RPP (Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran)
Sekolah : SMA/MA
Mata
Pelajaran :
Biologi
Kelas / Semester :
X / 2
Materi Pokok :
Keanekaragaman Hayati
Alokasi
Waktu : 30
menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab ( gotong royong, kerja
sama,toleran, damai ), santun, responsif dan produktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan,menganalisis pengetahuan faktual,konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni,budaya dan
humoriora, dan wawasan kemanusiaan, kebangsaan kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadiann serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang diperolehnya di sekolah secara mandiri, dan mapu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
3.7 Mendeskripsikan konsep
keanekaragaman gen, jenis, ekosistem melalui kegiatan pengamatan.
C.
Indikator
1.
Menjelaskan pengertian
keanekaragaman hayati
2.
Menyebutkan beberapa contoh
keanekaragaman hayati tingkat gen
3.
Menyebutkan beberapa contoh
keanekatagaman hayati tingkat jenis
4.
Menyebutkan beberapa contoh
keanekaragaman hayati tingkat ekosistem
5.
Dapat membedakan antara
keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis dan ekosistem.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah melakukan pengamatan dan
diskusi, siswa dapat menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati.
2.
Setelah melakukan pengamatan dan
diskusi, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh keanekaragaman hayati tingkat
gen.
3.
Setelah melakukan pengamatan dan
diskusi, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh keanekaragaman hayati tingkat
jenis.
4.
Setelah melakukan pengamatan dan
diskusi, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh keanekaragaman hayati tingkat
ekosistem.
5.
Peserta didik dapat membedakan
antara keanekaragaman tingkat gen, jenis dan ekosistem.
E.
Materi Pembelajaran
Keanekaragaman hayati adalah keseluruhan variasi
berupa bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat yang dapat ditemukan pada makhluk
hidup. Keanekaragaman hayati dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor genetik
dan faktor lingkungan.
Secara garis besar keanekaragaman hayati dibedakan menjadi 3 tingkat,
yaitu tingkat gen, tingkat jenis dan tingkat ekosistem.
1.
Keanekaragaman tingkat gen
Keanekaragaman tingkat gen menyebabkan variasi
antarindividu sejenis. Gen adalah materi dalam kromosom makhluk hidup yang
mengendalikan sifat organisme. Contoh keanekaragaman tingkat gen adalah pada
jenis mangga : mangga cengkir, mangga harum manis, mangga gedong, mangga kweni,
dll.
2.
Keanekaragaman tingkat jenis
Keanekaragaman pada tingkat ini mudah diamati karena
perbedaannya sangat mencolok. Contohnya adalah pohon kelapa, kurma, sagu.
3.
Keanekaragaman tingkat ekosistem
Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara
makhluk hidup dengan lingkugannya. Ekosistem terdiri dari faktor biotik dan
faktor abiotik yang memiliki berbagai variasi. Oleh karena itu ekosistem yang
terdiri dari faktor biotik dan abiotik bervariasi pula. Contohnya adalah
ekosistem pantai, ekosistem air tawar, ekosistem padang rumput, dll.
F.
Metode dan Pendekatan
1. Metode : Ceramah, Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
2. Pendekatan : Saintifik
G. Media dan Alat
Pembelajaran
1. Buku Lembar Kerja Siswa (LKS) SMA/MA
2. PPT
3. Charta
4. Alat tulis
H. Sumber Belajar
1. Buku Slamet Prawiro Hartono-Sri
Hidayati.2013.Konsep dan Penerapan BIOLOGI.Jakarta.(SMA/MA kelas X semester 1)
2. Sri Maryati,
dkk.2006.BIOLOGI.Jakarta:Erlangga.(SMA/MA kelas X semester 2)
I. Langkah-langkah
Kegiatan (learning activities)
Pendahuluan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi waktu
|
|
Ø
Salam,,Do’a
Ø
Mengecek kehadiran siswa
Ø
Apersepsi : pada materi
sebelumnya kita telah mempelajari tentang jamur. Jamur terdiri dari berbagai
variasi bentuk, ukuran dan warna. Variasi itulah yang menyebabkan terjadinya
keanekaragaman hayati.
Ø
Motivasi : Sepanjang
perjalanan ke sekolah, makhluk hidup apa saja yang kalian jumpai ?
Ø
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai.
|
- Peserta didik merespon
dengan menjawab salam dan melanjutkan dengan berdo’a
- Peserta didik
menjawab dengan bahasa mereka sendiri dan sesuai dengan pengetehuan yang
mereka miliki.
|
5 menit
|
Inti
|
|
|
Alokasi waktu
|
Mengamati
|
Ø Guru meminta
peserta didik untuk mengamati gambar-gambar tentang keanekaragaman hayati yang
telah di tayangkan oleh guru dengan bantuan bimbingan dari guru.
|
- Peserta didik
mengamati gambar keanekaragaman hayati dengan bimbingan guru.
|
22 menit
|
Menanya
|
Ø
Peserta didik dimotivasi
untuk timbul
pertanyaan seperti
:
- Kenapa dalam satu
indukan kucing memiliki anak yang warnanya berbeda-beda?
- Dalam tingkat
apakah makhluk hidup tersebut di kelompokkan?
|
- Peserta
didik termotivasi untuk membuat pertanyaan tentang
gambar-gambar yang telah di tayangkan oleh guru.
|
|
Mengumpulkan data
|
Ø Guru meminta peserta
didik untuk duduk secara berkelompok dan meminta peserta didik untuk
memberikan contoh keanekaragaman hayati selain yang sudah di tayangkan dan
mengerjakan LKS yang telah di bagikan.
Ø Sembari peserta didik
berdiskusi, Guru menilai keaktifan peserta didik dalam bekerja kelompok.
|
- Peserta didik
mengerjakan LKS dan saling berdiskusi
|
|
Mengasosiasikan
|
Ø Guru meminta peserta
didik untuk mengelompokkan makhluk hidup yang telah mereka sebutkan beserta
alasannya
|
- Peserta didik
berdiskusi untuk mengelompokkan makhluk hidup yang telah mereka sebutkan.
|
|
Mengkomunikasikan
|
Ø Guru meminta beberapa
kelompok untuk menyampaikan hasil yang telah mereka diskusikan.
Ø Guru merefleksi hal-hal penting yang belum
tersampaikan oleh peserta
|
- Peserta didik
perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi.
|
|
Penutup
|
|
|
Alokasi waktu
|
|
Ø Guru mengevaluasi ketercapaian indikator dengan cara
memberikan beberapa pertanyaan yang mencakup semua indikator.
Ø Guru menyimpulkan
bersama-sama materi yang telah dipelajari.
Ø Guru memberikan
pekerjaan rumah (PR).
Ø Guru memberi
tahukan materi yang akan di bahas untuk pertemuan berikutnya.
Ø Salam
|
- Peserta didik
menyimpulkan materi bersama dengan guru
|
3 menit
|
Penilaian :
Indikator
|
Pertanyaan
|
Kunci jawaban
|
1. Menjelaskan pengertian
keanekaragaman hayati
|
Apa yang dimaksud dengan keanegaragaman
hayati?
|
Merupakan varasi atau perbedaan
bentuk-bentuk makhluk hidup, meliputi perbedaan pada tumbuhan, hewan, dan
mikroorganisme, materi genetik yang di kandungnya, serta bentuk-bentuk
ekosistem tempat hidup suatu makhluk hidup
|
2. Menyebutkan beberapa contoh
keanekaragaman hayati tingkat gen
|
Sebutkan contoh keanekaragaman hayati
tingkat gen yang kalian ketahui
|
-
Mangga golek, mangga kuweni, mangga arum manis
-
Mawar merah, mawar merah muda, mawar kuning
|
3. Menyebutkan beberapa contoh
keanekaragaman hayati tingkat gen
|
Sebutkan contoh keanekaragaman hayati
tingkat spesies/jenis yang kalian ketahui
|
-
Kucing, harimau, singa
|
4. Menyebutkan beberapa contoh
keanekaragaman hayati tingkat gen
|
Sebutkan contoh keanekaragaman hayati
tingkat ekosistem yang kalian ketahui
|
-
Laut, sawah, padang rumput,padang pasir, gurun
|
5.Membedakan antara keanekaragaman tingkat gen,
jenis dan spesies
|
Burung, ayam, itik, angsa
Termasuk kedalam keanekaragaman hayati
tingkat apakah contoh kelompok hewan diatas?
|
-
Keanekaragaman hayati tingkat spesies.
Karena kelompok hewan tersebut memiliki
ciri-ciri fisik yang sama tetapi spesies spesiesnya berbeda.
|
No.
|
Nama Siswa
|
KRITERIA SIKAP
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||||
Disiplin
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Kepedulian
|
Peduli
|
Tanggung jawab
|
||||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
|||||||||
6.
|
|||||||||
dst
|
*) Ketentuan:
·
1 = jika peserta didik tidak konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera
dalam indikator
·
2 = jika peserta didik belum konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera
dalam indikator
·
3 = jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera
dalam indikator
·
4 = jika peserta didik sudah konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera
dalam indicator
Kunci jawaban
A.
1. Aà memiliki bentuk yang sama dan warna yang sama
Bà
Memiliki bentuk dan warna yang berbeda-beda
2. Kotak B, karena pada kotak B bentuk dan warna gambarnya
beragam/bervariasi
3.
keanekaragaman pada makhluk hidup (tumbuhan) yang menunjukkan adanya variasi
bentuk, warna, dan ukuran.
B.
1. - A, D,H
- F, G, I
- C,E
2. Terdapat
variasi pada makhluk hidup sesuai dengan jenis dan tempat yang berbeda.
No comments:
Post a Comment