perbandingan kurikulum 1984 dengan kurikulum2013

1.    Perbedaan-perbedaan Istilah dalam Kurikulum 2013 dengan Kurikulum 1984

No
Kurikulum 1984
Kurikulum 2013
1
Tujuan kurikiler
Kompetensi Inti (KI)
2
Tujuan instruksional
Kompetensi Dasar (KD)
3
Bahasa yang digunakan lebih instuksional, misalnya meguasai konsep-konsep
Bahasa yang digunakan lebih mengutamakan pemahaman, misalnya menghayati dan menghargai konsep-konsep
4
Tidak ada
Terdapat pengetahuan metakognitif
5
Tujuan kurikuler mencakup semua aspek(kognitif, psikomotorik dan afektif)
KI mencakup empat aspek secara terpisah (KI. 1 spiritual,
KI.2 sosial, KI.3 pengetahuan dan KI.4 keterampilan)
6
Penjabaran tujuan masih bersifat umum
Penjabaran kompetensi lebih terperinci
7
Pendekatan pengajaran melalui Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dan spiral
Pendekatan pengajaran melalui saintifik
8
Terdapat metode, sarana atau sumber dan penilaian
Tidak ada







2.    Tabel Perbandingan KI dan KD IPA SMP/MTs. Pada Kurikulum 2013 dengan Kurikulum 1984

Kurikulum 2013
Permendikbud No.68 Tahun 2013
Kurikulum Tahun 1984

Kelas VII

Tujuan kurikuler
Tujuan instruksional
KI
KD
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
Hanya ada satu Tujuan Kulikuler yang setara dengan 4KI, yaitu: Siswa menguasi konsep-konsep biologi dan saling keterkaitannnya, serta mampu menggunakan metode ilmiah untuk memecahkan masalah yang dihadapi sehingga lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan penciptanya.
1.   Siswa mampu mengadakan pengamatan, menginterpretasikan, dan mengkomunikasikan masalah-masalah yang berhubungan dengan lingkungan untuk memahami pentingnya biologi diantara ilmu-ilmu lain.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya



2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari

2. Siswa mampu mengadakan pengamatan, menginterpretasikan, meramalkan, merencanakan, dan/atau melaksanakan percobaan untuk memahami dan menerapkan konsep ekosistem.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan

3. Siswa mampu mengadakan pengamatan, menginterpretasi, atau merencanakan dan melaksankan percobaan untuk memahami dan menerapkan konsep berbagai pola kehidupan.
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari

4.   Siswa mampu mengadakan pengamatan, menginterpretasi, melaksanakan percobaan, dan mengklasifikasi untuk memahami dan menerapkan keanekaragaman makhluk hidup.
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
5.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar

3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati


3.4 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis
3.7 Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari


3.8 Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya
3.9 Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
3.10 Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem
6.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
4.3 Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar


4.4 Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan
4.5 Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya
4.6 Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia
4.7 Melakukan penyelidikan untuk menentukan sifat larutan yang ada di lingkungan sekitar menggunakan indikator buatan maupun alami
4.8 Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau
4.9 Melakukan pengamatan atau percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan


4.10 Melakukan percobaan untuk menyelidiki suhu dan perubahannya serta pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda
4.11 Melakukan penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
4.12 Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
4.13 Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan penanggulangan masalah
Kelas VIII



1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
Siswa menguasai konsep-konsep biologi dan saling keterkaitannya, serta mampu menggunakan metode ilmiah untuk memecahkan masalah dihadapi sehingga lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan penciptanya.
1. siswa memahami konsep tentang susunan dan fungsi alat-alat tubuh manusia dengan jalan mengadakan pengamatan, merencanakan dan melakukan percobaan serta berkomunikasi.

2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari

2. siswa memahami tentang sistem alat tubuh pada berbagai jenis makhluk hidup dengan cara mengadakan pengamatan, menafsirkan hasil pengamatan, merencanakan dan melakukan percobaan serta dapat mengkomunikasikan berbagai konsep sistem alat tubuh.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan

2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1 Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut



3.3 Mendeskripsikan keterkaitan sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan tertentu terhadap kesehatan manusia
3.4 Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi
3.5 Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
3.6 Mendeskripsikan sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunaan energi makanan



3.7 Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan
3.8 Memahami tekanan pada zat cair dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa respirasi, dan tekanan osmosis

3.9 Menjelaskan struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
3.10 Memahami konsep getaran, gelombang, bunyi, dan pendengaran, serta penerapannya dalam sistem sonar pada hewan dan dalam kehidupan sehari-hari




3.11 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, proses pembentukan bayangan pada mata serangga, dan prinsip kerja alat optik



3.12 Mendeskripsikan struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi dan gunung api, serta tindakan yang diperlukan untuk mengurangi resiko bencana





3.13 Mendeskripsikan karakteristik matahari, bumi, bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi


3.14 Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap matahari serta menjelaskan perubahan siang dan malam, peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan, perubahan musim serta dampaknya bagi kehidupan di bumi


4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1 Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak


4.2 Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan)


4.3 Melakukan penyelidikan tentang sifat-sifat bahan dan mengusulkan ide-ide pemanfaatan bahan berdasarkan sifatnya dalam kehidupan sehari-hari


4.4 Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari


4.5 Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada pesawat sederhana


4.6 Melakukan penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan


4.7 Menyajikan data, informasi, dan mengusulkan ide pemecahan masalah untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan zat aditif dalam makanan dan minuman serta zat adiktif-psikotropika


4.8 Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas (menyelidiki transport cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada ruang tertutup


4.9 Membuat peta pikiran (mapping mind) tentang struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapanya dalam menjaga kesehatan diri


4.10 Melakukan pengamatan atau percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi


4.11 Membuat laporan hasil penyelidikan tentang pembentukan bayangan pada cermin, lensa, dan alat optic


4.12 Menyajikan laporan hasil pengamatan atau penelusuran informasi tentang karakteristik komponen tata surya


Kelas IX



1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
Siswa menguasai konsep-konsep biologi dan saling keterkaitannya serta mampu menggunakan metode ilmiah untuk memecahkan masalah dihadapi sehingga lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan penciotanya.
1.  siswa memahami konsep tentang pola-pola kelangsungan hidup dengan jalan mengadakan p`engamatan, menafsirkan hasil pengamatan, merencanakan dan melakukan percobaan, meramalkan serta berkomunikasi.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari

2.  siswa mampu mengadakan pengamatan, menafsirkan hasil pengamatan, merencanakan dan melakukan percobaan, meramalkan serta mengkomunikasikan pemahaman berbagai konsep tentang penyesuaian diri terhadap lingkungan.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan

3.  siswa memahami konsep tentang usaha manusia dalam meningkatkan produksi pangan dengan jalan mengadakan pengamatan, menafsirkan hasil pengamatan dan meramalkan serta berkomunikasi.
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari

4. Siswa memahami konsep tentang makanan dan kesehatan dengan jalan mengadakan pengamatan, menafsirkan hasil pengamatan, merencanakan kegiatan, meramalkan serta dapat mengkomunikasikan berbagai konsep tentang makanan dan kesehatan.
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari

5.      Siswa memahami konsep kependidikan dengan jalan mengadakan pengamatan, menafsirkan hasil pengamatan, merencanakan dan melakukan kegiatan, meramalkan serta berkomunikasi.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1 Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi dan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi


3.2 Memahami reproduksi pada tumbuhan dan hewan, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup


3.3 Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan


3.4 Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion dan molekul, serta hubungannya dengan karakteristik bahan/material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari








3.5 Memahami konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf dan contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik


3.6 Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar


3.7 Mendeskripsikan konsep medan magnet, induksi elektro magnetik, dan penggunaannya dalam produk teknologi, serta pemanfaatan medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi





3.8 Mengidentifikasi proses dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup


3.9 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan


3.10 Membedakan proses dan produk teknologi yang merusak lingkungan dan ramah lingkungan


3.11 Memahami pentingnya tanah dan organisme yang hidup dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupan


4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber tentang penyakit menular seksual dan upaya pencegahannya


4.2 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan


4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan


4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya, serta sifat hantaran listrik bahan


4.5 Melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristik rangkaian listrik, serta hubungan energi listrik dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian


4.6 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik dan/atau induksi elektromagnetik


4.7 Melakukan percobaan sederhana untuk menemukan hukum pewarisan sifat mahluk hidup


4.8 Menyajikan hasil penyelidikan, ide-ide, atau peneluran informasi tentang penerapan bio-teknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan


4.9 Menyajikan data dan informasi tentang proses dan produk teknologi yang tidak merusak lingkungan


4.10 Melakukan penyelidikan tentang fungsi tanah bagi keberlangsungan kehidupan



3. 1) Pada Kurikulum 1984 tujuan kurikuler tergabung, tidak terklasifikasi menjadi 4 seperti pada KI tahun 2013.
2) Tidak ada kejelasan proporsi antara aspek spiritual, sosial, kognitif dan psikomotor pada K.13 lebih rinci



4.    Tidak ada istilah tujuan kurikuler dan tujuan instruksional pada kurikulum 2013 melainkan terdapat kompetensi inti dan kompetensi dasar yang sudah jelas pengklasifikasiannya antara aspek spiritual, sosial, kognitif dan psikomotorik.

No comments:

Post a Comment