RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Keanekaragaman Hayati

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Sekolah                       : SMA/MA
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas / Semester          : X / 2
Materi Pokok              : Keanekaragaman Hayati
Alokasi Waktu            : 30 menit

A.    Kompetensi Inti
1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab ( gotong royong, kerja sama,toleran, damai ), santun, responsif dan produktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan,menganalisis pengetahuan faktual,konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni,budaya dan humoriora, dan wawasan kemanusiaan, kebangsaan kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadiann serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah  abstrak terkait dengan pengembangan dari yang diperolehnya di sekolah secara mandiri, dan mapu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar
3.7 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem melalui kegiatan pengamatan.
C.     Indikator
1.      Menjelaskan  pengertian keanekaragaman hayati
2.      Menyebutkan beberapa contoh keanekaragaman hayati tingkat gen
3.      Menyebutkan beberapa contoh keanekatagaman hayati tingkat jenis
4.      Menyebutkan beberapa contoh keanekaragaman hayati tingkat ekosistem
5.      Dapat membedakan antara keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis dan ekosistem.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati.
2.      Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh keanekaragaman hayati tingkat gen.
3.      Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh keanekaragaman hayati tingkat jenis.
4.      Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh keanekaragaman hayati tingkat ekosistem.
5.      Peserta didik dapat membedakan antara keanekaragaman tingkat gen, jenis dan ekosistem.

E.     Materi Pembelajaran
Keanekaragaman hayati adalah keseluruhan variasi berupa bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat yang dapat ditemukan pada makhluk hidup. Keanekaragaman hayati dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan.
Secara garis besar keanekaragaman hayati dibedakan menjadi 3 tingkat, yaitu tingkat gen, tingkat jenis dan tingkat ekosistem.
1.      Keanekaragaman tingkat gen
Keanekaragaman tingkat gen menyebabkan variasi antarindividu sejenis. Gen adalah materi dalam kromosom makhluk hidup yang mengendalikan sifat organisme. Contoh keanekaragaman tingkat gen adalah pada jenis mangga : mangga cengkir, mangga harum manis, mangga gedong, mangga kweni, dll.
2.      Keanekaragaman tingkat jenis
Keanekaragaman pada tingkat ini mudah diamati karena perbedaannya sangat mencolok. Contohnya adalah pohon kelapa, kurma, sagu.
3.      Keanekaragaman tingkat ekosistem
Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkugannya. Ekosistem terdiri dari faktor biotik dan faktor abiotik yang memiliki berbagai variasi. Oleh karena itu ekosistem yang terdiri dari faktor biotik dan abiotik bervariasi pula. Contohnya adalah ekosistem pantai, ekosistem air tawar, ekosistem padang rumput, dll.

F.      Metode dan Pendekatan
1. Metode                  : Ceramah, Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
2. Pendekatan                        : Saintifik
G.    Media dan Alat Pembelajaran
1. Buku Lembar Kerja Siswa (LKS) SMA/MA
2. PPT
3. Charta
4. Alat tulis
H.    Sumber Belajar
1. Buku Slamet Prawiro Hartono-Sri Hidayati.2013.Konsep dan Penerapan BIOLOGI.Jakarta.(SMA/MA kelas X semester 1)
2. Sri Maryati, dkk.2006.BIOLOGI.Jakarta:Erlangga.(SMA/MA kelas X semester 2)
I.  Langkah-langkah Kegiatan (learning activities)
Pendahuluan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi waktu

Ø  Salam,,Do’a
Ø  Mengecek kehadiran siswa
Ø  Apersepsi : pada materi sebelumnya kita telah mempelajari tentang jamur. Jamur terdiri dari berbagai variasi bentuk, ukuran dan warna. Variasi itulah yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman hayati.
Ø  Motivasi : Sepanjang perjalanan ke sekolah, makhluk hidup apa saja yang kalian jumpai ?
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai.

-    Peserta didik merespon dengan  menjawab salam dan melanjutkan dengan berdo’a
-    Peserta didik menjawab dengan bahasa mereka sendiri dan sesuai dengan pengetehuan yang mereka miliki.
5 menit
Inti


Alokasi waktu
Mengamati
Ø  Guru meminta peserta didik untuk mengamati gambar-gambar tentang keanekaragaman hayati yang telah di tayangkan oleh guru dengan bantuan bimbingan dari guru.
-    Peserta didik mengamati gambar keanekaragaman hayati dengan bimbingan guru.
22 menit
Menanya
Ø  Peserta didik dimotivasi untuk timbul pertanyaan seperti :
-    Kenapa dalam satu indukan kucing memiliki anak yang warnanya berbeda-beda?
-    Dalam tingkat apakah makhluk hidup tersebut di kelompokkan?
-    Peserta didik termotivasi untuk membuat pertanyaan tentang gambar-gambar yang telah di tayangkan oleh guru.
Mengumpulkan data
Ø  Guru meminta peserta didik untuk duduk secara berkelompok dan meminta peserta didik untuk memberikan contoh keanekaragaman hayati selain yang sudah di tayangkan dan mengerjakan LKS yang telah di bagikan.
Ø  Sembari peserta didik berdiskusi, Guru menilai keaktifan peserta didik dalam bekerja kelompok.
-    Peserta didik mengerjakan LKS dan saling berdiskusi
Mengasosiasikan
Ø  Guru meminta peserta didik untuk mengelompokkan makhluk hidup yang telah mereka sebutkan beserta alasannya
-    Peserta didik berdiskusi untuk mengelompokkan makhluk hidup yang telah mereka sebutkan.
Mengkomunikasikan
Ø  Guru meminta beberapa kelompok untuk menyampaikan hasil yang telah mereka diskusikan.
Ø  Guru   merefleksi hal-hal penting yang belum tersampaikan oleh peserta
-    Peserta didik perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi.
Penutup


Alokasi waktu

Ø  Guru mengevaluasi ketercapaian indikator dengan cara memberikan beberapa pertanyaan yang mencakup semua indikator.
Ø  Guru menyimpulkan bersama-sama materi yang telah dipelajari.
Ø  Guru memberikan pekerjaan rumah (PR).
Ø  Guru memberi tahukan materi yang akan di bahas untuk pertemuan berikutnya.
Ø  Salam

-    Peserta didik menyimpulkan materi bersama dengan guru
3 menit
















Penilaian :
Indikator
Pertanyaan
Kunci jawaban
1. Menjelaskan  pengertian keanekaragaman hayati

Apa yang dimaksud dengan keanegaragaman hayati?
Merupakan varasi atau perbedaan bentuk-bentuk makhluk hidup, meliputi perbedaan pada tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme, materi genetik yang di kandungnya, serta bentuk-bentuk ekosistem tempat hidup suatu makhluk hidup
2. Menyebutkan beberapa contoh keanekaragaman hayati tingkat gen

Sebutkan contoh keanekaragaman hayati tingkat gen yang kalian ketahui
-          Mangga golek, mangga kuweni, mangga arum manis
-          Mawar merah, mawar merah muda, mawar kuning
3. Menyebutkan beberapa contoh keanekaragaman hayati tingkat gen

Sebutkan contoh keanekaragaman hayati tingkat spesies/jenis yang kalian ketahui
-          Kucing, harimau, singa

4. Menyebutkan beberapa contoh keanekaragaman hayati tingkat gen

Sebutkan contoh keanekaragaman hayati tingkat ekosistem yang kalian ketahui
-          Laut, sawah, padang rumput,padang pasir, gurun
5.Membedakan antara keanekaragaman tingkat gen, jenis dan spesies
Burung, ayam, itik, angsa
Termasuk kedalam keanekaragaman hayati tingkat apakah contoh kelompok hewan diatas?
-          Keanekaragaman hayati tingkat spesies.
Karena kelompok hewan tersebut memiliki ciri-ciri fisik yang sama tetapi spesies spesiesnya berbeda.




No.
Nama Siswa
KRITERIA SIKAP
Jumlah Skor
Nilai
Disiplin
Kerjasama
Kejujuran
Kepedulian
Peduli
Tanggung jawab
1.
2.
3.
4.
5.
6.
dst
*) Ketentuan:
·           1 = jika peserta didik tidak konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·           2 = jika peserta didik belum konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·           3 = jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·           4 = jika peserta didik sudah konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam   indicator









Kunci jawaban
A.
1. Aà memiliki bentuk yang sama dan warna yang sama
    Bà Memiliki bentuk dan warna yang berbeda-beda
2. Kotak B, karena pada kotak B bentuk dan warna gambarnya beragam/bervariasi
3. keanekaragaman pada makhluk hidup (tumbuhan) yang menunjukkan adanya variasi bentuk, warna, dan ukuran.
B.
1. - A, D,H
    - F, G, I
    - C,E
2. Terdapat variasi pada makhluk hidup sesuai dengan jenis dan tempat yang berbeda.










No comments:

Post a Comment