Perbandingan KD-KD Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kurikulum 2013 dengan Kurikulum sebelumnya (1975/ 1984/1993/2003)

TUGAS MANDIRI

Perbandingan KD-KD Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kurikulum 2013
dengan Kurikulum sebelumnya (1975/ 1984/1993/2003)

Untuk menyelesaikan Tugas ini, Saudara harus memiliki dokumen Kurikulum IPA SMP/MTs 2013 dan 1975/ 1984/1993/2003.

Dokumen Kurikulum 2013 dapat didownload dari website KEMENDIKBUD (Permendikbud No 68/2013)
Dokumen Kurikulum Tahun 1975/ 1984/1993/2003 silakan diambil dari loker saya, terbungkus kantong plastik “majestic” bagi Bio 5A yang jam pertama, selanjutnya disampaikan kepada Bio 5B yang kelasnya pada jam kedua.

Daftar hadir ditulis di kertas selembar, dikumpul di loker.

Pembagian Tugas:
  1. K2013 vs 1975 à Kerjasama Kel. 1 dan 2
  2. K2013 vs 1984 à Kerjasama Kel. 3 dan 4
  3. K2013 vs 1993 à Kerjasama Kel. 5 dan 6
  4. K2013 vs 2003 à Kerjasama Kel. 7 dan 8



  1. Perbedaan Istilah
Tuliskan perbedaan-perbedaan istilah yang ditemukan dalam dokumen Kurikulum 2013 jika dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya (misalnya pada K13 ada istilah KI dan KD, pada kurikulum pembandingnya apa istilah yang digunakan? dst.)
  1. Perbandingan KI dan KD IPA SMP/MTs. pada K13 dengan  Kurikulum sebelumnya (Lihat tabel yang sudah disediakan)
  2. Daftar KI/KD IPA SMP/MTs pada K13 yang belum ada pada kurikulum sebelumnya (simpulan dari tabel tugas B)
  3. Daftar KI/KD (atau istilah lain yang setara) IPA SMP/MTs pada kurikulum sebelumnya yang belum ada pada K13 (simpulan dari tabel tugas B)

SELAMAT MENYELESAIKAN TUGAS.

1.Perbedaan Istilah
Tuliskan perbedaan-perbedaan istilah yang ditemukan dalam dokumen Kurikulum 2013 jika dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya (misalnya pada K13 ada istilah KI dan KD, pada kurikulum pembandingnya apa istilah yang digunakan? dst.)
Kurikulum 2013
Kurikulum 1975
Kompetensi inti
Tujuan kurikuler
Kompetensi dasar
Tujuan instruksional umum



2.Perbandingan KI dan KD IPA SMP/MTs. pada K13 dengan  Kurikulum sebelumnya (Lihat tabel yang sudah disediakan)

Tabel Perbandingan KI dan KD IPA SMP/MTs. Pada Kurikulum 2013
dengan Kurikulum 1975
*)pilih 1 sesuai penugasan kelompok
Kurikulum 2013
Permendikbud No.68 Tahun 2013
Kurikulum Tahun 1975

Kelas VII



KI
KD
Tujuan Kurikuler
TIU (Tujuan Instruksional Umum)
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
6. Siswa mencintai alam dan mengagungkan penciptanya.
6.1 Siswa menyadari keterbatasan manusia dalam usaha-usaha mengenal rahasia alam.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya



2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
4. Siswa dapat memiliki sikap ilmiah.




5. Siswa bertanggungjawab terhadap kelestarian lingkungannya
4.1 Siswa bersikap kritis terhadap informasi, bersikap terbuka terhadap pendapat lain, tidak tergesa-gesa dalam mengambil kesimpulan.

5.1 Siswa menyadari bahawa untuk menjaga kelestarian lingkungannya, manusia harus hemat dalam menggunakan sumber bahan dan sumber energi.
5.2 Siswa memahami akibat buruk yang dapat ditimbulkan oleh teknologi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
-
-
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
-
-
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
-
-
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran.
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.























2. Siswa dapat memiliki pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan memanfaatkan kemajuan teknologi.

1.1 Siswa dapat memahami konsep tentang besaran-besaran pokok dan satuan dalam ilmu alam.
1.2 Siswa memahami konsep zat dan energi serta perubahan-perubahan dan sifat-sifat zat.
1.3 Siswa memahami kosnep gerak dan konsep gaya.
1.4 Siswa dapat menggunakan pengetahuannya tentang gaya dan tekanan untuk memahami cara kerja beberapa macam alat.
1.5  Siswa memahami konsep larutan dan sifat-sifat larutan.
1.6 Siswa memahami konsep suhu dan cara-cara pengukuran suhu.
1.7 Siswa memahami konsep kalor.
1.8 Siswa memahami konsep gelombang dan bunyi.
1.9 Siswa memahami konsep tentang cahaya.
1.10      Siswa memahami konsep.

2.1 Siswa mengerti hukum kekekalan energi.
2.2 Siswa dapat menggunakan pengetahuannya tentang usaha dan energi untu memahami pesawat-pesawat sederhana.
2.3 Siswa mengerti pengaruh perubahan suhu terhadap zat.
2.4 Siswa memahami masalah-masalah yang disebabkan karena pemuaian.
2.5 Siswa mengerti hubungan antara perubahan wujud zat dan kalor.
2.6 Siswa mengerti gejala-gejala listrik, sifat-sifat dan hukum yang mendasarinya.
2.7 Siswa dapat menggunakan pengetahuannya untuk memahami alat-alat listrik.
2.8 Siswa memahami gejala-gejala kemagnetan
2.9 Siswa dapat menggunkan pengetahuannya untuk memahami cara kerja alat-alat yang menggunakan arus listrik an kemagnetan.
2.10 Siswa mengerti peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan perambatan cahaya memalui media berbagai optik.
2.11 Siswa dapat menggunakan pengetahuannya untuk memahami cara kerja alat-alat optik.
2.12 Siswa memahami konsep tentang elektron.
2.13 Siswa memahami cara kerja radio.
2.14 Siswa memahami prinsip-prinsip radioaktivitas dan penggunaan radioaktivas.
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
-
-

3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. (ilmu hayat)

1.6 Siswa dapat membedakan adanya beebrapa variasi pada makhluk hidup
3.4 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel
-
-
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. (ilmu alam)
1.2 Siswa memahami konsep zat dan energi serta perubahan-perubahan dan sifat-sifat zat.

3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. (ilmu alam)
1.2  Siswa memahami konsep zat dan energi serta perubahan-perubahan dan sifat-sifat zat.

3.7 Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. (ilmu alam)
1.6 Siswa memahami konsep suhu dan cara-cara pengukuran suhu.

3.8 Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya
1. siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA untuk kehidupan sehari-hari. (ilmu hayat)
1.1 Siswa dapat menyebutkan adanya saling ketergantungan diantara makhluk hidup dan lingkungan Abiotik.
1.2 Siswa dapat menjelaskan hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya.
3.9 Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
-
-
3.10 Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem
5. Siswa betanggungjawab terhadap kelestarian lingkungannya. (ilmu hayat)
5.1 Siswa dapat meunjukkan perbuatan-perbuatan manusia yang mengakibatkan adanya perubahan ekosistem.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
3. Siswa terampil menggunakan metoda ilmiah untuk memahami gejala-gejala alam berdasarkan sifat-sifat dan hubungan hukum-hukumnya.
3.1 Siswa mampu mengumpulkan data dan membandingkannya.
3.2 Siswa mampu melakukan eksperimen dengan alat-alat sederhana.
3.3 Siswa mampu mengambil kesimpulan dari hasil-hasil eksperimen/data yang dikumpulkan.
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
-
-
4.3 Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
1.  siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA untuk kehidupan sehari-hari. (ilmu hayat)
1.6 Siswa dapat membedakan adanya beberapa variasi pada makhluk hidup.
4.4 Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan
3. siswa terampil menggunakan metode ilmiah untuk memahami gejala alam berdasarkan sifat-sifat dan hubungan hukum-hukumnya.
3.2 Siswa dapat menggunakan alat-alat laboraturium sederhana untuk melakukan pengamatan-pengamatan dan percobaan-percobaan dengan makhluk hidup
4.5 Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya
-
-
4.6 Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia
-
-
4.7 Melakukan penyelidikan untuk menentukan sifat larutan yang ada di lingkungan sekitar menggunakan indikator buatan maupun alami
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. (ilmu alam)
1.5 siswa memahami konsep larutan dan sifat-sifat larutan.
4.8 Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. (ilmu hayat)
1.8Siswa dapat memberi alasan pentingnya energi bagi kehidupan dan tentang cara makhluk memperoleh energi.
4.9 Melakukan pengamatan atau percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu hayat)
1.9 siswa dapat membandingkan susunan dan fungsi alat – alat tubuh dari bebrabagai jenis makhluk hidup
4.10 Melakukan percobaan untuk menyelidiki suhu dan perubahannya serta pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu alam)
1.6 siswa memahami konsep suhu dan cara-cara pengukuran suhu
1.7 siswa memahami konsep kalor
4.11 Melakukan penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
2. siswa dapat memiliki pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan umtuk memanfaatkan kemajuan teknologi
2.5 siswa mengerti hubungan antara perubahan wujud zat dan kalor
4.12 Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
-
-
4.13 Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan penanggulangan masalah
-
-
Kelas VIII



1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
6. Siswa mencintai alam dan mengagungkan penciptanya
6.1 Siswa dapat memberi contoh-contoh adanya keserasian dalam alam ciptaan Tuhan.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
4. Siswa dapat memiliki sikap ilmiah
4.1 Siswa bersikap kritis terhadap informasi, bersikap terbuka terhadap pendapat lain, tidak tergesa-gesa dlam mengambil kesimpulan
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
-
-
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
-
-
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
-
-
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1 Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu alam)
1.3 Siswa memahami konsep gerak dan konsep gaya
3.2 Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut
-
-



3.3 Mendeskripsikan keterkaitan sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan tertentu terhadap kesehatan manusia
-
-
3.4 Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu hayat)
1.7  Siswa dapat menjelaskan susunan dan fungsi alat-alat tubuh manusia
3.5 Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
2. Siswa dapat memiliki pengetahuan ipa sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi (ilmu alam)
2.2 Siswa dapat menggunakan pengetahuannya tentang usaha dan energi untuk memahami pesawat – pesawat sederhana
3.6 Mendeskripsikan sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunaan energi makanan
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu hayat)
1.7  Siswa dapat menjelaskan susunan dan fungsi alat-alat tubuh manusia



3.7 Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan
-
-
3.8 Memahami tekanan pada zat cair dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa respirasi, dan tekanan osmosis
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu hayat)
1.9 Siswa dapat membandingkan susunan dan fungsi alat – alat tubuh dari berbagai jenis makhluk hidup



3.9 Menjelaskan struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu hayat)
1.9 Siswa dapat membandingkan susunan dan fungsi alat – alat tubuh dari berbagai jenis makhluk hidup
3.10 Memahami konsep getaran, gelombang, bunyi, dan pendengaran, serta penerapannya dalam sistem sonar pada hewan dan dalam kehidupan sehari-hari
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu alam)
1.8 Siswa memahami konsep gelombang dan bunyi



3.11 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, proses pembentukan bayangan pada mata serangga, dan prinsip kerja alat optik
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu alam)
1.9 Siswa memahami konsep tentang cahaya



3.12 Mendeskripsikan struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi dan gunung api, serta tindakan yang diperlukan untuk mengurangi resiko bencana
-
-



3.13 Mendeskripsikan karakteristik matahari, bumi, bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu pengetahuan bumi dan antariksa)
2.Siswa dapat memiliki pengetahuan ipa sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi (ilmu pengetahuan bumi dan antariksa)
1.1 Siswa memahami susunan antariksa
1.2 Siswa memahami bahwa benda angkasa memiliki gerakan tertentu.






2.1 Siswa memahami pengetahuan asal usul anggota tata surya.
3.14 Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap matahari serta menjelaskan perubahan siang dan malam, peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan, perubahan musim serta dampaknya bagi kehidupan di bumi
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu bumi dan antariksa)
1.2 Siswa memahami bahwa benda angkasa memiliki gerakan tertentu.


4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1 Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu alam)
1.3 Siswa memahami konsep gerak dan konsep gaya
4.2 Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan)
-
-
4.3 Melakukan penyelidikan tentang sifat-sifat bahan dan mengusulkan ide-ide pemanfaatan bahan berdasarkan sifatnya dalam kehidupan sehari-hari
-
-
4.4 Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari
5. Siswa bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungannya
5.2 Siswa dapat memiliki cara memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan hidup
4.5 Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada pesawat sederhana
2. Siswa dapat memiliki pengetahuan ipa sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi (ilmu alam)
2.2 Siswa dapat menggunakan pengetahuannya tentang usaha dan energi untuk memahami pesawat – pesawat sederhana
4.6 Melakukan penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu hayat)
1.9  Siswa dapat membandingkan susunan dan fungsi alat-alat tubuh dari berbagai jenis makhluk hidup
4.7 Menyajikan data, informasi, dan mengusulkan ide pemecahan masalah untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan zat aditif dalam makanan dan minuman serta zat adiktif-psikotropika
-
-
4.8 Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas (menyelidiki transport cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada ruang tertutup
-
-
4.9 Membuat peta pikiran (mapping mind) tentang struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapanya dalam menjaga kesehatan diri
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu hayat)
1.9  Siswa dapat membandingkan susunan dan fungsi alat-alat tubuh dari berbagai jenis makhluk hidup
4.10 Melakukan pengamatan atau percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu alam)
1.8 Siswa memahami konsep gelombang dan bunyi
4.11 Membuat laporan hasil penyelidikan tentang pembentukan bayangan pada cermin, lensa, dan alat optic
2. Siswa dapat memiliki pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan memanfaatkan kemajuan teknologi. (ilmu alam)
2.10 Siswa mengerti peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan perambatan cahaya melalui berbagai media optik
4.12 Menyajikan laporan hasil pengamatan atau penelusuran informasi tentang karakteristik komponen tata surya
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu pengetahuan bumi dan antariksa)
2.Siswa dapat memiliki pengetahuan ipa sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi (ilmu pengetahuan bumi dan antariksa)
1.1 Siswa memahami susunan antariksa
1.2 Siswa memahami bahwa benda angkasa memiliki gerakan tertentu.






2.1 Siswa memahami pengetahuan asal usul anggota tata surya.
Kelas IX



1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
6. Siswa mencintai alam dan mengagungkan penciptanya.
6.1 Siswa menyadari keterbatasan manusia dalam usaha-usaha mengenal rahasia alam.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
4. Siswa dapat memiliki sikap ilmiah.




5. Siswa bertanggungjawab terhadap kelestarian lingkungannya
4.1 Siswa bersikap kritis terhadap informasi, bersikap terbuka terhadap pendapat lain, tidak tergesa-gesa dalam mengambil kesimpulan.

5.1 Siswa menyadari bahwa untuk menjaga kelestarian lingkungannya, manusia harus hemat dalam menggunakan sumber bahan dan sumber energi.
5.2 Siswa memahami akibat buruk yang dapat ditimbulkan oleh teknologi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
-
-
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
-
-
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
-
-
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1 Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi dan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
-
-
3.2 Memahami reproduksi pada tumbuhan dan hewan, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup
2. Siswa dapat memiliki pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan memanfaatkan kemajuan teknologi. (ilmu hayat)
2.1 Siswa mengenal adanya pola-pola kelangsungan hidup
3.3 Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
-
-
3.4 Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion dan molekul, serta hubungannya dengan karakteristik bahan/material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
6. Siswa mencintai alam dan mengagungkan penciptanya
6.1 Siswa menyadari keterbatasan manusia dalam usaha-usaha mengenal rahasia alam






3.5 Memahami konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf dan contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik
2. Siswa dapat memiliki pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan memanfaatkan kemajuan teknologi. (ilmu alam)
2.6 Siswa mengerti gejala-gejala listrik, sifat-sifat dan hukum-hukum yang mendasarinya.

2.7 Siswa dapat menggunakan pengetahuannya untuk memahami alat-alat listrik
3.6 Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar
2. Siswa dapat memiliki pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan memanfaatkan kemajuan teknologi. (ilmu alam)
2.6 Siswa mengerti gejala-gejala listrik, sifat-sifat dan hukum-hukum yang mendasarinya.

2.7 Siswa dapat menggunakan pengetahuannya untuk memahami alat-alat listrik
3.7 Mendeskripsikan konsep medan magnet, induksi elektro magnetik, dan penggunaannya dalam produk teknologi, serta pemanfaatan medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi
2. Siswa dapat memiliki pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan memanfaatkan kemajuan teknologi. (ilmu alam)
2.8 Siswa memahami gejala-gejala kemagnetan



3.8 Mengidentifikasi proses dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup
-
-
3.9 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
-
-
3.10 Membedakan proses dan produk teknologi yang merusak lingkungan dan ramah lingkungan
-
-
3.11 Memahami pentingnya tanah dan organisme yang hidup dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupan
-
-
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber tentang penyakit menular seksual dan upaya pencegahannya
-
-
4.2 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan
-
-
4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
-
-
4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya, serta sifat hantaran listrik bahan
2. Siswa dapat memiliki pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan memanfaatkan kemajuan teknologi. (ilmu alam)
2.6 Siswa mengerti gejala-gejala listrik, sifat-sifat dan hukum-hukum yang mendasarinya.

2.7 Siswa dapat menggunakan pengetahuannya untuk memahami alat-alat listrik
4.5 Melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristik rangkaian listrik, serta hubungan energi listrik dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian
2. Siswa dapat memiliki pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan memanfaatkan kemajuan teknologi. (ilmu alam)
2.6 Siswa mengerti gejala-gejala listrik, sifat-sifat dan hukum-hukum yang mendasarinya.

2.7 Siswa dapat menggunakan pengetahuannya untuk memahami alat-alat listrik
4.6 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik dan/atau induksi elektromagnetik
2. Siswa dapat memiliki pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan memanfaatkan kemajuan teknologi. (ilmu alam)
2.8 Siswa memahami gejala-gejala kemagnetan
4.7 Melakukan percobaan sederhana untuk menemukan hukum pewarisan sifat mahluk hidup
-
-
4.8 Menyajikan hasil penyelidikan, ide-ide, atau peneluran informasi tentang penerapan bio-teknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
-
-
4.9 Menyajikan data dan informasi tentang proses dan produk teknologi yang tidak merusak lingkungan
-
-
4.10 Melakukan penyelidikan tentang fungsi tanah bagi keberlangsungan kehidupan
-
-



3.Daftar KI/KD IPA SMP/MTs pada K13 yang belum ada pada kurikulum sebelumnya (simpulan dari tabel tugas B)

Kelas VII
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel
3.9 Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
4.5 Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya
4.6 Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia
4.12 Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
4.13 Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan penanggulangan masalah


Kelas VIII

2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
3.2 Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut

3.3 Mendeskripsikan keterkaitan sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan tertentu terhadap kesehatan manusia
3.7 Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan
3.12 Mendeskripsikan struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi dan gunung api, serta tindakan yang diperlukan untuk mengurangi resiko bencana
4.2 Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan)
4.3 Melakukan penyelidikan tentang sifat-sifat bahan dan mengusulkan ide-ide pemanfaatan bahan berdasarkan sifatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.7 Menyajikan data, informasi, dan mengusulkan ide pemecahan masalah untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan zat aditif dalam makanan dan minuman serta zat adiktif-psikotropika
4.8Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas (menyelidiki transport cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada ruang tertutup


Kelas IX

2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
   3.1 Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi dan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
3.3 Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
3.8 Mengidentifikasi proses dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup
3.9 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
3.10 Membedakan proses dan produk teknologi yang merusak lingkungan dan ramah lingkungan
3.11 Memahami pentingnya tanah dan organisme yang hidup dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupan
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber tentang penyakit menular seksual dan upaya pencegahannya
4.2 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan
4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
4.7 Melakukan percobaan sederhana untuk menemukan hukum pewarisan sifat mahluk hidup
4.8 Menyajikan hasil penyelidikan, ide-ide, atau peneluran informasi tentang penerapan bio-teknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
4.9 Menyajikan data dan informasi tentang proses dan produk teknologi yang tidak merusak lingkungan
1.10elakukan penyelidikan tentang fungsi tanah bagi keberlangsungan kehidupan

4.   Daftar KI/KD (atau istilah lain yang setara) IPA SMP/MTs pada kurikulum sebelumnya yang belum ada pada K13 (simpulan dari tabel tugas B)


Ilmu Hayat

1.3  Siswa mengenal hubungan antara produsen dan konsumen
1.4 Siswa dapat memberi contoh jenis-jenis dan peranan komponen ekosistem
1.5 Siswa mengenal berbagai lingkungan hidup dalam alam
2.2 Siswa dapat menjelaskan mekanisme penyesuaian diri organisme terhadap lingkungan yang berbeda-beda
2.3 Siswa dapat menjelaskan bagaimana cara-cara meningkatkan kesejahteraan umat manusia
2.4 Siswa mendemonstrasikan cara-cara memelihara kesehatan diri dan masyarakatnya
3.1 Siswa terampil menggolongkan jenis-jenis organisme disekitarnya menurut hasil kriteria pengamatan
4.1 Siswa dapat menyebutkan masalah IPA sederhana dan gagasan cara pemecahannya
4.2 Siswa dapat mengambil kesimpulan-kesimpulan yang benar
4.3 Siswa dapat menghubungkan pelajaran IPA dengan mata pelajaran lainnya

Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa
2.2 Siswa memahami bahwa permukaan litosfera tidak rata
2.3 Siswa memahami bahan-bahan pembentukan kerak bumi
2.4 Siswa memahami sifat kemagnetan bumi
2.5 Siswa memahami konsep-konsep atmosfera dan sifat-sifatnya
2.6 Siswa memahami konsep-konsep dan sifatnya
2.7 Siswa memahami bahwa tata surya atmosfera, litosfera, dan hidrosfera mempengaruhi kehidupan dibumi
Tujuan Kurikuler 3. Siswa dapat mengembangkan sikap ilmiah dan bertanggung jawab dalam menghadapi keadaan lingkungannya
3.1 Siswa menyadari litosfera, atmosfera, dan hidrosfera mengandung banyak sumber daya alam yang berguna bagi kesejahteraan hidup
Tujuan Kurikuler 4. Siswa bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungannya
4.1  Siswa menyadari perusakan lingkungan hidup berakibat mengganggu keseimbangan alam
Tujuan Kurikuler 5. Siswa terampil menggunakan metoda ilmiah untuk memahami gejala alam berdasarkan sifat-sifat dan hubungan hukum-hukumnya
5.1 Siswa dapat menggunakan alat-alat pengamatan benda angkasa, batu-batuan, bintang alam, dan cuaca
5.2 Siswa dapat membedakan jenis dan sifat batuan
5.3 Siswa dapat menyatakan perbedaan bentuk muka bumi
5.4 Siswa dapat menggambarkan peta dari grafik
Tujuan kurikuler 6. Siswa mencintai alam dan mengagungkan penciptanya
6.1 Siswa menyadari bahwa bumi merupakan noktah kecil dalam antariksa


No comments:

Post a Comment