TUGAS
MANDIRI
Perbandingan
KD-KD Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kurikulum 2013
dengan
Kurikulum sebelumnya (1975/ 1984/1993/2003)
Untuk menyelesaikan
Tugas ini, Saudara harus memiliki dokumen Kurikulum IPA SMP/MTs 2013 dan 1975/
1984/1993/2003.
Dokumen Kurikulum
2013 dapat didownload dari website KEMENDIKBUD (Permendikbud No 68/2013)
Dokumen Kurikulum
Tahun 1975/ 1984/1993/2003 silakan diambil dari loker saya, terbungkus kantong
plastik “majestic” bagi Bio 5A yang jam pertama, selanjutnya disampaikan kepada
Bio 5B yang kelasnya pada jam kedua.
Daftar
hadir ditulis di kertas selembar, dikumpul di loker.
Pembagian
Tugas:
- K2013 vs 1975 à
Kerjasama Kel. 1 dan 2
- K2013 vs 1984 à
Kerjasama Kel. 3 dan 4
- K2013 vs 1993 à
Kerjasama Kel. 5 dan 6
- K2013 vs 2003 à
Kerjasama Kel. 7 dan 8
- Perbedaan Istilah
Tuliskan perbedaan-perbedaan
istilah yang ditemukan dalam dokumen Kurikulum 2013 jika dibandingkan dengan
kurikulum sebelumnya (misalnya pada K13 ada istilah KI dan KD, pada kurikulum
pembandingnya apa istilah yang digunakan? dst.)
- Perbandingan KI dan KD IPA
SMP/MTs. pada K13 dengan Kurikulum
sebelumnya (Lihat tabel yang sudah disediakan)
- Daftar KI/KD IPA SMP/MTs
pada K13 yang belum ada pada kurikulum sebelumnya (simpulan dari tabel
tugas B)
- Daftar KI/KD (atau istilah
lain yang setara) IPA SMP/MTs pada kurikulum sebelumnya yang belum ada
pada K13 (simpulan dari tabel tugas B)
SELAMAT
MENYELESAIKAN TUGAS.
1.Perbedaan Istilah
Tuliskan perbedaan-perbedaan
istilah yang ditemukan dalam dokumen Kurikulum 2013 jika dibandingkan dengan
kurikulum sebelumnya (misalnya pada K13 ada istilah KI dan KD, pada kurikulum
pembandingnya apa istilah yang digunakan? dst.)
Kurikulum
2013
|
Kurikulum
1975
|
Kompetensi inti
|
Tujuan
kurikuler
|
Kompetensi dasar
|
Tujuan instruksional umum
|
2.Perbandingan
KI dan KD IPA SMP/MTs. pada K13 dengan
Kurikulum sebelumnya (Lihat tabel yang sudah disediakan)
Tabel
Perbandingan KI dan KD IPA SMP/MTs. Pada Kurikulum 2013
dengan
Kurikulum 1975
*)pilih 1 sesuai penugasan
kelompok
Kurikulum 2013
Permendikbud No.68 Tahun 2013
|
Kurikulum Tahun 1975
|
|||
Kelas VII
|
|
|
|
|
KI
|
KD
|
Tujuan Kurikuler
|
TIU (Tujuan Instruksional Umum)
|
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
6. Siswa mencintai alam
dan mengagungkan penciptanya.
|
6.1 Siswa menyadari keterbatasan manusia dalam usaha-usaha mengenal
rahasia alam.
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari
|
4. Siswa dapat memiliki
sikap ilmiah.
5. Siswa
bertanggungjawab terhadap kelestarian lingkungannya
|
4.1 Siswa bersikap kritis
terhadap informasi, bersikap terbuka terhadap pendapat lain, tidak
tergesa-gesa dalam mengambil kesimpulan.
5.1 Siswa menyadari bahawa
untuk menjaga kelestarian lingkungannya, manusia harus hemat dalam
menggunakan sumber bahan dan sumber energi.
5.2 Siswa memahami akibat buruk
yang dapat ditimbulkan oleh teknologi.
|
|
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
|
-
|
-
|
||
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
|
-
|
-
|
||
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari
|
-
|
-
|
||
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang
ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian
dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam
pengukuran.
|
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Siswa dapat memiliki pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan
studi dan memanfaatkan kemajuan teknologi.
|
1.1 Siswa
dapat memahami konsep tentang besaran-besaran pokok dan satuan dalam ilmu
alam.
1.2 Siswa
memahami konsep zat dan energi serta perubahan-perubahan dan sifat-sifat zat.
1.3 Siswa
memahami kosnep gerak dan konsep gaya.
1.4 Siswa
dapat menggunakan pengetahuannya tentang gaya dan tekanan untuk memahami cara
kerja beberapa macam alat.
1.5 Siswa memahami konsep larutan dan
sifat-sifat larutan.
1.6 Siswa
memahami konsep suhu dan cara-cara pengukuran suhu.
1.7 Siswa
memahami konsep kalor.
1.8 Siswa
memahami konsep gelombang dan bunyi.
1.9 Siswa
memahami konsep tentang cahaya.
1.10 Siswa
memahami konsep.
2.1 Siswa mengerti hukum kekekalan energi.
2.2 Siswa dapat menggunakan
pengetahuannya tentang usaha dan energi untu memahami pesawat-pesawat
sederhana.
2.3 Siswa mengerti pengaruh
perubahan suhu terhadap zat.
2.4 Siswa memahami
masalah-masalah yang disebabkan karena pemuaian.
2.5 Siswa mengerti hubungan
antara perubahan wujud zat dan kalor.
2.6 Siswa mengerti
gejala-gejala listrik, sifat-sifat dan hukum yang mendasarinya.
2.7 Siswa dapat menggunakan
pengetahuannya untuk memahami alat-alat listrik.
2.8 Siswa memahami
gejala-gejala kemagnetan
2.9 Siswa dapat menggunkan
pengetahuannya untuk memahami cara kerja alat-alat yang menggunakan arus
listrik an kemagnetan.
2.10 Siswa mengerti
peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan perambatan cahaya memalui media
berbagai optik.
2.11 Siswa dapat menggunakan
pengetahuannya untuk memahami cara kerja alat-alat optik.
2.12 Siswa memahami konsep
tentang elektron.
2.13 Siswa memahami cara kerja
radio.
2.14 Siswa memahami prinsip-prinsip radioaktivitas dan penggunaan
radioaktivas.
|
|
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari
benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
|
-
|
-
|
||
|
3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk
hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta
mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup
berdasarkan ciri yang diamati
|
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam
kehidupan sehari-hari. (ilmu hayat)
|
1.6 Siswa dapat
membedakan adanya beebrapa variasi pada makhluk hidup
|
|
3.4 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama
penyusun sel
|
-
|
-
|
||
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan
fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
|
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam
kehidupan sehari-hari. (ilmu alam)
|
1.2 Siswa
memahami konsep zat dan energi serta perubahan-perubahan dan sifat-sifat zat.
|
||
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi,
energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan
makanan, dan fotosintesis
|
1. Siswa mengerti dan
memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.
(ilmu alam)
|
1.2 Siswa memahami konsep
zat dan energi serta perubahan-perubahan dan sifat-sifat zat.
|
||
3.7 Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor,dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu
tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari
|
1. Siswa mengerti dan
memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.
(ilmu alam)
|
1.6 Siswa
memahami konsep suhu dan cara-cara pengukuran suhu.
|
||
3.8 Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup
dan lingkungannya
|
1. siswa mengerti dan
memahami konsep-konsep dasar IPA untuk kehidupan sehari-hari. (ilmu hayat)
|
1.1 Siswa dapat
menyebutkan adanya saling ketergantungan diantara makhluk hidup dan
lingkungan Abiotik.
1.2 Siswa dapat
menjelaskan hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya.
|
||
3.9 Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi
makhluk hidup
|
-
|
-
|
||
3.10 Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya
pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem
|
5. Siswa
betanggungjawab terhadap kelestarian lingkungannya. (ilmu hayat)
|
5.1 Siswa dapat
meunjukkan perbuatan-perbuatan manusia yang mengakibatkan adanya perubahan
ekosistem.
|
||
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap
besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan
satuan tak baku dan satuan baku
|
3. Siswa terampil
menggunakan metoda ilmiah untuk memahami gejala-gejala alam berdasarkan
sifat-sifat dan hubungan hukum-hukumnya.
|
3.1 Siswa mampu
mengumpulkan data dan membandingkannya.
3.2 Siswa mampu
melakukan eksperimen dengan alat-alat sederhana.
3.3 Siswa mampu
mengambil kesimpulan dari hasil-hasil eksperimen/data yang dikumpulkan.
|
|
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi
terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
|
-
|
-
|
||
4.3 Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi
terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
|
1. siswa mengerti dan memahami konsep-konsep
dasar IPA untuk kehidupan sehari-hari. (ilmu
hayat)
|
1.6 Siswa dapat
membedakan adanya beberapa variasi pada makhluk hidup.
|
||
4.4 Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk
menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan
|
3. siswa terampil
menggunakan metode ilmiah untuk memahami gejala alam berdasarkan sifat-sifat
dan hubungan hukum-hukumnya.
|
3.2 Siswa dapat
menggunakan alat-alat laboraturium sederhana untuk melakukan
pengamatan-pengamatan dan percobaan-percobaan dengan makhluk hidup
|
||
4.5 Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan
bagian-bagiannya
|
-
|
-
|
||
4.6 Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat
fisika dan kimia
|
-
|
-
|
||
4.7 Melakukan penyelidikan untuk menentukan sifat
larutan yang ada di lingkungan sekitar menggunakan indikator buatan maupun
alami
|
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam
kehidupan sehari-hari. (ilmu alam)
|
1.5 siswa memahami
konsep larutan dan sifat-sifat larutan.
|
||
4.8 Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana
untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau
|
1. Siswa mengerti dan
memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. (ilmu
hayat)
|
1.8Siswa dapat memberi alasan pentingnya energi bagi kehidupan dan
tentang cara makhluk memperoleh energi.
|
||
4.9 Melakukan pengamatan atau percobaan untuk
menyelidiki respirasi pada hewan
|
1. Siswa mengerti dan
memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan
sehari-hari.(ilmu hayat)
|
1.9 siswa dapat
membandingkan susunan dan fungsi alat – alat tubuh dari bebrabagai jenis
makhluk hidup
|
||
4.10 Melakukan percobaan untuk menyelidiki suhu dan
perubahannya serta pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud
benda
|
1. Siswa mengerti dan memahami
konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu alam)
|
1.6 siswa memahami
konsep suhu dan cara-cara pengukuran suhu
1.7 siswa memahami
konsep kalor
|
||
4.11 Melakukan penyelidikan terhadap karakteristik
perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
|
2. siswa dapat memiliki
pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan umtuk memanfaatkan
kemajuan teknologi
|
2.5 siswa mengerti
hubungan antara perubahan wujud zat dan kalor
|
||
4.12 Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi
makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
|
-
|
-
|
||
4.13 Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan
global dan memberikan usulan penanggulangan masalah
|
-
|
-
|
||
Kelas VIII
|
|
|
|
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
6. Siswa mencintai alam
dan mengagungkan penciptanya
|
6.1 Siswa dapat memberi
contoh-contoh adanya keserasian dalam alam ciptaan Tuhan.
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari
|
4. Siswa dapat memiliki
sikap ilmiah
|
4.1 Siswa bersikap
kritis terhadap informasi, bersikap terbuka terhadap pendapat lain, tidak
tergesa-gesa dlam mengambil kesimpulan
|
|
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
|
-
|
-
|
||
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung
jawab dalam aktivitas sehari-hari
|
-
|
-
|
||
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari
|
-
|
-
|
||
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap
gerak berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup
dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
|
1. Siswa mengerti dan memahami
konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu alam)
|
1.3 Siswa memahami
konsep gerak dan konsep gaya
|
|
3.2 Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan
tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang
terilhami oleh struktur tersebut
|
-
|
-
|
||
|
|
|
||
3.3 Mendeskripsikan keterkaitan sifat bahan dan
pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan
tertentu terhadap kesehatan manusia
|
-
|
-
|
||
3.4 Mendeskripsikan struktur rangka dan otot
manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi
|
1. Siswa mengerti dan memahami
konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu hayat)
|
1.7 Siswa dapat menjelaskan susunan dan fungsi
alat-alat tubuh manusia
|
||
3.5 Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
|
2. Siswa dapat memiliki
pengetahuan ipa sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan untuk memanfaatkan
kemajuan teknologi (ilmu alam)
|
2.2 Siswa dapat
menggunakan pengetahuannya tentang usaha dan energi untuk memahami pesawat –
pesawat sederhana
|
||
3.6 Mendeskripsikan sistem pencernaan serta
keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan
penggunaan energi makanan
|
1. Siswa mengerti dan memahami
konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu hayat)
|
1.7 Siswa dapat menjelaskan susunan dan fungsi
alat-alat tubuh manusia
|
||
|
|
|
||
3.7 Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan)
dalam makanan dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan zat
adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan
|
-
|
-
|
||
3.8 Memahami tekanan pada zat cair dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada
peristiwa respirasi, dan tekanan osmosis
|
1. Siswa mengerti dan memahami
konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu hayat)
|
1.9 Siswa dapat
membandingkan susunan dan fungsi alat – alat tubuh dari berbagai jenis
makhluk hidup
|
||
|
|
|
||
3.9 Menjelaskan struktur dan fungsi sistem eksresi
pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
|
1. Siswa mengerti dan
memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan
sehari-hari.(ilmu hayat)
|
1.9 Siswa dapat
membandingkan susunan dan fungsi alat – alat tubuh dari berbagai jenis
makhluk hidup
|
||
3.10 Memahami konsep getaran, gelombang, bunyi, dan
pendengaran, serta penerapannya dalam sistem sonar pada hewan dan dalam
kehidupan sehari-hari
|
1. Siswa mengerti dan memahami
konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu alam)
|
1.8 Siswa memahami
konsep gelombang dan bunyi
|
||
|
|
|
||
3.11 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan
bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, proses
pembentukan bayangan pada mata serangga, dan prinsip kerja alat optik
|
1. Siswa mengerti dan
memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan
sehari-hari.(ilmu alam)
|
1.9 Siswa memahami
konsep tentang cahaya
|
||
|
|
|
||
3.12 Mendeskripsikan struktur bumi untuk menjelaskan
fenomena gempa bumi dan gunung api, serta tindakan yang diperlukan untuk
mengurangi resiko bencana
|
-
|
-
|
||
|
|
|
||
3.13 Mendeskripsikan karakteristik matahari, bumi,
bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi,
orbit, dan gerakannya, serta pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di
bumi
|
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam
kehidupan sehari-hari.(ilmu pengetahuan bumi dan antariksa)
2.Siswa dapat memiliki pengetahuan ipa sebagai bekal untuk melanjutkan
studi dan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi (ilmu pengetahuan bumi dan
antariksa)
|
1.1 Siswa memahami
susunan antariksa
1.2 Siswa memahami
bahwa benda angkasa memiliki gerakan tertentu.
2.1 Siswa memahami
pengetahuan asal usul anggota tata surya.
|
||
3.14 Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap
matahari serta menjelaskan perubahan siang dan malam, peristiwa gerhana
matahari dan gerhana bulan, perubahan musim serta dampaknya bagi kehidupan di
bumi
|
1. Siswa mengerti dan
memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan
sehari-hari.(ilmu bumi dan antariksa)
|
1.2 Siswa memahami
bahwa benda angkasa memiliki gerakan tertentu.
|
||
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada
makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak
|
1. Siswa mengerti dan
memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan
sehari-hari.(ilmu alam)
|
1.3 Siswa memahami
konsep gerak dan konsep gaya
|
|
4.2 Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan
tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh
struktur tersebut (misalnya desain bangunan)
|
-
|
-
|
||
4.3 Melakukan penyelidikan tentang sifat-sifat bahan
dan mengusulkan ide-ide pemanfaatan bahan berdasarkan sifatnya dalam
kehidupan sehari-hari
|
-
|
-
|
||
4.4 Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga
kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku
sehari-hari
|
5. Siswa bertanggung
jawab terhadap kelestarian lingkungannya
|
5.2 Siswa dapat
memiliki cara memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan hidup
|
||
4.5 Melakukan penyelidikan tentang keuntungan
mekanik pada pesawat sederhana
|
2. Siswa dapat memiliki
pengetahuan ipa sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan untuk memanfaatkan
kemajuan teknologi (ilmu alam)
|
2.2 Siswa dapat
menggunakan pengetahuannya tentang usaha dan energi untuk memahami pesawat –
pesawat sederhana
|
||
4.6 Melakukan penyelidikan tentang pencernaan
mekanis dan enzimatis pada makanan
|
1. Siswa mengerti dan memahami
konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu hayat)
|
1.9 Siswa dapat membandingkan susunan dan
fungsi alat-alat tubuh dari berbagai jenis makhluk hidup
|
||
4.7 Menyajikan data, informasi, dan mengusulkan ide
pemecahan masalah untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan zat aditif
dalam makanan dan minuman serta zat adiktif-psikotropika
|
-
|
-
|
||
4.8 Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan
cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas (menyelidiki
transport cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada ruang
tertutup
|
-
|
-
|
||
4.9 Membuat peta pikiran (mapping mind) tentang
struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapanya dalam menjaga
kesehatan diri
|
1. Siswa mengerti dan memahami
konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.(ilmu hayat)
|
1.9 Siswa dapat membandingkan susunan dan
fungsi alat-alat tubuh dari berbagai jenis makhluk hidup
|
||
4.10 Melakukan pengamatan atau percobaan tentang
getaran, gelombang, dan bunyi
|
1. Siswa mengerti dan
memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan
sehari-hari.(ilmu alam)
|
1.8 Siswa memahami
konsep gelombang dan bunyi
|
||
4.11 Membuat laporan hasil penyelidikan tentang
pembentukan bayangan pada cermin, lensa, dan alat optic
|
2. Siswa dapat memiliki pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan
studi dan memanfaatkan kemajuan teknologi. (ilmu alam)
|
2.10 Siswa mengerti
peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan perambatan cahaya melalui
berbagai media optik
|
||
4.12 Menyajikan laporan hasil pengamatan atau
penelusuran informasi tentang karakteristik komponen tata surya
|
1. Siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam
kehidupan sehari-hari.(ilmu pengetahuan bumi dan antariksa)
2.Siswa dapat memiliki pengetahuan ipa sebagai bekal untuk melanjutkan
studi dan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi (ilmu pengetahuan bumi dan
antariksa)
|
1.1 Siswa memahami susunan
antariksa
1.2 Siswa memahami
bahwa benda angkasa memiliki gerakan tertentu.
2.1 Siswa memahami
pengetahuan asal usul anggota tata surya.
|
||
Kelas IX
|
|
|
|
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
6. Siswa mencintai alam
dan mengagungkan penciptanya.
|
6.1 Siswa menyadari keterbatasan manusia dalam usaha-usaha mengenal
rahasia alam.
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam
aktivitas sehari-hari
|
4. Siswa dapat memiliki
sikap ilmiah.
5. Siswa
bertanggungjawab terhadap kelestarian lingkungannya
|
4.1 Siswa bersikap kritis
terhadap informasi, bersikap terbuka terhadap pendapat lain, tidak
tergesa-gesa dalam mengambil kesimpulan.
5.1 Siswa menyadari bahwa untuk
menjaga kelestarian lingkungannya, manusia harus hemat dalam menggunakan
sumber bahan dan sumber energi.
5.2 Siswa memahami akibat buruk
yang dapat ditimbulkan oleh teknologi.
|
|
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan
|
-
|
-
|
||
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung
jawab dalam aktivitas sehari-hari
|
-
|
-
|
||
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam
aktivitas sehari-hari
|
-
|
-
|
||
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem
reproduksi pada manusia, kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi dan
penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
|
-
|
-
|
|
3.2 Memahami reproduksi pada tumbuhan dan hewan,
sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup
|
2. Siswa dapat memiliki
pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan memanfaatkan
kemajuan teknologi. (ilmu hayat)
|
2.1 Siswa mengenal
adanya pola-pola kelangsungan hidup
|
||
3.3 Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk
dan dampaknya bagi lingkungan
|
-
|
-
|
||
3.4 Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya,
ion dan molekul, serta hubungannya dengan karakteristik bahan/material yang
digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
6. Siswa mencintai alam
dan mengagungkan penciptanya
|
6.1 Siswa menyadari
keterbatasan manusia dalam usaha-usaha mengenal rahasia alam
|
||
|
|
|
||
|
|
|
||
3.5 Memahami konsep listrik statis, muatan listrik,
potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf dan
contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik
|
2. Siswa dapat memiliki
pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan memanfaatkan
kemajuan teknologi. (ilmu alam)
|
2.6 Siswa mengerti
gejala-gejala listrik, sifat-sifat dan hukum-hukum yang mendasarinya.
2.7 Siswa dapat
menggunakan pengetahuannya untuk memahami alat-alat listrik
|
||
3.6 Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik,
transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk
bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan
teknologi listrik di lingkungan sekitar
|
2. Siswa dapat memiliki
pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan memanfaatkan
kemajuan teknologi. (ilmu alam)
|
2.6 Siswa mengerti
gejala-gejala listrik, sifat-sifat dan hukum-hukum yang mendasarinya.
2.7 Siswa dapat menggunakan
pengetahuannya untuk memahami alat-alat listrik
|
||
3.7 Mendeskripsikan konsep medan magnet, induksi
elektro magnetik, dan penggunaannya dalam produk teknologi, serta pemanfaatan
medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi
|
2. Siswa dapat memiliki
pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan memanfaatkan
kemajuan teknologi. (ilmu alam)
|
2.8 Siswa memahami
gejala-gejala kemagnetan
|
||
|
|
|
||
3.8 Mengidentifikasi proses dan hasil pewarisan
sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup
|
-
|
-
|
||
3.9 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam
mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
|
-
|
-
|
||
3.10 Membedakan proses dan produk teknologi yang
merusak lingkungan dan ramah lingkungan
|
-
|
-
|
||
3.11 Memahami pentingnya tanah dan organisme yang
hidup dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupan
|
-
|
-
|
||
4. Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari
berbagai sumber tentang penyakit menular seksual dan upaya pencegahannya
|
-
|
-
|
|
4.2 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada
tumbuhan
|
-
|
-
|
||
4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang
perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
|
-
|
-
|
||
4.4
Melakukan percobaan untuk menyelidiki
muatan listrik statis dan interaksinya, serta sifat hantaran listrik bahan
|
2. Siswa dapat memiliki
pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan memanfaatkan
kemajuan teknologi. (ilmu alam)
|
2.6 Siswa mengerti
gejala-gejala listrik, sifat-sifat dan hukum-hukum yang mendasarinya.
2.7 Siswa dapat
menggunakan pengetahuannya untuk memahami alat-alat listrik
|
||
4.5
Melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristik rangkaian listrik, serta
hubungan energi listrik dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian
|
2. Siswa dapat memiliki
pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan memanfaatkan
kemajuan teknologi. (ilmu alam)
|
2.6 Siswa mengerti
gejala-gejala listrik, sifat-sifat dan hukum-hukum yang mendasarinya.
2.7 Siswa dapat
menggunakan pengetahuannya untuk memahami alat-alat listrik
|
||
4.6
Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik dan/atau
induksi elektromagnetik
|
2. Siswa dapat memiliki
pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan memanfaatkan
kemajuan teknologi. (ilmu alam)
|
2.8 Siswa memahami
gejala-gejala kemagnetan
|
||
4.7
Melakukan percobaan sederhana untuk menemukan hukum pewarisan sifat mahluk
hidup
|
-
|
-
|
||
4.8
Menyajikan hasil penyelidikan, ide-ide, atau peneluran informasi tentang
penerapan bio-teknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui
produksi pangan
|
-
|
-
|
||
4.9
Menyajikan data dan informasi tentang proses dan produk teknologi yang tidak
merusak lingkungan
|
-
|
-
|
||
4.10
Melakukan penyelidikan tentang fungsi tanah bagi keberlangsungan kehidupan
|
-
|
-
|
||
3.Daftar
KI/KD IPA SMP/MTs pada K13 yang belum ada pada kurikulum sebelumnya (simpulan
dari tabel tugas B)
Kelas VII
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.2 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
2.3 Menunjukkan perilaku
bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
|
2.4 Menunjukkan penghargaan
kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
|
3.4 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama
penyusun sel
3.9 Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi
makhluk hidup
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap
benda (makhluk) hidup dan tak hidup
4.5 Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan
bagian-bagiannya
4.6 Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat
fisika dan kimia
4.12
Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
sekitarnya
|
4.13 Menyajikan data dan
informasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan penanggulangan
masalah
|
Kelas VIII
2.2 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
2.3 Menunjukkan perilaku
bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
|
2.4 Menunjukkan penghargaan
kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
|
3.2 Menjelaskan keterkaitan
struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam
teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut
|
|
3.3 Mendeskripsikan keterkaitan
sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh
pemanfaatan bahan tertentu terhadap kesehatan manusia
|
3.7
Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman (segar
dan dalam kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap
kesehatan
3.12
Mendeskripsikan struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi dan gunung
api, serta tindakan yang diperlukan untuk mengurangi resiko bencana
4.2 Melakukan pengamatan terhadap
struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang
terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan)
|
4.3 Melakukan penyelidikan
tentang sifat-sifat bahan dan mengusulkan ide-ide pemanfaatan bahan
berdasarkan sifatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.7 Menyajikan data, informasi,
dan mengusulkan ide pemecahan masalah untuk menghindari terjadinya
penyalahgunaan zat aditif dalam makanan dan minuman serta zat
adiktif-psikotropika
|
4.8Melakukan percobaan untuk
menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas
(menyelidiki transport cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada
ruang tertutup
|
Kelas IX
2.2 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
2.3 Menunjukkan perilaku
bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
|
2.4 Menunjukkan penghargaan
kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
|
3.1
Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan
dan penyakit pada sistem reproduksi dan penerapan pola hidup yang menunjang
kesehatan reproduksi
3.3
Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
3.8 Mengidentifikasi proses dan
hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup
|
3.9 Mendeskripsikan penerapan
bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi
pangan
|
3.10 Membedakan proses dan produk
teknologi yang merusak lingkungan dan ramah lingkungan
|
3.11 Memahami pentingnya tanah
dan organisme yang hidup dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupan
|
4.1 Menyajikan hasil penelusuran
informasi dari berbagai sumber tentang penyakit menular seksual dan upaya
pencegahannya
|
4.2 Menyajikan karya hasil
perkembangbiakan pada tumbuhan
|
4.3 Menyajikan hasil penelusuran
informasi tentang perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
|
4.7 Melakukan percobaan sederhana
untuk menemukan hukum pewarisan sifat mahluk hidup
|
4.8 Menyajikan hasil
penyelidikan, ide-ide, atau peneluran informasi tentang penerapan
bio-teknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi
pangan
|
4.9 Menyajikan data dan informasi
tentang proses dan produk teknologi yang tidak merusak lingkungan
|
1.10elakukan penyelidikan tentang
fungsi tanah bagi keberlangsungan kehidupan
|
4.
Daftar KI/KD (atau
istilah lain yang setara) IPA SMP/MTs pada kurikulum sebelumnya yang belum ada
pada K13 (simpulan dari tabel tugas B)
Ilmu Hayat
1.3 Siswa mengenal
hubungan antara produsen dan konsumen
1.4 Siswa dapat memberi contoh jenis-jenis dan peranan komponen ekosistem
1.5 Siswa mengenal berbagai lingkungan hidup dalam alam
2.2 Siswa dapat menjelaskan mekanisme penyesuaian diri organisme terhadap
lingkungan yang berbeda-beda
2.3 Siswa dapat menjelaskan bagaimana cara-cara meningkatkan kesejahteraan
umat manusia
2.4 Siswa mendemonstrasikan cara-cara memelihara kesehatan diri dan
masyarakatnya
3.1 Siswa terampil menggolongkan jenis-jenis organisme disekitarnya menurut
hasil kriteria pengamatan
4.1 Siswa dapat menyebutkan masalah IPA sederhana dan gagasan cara
pemecahannya
4.2 Siswa dapat mengambil kesimpulan-kesimpulan yang benar
4.3 Siswa dapat menghubungkan pelajaran IPA dengan mata pelajaran lainnya
Ilmu Pengetahuan Bumi dan
Antariksa
2.2 Siswa memahami bahwa permukaan litosfera tidak rata
2.3 Siswa memahami bahan-bahan pembentukan kerak bumi
2.4 Siswa memahami sifat kemagnetan bumi
2.5 Siswa memahami konsep-konsep atmosfera dan sifat-sifatnya
2.6 Siswa memahami konsep-konsep dan sifatnya
2.7 Siswa memahami bahwa tata surya atmosfera, litosfera, dan hidrosfera
mempengaruhi kehidupan dibumi
Tujuan Kurikuler 3. Siswa dapat mengembangkan sikap ilmiah dan bertanggung
jawab dalam menghadapi keadaan lingkungannya
3.1 Siswa menyadari litosfera, atmosfera, dan hidrosfera mengandung banyak
sumber daya alam yang berguna bagi kesejahteraan hidup
Tujuan Kurikuler 4. Siswa bertanggung jawab terhadap kelestarian
lingkungannya
4.1 Siswa menyadari
perusakan lingkungan hidup berakibat mengganggu keseimbangan alam
Tujuan Kurikuler 5. Siswa terampil menggunakan metoda ilmiah untuk memahami
gejala alam berdasarkan sifat-sifat dan hubungan hukum-hukumnya
5.1 Siswa dapat menggunakan alat-alat pengamatan benda angkasa,
batu-batuan, bintang alam, dan cuaca
5.2 Siswa dapat membedakan jenis dan sifat batuan
5.3 Siswa dapat menyatakan perbedaan bentuk muka bumi
5.4 Siswa dapat menggambarkan peta dari grafik
Tujuan kurikuler 6. Siswa mencintai alam dan mengagungkan penciptanya
6.1 Siswa menyadari bahwa bumi merupakan noktah kecil dalam antariksa
No comments:
Post a Comment