1. Perbedaan-perbedaan
Istilah dalam Kurikulum 2013 dengan Kurikulum 1984
No
|
Kurikulum 1984
|
Kurikulum 2013
|
1
|
Tujuan
kurikiler
|
Kompetensi
Inti (KI)
|
2
|
Tujuan
instruksional
|
Kompetensi
Dasar (KD)
|
3
|
Bahasa yang
digunakan lebih instuksional, misalnya meguasai konsep-konsep
|
Bahasa yang
digunakan lebih mengutamakan pemahaman, misalnya menghayati dan menghargai
konsep-konsep
|
4
|
Tidak ada
|
Terdapat pengetahuan
metakognitif
|
5
|
Tujuan
kurikuler mencakup semua aspek(kognitif, psikomotorik dan afektif)
|
KI mencakup
empat aspek secara terpisah (KI. 1 spiritual,
KI.2 sosial,
KI.3 pengetahuan dan KI.4 keterampilan)
|
6
|
Penjabaran
tujuan masih bersifat umum
|
Penjabaran
kompetensi lebih terperinci
|
7
|
Pendekatan
pengajaran melalui Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dan spiral
|
Pendekatan
pengajaran melalui saintifik
|
8
|
Terdapat
metode, sarana atau sumber dan penilaian
|
Tidak ada
|
2.
Tabel
Perbandingan KI dan KD IPA SMP/MTs. Pada Kurikulum 2013 dengan
Kurikulum 1984
Kurikulum
2013
Permendikbud
No.68 Tahun 2013
|
Kurikulum Tahun 1984
|
||||
Kelas
VII
|
|
Tujuan kurikuler
|
Tujuan instruksional
|
||
KI
|
KD
|
||||
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan
serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
Hanya ada satu Tujuan Kulikuler yang setara dengan 4KI, yaitu: Siswa
menguasi konsep-konsep biologi dan saling keterkaitannnya, serta mampu
menggunakan metode ilmiah untuk memecahkan masalah yang dihadapi sehingga
lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan penciptanya.
|
1.
Siswa mampu mengadakan pengamatan, menginterpretasikan, dan
mengkomunikasikan masalah-masalah yang berhubungan dengan lingkungan untuk
memahami pentingnya biologi diantara ilmu-ilmu lain.
|
||
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
|
|
2. Siswa mampu mengadakan pengamatan, menginterpretasikan,
meramalkan, merencanakan, dan/atau melaksanakan percobaan untuk memahami dan
menerapkan konsep ekosistem.
|
||
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|
3. Siswa mampu mengadakan pengamatan,
menginterpretasi, atau merencanakan dan melaksankan percobaan untuk memahami
dan menerapkan konsep berbagai pola kehidupan.
|
|||
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas
sehari-hari
|
|
4.
Siswa mampu mengadakan pengamatan, menginterpretasi, melaksanakan
percobaan, dan mengklasifikasi untuk memahami dan menerapkan keanekaragaman
makhluk hidup.
|
|||
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
|
|||||
5.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk
hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta
pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
|
||||
3.2
Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup
yang ada di lingkungan sekitar
|
|||||
|
3.3
Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup
sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup
dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
|
|
|
||
3.4
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat
sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel
|
|||||
3.5
Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang
dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
|
|||||
3.6
Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan,
transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis
|
|||||
3.7
Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya
dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|||
3.8
Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya
|
|||||
3.9
Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
|
|||||
3.10
Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya
bagi ekosistem
|
|||||
6.
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk
hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan
baku
|
||||
4.2
Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan
tak hidup
|
|||||
4.3
Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan,
dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
|
|
|
|||
4.4
Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan
dan hewan
|
|||||
4.5
Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya
|
|||||
4.6
Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia
|
|||||
4.7
Melakukan penyelidikan untuk menentukan sifat larutan yang ada di lingkungan
sekitar menggunakan indikator buatan maupun alami
|
|||||
4.8
Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidiki proses
fotosintesis pada tumbuhan hijau
|
|||||
4.9
Melakukan pengamatan atau percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan
|
|
|
|||
4.10
Melakukan percobaan untuk menyelidiki suhu dan perubahannya serta pengaruh
kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda
|
|||||
4.11
Melakukan penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor secara
konduksi, konveksi, dan radiasi
|
|||||
4.12
Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
sekitarnya
|
|||||
4.13
Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan
penanggulangan masalah
|
|||||
Kelas
VIII
|
|
|
|
||
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan
serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
Siswa menguasai konsep-konsep biologi dan saling
keterkaitannya, serta mampu menggunakan metode ilmiah untuk memecahkan
masalah dihadapi sehingga lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan
penciptanya.
|
1. siswa memahami konsep tentang susunan dan fungsi alat-alat tubuh
manusia dengan jalan mengadakan pengamatan, merencanakan dan melakukan
percobaan serta berkomunikasi.
|
||
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
|
|
2. siswa memahami tentang sistem alat tubuh pada berbagai jenis makhluk
hidup dengan cara mengadakan pengamatan, menafsirkan hasil pengamatan,
merencanakan dan melakukan percobaan serta dapat mengkomunikasikan berbagai
konsep sistem alat tubuh.
|
||
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|
||||
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas
sehari-hari
|
|||||
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
|
|||||
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum
Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||||
3.2
Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta
berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut
|
|
|
|||
|
|||||
3.3
Mendeskripsikan keterkaitan sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan
sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan tertentu terhadap kesehatan
manusia
|
|||||
3.4
Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada
berbagai kondisi
|
|||||
3.5
Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan
hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
|
|||||
3.6
Mendeskripsikan sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem
pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunaan energi makanan
|
|
|
|||
|
|||||
3.7
Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman
(segar dan dalam kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta pengaruhnya
terhadap kesehatan
|
|||||
3.8
Memahami tekanan pada zat cair dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa respirasi, dan tekanan
osmosis
|
|||||
|
|||||
3.9
Menjelaskan struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapannya
dalam menjaga kesehatan diri
|
|||||
3.10
Memahami konsep getaran, gelombang, bunyi, dan pendengaran, serta
penerapannya dalam sistem sonar pada hewan dan dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|||
|
|
||||
3.11
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya
untuk menjelaskan penglihatan manusia, proses pembentukan bayangan pada mata
serangga, dan prinsip kerja alat optik
|
|
||||
|
|
||||
3.12
Mendeskripsikan struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi dan
gunung api, serta tindakan yang diperlukan untuk mengurangi resiko bencana
|
|
|
|||
|
|
|
|||
3.13
Mendeskripsikan karakteristik matahari, bumi, bulan, planet, benda angkasa
lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta
pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi
|
|
|
|||
3.14
Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap matahari serta menjelaskan
perubahan siang dan malam, peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan,
perubahan musim serta dampaknya bagi kehidupan di bumi
|
|
|
|||
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan
tentang pengaruh gaya terhadap gerak
|
|
|
||
4.2
Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan
ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain
bangunan)
|
|
|
|||
4.3
Melakukan penyelidikan tentang sifat-sifat bahan dan mengusulkan ide-ide
pemanfaatan bahan berdasarkan sifatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|||
4.4
Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan
dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari
|
|
|
|||
4.5
Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada pesawat sederhana
|
|
|
|||
4.6
Melakukan penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan
|
|
|
|||
4.7
Menyajikan data, informasi, dan mengusulkan ide pemecahan masalah untuk
menghindari terjadinya penyalahgunaan zat aditif dalam makanan dan minuman
serta zat adiktif-psikotropika
|
|
|
|||
4.8
Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu,
gaya apung, kapilaritas (menyelidiki transport cairan dalam batang tumbuhan)
dan tekanan cairan pada ruang tertutup
|
|
|
|||
4.9
Membuat peta pikiran (mapping mind) tentang struktur dan fungsi sistem
eksresi pada manusia dan penerapanya dalam menjaga kesehatan diri
|
|
|
|||
4.10
Melakukan pengamatan atau percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi
|
|
|
|||
4.11
Membuat laporan hasil penyelidikan tentang pembentukan bayangan pada cermin,
lensa, dan alat optic
|
|
|
|||
4.12
Menyajikan laporan hasil pengamatan atau penelusuran informasi tentang
karakteristik komponen tata surya
|
|
|
|||
Kelas
IX
|
|
|
|
||
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan
serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
Siswa menguasai konsep-konsep biologi dan saling
keterkaitannya serta mampu menggunakan metode ilmiah untuk memecahkan masalah
dihadapi sehingga lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan penciotanya.
|
1. siswa
memahami konsep tentang pola-pola kelangsungan hidup dengan jalan mengadakan
p`engamatan, menafsirkan hasil pengamatan, merencanakan dan melakukan
percobaan, meramalkan serta berkomunikasi.
|
||
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas
sehari-hari
|
|
2. siswa mampu
mengadakan pengamatan, menafsirkan hasil pengamatan, merencanakan dan
melakukan percobaan, meramalkan serta mengkomunikasikan pemahaman berbagai
konsep tentang penyesuaian diri terhadap lingkungan.
|
||
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
|
|
3. siswa
memahami konsep tentang usaha manusia dalam meningkatkan produksi pangan
dengan jalan mengadakan pengamatan, menafsirkan hasil pengamatan dan meramalkan
serta berkomunikasi.
|
|||
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas
sehari-hari
|
|
4. Siswa memahami konsep tentang makanan dan kesehatan
dengan jalan mengadakan pengamatan, menafsirkan hasil pengamatan,
merencanakan kegiatan, meramalkan serta dapat mengkomunikasikan berbagai
konsep tentang makanan dan kesehatan.
|
|||
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
|
|
5.
Siswa memahami konsep kependidikan dengan jalan mengadakan pengamatan,
menafsirkan hasil pengamatan, merencanakan dan melakukan kegiatan, meramalkan
serta berkomunikasi.
|
|||
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan
dan penyakit pada sistem reproduksi dan penerapan pola hidup yang menunjang
kesehatan reproduksi
|
|
|
||
3.2
Memahami reproduksi pada tumbuhan dan hewan, sifat keturunan, serta
kelangsungan makhluk hidup
|
|
|
|||
3.3
Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
|
|
|
|||
3.4
Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion dan molekul, serta
hubungannya dengan karakteristik bahan/material yang digunakan dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
|||
|
|
|
|||
|
|
|
|||
3.5
Memahami konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran
listrik, kelistrikan pada sistem syaraf dan contohnya pada hewan-hewan yang
mengandung listrik
|
|
|
|||
3.6
Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik,
sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya
dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan teknologi listrik di
lingkungan sekitar
|
|
|
|||
3.7
Mendeskripsikan konsep medan magnet, induksi elektro magnetik, dan
penggunaannya dalam produk teknologi, serta pemanfaatan medan magnet dalam pergerakan/navigasi
hewan untuk mencari makanan dan migrasi
|
|
|
|||
|
|
|
|||
3.8
Mengidentifikasi proses dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam
pemuliaan mahluk hidup
|
|
|
|||
3.9
Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup
manusia melalui produksi pangan
|
|
|
|||
3.10
Membedakan proses dan produk teknologi yang merusak lingkungan dan ramah
lingkungan
|
|
|
|||
3.11
Memahami pentingnya tanah dan organisme yang hidup dalam tanah untuk
keberlanjutan kehidupan
|
|
|
|||
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber tentang penyakit
menular seksual dan upaya pencegahannya
|
|
|
||
4.2
Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan
|
|
|
|||
4.3
Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang perkembangan penduduk dan
dampaknya bagi lingkungan
|
|
|
|||
4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki
muatan listrik statis dan interaksinya, serta sifat hantaran listrik bahan
|
|
|
|||
4.5 Melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristik
rangkaian listrik, serta hubungan energi listrik dengan tegangan, kuat arus
dan waktu pemakaian
|
|
|
|||
4.6 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip
elektromagnetik dan/atau induksi elektromagnetik
|
|
|
|||
4.7 Melakukan percobaan sederhana untuk menemukan hukum
pewarisan sifat mahluk hidup
|
|
|
|||
4.8 Menyajikan hasil penyelidikan, ide-ide, atau peneluran informasi
tentang penerapan bio-teknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia
melalui produksi pangan
|
|
|
|||
4.9 Menyajikan data dan informasi tentang proses dan produk
teknologi yang tidak merusak lingkungan
|
|
|
|||
4.10 Melakukan penyelidikan tentang fungsi tanah bagi
keberlangsungan kehidupan
|
|
||||
3. 1) Pada Kurikulum 1984 tujuan kurikuler
tergabung, tidak terklasifikasi menjadi 4 seperti pada KI tahun 2013.
2) Tidak ada kejelasan proporsi antara aspek spiritual, sosial, kognitif
dan psikomotor pada K.13 lebih rinci
4. Tidak ada istilah tujuan kurikuler dan tujuan instruksional pada
kurikulum 2013 melainkan terdapat kompetensi inti dan kompetensi dasar yang
sudah jelas pengklasifikasiannya antara aspek spiritual, sosial, kognitif dan
psikomotorik.
No comments:
Post a Comment