RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) Pemanasan Global dan Dampaknya


Nama Sekolah           : SMPN 1 Kota Tangerang Selatan
Mata Pelajaran          : IPA TERPADU (Biologi)
Kelas/ Semester         : Kelas VII/Semester 2
Materi Pokok             : Pencemaran Lingkungan
Alokasi Waktu           : 1 x 30  Menit
 


A.      Kompetensi Inti               : 
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, dan tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

       Kompetensi Dasar     :
                                        1.2  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
                                       
                                        2.3  Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam memilih penggunaan bahan kimia untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan.
                                        3.10 Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem
                                        4.13 Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan penanggulangan masalah
B. Tujuan                  :
                                        1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertia pemanasan global.
                                        2. Peserta didik dapat menjelaskan penyebab dan dampak   dari  pemanasan global terhadap ekosistem lingkungan
                                         3. Peserta didik dapat memberikan usulan mengenai  penyelesaian masalah pemanasan global
           














I.     Indikator Pencapaian Kompetensi             :
3.10.1   Mampu menjelaskan pengertian   pemanasan global.
3.10.2 Mampu menjelaskan penyebab dan dampak dari  pemanasan global bagi ekosistem dan lingkungan
4.10.1 Mampu memberikan usulan atau ide mengenai penyelesaian masalah pemanasan global
II.  Materi Pembelajaran
            Pencemaran Udara
            Pencemaran udara yaitu aitu peristiwa masuknya zat, energi, atau komponen lainnya kedalam lingkungan udara, sehingga kualitas udara menurun yang akan mengganggu kehidupan manusia atau makhluk hidup lainnya. Bahan-bahan pencemaran udara yang dapat menguraikan kesehatan manusia yaitu antara lain, salah satunya CO2 atau karbon dioksida yang dapat menganggu pernafasan manusia dan menimbulkan kenaikan suhu di bumi. Tumbuhan hijau melalui fotosintesis dapat mengolah air dan CO2 menjadi karbohidrat dan oksigen. Dengan fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan hijau, ketersediaan oksigen terpenuhi. Namun, penebangan hutan secara besar-besaran mengakibatkan berkurangnya tumbuhan hijau. Ini berdampak pada berkurangnya ketersediaan oksigen dan meningkatnya kandungan karbon dioksida. Peningkatan CO2 menyebabkan peningkatan panas global atau panas pemukaan bumi. (Supriyadi, 2012)
Karbon dioksida CO2 dan karbon monoksida CO natara lain berasal dari asap kendaraan bermotor dan kebakaran hutan. Polutan ini menyebabkan terbentuknya asap kabut fotokimia, mengganggu sistem pernafasan, menganggu pengangkutan oksigen keseluruh jaringan tubuh oleh Hb, dan menimbulkan efek rumah kaca. Timbulnya efek rumah kaca dapt dijelaskan sebagai berikut. Dalam jumlah banyak CO2 menghalangi pantulan panas dari bumi ke atmosfer sehingga panas tersebut kembali lagi ke bumi. Akibatnya, suhu bumi secara global semakin tinggi. Efek yang sama ini terjadi pada rumah kaca (green house) yang digunakan untuk bercocok tanaman dengan cara hidroponik. Oleh karena itu suhu bumi secara global naik, pola cuaca di seluruh dunia terganggu dan di es kutub mencair. Akibat berikutnya permukaan laut naik sehingga kota-kota pantai dan beberapa pulau kecil tenggelam. (Budi, 2015)

III. Metode Pembelajaran                               : Ekspositori
Model/ Strategi Pembelajaran                  : Dicovery Learning
Pendekatan Pembelajaran                   : Saintifik
IV.Sumber Belajar                                          : 1. Sumber Belajar
·         Eksplorasi Ilmu Alam 1 Untuk kelas VII SMP dan Mts. (Brand Platinum)
·         Panduan Belajar IPA Kelas VII SMP/MTs. (Primagama SMART).
2. Bahan Ajar
         Buku-buku pelajaran Biologi
         Bahan presentasi
         Gambar-gambar
         Video
V. Langkah-langkah Pembelajaran                 :
Langkah-langkah pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik
A.    Pendahuluan (3 menit)
·         Pembukaan      : Guru memberikan salam dan Ketua kelas memimpin do’a sebelum belajar (sebagai implementasi nilai religius).
·         Memotivasi     : Memberikan ayat Al-Qur’an (Q.S Al-Furqan: 67) dan memotivasi peserta didik
·         Menjabarkan tujuan pembelajaran
·         Mengkaitkan materi yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya :
Sebelumnya telah belajar tentang pencemaran tanah dan air. Sekarang membahas tentang pencemaran pada udara, salah satunya akibat akumulasi karbon dioksida di atmosfer.
B.     Inti
No
Pengajaran Saintifik
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta didik
Alokasi Waktu
1
Mengamati
·         Guru menjelaskan sedikit tentang pe-ngertian pemanasan global secara umum.
·         Guru memperlihatkan sebuah video tentang proses terjadinya pe-manasan global.
·         Peserta didik men-dengarkan penjala-san guru tentang pengertian pemanas-an global secara umum.

·         Peserta didik me-ngamati video ter-sebut.



4 menit





2
Menanya
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk menyusun sebuah per-tanyaan mengenai pe-ristiwa yang telah di-lihatnya dalam video.
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

·         Peserta didik ber-tanya mengenai pe-ristiwa yang telah dilihatnya dalam video.
·         Peserta didik me-ngacungkan tangan dan menjawab per-tanyaan temannya.



3 menit


3
Mencoba
·         Guru membagi peser-ta didik menjadi 3 (tiga) kelompok besar.
·         Guru membagikan LKS dengan kasus dampak pemanasan global yang berbeda-beda pada tiap kelom- pok.
·         Guru memberikan ke- sempatan kepada pe-serta didik untuk berdiskusi dengan te- man kelompok nya. Membuat kesimpulan hasil diskusi dan mengisi pertanyaan yang tertera di LKS.

·         Peserta didik ber- diskusi dengan teman kelompok-nya masing masing tentang kasus aki-bat dampak pe- manasan global da-lam LKS tersebut.
·         Peserta didik men- jawab pertanyaan pada LKS dan membuat kesim-pulan hasil dis- kusi mereka.







5 menit
4
Menalar
·         Guru mengecek pe-mahaman peserta di-dik dengan menda-tangi tiap  kelompok.
·         Guru memberi kesem- patan pada peserta didik untuk menggali informasi lebih luas melalui referensi (me- lalui internet atau buku)

·         Peserta didik dapat menggali informasi lebih luas melalui berbagai referensi seperti internet atau buku-buku di perpus takaan.


5 menit



5
Mengomunikasikan
·         Guru mengecek pemahaman peserta didik dengan mem-berikan kesempatan pada mereka untuk maju kedepan (per-wakilan kelompok) untuk menjelaskan hasil diskusinya.
·         Guru mempersilah-kan kepada peserta didik jika ada yang ingin menanggapi hasil diskusi kelom-pok lainnya.

·         Salah seorang pe-serta didik men-jadi perwakilan dari kelompok un-tuk  maju kedep-an, menjelaskan hasil diskusi pada teman-teman nya.
·         Peserta didik lain-nya merespon atau menanggapi per-nyataan temannya.

5 menit


C.     Penutup (5 menit)
·         Guru melakukan pengecekan pemahaman peserta didik dengan  memberikan pertanyaan Pilihan Ganda (terlampir), dijawab bersama-sama.
·         Refleksi : Guru memberikan konfirmasi tentang materi pembelajaran hari ini.
·         Guru memberikan tugas, sebaghai tindak lanjut yaitu Kegiatan kelompok untuk membuat poster mengenai “Cara Penanggulangan Pemanasan Global” berdasarkan kesimpulan hasil diskusi mereka pada LKS. Hal ini agar peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Dan bisa digunakan untuk sosialisasi kepada masyarakat di lingkungan sekitar.
·         Do’a selesai belajar, dipimpin oleh ketua kelas.

VI. Penilaian Hasil Belajar                  :
Teknik
Bentuk Instrumen
Pengamatan Afektif
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Pengamatan Kognitif / tes tertulis
Pilihan Ganda, Lembar Kerja Siawa (LKS)
Pengamatan psikomotorik
Lembar Penilaian Proyek Pembuatan Poster

1.      Kognitif
Rubrik Penilaian Tes Pilihan Ganda dan  Soal Uraian Pada LKS
A.    Bentuk Soal Pilihan Ganda
1.      Jumlah soal              = 15 butir soal
2.      Bobot tiap soal         = 10
3.      Skor Ideal                = 7 x 10 = 70

B.     Bentuk Soal Uraian (LKS)
1.   Jumlah soal               = 3 butir soal
2.   Bobot soal                = lihat table
         3.   Skor  Ideal                = 90
4.   Tabel Penskoran

No
Soal
Hasil Pengerjaan soal
Skor
Skor Maksimal
1
a.    Dijawab lengkap dan benar
30
30
b.    Dijawab sebagian besar benar
20
c.  Dijawab sebagian kecil benar
10
d. Tak ada jawaban benar
0


2
a.    Dijawab lengkap dan benar
30
30
b.    Dijawab sebagian besar benar
20
c.  Dijawab sebagian kecil benar
10
d. Tak ada jawaban benar
0
3
a.    Dijawab lengkap dan benar
30
30
b.    Dijawab sebagian besar benar
20
c.  Dijawab sebagian kecil benar
10
d. Tak ada jawaban benar
0


JUMLAH SKOR TOTAL URAIAN

90
(90+ 10)
100

Nilai Akhir      = Skor Pilihan Ganda + Skor Memasangkan + Skor Uraian
                        = 20 + 30 + 50
                        = 100
 

Nilai Akhir      = Skor Pilihan Ganda + Skor Memasangkan + Skor Uraian
                        = 20 + 30 + 50
                        = 100
 

Nilai Akhir      = Skor Pilihan Ganda + Skor Memasangkan + Skor Uraian
                        = 20 + 30 + 50
                        = 100
 
Soal Pilihan Ganda
1)       
Jawaban


2.      Afektif
  Lembar Pengamatan Sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Mengagumi  segala ciptaan Tuhan




2
Memiliki rasa ingin tahu (curiosity)




3
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok





Rubrik Penilaian Sikap
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Mengagumi segala ciptaan Tuhan
3: menunjukkan ekspresi kekaguman bahwa manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan

2: belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat bahwa manusia makhluk ciptaan Tuhan.

 1: belum menunjukkan ekspresi kekaguman, atau menaruh minat bahwa manusia ciptaan Tuhan, atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan

2
Menunjukkan rasa ingin tahu
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok

2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh

1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
3
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.

2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya

1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai


3.      Psikomotorik
A.   Penilaian Proyek Pembuatan Poster
Hasil Kegiatan
Skor
Skor Maksimum
a.        Dibuat, benar dan diberi keterangan
10
10
b.        Dibuat, benar dan tak diberi keterangan
5
c.        Dibuat, salah dan diberi keterangan
3
d.       Dibuat, salah dan tak diberi keterangan
0

Nilai =  =  ………………….

B.       Penilaian Produk Poster
       Rubrik Penilaian Psikomotor

CARA PENANGGULANGAN PEMANASAN GLOBAL
Nama Kelompok      : ……………………………….
Anggota                   : 1. ………………………      4. …………………………
                                   2. ………………………      5. …………………………
                                   3. ………………………
Hasil Karya/Poster :
KRITERIA
SKOR
SKOR
5
4
3
2
Desain
Gambar baik,  ada keterangan
Gambar baik, tidak ada keterangan
Gambar tidak  baik,  ada ketearngan
Gambar tidak  baik,  tidak ada keterangan

Kerapian
Model  benar, letak proporsional
Model  benar, letak tidak proporsional
Model  tidak benar, letak proporsional
Model  tidak benar, letak tidak proporsional

Fungsi
Berfungsi sempurna
Berfungsi  baik
Berfungsi  kurang  baik
Tidak berfungsi

Jumlah Skor


Keterangan : Skor Maksimum = 15
Nilai =  =  = ………………….









                                                                                    Jakarta, 1 November 2015

            Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran  IPA
            Kepala Sekolah                                  


            Dr. AWALUDIN, M.Pd                                   AYU YUNIARTI SA, S.Pd
            NIP. 196308171987031007                           NIP. ................................


No comments:

Post a Comment