mendeskripsikan dampak polusi terhadap
kesehatan manusia dan lingkungan.
·
Tujuan :
1. Peseta didik diharapkan mampu memahami dampak polusi terhadap
lingkungan dan kesehatan.
·
Media :
Proyektor, LCD, papan tulis, spidol, buku
ajar.
·
Sumber belajar :
Buku, internet (media sosial) ataupun
jurnal, dan narasumber ahli.
·
Setting :
In class dan out class ( dalam kelas dan
luar kelas)
·
Metode :
Metode Studi Kasus
Kegiatan
Pembelajaran
No
|
Tahapan
|
Guru
|
Siswa
|
1
|
Apesepsi
|
Memberi salam
|
Peserta didik menjawab salam
|
Memngabsen kahadiran
|
Memperhatikan absensi guru
|
||
Mengulas materi sebelumnya
|
Menjawab pertanyaan mengenai ulasan materi sebelumnya
|
||
Menyebutkan KD dan tujuan pembelajaran pada hari ini
|
Memperhatikan KD pembelajaran dan materi ajar yang akan diajarkan
|
||
2
|
Kegiatan inti
|
Guru membagi peserta didik kedalam 4 kelompok
|
Membentuk kelompok menjadi 4 kelompok sesuai keinginan guru
|
Guru menjelaskan materi mengenai polusi dan dampaknya
|
Memperhatikan materi yang diberikan oelh guru
|
||
Guru memberikan pertanyaan “bagaimana dampak polusi yang ada di
lingkungan sekitar ?”
|
Mencoba menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru mengenai materi
yang diajarkan
|
||
Guru memberikan tugas berupa studi kasus mengenai dampak polusi
terhadap kesehatan
|
Diminta melakukan pengamatan langsung ke tempat yang berkaitan dengan
topic untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru
|
||
Peserta didik diminta mencari informasi dari berbagai sumber internet
buku dsb.
|
Sebelum merancang kegiatan dan menyelesaikan masalah siswa mencari
informasi yang relevan sesuai topic
|
||
Guru memberikan pedoman pada peserta didik berkaitan dengan tugas
|
Setelah menemukan topic kasus dari tugas yang diberikan siswa
merancang kegiatan untuk menyelesaikan topic permasalahannya
|
||
Peserta didik dipersilahkan observasi
|
Peserta didik dengan kelompoknya merancang dan menentukan tempat
observasi
|
||
Guru memonitoring kegiatan peserta didik
|
Peserta didik menyampai hal-hal mengenai observasi mereka, berupa
kendala dan kesulitannya
|
||
Guru meminta peserta didik untuk menyajikan hasil observasi dalam
bentuk ppt dan mempersentasikannya di depan kelas
|
Peserta didik mengkomunikasikan hasil observasi kepada kelompok lain
dan guru
|
||
Guru mempersilahkan kelompok lain untuk memberikan komentar dan
pertanyaan
|
Kelompok lain memberikan komentar dan tanggapan dan menannyakan hal
yang masih belum jelas
|
||
3
|
Penutup
|
Guru merefleksikan materi yang sudah disampaikan dan data hasil
obeservasi
|
Peserta didik memperhatikan hal-hal penting
|
Guru memberikan kesimpulan dari data hasil observasi siswa
|
Peserta didik mengklarifikasi apersepsi mereka dengan kesimpulan guru
|
||
Guru memberikan motivasi tentang bahaya kesehatan dan lingkungan
|
Peserta didik menerapkan apa yang telah mereka pelajari
|
||
Guru menutup dan memberikan salam
|
Menjawab salam
|
No comments:
Post a Comment