CARA MENJABARKAN KOMPETENSI
DASAR KE DALAM INDIKATOR KOMPETENSI
Langkah penting yang harus dipahami guru dalam
kaitannya dengan KTSP, ialah bahwa guru harus mampu menjabarkan kompetensi
dasar ke dalam indikator kompetensi, yang siap dijadikan pedoman
pembelajarandan acuan penilaian. Namun sebelumnya, harus dipahami dulu apa itu
kompetensi dasar dan apa iu indikator kompetensi. Kompetensi dasar adalah
sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran
tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi. Indikator kompetensi
adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau di observasi untuk menunjukkan
ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata
pelajaran. Sehubungan dengan itu, dalam abagian ini dikemukakan daftar
kata-kata operasional yang dapat digunakan untuk indikator kompetensi, dan
contoh menjabarkan SKKD ke dalam indikator kompetensi.
1. Daftar Kata-kata Operasional untuk Indikator
Berikut dijadikan kata-kata operasional yang dapat digunakan untuk
indikator kompetensi, baik yang menyangkut kognitif, afektif, maupun psikomotorik
(Moore, 2001: 92-94, Rosyada, 2004: 140-142).
No
|
Aspek
|
Kompetensi
|
Indikator
Kompetensi
|
01
|
Kognitif
|
Knowledge (Pengetahuan)
Comprehension (Pemahaman)
Application (penerapan)
Analysis (Analisis)
Synthesis (Sintesis)
Evaluation (Evaluasi)
|
Menyebutkan,
menuliskan, menyatakan, mengurutkan, mengidentifikasi, mendefinisikan,
mencocokkan, memberi nama, memberi label, melukiskan.
Menerjemahkan,
mengubah, menggeneralisasi, meguraikan, menuliskan kembali, merangkum,
membedakan, mempertahankan, menyimpulkan, mengemukakan pendapat, dan
menjelaskan.
Mengoperasikan,
menghasilkan, mengubah, mengatasi, menggunakan, menunjukkan, mempersiapkan,
dan menghitung.
Menguraikan,
membagi-bagi, memilih, dan membedakan.
Merancang,
merumuskan, mengorganisasikan, menerapkan, memadukan, dan merencanakan.
Mengkritisi,
menafsirkan, mengadili, dan memberikan evaluasi.
|
02
|
Afektif
|
Receiving (Penerimaan)
Responding (Menanggapi)
Valuing (Penanaman nilai)
Organization (Pengorganisasian)
Characterization (karakterisasi)
|
Mempercayai,
memilih, mengikuti, bertanya, dan mengalokasikan.
Konfirmasi,
menjawab, membaca, membantu, melaksanakan, melaporkan, dan menampilkan.
Menginisiasi,
mengundang, melibatkan, mengusulkan dan melakukan
Memverifikasi,
menyusun, menyatukan, menghubungkan mempengaruhi
Menggunakan
nilai-nilai sebagai pandangan hidup, mempertahankan nilai-nilai yang sudah
diyakini.
|
03
|
Psychomotor
(Gerak Jiwa)
|
Observing (Pengamatan)
Imitation (Peniruan)
Practicing (pembiasaan)
Adapting (penyesuaian)
|
Mengamati
proses, memberi perhatian pada tahap-tahap sebuah perbuatan, memberi
perhatian pada sebuah artikulasi.
Melatih,
mengubah, membongkar sebuah struktur, membangun kembali sebuah struktur, dan
menggunakan sebuah model.
Membiasakan
perilaku yang sudah dibentuknya, mengontrol kebiasaan agar tetap konsisten.
Menyesuaikan
model, mengembangkan model, dan menerapkan model
|
2. Contoh Cara Menjabarkan Kompetensi Dasar ke dalam
Indikator Kompetensi
a.
Mengidentifikasi kata-kata untuk indikator kompetensi
Cara atau langkah yang paling mudah untuk
menjabarkan kompetensi dasar ke dalam indikator kompetensi adalah menambah
kolom di sebelah kanan pada format standar kompetensi dan kompetensi dasar,
seperti berikut ini.
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
(SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas : VII. Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1. Memahami lingkungan
kehidupan manusia
|
1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan
dampaknya terhadap kehidupan
1.2 Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia
|
1.1.1 Menguraikan
1.1.2 Menunjukkan
1.1.3 Menjelaskan
1.2.1 Mengurutkan
1.2.2 Menggambarkan
1.2.3 Menulis ulang
1.2.4 Menafsirkan
|
2. Memahami kehidupan
sosial manusia
|
2.1 Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
2.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
2.3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
2.4 Menguraikan proses interaksi sosial
|
2.1.1 Mengurutkan
2.1.2 Mengkritisi
2.1.3 memberikan evaluasi
2.2.1 Menjelaskan
2.2.2 Membedakan
2.2.3 Mempengaruhi
2.2.1 Mengidentifikasi
2.2.2 Mengurutkan
2.2.3 Mengamati
|
3. Memahami usaha manusia
memenuhi kebutuhan
|
3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang
bermoral dalam kaitanyya dengan usaha memenuhi kebutuhan dan pemanfaatan
sumber daya yang tersedia
3.2 Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip
ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
|
3.1.1 Menjelaskan
3.1.2 Mendefinisikan
3.1.3 Menujukkan
3.1.4 Meramalkan
3.2.1 Membandingkan
3.2.2 Menidentifikasi
3.2.3 Menerapkan
3.2.4 Menafsirkan
|
Untuk memilih kata-kata operasional dalam indikator, bisa melihat daftar
kata-kata operasional sebegaimana dikemukakan di atas. Dalam pada itu guru bisa
menambahkan kata-kata operasional untuk mengisi indikator yang sesuai dengan
karakteristik peserta didik, kebutuhan daerah, dan kondisi satuan pendididkan
masing-masing.
b.
Mengembangkan kalimat
indikator
Setelah indikator kompetensi dari kompetensi dasar yang akan diajarkan
telah diidentifikasi, selanjutnya dikembangkan dalam kalimat indikator yang
merupakan karaktersitik kompetensi dasar, sebagai berikut.
Standar Kompetensi : Memahami lingkungan kehidupan
manusia
Kompetensi
Dasar : 1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses
pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator Kompetensi :
1.1.1
menguraikan keragaman bentuk muka bumi
1.1.2
menunjukkan proses pembentukan muka bumi
1.1.3
menjelaskan dampak keragaman bentuk muka bumi
terhadap kehidupan.
No comments:
Post a Comment