RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Makanan sebagai Sumber Energi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                  Satuan Pendidikan    : SMA/MA
                  Mata Pelajaran           : Biologi
                  Kelas/Semester          : VII/Genap
                  Materi Pokok             : Makanan sebagai Sumber Energi
                  Alokasi Waktu           : 30 menit
                  Pertemuan                  : Kedua

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam  ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
1.2  Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
 2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis.
4.8 Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
4.9 Melakukan pengamatan atau percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan.



C.    Indikator
3.6.1 Menjelaskan fungsi makanan sebagai sumber energi untuk aktivitas sehari-hari.
3.6.2 Menyebutkan zat-zat makanan yang berperan sebagai sumber energi.
3.6.3 Menjelaskan fungsi zat-zat makanan beserta contohnya.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik mampu menjelaskan fungsi makanan sebagai sumber energi untuk aktivitas sehari-hari dengan benar melalui pengamatan.
2.      Peserta didik mampu menyebutkan zat-zat makanan yang berperan sebagai sumber energi dengan benar melalui studi literatur.
3.      Peserta didik mampu menjelaskan fungsi zat-zat makanan beserta contohnya dengan benar melalui pengamatan dan studi literatur.

E.     Materi Pelajaran
      Makanan diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Dengan asupan makanan yang baik dan cukup, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Zat makanan yang berperan sebagai sumber energi adalah karbohidrat, lemak, dan protein.
1.      Karbohidrat
Karbohidrat merupakan senyawa kimia yang tersusun oleh unsur-unsur karbon. Bahan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, misalnya beras, jagung, kentang, gandum, umbi-umbian, dan buah-buahan yang rasanya manis. Karbohidrat berperan sebagai sumber energi (1 gram karbohidrat sama dengan 4 kilo kalori).
2.      Protein
Protein merupakan senyawa kimia yang mengandung unsur C, H, O, N (kadang juga mengandung unsur P dan S). Bahan makanan yang mengandung banyak protein, antara lain:
a.       protein hewani, misalnya daging, ikan, telur, susu, dan keju.
b.      protein nabati, misalnya kacang-kacangan, tahu, tempe, dan gandum.
Fungsi protein, antara lain sebagai sumber energi, pembangun sel jaringan tubuh, dan pengganti sel tubuh yang rusak. Kekurangan protein tidak baik bagi tubuh. Gangguan kekurangan protein biasanya terjadi bersamaan dengan kekurangan karbohidrat. Gangguan tersebut dinamakan busung lapar atau Hunger Oedema (HO). Ada dua bentuk busung, yaitu (a) kwashiorkor dan (b) marasmus.
3.      Lemak
Lemak merupakan senyawa kimia yang mengandung unsur C, H, dan O. Peran lemak adalah menyediakan energi sebesar 9 kalori/gram, melarutkan vitamin A, D, E, K, dan menyediakan asam lemak esensial bagi tubuh manusia.
Bahan makanan yang mengandung banyak lemak, antara lain:
a.       lemak hewani: keju, susu, daging, kuning telur, daging sapi, daging kambing, daging ayam, dan daging bebek.
b.      lemak nabati: kelapa, kemiri, kacang-kacangan, dan buah alpukat.
Lemak mulai dianggap berbahaya bagi kesehatan setelah adanya suatu penelitian yang menunjukkan hubungan antara kematian akibat penyakit jantung koroner dengan banyaknya konsumsi lemak dan kadar lemak di dalam darah. Penyakit jantung koroner terjadi bila pembuluh darah tersebut tersumbat atau menyempit karena endapan lemak yang secara bertahap menumpuk di dinding
arteri. Fungsi lemak, antara lain:
1. sumber energi (1 gram lemak sama dengan 9 kilo kalori).
2. pelarut vitamin A, D, E, dan K.
3. pelindung organ-organ tubuh yang penting sebagai bantalan lemak.
4. pelindung tubuh dari suhu yang rendah.

F.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan saintifik
2.      Model Pembelajaran         : Cooperative learning
3.      Metode Pembelajaran       : Ceramah singkat, tanya-jawab, diskusi kelompok, kerja                                                         kelompok, dan presentasi.

G.    Media Pembelajaran
Papan tulis, in focus, dan PPT interaktif

H.    Sumber Pembelajaran
Buku :
Campbell, Neil. A. et.al. 2010. Biologi Jilid I Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga
Haryanti. 2015. Bahan Ajar Makanan dan Zat Makanan. (http://www.slideshare.net/haryanti1234/bahan-ajar-makananzat-makanan-dan-giziI).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
LKS tentang makanan sebagai sumber energi (Lampiran I)

I.       Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
2.    Guru dan peserta didik berdoa bersama sebelum pembelajaran.
3.    Guru menanyakan peserta didik yang tidak hadir.
4.    Guru mereview materi pada pertemuan sebelumnya yaitu tentang pengertian energi dan macam-macam energi melalui tanya-jawab dengan peserta didik.
5.    Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran serta menampilkan ayat al-qur’an yang sesuai dengan materi pembelajaran.
1.      Peserta didik menjawab salam dan kabar dari guru.
2.      Peserta didik dipimpin oleh ketua kelas berdoa bersama guru.
3.      Peserta didik memberitahu teman sekelasnya yang tidak hadir.
4.      Peserta didik diharapkan aktif  berpendapat ketika mereview.
5.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru dan membacakan kandungan ayat yang ditampilkan.
5 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru memperlihatkan  gambar tentang makanan sebagai sumber energi.
2.      Guru menstimulus peserta didik untuk mengamati gambar yang diberikan.

Menanya
Guru menstimulus peserta didik untuk menyampaikan pertanyaan terkait gambar yang diperlihatkan.










Mencoba
1.      Guru membagi peserta didik ke dalam dua  kelompok berdasarkan tempat duduk dan menjelaskan hal yang akan dilakukan untuk mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan mereka sebelumnya.
2.      Guru membagikan LKS dan menginstruksikan pengerjaan LKS secara berkelompok.

Menalar
Guru membimbing peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat dalam LKS berdasarkan hasil pengamatan yang didapat dari diskusi dan studi literatur.

Mengomunikasi
1.      Guru meminta masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pengerjaan LKS mereka di depan kelas.
2.      Guru memberikan umpan balik terhadap peserta didik yang presentasi dan memberikan reward untuk kelompok yang berkinerja baik.
Mengamati
Peserta didik mengamati gambar yang diberikan guru secara seksama.




Menaya
Peserta didik diharapkan bertanya:
a.       Mengapa makanan dikatakan sebagai sumber energi?
b.      Apa saja zat-zat yang terkandung dalam makanan dan apa fungsinya?
c.       Apa saja bahan makanan yang mengandung zat-zat makanan tersebut?



Mencoba
1.      Peserta didik duduk berkelompok secara tertib dan memperhatikan penjelasan guru.
2.      Peserta didik mengerjakan LKS secara berkelompok melalui diskusi dan studi literatur.



Menalar
Peserta didik secara berkelompok menjawab pertanyaan yang terdapat dalam LKS berdasarkan hasil pengamatan yang didapat.

Mengomunikasi
1.      Peserta didik mempresentasikan hasil pengerjaan mereka.
2.      Peserta didik menerima reward dari guru dan saling menghargai satu sama lain.
20 menit































































Penutup
1.    Guru meminta peserta didik untuk menyampaikan simpulan pembelajaran.
2.    Guru mengevaluasi penguasaan konsep peserta didik terhadap materi yang diberikan melalui permainan dan soal PG yang ditayangkan pada PPT interaktif serta memberikan umpan balik terhadap jawaban peserta didik.
3.    Guru meminta ketua kelas memimpin doa penutup.

1.    Peserta didik aktif mengungkapkan simpulan pembelajaran.
2.    Peserta didik menjawab soal dari guru dengan semangat.
3.    Peserta didik berdoa bersama guru.

5 menit


J.      Penilaian Hasil Belajar
1.      Penilaian Sikap Spiritual
Teknik                     : Non-tes
Instrumen               : Lembar Observasi (Lampiran II)

2.      Penilaian Sikap Sosial
Teknik                     : Non-tes
Instrumen               : Lembar Observasi Individu dan Kelompok (Lampiran III)

3.      Penilaian Pengetahuan
Teknik                     : Tes Tertulis
Instrumen               : Pilihan Ganda (Lampiran IV)









LAMPIRAN II

LEMBAR KERJA SISWA

A.  Judul Kegiatan
Makanan sebagai Sumber Energi

B.  Kompetensi Dasar
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis.

C.  Tujuan
1.     Menjelaskan fungsi zat-zat makanan.
2.    Menyebutkan bahan makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein.
3.    Menjelaskan akibat kekurangan dan kelebihan masing-masing zat makanan.

D.  Landasan Teori
          Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh manusia. Untuk berolahraga, belajar, dan aktivitas lain, kamu membutuhkan makanan sebagai sumber energi. Beberapa kandungan bahan kimia yang terdapat dalam makanan yang dapat digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh manusia.
          Makanan diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Dengan asupan makanan yang baik dan cukup, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Zat makanan yang berperan sebagai sumber energi adalah karbohidrat, lemak, dan protein.

E.  Cara Kerja
Tulislah bahan-bahan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, protein, atau lemak serta fungsi dari ketiga zat makanan tersebut pada tabel yang disediakan. Kemudian jawab pertanyaan pada kolom yang disediakan dengan jelas dan rinci.

NO.
Bahan Makanan
Zat Makanan
Fungsi
1.

Karbohidrat

2.

Protein

3.

Lemak


F.  Pertanyaan

1.     Mengapa makanan menjadi salah satu sumber energi? Jelaskan!


2.    Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi. Jelaskan apa yang terjadi jika kita kelebihan mengomsumsi zat-zat tersebut? Dan bagaimana jika kekurangan?


G.  Kesimpulan
 







H.  Daftar Pustaka

Campbell, Neil. A. et.al. 2010. Biologi Jilid I Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs         Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
LAMPIRAN III
(Penilaian Sikap Spiritual)

Petunjuk :
Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai dengan sikap spiritual yang ditunjukkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
1  : Kurang, apabila peserta didik tidak pernah melakukan
2  : Cukup, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan
3  : Baik, apabila peserta didik sering melakukan
4  : Sangat baik, apabila peserta didik selalu melakukan

                     Nama Peserta Didik : ………………….
                     Kelas                          : ………………….
                     Tanggal Pengamatan : …………………..
                     Materi Pokok             : …………………..

NO.
Aspek yang diobservasi
Hasil pengamatan
1
2
3
4
1.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu sesuai agama maisng-masing.




2.
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan sesuai agama masing-masing.




3.
Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.




4.
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan.




5.
Mengucapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaran Tuhan sesuai agama masing-masing.




Jumlah Skor





Pedoman Penskoran
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali                   : apabila memperoleh skor 16 – 20
Baik                               : apabila memperoleh skor 11 – 15
Cukup                            : apabila memperoleh skor 6 – 10
Kurang                            : apabila memperoleh skor 1 – 5
LAMPIRAN IV
(Penilaian Sikap Sosial)

Petunjuk :
Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai dengan sikap sosial yang ditunjukkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
1.: Kurang, apabila peserta didik tidak pernah melakukan
2.: Cukup, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan
3.: Baik, apabila peserta didik sering melakukan
4.: Sangat baik, apabila peserta didik selalu melakukan

                                Nama Sekolah           :………………..
                                Kelas                          :………………..
                                Tanggal Pengamatan :………………..
                                Materi Pokok             :………………..

NO.
        Sikap


Nama
Peserta Didik
Teliti
Jujur
Disiplin
Sopan-Santun
Toleransi
Bekerja keras
































Jumlah Skor







Pedoman Penskoran
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali            : apabila memperoleh skor 16 – 20
Baik                       : apabila memperoleh skor 11 – 15
Cukup                   : apabila memperoleh skor 6 – 10
Kurang                   : apabila memperoleh skor 1 – 5




Petunjuk :
Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kelompok. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai dengan sikap sosial yang ditunjukkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
1  : Kurang, apabila peserta didik tidak pernah melakukan
2  : Cukup, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan
3  : Baik, apabila peserta didik sering melakukan
4  : Sangat baik, apabila peserta didik selalu melakukan

                     Kelompok                 : ………………….
                     Nama Peserta Didik  :1…………………
                                                         2………………….
                                                         3………………….
                                                         4…………………
                                                         5…………………
                     Kelas                          : ………………….
                     Tanggal Pengamatan : ………………….
                     Materi Pokok             : ………………….

NO.
Aspek yang diobservasi
Hasil pengamatan
1
2
3
4
1.
Interaksi siswa dalam konteks pembelajaran kelompok




2.
Kesungguhan dalam mengerjakan tugas kelompok




3.
Kerja sama antar siswa dalam belajar kelompok




4.
Menghargai pendapat teman dalam satu kelompok




5.
Menghargai pendapat teman dalam kelompok lain




Jumlah Skor





Pedoman Penskoran
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali            : apabila memperoleh skor 16 – 20
Baik                       : apabila memperoleh skor 11 – 15
Cukup                   : apabila memperoleh skor 6 – 10
Kurang                   : apabila memperoleh skor 1 – 5
LAMPIRAN V
(Penilaian Pengetahuan)

Indikator
Soal
Kunci Jawaban
Skor
3.6.1 Menjelaskan fungsi makanan sebagai sumber energi untuk aktivitas sehari-hari.
1.      Berikut merupakan pernyataan yang benar tentang makanan, kecuali….
A.    Mengandung zat-zat yang diperlukan untuk aktivitas tubuh.
B.     Termasuk energi kimia.
C.     Mengandung zat makanan yang berfungsi untuk sumber energi.
D.    Diperlukan dalam jumlah yang berlebihan.
E.     Diperlukan dalam jumlah yang cukup.
D
2
3.6.2 Menyebutkan zat-zat makanan yang berperan sebagai sumber energi.

2.      Zat makanan yang merupakan sumber energi utama yang digunakan tubuh dengan 1 gram nya setara 4 kilo kalori yaitu…..
A.    Karbohidrat
B.     Protein
C.     Air
D.    Lemak
E.     Mineral
A
2
3.6.3 Menjelaskan fungsi zat-zat makanan beserta contohnya.

3.      Protein selain sebagai sumber energi juga berfungsi untuk…
A.    Melarutkan vitamin  A D E K
B.     Melindungi organ tubuh
C.     Mengganti sel tubuh yang rusak
D.    Melindungi dari suhu rendah
E.     Melarutkan vitamin C
C
2
4.      Berikut pasangan yang benar antara zat makanan dan fungsinya, kecuali….
A.    Karbohidrat, untuk sumber energi
B.     Protein, untuk bantalan organ
C.     Protein, sebagai pembangun sel jaringan tubuh
D.    Lemak, untuk melindungi saat suhu rendah
E.     Lemak, sebagai pelarut vitamin A D E K
B
2
5.      Contoh bahan makanan yang mengandung karbohidrat adalah….
A.    Jagung, ubi, daging, susu
B.     Beras, singkong, kentang, tebu
C.     Keju, jagung, terigu, kacang tanah
D.    Gandum, kedelai, beras, ubi
B
2
NILAI


No comments:

Post a Comment