Konten
Representasi (Core)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Interaksi
makhluk hidup dengan lingkungan menyebabkan perubahan lingkungan, dipengaruhi
oleh faktor alam dan faktor manusia
|
Pengaruh
manusia terhadap lingkungan menyebabkan pencemaran lingkungan, di antaranya
adalah pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran tanah
|
Dampak
pencemaran lingkungan dan usaha pencegahannya
|
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Peserta
didik harus mengetahui memahami interaksi
manusia dalam mempengaruhi ekosistem
Faktor
alam dan faktor manusia menyebabkan kerusakan lingkungan
|
Peserta
didik harus mengetahui apa saja yang termasuk dalam kategori pencemaran udara, pencemaran
tanah, dan pencemaran air
|
Peserta
didik harus mengetahui apa saja dampak pencemaran lingkungan dan upaya
mencegahnya
·
Lingkungan yang tidak bersih dan
tidak nyaman
·
Penyakit yang ditimbulkan
·
Bau tak sedap
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten
ini?
[Pengetahuan
kurikulum]
|
Lingkungan
adalah tempat hidup yang harus dijaga kenyamanan kelestariannya. Manusia
harus berpikir dahulu sebelum melakukan aktivitas-aktivitas yang memungkinkan
merusak lingkungan yang bersifat merugikan, baik bagi diri sendiri maupun
orang lain.
|
Pencemaran
udara, dikatakan tercemar jika udara tersebut mengandung unsur-unsur yang
mengotori udara.
Pencemaran
air dapat dibedakan antara lain: limbah pertanian, limbah rumah tangga, dan
limbah industri
|
Manusia
yang berakal bertanggung jawab menjaga lingkungan sebagai tempat hidup yang
layak untuk keberlangsungan hidup
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan
keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Memberi
pemahaman pada peserta didik bahwa lingkungan adalah penting kehadirannya
bagi makhluk hidup dengan menjaga kelestariannya
|
Mengkategorikan
contoh-contoh pencemaran lingkungan dalam tiga kategori; pencemaran air,
pencemaran udara, dan pencemaran tanah
|
Memberi
pengertian pada peserta didik mengenai kerugian akibat yang ditimbulkan oleh
dampak pencemaran lingkungan
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi
pengajaran ide ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Pentingnya
membuat hubungan antara pemahaman peserta didik terhadap kebutuhan konsep lingkungan
sebagai penunjang terciptanya kesejahteraan hidup
|
Studi
literasi dan hasil pengamatan lingkungan sekitar sehari-hari mengenai
pencemaran lingkungan
|
Observasi
kejadian nyata di sekitar peserta didik mengenai dampak pencemaran
Observasi
upaya apa saja yang dapat mencegah maupun menanggulangi pencemaran lingkungan
|
Strategi pengajaran dan representasi
diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan
tentang strategi instruksional dan representasi]
|
Meninjau
kerusakan lingkungan di sekitar. Mulai dari yang sifatnya sedikit mengganggu
sampai tingkat kerugian yang tinggi
|
Meninjau
kepentingan mempelajari lingkungan bagi kehidupan tiap peserta didik
|
Meninjau
kepentingan mempelajari dampak pencemaran lingkungam nagi kelangsungan hidup
manusia
·
Memahami secara teori upaya
mencegah terjadinya pencemaran lingkungan
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan
siswa :
Meminta
peserta didik mengamati keadaan sekitar
|
Menilai
ketepatan peserta didik :
·
Pemahaman peserta didik mengenai pencemaran
udara
·
Pemahaman peserta didik mengenai pencemaran
air
·
Pemahaman peserta didik mengenai pencemaran
tanah
|
Memastikan
peserta didik menerapkan upaya menjaga kebersihan, kenyaman, dan kelestarian
lingkungan sebagai tempat hidup yang layak
Memastikan
peserta didik menghindari melakukan aktivitas yang bersifat merusak
lingkungan
|
CoRe (Core Representation) Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment