Konten Representasi (CORE)
|
||||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Ide Besar D
|
Pemanasan global yaitu Naiknya suhu bumi secara global.
|
Peningkatan di atmosfer
menyebabkan peningkatan panas global atau panas permukaan bumi.
|
Naiknya suhu bumi secara
global berdampak negatif pada bumi.
|
Cara mengatasi masalah
pemanasan global dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar.
|
|
Mengidentifikasi tujuan
pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Siswa harus memahami pengertian dari
pemanasan global:
· Peningkatan
panas global atau panas permukaan bumi.
· Dalam
bahasan inggris dikenal dengan istilah Global
Warming.
· Dikenal
juga dengan istilah green House.
· Efek
yang sama ini terjadi pada rumah kaca (green
house) yang digunakan untuk bercocok tanaman dengan cara hidroponik.
· Peningkatan
kadar yang
berlebihan di atmosfer menyebabkan pemanasan global.
· Sinar
matahari tidak dapat di lepas ke luar angkasa tapi terperangkap di dalam
atmosfer bumi, sehingga sinarnya di pantulkan lagi ke permukaan bumi.
|
Siswa harus memahami penyebab
meningkatnya suhu permukaan bumi:
·
Peningkatan Karbon dioksida ) dan
karbon monoksida (CO) di udara (atmosfer).
·
dan CO antara lain berasal dari asap kendaraan
bermotor dan kebakaran hutan.
·
Hasil respirasi makhluk hidup
juga ikut menyumbang naiknya kadar di udara.
·
Penebangan
hutan secara liar (Illegal Loging).
·
Pemakaian
kendaraan bermotor yang berlebihan.
·
Pemakaian
listrik secara berlebihan.
|
Siswa harus memahami dampak negatif naiknya suhu bumi secara
global:
· Mencairnya
es abadi di kutub utara dan kutub selatan.
· Naiknya
suhu permukaan bumi secara global.
· Berkurangnya
dataran pinggir pantai dan tenggelamnya pulau-pulau kecil.
· Kurangnya
sumber air bersih karena gletser ikut mencair.
· Gelombang
panas yang berke-panjangan.
· Siklus
cuaca atau iklim bumi yang tidak menentu.
· Timbulnya
penyakit pada saluran pernafasan akibat kabut asap
|
Siswa harus memahami cara untuk mengatasi
masalah pemanasan global:
· Menghemat
pemakaian listrik.
· Menghemat
dalam menggunakan kendaraan bermotor.
· Biasakan
naik sepeda atau berjalan kaki jika jaraknya dekat.
· Stop
penebangan pohon-pohon baik di lingkungan sekitar atau di hutan.
· Jangan
memicu kebakaran hutan.
· Menanam
pohon di lahan yang gundul.
· Kurangi
pembangunan gedung-gedung dan bangunan beton.
· Perluas
lahan kebun raya, hutan wisata, taman, dan lain-lain, (lahan terbuka hijau).
|
Mengapa penting bagi siswa untuk
mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Pemanasan global perlu diketahui
karena :
· berdampak
langsung secara global.
· dapat dirasakan
dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.
· Mengganggu
keseimbangan ekosistem di bumi.
· Berdampak
negatif bagi makhluk hidup di bumi
|
Sumber dan CO di bumi :
· Hasil
respirasi makhluk hidup (manusia, hewan)
· Buangan
gas kendaraan bermotor
· Asap
limbah pabrik
· Asap rokok
· Asap dari
kebakaran hutan
· Asap dari
pembakaran sampah
· Hasil
respirasi tumbuhan pada malam hari
|
Dampak negatif :
· Kurangnya
sumber air bersih
· Gelombang
panas yang berkepanjangan
· Lamanya
musim panas atau musim kemarau
· Berkurangnya
garis pantai
· Tenggelamnya
pulau-pulau kecil
· Naiknya
permukaan air laut
· Berkurangnya
es abadi di benua antartika dan artik
· Munculnya
iklim dan cuaca ekstrim
· Siklus
cuaca yang tidak beraturan.
· Keseimbangan
bumi terganggu.
|
Cara mengatasi masalah :
· Tidak
menebang pohon secara liar
· Hemat
menggunakan listrik
· Hemat
menggunakan kendaraan bermotor
· Kurangi
sumber-sumber
· Perbanyak
menanam tumbuhan (fotosintesis)
· Tidak
merokok
· Tidak
membakar hutan
· Kurangi
pembakaran sampah (lebih baik Reuse, Recycle)
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan
siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta
didik]
|
Pemanasan Global:
• aktivitas manusia yang
berlebihan penyebab pemanasan global.
• pentingnya mencegah pemanasan global
agar tidak semakin parah.
• proses terjadinya pemanasan
global di bumi.
|
Konsep siklus karbon :
• karbon merupakan unsur organik
•dalam bentuk persenyawaan dengan
oksigen (karbon dioksida dan karbon monoksida) bisa membahayakan jika
berlebihan di atmosfer
• tumbuhan dapat menggunakan
karbon dioksida untuk proses fotosintesis
• manusia dan hewan menghasilkan
karbon dioksida dari proses respirasi
•karbon monoksida berbahaya jika
terhirup oleh manusia
•kendaraan umunya menghasilkan gas
sisa pembakaran berupa karbon monoksida
•hasil dari pembakaran hutan
berupa asap karbon dioksida, dapat menyebabkan penyakit ISPA pada manusia
jika terhirup.
|
Terbentuknya lapisan gas karbon
dioksidan dan karbon monoksida di atmosfer:
• kurangnya tumbuhan atau
pepohonan untuk menyerap kelebihan gas tersebut.
•naiknya gas-gas ke langit dan
tertahan di lapisan atmosfer paling bawah atau stratosfer.
• Gas-gas tersebut seperti
layaknya kaca penghalang (green hose) pada rumah kaca
• sinar matahari yang masuk ke
permukaan bumi, sebagia tidak dapat menyerap ke permukaan tanah karena
banyaknya bangunan beton dan gedung-gedung.
•sinar matahari yang di pantulkan
tidak dapat menembus lapiran atmosfer karena adanya gas-gas penghalang di lapisan
atmosfer
•sinar matahari terperangkap di
dalam atmosfer bumi, kemudian suhu bumi semakin panas.
|
Mengurangi kadar dan CO di
udara:
· Satu rumah
minimal ada 1 pohon untuk di tanam.
· Berjalan
kaki atau naik sepeda jika jarak dekat.
· Menggunakan
fasilitas transportasi umum untuk bepergian.
· Tidak
membakar tumbuhan atau menebang pohon.
· Penanaman
kembali pohon-pohon yang telah di tebang.
· Perbanyak
lahan terbuka hijau
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa
yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta
didik]
|
· Mengetahui
penelitian-penelitian para ilmuan terkait pemanasan global di bumi
· Pentingnya
memahami pengertian pemanasan global secara istilah dan bahasa.
|
• Membuat hubungan antara konsep siklus
karbon dan penyebab naiknya suhu permukaan bumi:
o membuat bagan sederhana tentang
konsep siklus karbon di bumi
o konsep rumah kaca (green house) bisa digunakan, untuk mengatahui
peningkatan suhu di dalam ruangan.
|
• Gunakan konsep model rumah kaca (green house)
• Meminta siswa untuk menganalogikan
rumah kaca sebagai bumi yang terhalang
oleh gas-gas di atmosfer.
• mencari informasi terkait efek
yang di rasakan dari pemanasan global pada beberapa negara di dunia.
|
· Siswa
dapat mencari penyelesaian masalah dari beberapa dampak negatif akibat
pemanasan global
|
Strategi pengajaran dan
representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi
ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi
instruksional dan representasi]
|
·
Menjelaskan salah satu pencemaran udara yang terasa
efek negatifnya beberapa tahun terakhir ini yaitu pemanasan global.
·
Memperlihatkan suatu video tentang pemanasan global.
|
Green
House (rumah
kaca)
· Digunakan
untuk tempat penyimpanan tumbuhan yang di budi dayakan secara hidroponik.
· Suhu dalam
ruangan dapat diukur menggunakan termometer, setiap sehari sekali.
Naiknya suhu dalam Green House
· Jelaskan
efek rumah kaca, mengapa suhu ruang dalam green
house dapat naik secara signifikan?
|
Dampak Pemanasan Global seperti
Efek rumah kaca.
Siswa:
1. Siswa membuat prediksi akibat
dari dampak pemanasan global
1. mengukur suhu ruangan dalam
green house selama beberapa hari.
2. memperhatikan dampak langsung
akibat pemanasan global di lingkungan sekitar
3. Lakukan pengamatan dari
data-data yang didapatkan melaui sumber informasi mengenai perubahan cuaca
dari tahun ke tahun.
4. menggambarkan model siklus karbon
dioksida untuk menjelaskan terjadinya peristiwa mencairnya es di kutub utara
dan selatan.
5. Siswa berbagi penjelasan dan
menerima umpan balik dari rekan-rekan dan guru.
|
Penyelesaian masalah pemanasan
global :
· Siswa
diberikan kasus mengenai dampak dari pemanasan global di beberapa negara.
· Siswa
dengan teman kelompoknya diminta untuk memberikan saran atau ide untuk
penyelesaian masalah di negara tersebut.
· Menggunakan
media internet untuk memperdalam informasi dan menemukan ide.
· Mengkomunikasikan
hasil diskusi dengan teman-teman kelompok lain.
|
Mengidentifikasi cara memastikan
bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Menjelaskan dan mempertanyakan
siswa:
• meminta siswa menjelaskan tentang
pemanasan global dalam lembar kerja siswa
|
Memperlihatkan gambaran umum
secara audio-visual:
• penjelasan siswa tentang penyebab
terjadinya pemanasan global dalam lembar kerja siswa
|
Menilai akurasi prediksi siswa
untuk menentukan pemahaman siswa:
• prediksi dampak akibat dari
pemanasan global di suatu negara pada beberapa tahun yang akan datang
• dampak yang dapat dilihat secara
langsung di berbagai negara akibat pemanasan global
|
Menilai saran dan ide dari siswa
dalam penyelesaian pemanasan global:
· Memberikan
saran dan ide untuk menyelesaikan masalah pemanasan global
· Saran atau
ide tersebut dapat dilaksanakan baik oleh diri sendiri maupun masyarakat
secara luas.
|
CoRe Pemanasan Global dan Dampaknya
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment