Nama
Sekolah : SMPN 1 Kota Tangerang
Selatan
Mata
Pelajaran : IPA TERPADU (Biologi)
Kelas/
Semester : Kelas VII/Semester 2
Materi
Pokok : Pencemaran Lingkungan
Alokasi
Waktu : 1 x 30 Menit
A.
Kompetensi Inti
:
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
dan tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar :
1.2 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya.
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam memilih penggunaan bahan kimia untuk menjaga kesehatan diri dan
lingkungan.
3.10
Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi
ekosistem
4.13
Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan
penanggulangan masalah
B.
Tujuan :
1. Peserta
didik dapat menjelaskan pengertia pemanasan global.
2. Peserta
didik dapat menjelaskan penyebab dan dampak dari pemanasan
global terhadap ekosistem lingkungan
3. Peserta didik dapat memberikan usulan
mengenai penyelesaian masalah pemanasan
global
I. Indikator Pencapaian Kompetensi :
3.10.1 Mampu
menjelaskan pengertian pemanasan
global.
3.10.2 Mampu menjelaskan penyebab dan
dampak dari pemanasan global bagi
ekosistem dan lingkungan
4.10.1 Mampu memberikan usulan atau
ide mengenai penyelesaian masalah pemanasan global
II. Materi Pembelajaran
Pencemaran
Udara
Pencemaran udara yaitu aitu
peristiwa masuknya zat, energi, atau
komponen lainnya kedalam lingkungan udara, sehingga kualitas udara menurun yang
akan mengganggu kehidupan manusia atau makhluk hidup lainnya. Bahan-bahan pencemaran
udara yang dapat menguraikan kesehatan manusia yaitu antara lain, salah satunya
CO2 atau karbon dioksida yang dapat menganggu pernafasan manusia dan
menimbulkan kenaikan suhu di bumi. Tumbuhan hijau melalui fotosintesis dapat
mengolah air dan CO2 menjadi karbohidrat dan oksigen. Dengan fotosintesis yang
dilakukan oleh tumbuhan hijau, ketersediaan oksigen terpenuhi. Namun,
penebangan hutan secara besar-besaran mengakibatkan berkurangnya tumbuhan
hijau. Ini berdampak pada berkurangnya ketersediaan oksigen dan meningkatnya
kandungan karbon dioksida. Peningkatan CO2 menyebabkan peningkatan panas global
atau panas pemukaan bumi. (Supriyadi, 2012)
Karbon
dioksida CO2 dan karbon monoksida CO natara lain berasal dari asap kendaraan
bermotor dan kebakaran hutan. Polutan ini menyebabkan terbentuknya asap kabut
fotokimia, mengganggu sistem pernafasan, menganggu pengangkutan oksigen
keseluruh jaringan tubuh oleh Hb, dan menimbulkan efek rumah kaca. Timbulnya
efek rumah kaca dapt dijelaskan sebagai berikut. Dalam jumlah banyak CO2
menghalangi pantulan panas dari bumi ke atmosfer sehingga panas tersebut
kembali lagi ke bumi. Akibatnya, suhu bumi secara global semakin tinggi. Efek
yang sama ini terjadi pada rumah kaca (green
house) yang digunakan untuk bercocok tanaman dengan cara hidroponik. Oleh
karena itu suhu bumi secara global naik, pola cuaca di seluruh dunia terganggu
dan di es kutub mencair. Akibat berikutnya permukaan laut naik sehingga
kota-kota pantai dan beberapa pulau kecil tenggelam. (Budi, 2015)
III. Metode
Pembelajaran :
Ekspositori
Model/ Strategi
Pembelajaran : Dicovery
Learning
Pendekatan
Pembelajaran : Saintifik
IV.Sumber Belajar : 1. Sumber Belajar
·
Eksplorasi
Ilmu Alam 1 Untuk kelas VII SMP dan Mts. (Brand Platinum)
·
Panduan
Belajar IPA Kelas VII SMP/MTs. (Primagama SMART).
2.
Bahan Ajar
•
Buku-buku
pelajaran Biologi
•
Bahan
presentasi
•
Gambar-gambar
•
Video
V. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah-langkah
pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik
A. Pendahuluan (3 menit)
·
Pembukaan
: Guru memberikan salam dan Ketua
kelas memimpin do’a sebelum belajar (sebagai
implementasi nilai religius).
·
Memotivasi :
Memberikan ayat Al-Qur’an (Q.S Al-Furqan: 67) dan
memotivasi peserta didik
·
Menjabarkan
tujuan pembelajaran
·
Mengkaitkan
materi yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya :
Sebelumnya
telah belajar tentang pencemaran tanah dan air. Sekarang membahas tentang
pencemaran pada udara, salah satunya akibat akumulasi karbon dioksida di
atmosfer.
B. Inti
No
|
Pengajaran
Saintifik
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Peserta didik
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Mengamati
|
·
Guru menjelaskan
sedikit tentang pe-ngertian pemanasan global secara umum.
·
Guru
memperlihatkan sebuah video tentang proses terjadinya pe-manasan global.
|
·
Peserta didik
men-dengarkan penjala-san guru tentang pengertian pemanas-an global secara
umum.
·
Peserta didik me-ngamati
video ter-sebut.
|
4 menit
|
2
|
Menanya
|
·
Guru
mempersilahkan peserta didik untuk menyusun sebuah per-tanyaan mengenai pe-ristiwa
yang telah di-lihatnya dalam video.
·
Guru
mempersilahkan peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.
|
·
Peserta didik
ber-tanya mengenai pe-ristiwa yang telah dilihatnya dalam video.
·
Peserta didik
me-ngacungkan tangan dan menjawab per-tanyaan temannya.
|
3 menit
|
3
|
Mencoba
|
·
Guru membagi
peser-ta didik menjadi 3 (tiga) kelompok besar.
·
Guru membagikan
LKS dengan kasus dampak pemanasan global yang berbeda-beda pada tiap kelom-
pok.
·
Guru memberikan
ke- sempatan kepada pe-serta didik untuk berdiskusi dengan te- man kelompok
nya. Membuat kesimpulan hasil diskusi dan mengisi pertanyaan yang tertera di
LKS.
|
·
Peserta didik
ber- diskusi dengan teman kelompok-nya masing masing tentang kasus aki-bat
dampak pe- manasan global da-lam LKS tersebut.
·
Peserta didik
men- jawab pertanyaan pada LKS dan membuat kesim-pulan hasil dis- kusi
mereka.
|
5 menit
|
4
|
Menalar
|
·
Guru mengecek pe-mahaman
peserta di-dik dengan menda-tangi tiap
kelompok.
·
Guru memberi
kesem- patan pada peserta didik untuk menggali informasi lebih luas melalui referensi
(me- lalui internet atau buku)
|
·
Peserta didik
dapat menggali informasi lebih luas melalui berbagai referensi seperti internet
atau buku-buku di perpus takaan.
|
5 menit
|
5
|
Mengomunikasikan
|
·
Guru mengecek
pemahaman peserta didik dengan mem-berikan kesempatan pada mereka untuk maju
kedepan (per-wakilan kelompok) untuk menjelaskan hasil diskusinya.
·
Guru mempersilah-kan
kepada peserta didik jika ada yang ingin menanggapi hasil diskusi kelom-pok
lainnya.
|
·
Salah seorang pe-serta
didik men-jadi perwakilan dari kelompok un-tuk maju kedep-an, menjelaskan hasil diskusi
pada teman-teman nya.
·
Peserta didik
lain-nya merespon atau menanggapi per-nyataan temannya.
|
5 menit
|
C.
Penutup
(5 menit)
·
Guru
melakukan pengecekan pemahaman peserta didik dengan memberikan pertanyaan Pilihan Ganda
(terlampir), dijawab bersama-sama.
·
Refleksi
: Guru memberikan konfirmasi tentang materi pembelajaran hari ini.
·
Guru
memberikan tugas, sebaghai tindak lanjut yaitu Kegiatan kelompok untuk membuat poster
mengenai “Cara Penanggulangan Pemanasan Global” berdasarkan kesimpulan hasil
diskusi mereka pada LKS. Hal ini agar peserta didik dapat mengembangkan
kemampuan berpikir kritis. Dan bisa digunakan untuk sosialisasi kepada
masyarakat di lingkungan sekitar.
·
Do’a
selesai belajar, dipimpin oleh ketua kelas.
VI. Penilaian Hasil Belajar :
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Pengamatan Afektif
|
Lembar Pengamatan
Sikap dan Rubrik
|
Pengamatan
Kognitif / tes tertulis
|
Pilihan Ganda,
Lembar Kerja Siawa (LKS)
|
Pengamatan
psikomotorik
|
Lembar Penilaian Proyek Pembuatan Poster
|
1.
Kognitif
Rubrik Penilaian Tes Pilihan Ganda dan Soal Uraian Pada LKS
A.
Bentuk Soal Pilihan Ganda
1.
Jumlah soal = 15 butir soal
2.
Bobot tiap soal = 10
3.
Skor Ideal = 7 x 10 = 70
B.
Bentuk Soal Uraian (LKS)
1. Jumlah
soal = 3 butir soal
2. Bobot soal = lihat table
3. Skor Ideal = 90
4. Tabel Penskoran
No
Soal
|
Hasil Pengerjaan
soal
|
Skor
|
Skor Maksimal
|
1
|
a. Dijawab lengkap
dan benar
|
30
|
30
|
b. Dijawab sebagian
besar benar
|
20
|
||
c.
Dijawab sebagian kecil benar
|
10
|
||
d. Tak ada jawaban benar
|
0
|
||
2
|
a. Dijawab lengkap
dan benar
|
30
|
30
|
b. Dijawab sebagian
besar benar
|
20
|
||
c.
Dijawab sebagian kecil benar
|
10
|
||
d. Tak ada jawaban benar
|
0
|
||
3
|
a. Dijawab lengkap
dan benar
|
30
|
30
|
b. Dijawab sebagian
besar benar
|
20
|
||
c.
Dijawab sebagian kecil benar
|
10
|
||
d. Tak ada jawaban benar
|
0
|
||
JUMLAH SKOR TOTAL URAIAN
|
90
(90+ 10)
100
|
|
|
|
Soal Pilihan Ganda
1)
Jawaban
2.
Afektif
Lembar
Pengamatan Sikap
No
|
Aspek
yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Mengagumi segala ciptaan Tuhan
|
||||
2
|
Memiliki rasa ingin tahu (curiosity)
|
||||
3
|
Menunjukkan ketekunan dan
tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
Rubrik
Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Mengagumi segala ciptaan Tuhan
|
3: menunjukkan ekspresi kekaguman
bahwa manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan/atau ungkapan verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
2: belum secara eksplisit
menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat
bahwa manusia makhluk ciptaan Tuhan.
1: belum menunjukkan ekspresi kekaguman,
atau menaruh minat bahwa manusia ciptaan Tuhan, atau ungkapan verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
|
2
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
3: menunjukkan rasa ingin tahu
yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu,
namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
ketika disuruh
1: tidak menunjukkan antusias
dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah
didorong untuk terlibat
|
3
|
Menunjukkan ketekunan dan
tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
3: tekun dalam menyelesaikan
tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
3.
Psikomotorik
A. Penilaian
Proyek Pembuatan Poster
Hasil Kegiatan
|
Skor
|
Skor Maksimum
|
a.
Dibuat, benar dan diberi keterangan
|
10
|
10
|
b.
Dibuat, benar dan tak diberi keterangan
|
5
|
|
c.
Dibuat, salah dan diberi keterangan
|
3
|
|
d. Dibuat, salah dan
tak diberi keterangan
|
0
|
Nilai = = ………………….
B. Penilaian Produk Poster
Rubrik
Penilaian Psikomotor
CARA PENANGGULANGAN PEMANASAN GLOBAL
Nama Kelompok : ……………………………….
Anggota :
1. ……………………… 4. …………………………
2. ……………………… 5.
…………………………
3. ………………………
Hasil Karya/Poster :
KRITERIA
|
SKOR
|
SKOR
|
|||
5
|
4
|
3
|
2
|
||
Desain
|
Gambar baik, ada keterangan
|
Gambar baik, tidak
ada keterangan
|
Gambar tidak baik,
ada ketearngan
|
Gambar tidak baik,
tidak ada keterangan
|
|
Kerapian
|
Model benar, letak proporsional
|
Model benar, letak tidak proporsional
|
Model tidak benar, letak proporsional
|
Model tidak benar, letak tidak proporsional
|
|
Fungsi
|
Berfungsi sempurna
|
Berfungsi baik
|
Berfungsi kurang
baik
|
Tidak berfungsi
|
|
Jumlah Skor
|
Keterangan : Skor Maksimum = 15
Nilai = = = ………………….
Jakarta, 1 November
2015
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran IPA
Kepala Sekolah
Dr. AWALUDIN, M.Pd AYU YUNIARTI SA, S.Pd
NIP. 196308171987031007 NIP.
................................
No comments:
Post a Comment