Skenario Mengajar

·        

Kompetensi :
mendeskripsikan dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan.
·         Tujuan :
1.       Peseta didik diharapkan mampu memahami dampak polusi terhadap lingkungan dan kesehatan.
·         Media :
Proyektor, LCD, papan tulis, spidol, buku ajar.
·         Sumber belajar :
Buku, internet (media sosial) ataupun jurnal, dan narasumber ahli.
·         Setting :
In class dan out class ( dalam kelas dan luar kelas)
·         Metode :
Metode Studi Kasus

Kegiatan Pembelajaran
No
Tahapan
Guru
Siswa
1
Apesepsi
Memberi salam
Peserta didik menjawab salam
Memngabsen kahadiran
Memperhatikan absensi guru
Mengulas materi sebelumnya
Menjawab pertanyaan mengenai ulasan materi sebelumnya
Menyebutkan KD dan tujuan pembelajaran pada hari ini
Memperhatikan KD pembelajaran dan materi ajar yang akan diajarkan
2
Kegiatan inti 
Guru membagi peserta didik kedalam 4 kelompok
Membentuk kelompok menjadi 4 kelompok sesuai keinginan guru
Guru menjelaskan materi mengenai polusi dan dampaknya
Memperhatikan materi yang diberikan oelh guru



Guru memberikan pertanyaan “bagaimana dampak polusi yang ada di lingkungan sekitar ?”
Mencoba menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru mengenai materi yang diajarkan


Guru memberikan tugas berupa studi kasus mengenai dampak polusi terhadap kesehatan
Diminta melakukan pengamatan langsung ke tempat yang berkaitan dengan topic untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru
Peserta didik diminta mencari informasi dari berbagai sumber internet buku dsb.
Sebelum merancang kegiatan dan menyelesaikan masalah siswa mencari informasi yang relevan sesuai topic
Guru memberikan pedoman pada peserta didik berkaitan dengan tugas
Setelah menemukan topic kasus dari tugas yang diberikan siswa merancang kegiatan untuk menyelesaikan topic permasalahannya
Peserta didik dipersilahkan observasi
Peserta didik dengan kelompoknya merancang dan menentukan tempat observasi
Guru memonitoring kegiatan peserta didik
Peserta didik menyampai hal-hal mengenai observasi mereka, berupa kendala dan kesulitannya
Guru meminta peserta didik untuk menyajikan hasil observasi dalam bentuk ppt dan mempersentasikannya di depan kelas
Peserta didik mengkomunikasikan hasil observasi kepada kelompok lain dan guru
Guru mempersilahkan kelompok lain untuk memberikan komentar dan pertanyaan
Kelompok lain memberikan komentar dan tanggapan dan menannyakan hal yang masih belum jelas
3
Penutup
Guru merefleksikan materi yang sudah disampaikan dan data hasil obeservasi
Peserta didik memperhatikan hal-hal penting


Guru memberikan kesimpulan dari data hasil observasi siswa
Peserta didik mengklarifikasi apersepsi mereka dengan kesimpulan guru
Guru memberikan motivasi tentang bahaya kesehatan dan lingkungan
Peserta didik menerapkan apa yang telah mereka pelajari
Guru menutup dan memberikan salam
Menjawab salam

                                

No comments:

Post a Comment