Latihan Kalimat Efektif Gaya dan Variasi


Tes Formatif 1
1.   Petunjuk : Silanglah B di muka kalimat yang benar atau S jika salah (tidak efektif)!

1)           B – S            Semua penumpang tidak ada yang cidera kecuali tiga orang yang menderita luka-luka.

2)           B – S            Dari penyelidikan itu membuktikan bahwa dia bersalah.

3)           B – S            Menurut RRI memberitahukan bahwa banjir telah melanda daerah Cirebon.

4)           B – S            Pameran itu mengetengahkan karya Sudibyo dan Sudiarjo.

5)           B – S            Bagia siapa yang sakit tidak diharuskan hadir.

6)           B – S            Laporan ini kami susun dengan bimbingan dosen .

7)           B – S            Kira-kira tiga tahun yang lalu masyarakat daerah ini diminta keterangan tentang menu mereka sehari-hari.

8)           B – S            Bagi sekolah yang menerima siswa baru harus menyetor uang melalui BNI 1946.

9)           B – S            Guru menyajikan materi pelajaran di mana dikemukakan syarat-syarat berdiskusi.

  10)         B – S           Saya  tidak  mengetahui di mana  adik   menyimpan   buku
                                alamat itu.

2.      Di bawah ini terdapat kalimat-kalimat gabung (kalimat majemuk). silanglah B di muka kalimat yang efektif, atau S di muka kalimat yang tidak efektif!

1)                     B – S         Karena tidak dapat menepati janjinya ia tidak datang kepertemuan itu.
2)                     B – S         Ia bekerja keras agar pekerjaannya selesai tepat pada waktunya
3)                     B – S         Ketika Ibu marah-marah ia pergi tanpa permisi.
4)                     B – S         Karena Ibu marah-marah ia pergi tanpa permisi.
5)                     B – S         Rumah itu kecil dan harganya mahal.
3.      Silanglah B di muka kalimat yang ide pokoknya jelas atau S jika ide pokoknya tidak jelas (penumpukan ide kelompok)!

1)         B – S        Terdakwa H. Z. terdakwa Tbr . dan Ny. N. S. dituduh secara bersama-sama atau sendiri-sendiri dan berturut-turut dua kali telah membikin surat palsu atau memalsukan surat sehingga perbuatan mereka merugikan pemilik tanah.

2)         B – S        Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku yang mengucapkan ratusan bahasa daerah dan dialek, menganut bermacam-macam agama/keprcayaan dan terikat oleh adat istiadat serta kebiasaan yang beraneka ragam.

3)         B – S        Lain halnya dengan jaring gondrong yang disebut pukat harimau yang dalam pengoperasiannya sampai dasar laut perairan, sehingga apa-apa yang ada pada dasar perairan tersebut terbawa semua oleh jaring tersebut dan dapat merusak kelestarian alam sehingga jaring ini tidak dapat boleh dioperasikan.


Tes Formatif 2

Kalimat-kalimat di bawah ini tidak efektif karena tidak memperhatikan unsur kesejahteraan dalam menggunakan bentuk-bentuk katanya. Ubahlah bentuk-bentuk itu sehingga kalimat-kalimat itu menjadi efektif!

1)            Hal yang lebih penting dan aktual yang harus diperhatikan dalam masyarakat Irian Jaya ialah kemiskinan, keterbelakangan, terpencil, tertutup, dan ancaman dari alam dan medan yang berat, keras dan bengis.

2)            Padahal setiap proyek PIR apa pun jenisnya harus mempunyai sasaran pokok jangka pendek dan jangka panjang, yakni pemecah masalah ketenagakerjaan, meningkatkan produksi, dan ekspor komoditi nonmigas.

3)            Gairah umat Islam perlu ditingkatkan untuk pelaksanaan pembangunan, meningkatkan kerukunan antara umat beragama, pengokohan persatuan bangsa, dan membantu pemerintah menanggulangi faktor negatif dari sampingan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

4)            Selain dianjurkan kepada wanita untuk menggeser pelaksanaan perkawinan dari umur 16 tahun menjadi 20 tahun ke atas, langkah lain adalah melalui pendidikan, kejarangan kelahiran anak, dan penurunan angka kematian sebagai rangsangan untuk penurunan tingkat kelahiran.

5)            Untuk mencari pecahannya akan dimulai dengan meninjau kurikulum 1975, kemudia diteliti diteliti kesukaran-kesukaran atau hambatan-hambatan yang ditemui dalam penerapannya dan kemudian melangkah ke alternatif memecahkannya.
Tes Formatif 3

I.    Salah satu kalimat di bawah ini melukiskan urutan kejadian atau peristiwa secara logis atau kronologis. Silanglah huruf di muka pernyataan yang menurut anda paling benar!

      1)    a.  Tata  cara  pelaporan  yang  harus  disampaikan  oleh  penerima  izin                                    diusahakan agar tidak memberatkan pengusaha, dan dibatasi jumlahnya.

        b.  Tata cara pelaporan yang harus disampaikan oleh penerima izin diusahakan tidak memberatkan pengusaha, dibatasi jumlahnya, dan disederhanakan.

        c.  Tata cara pelaporan yang harus disampaikan oleh penerima izin, diusahakan agar disederhanakan dan dibatasi jumlahnya serta tidak memberatkan pengusaha.

        d. Tata cara pelaporan yang harus disampaikan oleh penerima izin, diusahakan agar dibatasi jumlahnya, disederhanakan, serta tidak memberatkan pengusaha.

2)      a.   Senam yang dilakukan dengan tepat dan teratur akan membuat  peredaran darah lancer, kerja jantung baik, otot-otot menjadi kuat,
tubuh menjadi sehat.

b.  Senam yang dilakukan dengan tepat dan teratur akan membuat tubuh menjadi sehat, kerja jantung menajdi baik, otot-otot menjadi kuat, peredaran darah lancar.

c.  Senam yang dilakukan dengan tepat dan teratur akan membuat kerja jantung baik, otot-otot menjadi kuat, peredaran darah lancar, tubuh menjadi sehat.

d.   Senam yang dilakukan dengan tepat dan teratur akan membuat tubuh menjadi sehat, otot-otot menjadi kuat, peredaran darah lancar, kerja jantung baik.

3)      a.  Para pemain selama tiga bulan terus-menerus berjuang, berlatih, bertanding,  dan menang.

b.   Para pemain selama tiga bulan terus-menerus berlatih, bertanding, berjuang, dan menang.

c.    Para pemain selama tiga bulan terus-menerus bertanding, berlatih, berjuang, dan menang.

d.   Para pemain selama tiga bulan terus-menerus bertanding, berjuang, berlatih, dan menang.
4)   a.  Para ahli bertugas mengumpulkan data, mengamati, menganalisis, dan
           membuat kesimpulan.

b.   Para ahli bertugas membuat kesimpulan, menganalisis, mengumpulkan data, dan mengamati.

c.    Para ahli bertugas menganalisis, membuat kesimpulan, mengumpulkan data, dan mengamati.

d.   Para ahli bertugas mengumpulkan data, menganalisis, mengamati, dan membuat kesimpulan.

5)   a.  Cara menimbang, mengocok, menghias, memasak, dan mencampur, semua
           dijelaskan kepada para pengikut kursus memasak itu.

b.   Cara mengocok, menimbang, memasak, mencampur dan menghias semua dijelaskan kepada para pengikut kursus itu.

c.    Cara menimbang, mengocok, memasak, mencampur, dan menghias, semua dijelaskan kepada para pengikut kursus itu.

d. Cara menimbang, mengocok, mencampur, memasak dan menghias, semua dijelaskan kepada para pengikut kursus.



II.    Lingkarilah huruf B di muka kalimat yang menurut anda tepat penggunaan penggalan kata sebagai penekanan kalimat, dan S, jika menurut anda tidak tepat!

1.         B  –  S       Ayah membelikan adik sepatu, membelikan adik baju, membelikan adik tas, dan membelikan adik buku.

2.         B  –  S       Alat penangkap ikan yang digunakan di Indonesia berlainan untuk suatu daerah dengan daerah yang lain.

3.         B  –  S       Kemajuan itu menyangkut kemajuan di segala bidang, kemajuan kesadaran politik, kesadaran bermasyarakat, kesadaran berekonomi, kesadaran berkebudayaan, dan kesadaran beragama.

4.         B  –  S       Pepaya itu dipetik, papaya itu dikupas, papaya itu dipotong, dan papaya itu dimakan.

5.         B  –  S       Pembangunan dilihat sebagai proses yang rumit dan mempunyai banyak dimensi, tidak hanya berdimensi ekonomi, tetapi juga berdimensi politik, dimensi sosial, dan dimensi budaya.



Tes Formatif 4

Silanglah huruf B, di muka kalimat yang menurut anda pemakaian kata-katanya tepat (sesuai dengan unsur-unsur kehematan) dan S, jika menurut anda salah atau tidak tepat!

1.      B  –  S       Penampilan gadis itu mewah dengan memakai stelan jas yang terbuat dari kain wol itu.

2.      B  –  S       Warna pakaian yang harus dihindarkan pada siang hari ialah merah dan hitam.

3.      B  –  S       Obahorok menghisap rokok cerutu pemberian Presiden.

4.      B  –  S       Lebih baik berolah raga daripada duduk termenung.

5.      B  –  S       Baju batik yang dipakainya pemberian dari orang tuanya.

6.      B  –  S       Dari pagi hingga petang hujan turun tidak berhenti.

7.      B  –  S       Pada tanggal 10, bulan Januari, hari Senin 1983 mereka melangsungkan pernikahan.

8.      B  –  S       Presiden Suharto mengingatkan bahwa ancaman yang datang dari perebutan pengaruh antara kekuatan besar dunia.

9.      B  –  S       Menurut rencana instansi ini akan mengembangkan program daripda disel yang agak besar dengan keseluruhan agrerat …

10.  B  –  S       Mereka berusaha naik ke atas hingga mencapai puncak tertinggi                   Gunung Merapi.
           
           
Tes Formatif 5

Petunjuk : Silanglah huruf di muka kalimat yang anda anggap tetapt atau sesuai dengan pernyataan-pernyataan di atasnya!

1).       Variasi pembukaan kalimat berikut ini dinyatakan dengan partikel penghubung.

a.       Dia memperhatikan penjelasan-penjelasan dari dosennya dengan tekun tentang langkah-langkah penelitian itu.

b.      Dengan tekun ia memperhatikan penjelsan-penjelsan dari dosennya tentang langkah-langkah penelitian itu.

c.       Penjelasan-penjelasan tentang langkah-langkah penelitian dari dosennya dengan tekun ia perhatikan.

2).       Variasi pembukaan kalimat berikut dinyatakan dengan verbum!
a.          Menggelora dengan hebat perjuangan rakyat pada masa revolusi dulu.

b.         Pada masa revolusi dulu perjuangan rakyat menggelora dengan hebat.

c.          Perjuangan rakyat menggelora dengan hebat pada masa revolusi dulu.

3).          Variasi pembuka kalimat berikut ini dinyatakan dengan keterangan waktu.
a.     Dia telah berhasil menciptakan perdamaian di negaranya yang selalu bergejolak itu pada akhir hidupnya.

b.         Pada akhir hidupnya dia telah berhasil menciptakan perdamaian di negarannya yang selalu bergejolak itu.

c.          Di negaranya yang selalu bergejolak itu dia telah berhasil menciptakan perdamaian pada akhir hidupnya.

4)            Variasi pola kalimat di bawah ini dinyatakan dengan pola inversi.
a.          Dijaga dengan ketat para tamu dari negara tetangga itu.
b.         Para tamu dari negara tetangga itu dijaga dengan ketat.
c.          Dengan ketat dijaga para tamu dari negara tetangga itu.

5)            Variasi pembukaan kalimat berikut ini dinyatakan dengan partikel penghubung.
a.          Menurut Presiden walaupun kita telah mencapai kemajuan besar dalam bidang pangan kita harus tetap giat lagi bekerja.

b.         Kita harus tetap giat lagi bekerja walaupun kita telah mencapai kemajuan besar dalam bidang pangan, demikian menurut Presiden.

c.          Walaupun kita telah mengalami kemajuan besar dalam bidang pangan menurut Presiden kita harus tetap giat lagi bekerja.











Mata Kuliah       :  Bahasa Indonesia
Topik Bahasan   :  Kalimat Efektif Gaya dan Variasi
Nama/NIM         : 
Jurusan/Smt.       :


Tes Formatif 1

1.   Jawaban Soal Pilihan: Tulis “B” atau “S”

        1.     (      )                             5.     (      )                                  8.     (      )             
        2.     (      )                             6.     (      )                                  9.     (      )
        3.     (      )                             7.     (      )                                10.     (      )
        4.     (      )

2.   Tulis “B” atau “S”!

  1.   (      )                   4.     (      )   8.   (      )                                       
  2.   (      )                   5.     (      ) 9.   (      )
  3.   (      )                                       
 
3.   Tulis “B” atau “S”!

  1.   (      )                                        
  2.   (      )                     
  3.   (      )                     
 
 










Tes Formatif 2
Tulis kata yang sudah dibetulkan!

 




















Tes Formatif 3

I.    Tulis yang paling tepat, “a”, “b”, “c”, atau “d”!

  1.   (      )                   4.     (      )   8.   (      )                                       
  2.   (      )                   5.     (      ) 9.   (      )
  3.   (      )                                       
 
II.  Tulis yang paling tepat, “B” atau “S”!

  1.   (      )                   4.     (      )   8.   (      )                                       
  2.   (      )                   5.     (      ) 9.   (      )
  3.   (      )                                       
 
 














Tes Formatif 4

Tulis ”B” atau ”S”, yang dianggap tepat!

  1.   (      )                                     5.     (      )                                  8.     (      )             
  2.   (      )                                     6.     (      )                                  9.     (      )
  3.   (      )                                     7.     (      )                                10.     (      )
  4.   (      )                                       





Tes Formatif 5

Tulis ”a”, atau ”b”, atau ”c”, yang dianggap tepat!

  1.   (      )                                     4.     (      )                                                   
  2.   (      )                                     5.     (      )                                    

3.   (      )

No comments:

Post a Comment