Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Membedakan antara archaebacteria dan eubacteria
|
Mendeskripsikan pengelompokkan Archaebacteria dan Eubacteria
|
Bakteri ada yang merugikan dan menguntungkan
|
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
peserta
didik harus mengetahui
ciri-ciri archaebacteria dan eubacteria
·
Habitat archebacteria dan
eubacteria
·
Struktur sel archaebacteria
dan eubacteria
|
Peserta didik harus memahaami pengelompokkan
archaebacteria dan eubacteria:
·
Bakteri kelompok Archaebacteria
·
Halofilik,
·
Metanogenik,
·
Termoafil,
·
Bakteri kelompok Eubacteria
·
Proteobacteria
·
Bakteri gram positif
·
Cyanobacter
·
Spirochaeta
·
Chlamydia
|
Peserta
didik harus
memahami peranan bakteri:
·
Bakteri sebagai organisme
pengurai:
·
Bakteri dalam industry makanan:
·
Penyebab penyakit pada organisme
|
Mengapa
penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan
kurikulum]
|
Dengan mengetahui cirri-ciri archaeubacteria dan eubacteria peserta
didik dapat membedakannya dengan makhluk hidup yang lain
|
Dengan mengetahui klasifikasinya, peserta didik dapat mengetahui cara
reproduksinya dan habitatnya.
|
Penting untuk mengetahui peranannya
karena bakteri banyak manfaat dan kerugiannya
atas beragam
jenis penyakit pada organisme
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide
ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Konsep
bakteri merupakan materi yang abstrak, dalam menjelaskan cirri-ciri dan sifatnya
dibutuhkan banyak contoh dan model yang mudah dimengerti oleh peserta didik
|
Bakteri sangat banyak
jenisnya sehingga akan sulit untuk peserta didik dalam mengelompokkannya
ataupun menghafal nama namanya
|
Kesulitan
atau kendala peserta didik dalam peranan bakteri,
membedakan mana bakteri yang menguntungkan dan bakteri yang merugikan serta penyakit
yang disebabkannya
.
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Mengaitkan
hubungan antara konsep dengan pengalaman peserta didik
Menampilkan
tabel perbedaan archae
eubacter dan
meminta peserta didik untuk mengisi tabel tersebut
|
Mengaitkan
hubungan antara konsep dengan pengalaman peserta didik
Menampilkan gambar beberapa jenis bakteri dan meminta peserta didik
menyebutkan pengelompokkan bakteri tersebut
|
Membuat
hubungan antara konsep dan pengalaman peserta didik
Meminta
siswa untuk menyebutkan beberapa jenis makanan yang
prosesnya dibantu dengan bakteri dan penyakit yang disebabkan oleh bakteri
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan
tentang strategi instruksional dan representasi]
|
Menampilkan
gambar dari bentuk bakteri agar peserta didik dapat lebih mudah
untuk memahami ciri-ciri bakteri
|
Menampilkan
gambar jenis
archaebacteria dan eubacteria akan memperdalam pemahaman peserta didik
|
Menunjukan
contoh gambar dari makanan hasil fermentasi bakteri dan gambar beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri
|
Mengidentifikasi
cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan
tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan siswa
Meminta
siswa menjelaskan cirri-ciri bakteri.
|
Meminta siswa untuk menyebutkan kelompok archaebacteria dan kelompok
eubacteria.
|
Menilai prediksi siswa untuk menentukan
pemahaman siswa
Prediksi penyakit yang disebabkan bakteri
Prediksi
manfaat yang dihasilkan oleh bakteri
|
Konten Representasi (CORE) Materi Archaebacteria dan Eubacteria
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment