|
Ide A
|
Ide B
|
Ide C
|
|
|
Pengertian
keanekaragaman hayati
|
Perbedaan
keanekaragaman tingkat gen, spesies dan ekosistem
|
Contoh
keanekaragaman tingkat gen, spesies dan ekosistem
|
|
Mengapa siswa perlu mempelajari
ide/konsep tersebut?
|
-
Mengetahui manfaat setiap jenis organisme
|
-
Agar lebih mudah dan lebih tau kekerabatan suatu
makhluk hidup
|
-
Agar siswa terus mengingat dan semakin memahami
tentang keanekaragaman hayati
|
|
Hal-hal
apa saja yang harus dijelaskan dan belum saatnya dijelaskan?
|
-
Pengertian keanekaragaman hayati
-
Sebaiknya jangan dulu mengelompokkan antara gen,
jenis, dan ekosistem
|
-
Ciri-ciri yang membedakan antara makhluk hidup satu
dengan yang lain
|
-
Beberapa tempat dimana terdapat bermacam-macam
keanekaragaman hayati
|
|
Mengidentifikasi potensi
kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai
peserta didik]
|
-
Menghafal
|
-
Sering tertukar antara keanekaragaman gen, spesies
dan ekosistem jika tidak fokus
|
-
Jika peserta didik tidak banyak mengetahui nama-nama
makhlukhidup
|
|
Bagaimana siswa memikirkan
konsep tersebut?
|
-
Membacanya dengan berkali-kali
|
-
Mengamati dan mengidentifikasi semua anggota
keluarganya.
|
-
Menyebutkan beberapa makhluk hidup serta
cirri-cirinya yang terdapat di sekitar rumah.
|
|
Mengidentifikasi pengetahuan
siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai
peserta didik]
|
-
Pentingnya untuk mengetahui suatu keragaman dalam
kehidupan
|
-
Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum
siswa mengetahui secara benar pengelompokan makhluk hidup
|
-
Menggunakan contoh makhluk hidup yang sering kita
jumpai
|
|
Strategi pengajaran dan
representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi
ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang
strategi instruksional dan representasi]
|
-
Suatu taman yang memiliki bunga dengan beranekaragam
jenis.
-
Meminta siswa untuk menyebutkan makhluk hidup yang
terdapat di sekitar rumahnya
|
-
Menyebutkan perbedaan sifat yang dimiliki setiap
anggota keluarganya.
|
-
Menyebutkan makhluk hidup yang ada disekitarnya
|
|
Mengidentifikasi cara
memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang
Penilaian]
|
-
Meminta siswa untuk mendefinisikan pengertian
keanekaragaman hayati.
-
Dengan cara menyebutkan makhluk hidup yang terdapat
di sekitar rumahnya dan menyebutkan perbedaan apa saja yang di miliki oleh
beberapa makhluk hidup yang telah di sebutkan
|
-
Meminta siswa untuk mendeskripsikan suatu gambar.
-
Dengan cara memberi contoh hewan dan tumbuhan yang
banyak berada di sekitar kita
|
-
Meminta siswa untuk mengelompokkan makhluk hidup
yang ada di sekitar rumahnya.
-
Dengan memahami cirri, bentuk yang membedakan
|
|
CORE Keanekaragaman hayati
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment