CARA MENJABARKAN KOMPETENSI DASAR KE DALAM INDIKATOR KOMPETENSI

CARA MENJABARKAN KOMPETENSI DASAR KE DALAM INDIKATOR KOMPETENSI
Langkah penting yang harus dipahami guru dalam kaitannya dengan KTSP, ialah bahwa guru harus mampu menjabarkan kompetensi dasar ke dalam indikator kompetensi, yang siap dijadikan pedoman pembelajarandan acuan penilaian. Namun sebelumnya, harus dipahami dulu apa itu kompetensi dasar dan apa iu indikator kompetensi. Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi. Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau di observasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Sehubungan dengan itu, dalam abagian ini dikemukakan daftar kata-kata operasional yang dapat digunakan untuk indikator kompetensi, dan contoh menjabarkan SKKD ke dalam indikator kompetensi.
1.       Daftar Kata-kata Operasional untuk Indikator
Berikut dijadikan kata-kata operasional yang dapat digunakan untuk indikator kompetensi, baik yang menyangkut kognitif, afektif, maupun psikomotorik (Moore, 2001: 92-94, Rosyada, 2004: 140-142).
No
Aspek
Kompetensi
Indikator Kompetensi
01
Kognitif
Knowledge (Pengetahuan)

Comprehension (Pemahaman)


Application (penerapan)

Analysis (Analisis)

Synthesis (Sintesis)

Evaluation (Evaluasi)
Menyebutkan, menuliskan, menyatakan, mengurutkan, mengidentifikasi, mendefinisikan, mencocokkan, memberi nama, memberi label, melukiskan.
Menerjemahkan, mengubah, menggeneralisasi, meguraikan, menuliskan kembali, merangkum, membedakan, mempertahankan, menyimpulkan, mengemukakan pendapat, dan menjelaskan.
Mengoperasikan, menghasilkan, mengubah, mengatasi, menggunakan, menunjukkan, mempersiapkan, dan menghitung.
Menguraikan, membagi-bagi, memilih, dan membedakan.
Merancang, merumuskan, mengorganisasikan, menerapkan, memadukan, dan merencanakan.
Mengkritisi, menafsirkan, mengadili, dan memberikan evaluasi.
02
Afektif
Receiving (Penerimaan)

Responding (Menanggapi)

Valuing (Penanaman nilai)

Organization (Pengorganisasian)

Characterization (karakterisasi)

Mempercayai, memilih, mengikuti, bertanya, dan mengalokasikan.

Konfirmasi, menjawab, membaca, membantu, melaksanakan, melaporkan, dan menampilkan.

Menginisiasi, mengundang, melibatkan, mengusulkan dan melakukan

Memverifikasi, menyusun, menyatukan, menghubungkan mempengaruhi

Menggunakan nilai-nilai sebagai pandangan hidup, mempertahankan nilai-nilai yang sudah diyakini.
03
Psychomotor (Gerak Jiwa)
Observing (Pengamatan)


Imitation (Peniruan)



Practicing (pembiasaan)

Adapting (penyesuaian)
Mengamati proses, memberi perhatian pada tahap-tahap sebuah perbuatan, memberi perhatian pada sebuah artikulasi.

Melatih, mengubah, membongkar sebuah struktur, membangun kembali sebuah struktur, dan menggunakan sebuah model.

Membiasakan perilaku yang sudah dibentuknya, mengontrol kebiasaan agar tetap konsisten.

Menyesuaikan model, mengembangkan model, dan menerapkan model

2.       Contoh Cara Menjabarkan Kompetensi Dasar ke dalam Indikator Kompetensi
a.       Mengidentifikasi kata-kata untuk indikator kompetensi
Cara atau langkah yang paling mudah untuk menjabarkan kompetensi dasar ke dalam indikator kompetensi adalah menambah kolom di sebelah kanan pada format standar kompetensi dan kompetensi dasar, seperti berikut ini.
Satuan Pendidikan          :               Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Mata Pelajaran                 :               Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas                                     :               VII. Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia





1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
1.2 Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia
1.1.1 Menguraikan
1.1.2 Menunjukkan
1.1.3 Menjelaskan

1.2.1 Mengurutkan
1.2.2 Menggambarkan
1.2.3 Menulis ulang
1.2.4 Menafsirkan
2. Memahami kehidupan sosial manusia
2.1 Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
2.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
2.3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
2.4 Menguraikan proses interaksi sosial
2.1.1 Mengurutkan
2.1.2 Mengkritisi
2.1.3 memberikan evaluasi

2.2.1 Menjelaskan
2.2.2 Membedakan
2.2.3 Mempengaruhi

2.2.1 Mengidentifikasi
2.2.2 Mengurutkan
2.2.3 Mengamati
3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam kaitanyya dengan usaha memenuhi kebutuhan dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia
3.2 Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
3.1.1 Menjelaskan
3.1.2 Mendefinisikan
3.1.3 Menujukkan
3.1.4 Meramalkan


3.2.1 Membandingkan
3.2.2 Menidentifikasi
3.2.3 Menerapkan
3.2.4 Menafsirkan

Untuk memilih kata-kata operasional dalam indikator, bisa melihat daftar kata-kata operasional sebegaimana dikemukakan di atas. Dalam pada itu guru bisa menambahkan kata-kata operasional untuk mengisi indikator yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, kebutuhan daerah, dan kondisi satuan pendididkan masing-masing.

b.      Mengembangkan kalimat indikator
Setelah indikator kompetensi dari kompetensi dasar yang akan diajarkan telah diidentifikasi, selanjutnya dikembangkan dalam kalimat indikator yang merupakan karaktersitik kompetensi dasar, sebagai berikut.

Standar Kompetensi       :               Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar           :               1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator Kompetensi    :
1.1.1          menguraikan keragaman bentuk muka bumi
1.1.2          menunjukkan proses pembentukan muka bumi

1.1.3          menjelaskan dampak keragaman bentuk muka bumi terhadap kehidupan.

No comments:

Post a Comment