Tes Formatif 1
1.
Petunjuk : Silanglah B
di muka kalimat yang benar atau S jika salah (tidak efektif)!
1)
B
– S Semua penumpang tidak ada
yang cidera kecuali tiga orang yang menderita luka-luka.
2)
B
– S Dari penyelidikan itu
membuktikan bahwa dia bersalah.
3)
B
– S Menurut RRI memberitahukan
bahwa banjir telah melanda daerah Cirebon.
4)
B
– S Pameran itu mengetengahkan
karya Sudibyo dan Sudiarjo.
5)
B
– S Bagia siapa yang sakit
tidak diharuskan hadir.
6)
B
– S Laporan ini kami susun
dengan bimbingan dosen .
7)
B
– S Kira-kira tiga tahun yang
lalu masyarakat daerah ini diminta keterangan tentang menu mereka sehari-hari.
8)
B
– S Bagi sekolah yang menerima
siswa baru harus menyetor uang melalui BNI 1946.
9)
B
– S Guru menyajikan materi
pelajaran di mana dikemukakan syarat-syarat berdiskusi.
10) B
– S Saya tidak mengetahui
di mana adik menyimpan buku
alamat itu.
2.
Di bawah ini terdapat kalimat-kalimat
gabung (kalimat majemuk). silanglah B di muka kalimat yang efektif, atau
S di muka kalimat yang tidak efektif!
1)
B – S Karena tidak dapat menepati janjinya ia tidak datang
kepertemuan itu.
2)
B – S Ia bekerja keras agar pekerjaannya selesai tepat pada
waktunya
3)
B – S Ketika Ibu marah-marah ia pergi tanpa permisi.
4)
B – S Karena Ibu marah-marah ia pergi tanpa permisi.
5)
B – S Rumah itu kecil dan harganya mahal.
3.
Silanglah B di muka kalimat
yang ide pokoknya jelas atau S jika ide pokoknya tidak jelas (penumpukan
ide kelompok)!
1)
B – S Terdakwa H. Z. terdakwa Tbr . dan Ny. N. S. dituduh secara
bersama-sama atau sendiri-sendiri dan berturut-turut dua kali telah membikin
surat palsu atau memalsukan surat sehingga perbuatan mereka merugikan pemilik
tanah.
2)
B – S Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku yang mengucapkan
ratusan bahasa daerah dan dialek, menganut bermacam-macam agama/keprcayaan dan
terikat oleh adat istiadat serta kebiasaan yang beraneka ragam.
3)
B – S Lain halnya dengan jaring gondrong yang disebut pukat harimau
yang dalam pengoperasiannya sampai dasar laut perairan, sehingga apa-apa yang
ada pada dasar perairan tersebut terbawa semua oleh jaring tersebut dan dapat
merusak kelestarian alam sehingga jaring ini tidak dapat boleh dioperasikan.
Tes
Formatif 2
Kalimat-kalimat
di bawah ini tidak efektif karena tidak memperhatikan unsur kesejahteraan dalam
menggunakan bentuk-bentuk katanya. Ubahlah bentuk-bentuk itu sehingga kalimat-kalimat
itu menjadi efektif!
1)
Hal yang lebih penting dan aktual
yang harus diperhatikan dalam masyarakat Irian Jaya ialah kemiskinan,
keterbelakangan, terpencil, tertutup, dan ancaman dari alam dan medan yang
berat, keras dan bengis.
2)
Padahal setiap proyek PIR apa pun
jenisnya harus mempunyai sasaran pokok jangka pendek dan jangka panjang, yakni
pemecah masalah ketenagakerjaan, meningkatkan produksi, dan ekspor komoditi
nonmigas.
3)
Gairah umat Islam perlu
ditingkatkan untuk pelaksanaan pembangunan, meningkatkan kerukunan antara umat
beragama, pengokohan persatuan bangsa, dan membantu pemerintah menanggulangi
faktor negatif dari sampingan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
4)
Selain dianjurkan kepada wanita
untuk menggeser pelaksanaan perkawinan dari umur 16 tahun menjadi 20 tahun ke
atas, langkah lain adalah melalui pendidikan, kejarangan kelahiran anak, dan
penurunan angka kematian sebagai rangsangan untuk penurunan tingkat kelahiran.
5)
Untuk mencari pecahannya akan
dimulai dengan meninjau kurikulum 1975, kemudia diteliti diteliti
kesukaran-kesukaran atau hambatan-hambatan yang ditemui dalam penerapannya dan
kemudian melangkah ke alternatif memecahkannya.
Tes
Formatif 3
I. Salah satu
kalimat di bawah ini melukiskan urutan kejadian atau peristiwa secara logis
atau kronologis. Silanglah huruf di muka pernyataan yang menurut anda paling
benar!
1) a. Tata cara
pelaporan yang harus disampaikan
oleh penerima izin diusahakan agar tidak memberatkan
pengusaha, dan dibatasi jumlahnya.
b. Tata cara pelaporan yang harus disampaikan
oleh penerima izin diusahakan tidak memberatkan pengusaha, dibatasi jumlahnya,
dan disederhanakan.
c. Tata cara pelaporan yang harus disampaikan
oleh penerima izin, diusahakan agar disederhanakan dan dibatasi jumlahnya serta
tidak memberatkan pengusaha.
d. Tata cara pelaporan yang harus disampaikan oleh
penerima izin, diusahakan agar dibatasi jumlahnya, disederhanakan, serta tidak
memberatkan pengusaha.
2)
a. Senam
yang dilakukan dengan tepat dan teratur akan membuat peredaran darah lancer, kerja jantung baik,
otot-otot menjadi kuat,
tubuh
menjadi sehat.
b. Senam
yang dilakukan dengan tepat dan teratur akan membuat tubuh menjadi sehat, kerja
jantung menajdi baik, otot-otot menjadi kuat, peredaran darah lancar.
c. Senam
yang dilakukan dengan tepat dan teratur akan membuat kerja jantung baik,
otot-otot menjadi kuat, peredaran darah lancar, tubuh menjadi sehat.
d.
Senam yang dilakukan dengan tepat
dan teratur akan membuat tubuh menjadi sehat, otot-otot menjadi kuat, peredaran
darah lancar, kerja jantung baik.
3)
a. Para
pemain selama tiga bulan terus-menerus berjuang, berlatih, bertanding, dan menang.
b.
Para pemain selama tiga bulan
terus-menerus berlatih, bertanding, berjuang, dan menang.
c.
Para pemain selama tiga bulan
terus-menerus bertanding, berlatih, berjuang, dan menang.
d.
Para pemain selama tiga bulan
terus-menerus bertanding, berjuang, berlatih, dan menang.
4) a. Para ahli bertugas mengumpulkan data,
mengamati, menganalisis, dan
membuat
kesimpulan.
b. Para ahli bertugas membuat kesimpulan, menganalisis, mengumpulkan
data, dan mengamati.
c. Para ahli bertugas menganalisis, membuat kesimpulan,
mengumpulkan data, dan mengamati.
d. Para ahli bertugas mengumpulkan data, menganalisis, mengamati,
dan membuat kesimpulan.
5) a. Cara menimbang, mengocok, menghias, memasak,
dan mencampur, semua
dijelaskan
kepada para pengikut kursus memasak itu.
b. Cara mengocok, menimbang, memasak, mencampur dan menghias semua
dijelaskan kepada para pengikut kursus itu.
c. Cara menimbang, mengocok, memasak, mencampur, dan menghias,
semua dijelaskan kepada para pengikut kursus itu.
d. Cara menimbang, mengocok,
mencampur, memasak dan menghias, semua dijelaskan kepada para pengikut kursus.
II. Lingkarilah
huruf B di muka kalimat yang menurut anda tepat penggunaan penggalan
kata sebagai penekanan kalimat, dan S, jika menurut anda tidak tepat!
1.
B – S Ayah membelikan adik sepatu, membelikan
adik baju, membelikan adik tas, dan membelikan adik buku.
2.
B – S Alat penangkap ikan yang digunakan di
Indonesia berlainan untuk suatu daerah dengan daerah yang lain.
3.
B – S Kemajuan itu menyangkut kemajuan di
segala bidang, kemajuan kesadaran politik, kesadaran bermasyarakat, kesadaran
berekonomi, kesadaran berkebudayaan, dan kesadaran beragama.
4.
B – S Pepaya itu dipetik, papaya itu dikupas,
papaya itu dipotong, dan papaya itu dimakan.
5.
B – S Pembangunan dilihat sebagai proses yang
rumit dan mempunyai banyak dimensi, tidak hanya berdimensi ekonomi, tetapi juga
berdimensi politik, dimensi sosial, dan dimensi budaya.
Tes
Formatif 4
Silanglah
huruf B, di muka kalimat yang menurut anda pemakaian kata-katanya tepat
(sesuai dengan unsur-unsur kehematan) dan S, jika menurut anda salah
atau tidak tepat!
1.
B – S Penampilan gadis itu mewah dengan memakai
stelan jas yang terbuat dari kain wol itu.
2.
B – S Warna pakaian yang harus dihindarkan pada
siang hari ialah merah dan hitam.
3.
B – S Obahorok menghisap rokok cerutu pemberian
Presiden.
4.
B – S Lebih baik berolah raga daripada duduk
termenung.
5.
B – S Baju batik yang dipakainya pemberian dari
orang tuanya.
6.
B – S Dari pagi hingga petang hujan turun tidak
berhenti.
7.
B – S Pada tanggal 10, bulan Januari, hari
Senin 1983 mereka melangsungkan pernikahan.
8.
B – S Presiden Suharto mengingatkan bahwa
ancaman yang datang dari perebutan pengaruh antara kekuatan besar dunia.
9.
B – S Menurut rencana instansi ini akan
mengembangkan program daripda disel yang agak besar dengan keseluruhan agrerat
…
10. B – S Mereka
berusaha naik ke atas hingga mencapai puncak tertinggi Gunung
Merapi.
Tes
Formatif 5
Petunjuk
: Silanglah huruf di muka kalimat yang anda anggap tetapt atau sesuai dengan pernyataan-pernyataan
di atasnya!
1). Variasi
pembukaan kalimat berikut ini dinyatakan dengan partikel penghubung.
a. Dia
memperhatikan penjelasan-penjelasan dari dosennya dengan tekun tentang
langkah-langkah penelitian itu.
b. Dengan tekun
ia memperhatikan penjelsan-penjelsan dari dosennya tentang langkah-langkah
penelitian itu.
c. Penjelasan-penjelasan
tentang langkah-langkah penelitian dari dosennya dengan tekun ia perhatikan.
2). Variasi pembukaan
kalimat berikut dinyatakan dengan verbum!
a.
Menggelora dengan hebat perjuangan rakyat pada
masa revolusi dulu.
b.
Pada masa revolusi dulu perjuangan rakyat
menggelora dengan hebat.
c.
Perjuangan rakyat menggelora dengan hebat pada
masa revolusi dulu.
3).
Variasi pembuka kalimat berikut ini dinyatakan
dengan keterangan waktu.
a. Dia telah berhasil menciptakan perdamaian
di negaranya yang selalu bergejolak itu pada akhir hidupnya.
b.
Pada akhir hidupnya dia telah berhasil menciptakan
perdamaian di negarannya yang selalu bergejolak itu.
c.
Di negaranya yang selalu bergejolak itu dia telah
berhasil menciptakan perdamaian pada akhir hidupnya.
4)
Variasi pola kalimat di bawah ini dinyatakan
dengan pola inversi.
a.
Dijaga dengan ketat para tamu dari negara tetangga
itu.
b.
Para tamu dari negara tetangga itu dijaga dengan
ketat.
c.
Dengan ketat dijaga para tamu dari negara tetangga
itu.
5)
Variasi pembukaan kalimat berikut ini
dinyatakan dengan partikel penghubung.
a.
Menurut Presiden walaupun kita telah mencapai
kemajuan besar dalam bidang pangan kita harus tetap giat lagi bekerja.
b.
Kita harus tetap giat lagi bekerja walaupun
kita telah mencapai kemajuan besar dalam bidang pangan, demikian menurut
Presiden.
c.
Walaupun kita telah mengalami kemajuan besar
dalam bidang pangan menurut Presiden kita harus tetap giat lagi bekerja.
Mata
Kuliah : Bahasa Indonesia
Topik
Bahasan : Kalimat Efektif Gaya dan Variasi
Nama/NIM :
Jurusan/Smt. :
Tes Formatif 1
1. Jawaban Soal Pilihan: Tulis
“B” atau “S”
1. ( ) 5. (
) 8. (
)
2. ( ) 6. (
) 9. (
)
3. ( ) 7. (
) 10. (
)
4. ( )
|
|
||||
Tes Formatif 2
Tulis
kata yang sudah dibetulkan!
Tes
Formatif 3
|
|||
|
Tes Formatif 4
Tulis ”B” atau ”S”, yang dianggap tepat!
1. ( ) 5. (
) 8. (
)
2. ( ) 6. (
) 9. (
)
3. ( ) 7. (
) 10. (
)
4. ( )
Tes Formatif 5
Tulis ”a”, atau ”b”, atau ”c”, yang dianggap
tepat!
1. ( ) 4. (
)
2. ( ) 5. (
)
3. ( )
No comments:
Post a Comment