CORE Keanekaragaman hayati


Ide A
Ide B
Ide C


Pengertian keanekaragaman hayati
Perbedaan keanekaragaman tingkat gen, spesies dan ekosistem
Contoh keanekaragaman tingkat gen, spesies dan ekosistem

 Mengapa siswa perlu mempelajari ide/konsep tersebut?

-          Mengetahui manfaat setiap jenis organisme
-          Agar lebih mudah dan lebih tau kekerabatan suatu makhluk hidup
-          Agar siswa terus mengingat dan semakin memahami tentang keanekaragaman hayati

Hal-hal apa saja yang harus dijelaskan dan belum saatnya dijelaskan?
-          Pengertian keanekaragaman hayati
-          Sebaiknya jangan dulu mengelompokkan antara gen, jenis, dan ekosistem
-          Ciri-ciri yang membedakan antara makhluk hidup satu dengan yang lain
-          Beberapa tempat dimana terdapat bermacam-macam keanekaragaman hayati


Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]

-          Menghafal
-          Sering tertukar antara keanekaragaman gen, spesies dan ekosistem jika tidak fokus
-          Jika peserta didik tidak banyak mengetahui nama-nama makhlukhidup




 Bagaimana siswa memikirkan konsep tersebut?

-          Membacanya dengan berkali-kali
-          Mengamati dan mengidentifikasi semua anggota keluarganya.
-          Menyebutkan beberapa makhluk hidup serta cirri-cirinya yang terdapat di sekitar rumah.

Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
-          Pentingnya untuk mengetahui suatu keragaman dalam kehidupan
-          Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum siswa mengetahui secara benar pengelompokan makhluk hidup
-          Menggunakan contoh makhluk hidup yang sering kita jumpai

Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
-          Suatu taman yang memiliki bunga dengan beranekaragam jenis.
-          Meminta siswa untuk menyebutkan makhluk hidup yang terdapat di sekitar rumahnya
-          Menyebutkan perbedaan sifat yang dimiliki setiap anggota keluarganya.
-          Menyebutkan makhluk hidup yang ada disekitarnya

Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
-          Meminta siswa untuk mendefinisikan pengertian keanekaragaman hayati.
-          Dengan cara menyebutkan makhluk hidup yang terdapat di sekitar rumahnya dan menyebutkan perbedaan apa saja yang di miliki oleh beberapa makhluk hidup yang telah di sebutkan
-          Meminta siswa untuk mendeskripsikan suatu gambar.
-          Dengan cara memberi contoh hewan dan tumbuhan yang banyak berada di sekitar kita
-          Meminta siswa untuk mengelompokkan makhluk hidup yang ada di sekitar rumahnya.
-          Dengan memahami cirri, bentuk yang membedakan

No comments:

Post a Comment