?
Mempertanyakan siswa:
Apa gangguan/penyakit akibat kelebihan dan kekurangan zat makanan?








No comments:

Post a Comment