CoRe (Core Representation) Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Konten Representasi (Core)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C

Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan menyebabkan perubahan lingkungan, dipengaruhi oleh faktor alam dan faktor manusia
Pengaruh manusia terhadap lingkungan menyebabkan pencemaran lingkungan, di antaranya adalah pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran tanah
Dampak pencemaran lingkungan dan usaha pencegahannya
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik harus mengetahui memahami interaksi manusia dalam mempengaruhi ekosistem


Faktor alam dan faktor manusia menyebabkan kerusakan lingkungan
Peserta didik harus mengetahui apa saja yang termasuk dalam  kategori pencemaran udara, pencemaran tanah, dan pencemaran air
Peserta didik harus mengetahui apa saja dampak pencemaran lingkungan dan upaya mencegahnya
·         Lingkungan yang tidak bersih dan tidak nyaman
·         Penyakit yang ditimbulkan
·         Bau tak sedap
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Lingkungan adalah tempat hidup yang harus dijaga kenyamanan kelestariannya. Manusia harus berpikir dahulu sebelum melakukan aktivitas-aktivitas yang memungkinkan merusak lingkungan yang bersifat merugikan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.
Pencemaran udara, dikatakan tercemar jika udara tersebut mengandung unsur-unsur yang mengotori udara.

Pencemaran air dapat dibedakan antara lain: limbah pertanian, limbah rumah tangga, dan limbah industri


Manusia yang berakal bertanggung jawab menjaga lingkungan sebagai tempat hidup yang layak untuk keberlangsungan hidup
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Memberi pemahaman pada peserta didik bahwa lingkungan adalah penting kehadirannya bagi makhluk hidup dengan menjaga kelestariannya
Mengkategorikan contoh-contoh pencemaran lingkungan dalam tiga kategori; pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran tanah

Memberi pengertian pada peserta didik mengenai kerugian akibat yang ditimbulkan oleh dampak pencemaran lingkungan
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Pentingnya membuat hubungan antara pemahaman peserta didik terhadap kebutuhan konsep lingkungan sebagai penunjang terciptanya kesejahteraan hidup
Studi literasi dan hasil pengamatan lingkungan sekitar sehari-hari mengenai pencemaran lingkungan

Observasi kejadian nyata di sekitar peserta didik mengenai dampak pencemaran

Observasi upaya apa saja yang dapat mencegah maupun menanggulangi pencemaran lingkungan
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Meninjau kerusakan lingkungan di sekitar. Mulai dari yang sifatnya sedikit mengganggu sampai tingkat kerugian yang tinggi

Meninjau kepentingan mempelajari lingkungan bagi kehidupan tiap peserta didik
Meninjau kepentingan mempelajari dampak pencemaran lingkungam nagi kelangsungan hidup manusia

·         Memahami secara teori upaya mencegah terjadinya pencemaran lingkungan
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa :

Meminta peserta didik mengamati keadaan sekitar
Menilai ketepatan peserta didik :

·         Pemahaman peserta didik mengenai pencemaran udara

·         Pemahaman peserta didik mengenai pencemaran air

·         Pemahaman peserta didik mengenai pencemaran tanah
Memastikan peserta didik menerapkan upaya menjaga kebersihan, kenyaman, dan kelestarian lingkungan sebagai tempat hidup yang layak

Memastikan peserta didik menghindari melakukan aktivitas yang bersifat merusak lingkungan

No comments:

Post a Comment