No
|
Items pokok
|
Permendiknas (2006)
|
Permendikbud (2013)
|
A.
|
Standar Kelulusan
|
||
1
|
Standar kelulusan menurut jenjang pendidikan dasar dan
menengah
|
V
|
V
|
2
|
Standar kelulusan berdasarkan enam katagori umum sesuai
tujuan pendidikan nasional:
SD: meletakkan dasar untuk:
SMP&SLTA: meningkatkan hal terkait:
(1)
kecerdasan,
(2)
pengetahuan,
(3)
kepribadian,
(4)
akhlak mulia,
(5)
keterampilan hidup,
(6)
mengikuti pendidikan
lanjut.
|
V
|
X
|
|
|
||
3
|
Standar kelulusan dipilah berdasarkan dimensi pembelajaran (sikap, penegetahuan, dan keterampilan)
dan kualifikasi kemampuan
|
X
|
V
|
4.
|
Standar kompetensi satuan pendidikan dikembangkan secara
bergradasi.
|
V
|
V
|
Berdasarkan butir tujuan maka SD 17 butir, SMP 21 butir,
SLTA 23 butir
SD
·
Menggunakan
informasi
tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif
·
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan
kreatif, dengan bimbingan guru/pendidik
·
Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana
dalam kehidupan sehari-hari
SMP
·
Mencari
dan menerapkan informasi
dari lingkungan sekitar dan sumber- sumber lain secara logis, kritis, dan
kreatif
·
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis,
kreatif, dan inovatif
·
Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan
masalah dalam kehidupan
sehari-hari
SMA:
·
Membangun
dan menerapkan informasi
dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
·
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis,
kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
· Menunjukkan
kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
|
V
|
X
|
|
Berdasarkan kualifikasi kemampuan tiap dimensi.
SD
Pengetahuan: factual &
Konseptual
SMP
Pengetahuan: factual,
konseptual, & procedural
Pengetahuan: factual,
konseptual, procedural, dan metakognitif
|
X
|
V
|
|
5
|
Memiliki standar kelulusan tiap mata pelajaran tiap
jenjang yang berupa muatan kognitif dan knowledge/content
|
V
|
X
|
B.
|
Standar Isi
|
||
|
Disusun berdasarkan cakupan mata pelajaran
|
V
|
X
|
|
Memuat struktur kurikulum setiap jenjang
|
V
|
X
|
|
Disusun berdasarkan tingkat kompetensi 0-6 secara
bergradasi mengacu pada Standar kelulusan
|
X
|
V
|
C.
|
Standar proses
|
||
1
|
Memparkan urgensi perubahan paradigm prinsip pembelajaran
student center, community center, knowledge center, dan assesessment center.
|
X
|
V
|
2
|
Lingkup terdiri dari :
|
|
|
|
Silabus
|
V
|
V
|
|
RPP
|
V
|
V
|
|
Pelaksanaan Pembelajaran
|
V
|
V
|
|
Penilaian/evaluasi
|
V
|
V
|
|
Pengawasan
|
V
|
V
|
4
|
Proses pembelajaran berdasarkan konstruktivisme
|
V
|
V
|
|
EEK
|
V
|
V
|
|
+ Saintifik/PBL/PjBL…secara eksplisit
|
X
|
V
|
D.
|
Standar penilaian
|
||
1.
|
Jenis penilaian
|
|
|
|
Ulangan harian
|
V
|
V
|
Ulangan tengah semester
|
V
|
V
|
|
Ulangan akhir semester
|
V
|
V
|
|
Ulangan kenaikan kelas
|
V
|
X
|
|
Ujian tingkat kompetensi (UTK)
|
X
|
V
|
|
Ujian Mutu Tingkat Kompetensi oleh pemerintah (UMTK)
|
X
|
V
|
|
Ujian sekolah/madrasah untuk kelulusan
|
V
|
V
|
|
Ujian Nasional
|
V
|
V
|
|
2.
|
Prinsip penilaian
|
|
|
|
Sahih
|
V
|
X
|
Objektif
|
V
|
V
|
|
Adil
|
V
|
X
|
|
Terpadu
|
V
|
V
|
|
Terbuka/transparan
|
V
|
V
|
|
Menyeluruh dan berkesinambungan
|
V
|
X
|
|
Sistematiks
|
V
|
X
|
|
Beracuan kriteria (PAK – KKM)
|
V
|
V
|
|
Akuntabel
|
V
|
V
|
|
Edukatif
|
X
|
V
|
|
Ekonomis
|
X
|
V
|
|
3.
|
Penilaian berupa penilaian hasil belajar (pengetahuan)
|
V
|
V
|
4
|
Penilaian berupa penilaian kompetensi selain pengetahuan
yaitu sikap dan keterampilan.
|
X
|
V
|
5.
|
Teknik dan instrument penilaian
|
|
|
Tes lisan
|
V
|
V
|
|
Tes tulis
|
V
|
V
|
|
Tes
praktik
|
V
|
V
|
|
Teknik
observasi
|
V
|
V
|
|
Teknik penugasan
|
V
|
V
|
|
Penilaian
diri
|
X
|
V
|
|
Peer assessment
|
X
|
V
|
|
Jurnal
|
X
|
V
|
|
Proyek
|
X
|
V
|
|
Portofolio
|
X
|
V
|
|
6.
|
Mekanisme dan prosedur penilaian
|
|
|
|
Otentik oleh guru secara berkelanjutan
|
x
|
V
|
Penilaian diri oleh siswa
|
X
|
V
|
|
Proyek dan ulangan harian oleh guru
|
V
|
V
|
|
UTS, UAS, UTK dan US dibawah koordinasi satuan pendidikan
|
V
|
V
|
|
UMTK dan UN oleh pemerintah
|
V
|
v
|
ANALISIS Permendiknas (2006) VS Permendikbud (2013)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment