CoRe Pemanasan Global dan Dampaknya


Konten Representasi (CORE)

Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Ide Besar D
Pemanasan global yaitu Naiknya suhu bumi secara global.
Peningkatan  di atmosfer menyebabkan peningkatan panas global atau panas permukaan bumi.
Naiknya suhu bumi secara global berdampak negatif pada bumi.
Cara mengatasi masalah pemanasan global dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar.
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Siswa harus memahami pengertian dari pemanasan global:
· Peningkatan panas global atau panas permukaan bumi.
· Dalam bahasan inggris dikenal dengan istilah Global Warming.
· Dikenal juga dengan istilah  green House.
· Efek yang sama ini terjadi pada rumah kaca (green house) yang digunakan untuk bercocok tanaman dengan cara hidroponik.
· Peningkatan kadar  yang berlebihan di atmosfer menyebabkan pemanasan global.
· Sinar matahari tidak dapat di lepas ke luar angkasa tapi terperangkap di dalam atmosfer bumi, sehingga sinarnya di pantulkan lagi ke permukaan bumi.
Siswa harus memahami penyebab meningkatnya suhu permukaan bumi:
· Peningkatan Karbon dioksida ) dan karbon monoksida (CO) di udara (atmosfer).
·  dan CO antara lain berasal dari asap kendaraan bermotor dan kebakaran hutan.
· Hasil respirasi makhluk hidup juga ikut menyumbang naiknya kadar  di udara.
· Penebangan hutan secara liar (Illegal Loging).
· Pemakaian kendaraan bermotor yang berlebihan.
· Pemakaian listrik secara berlebihan.
Siswa harus memahami   dampak negatif  naiknya suhu bumi secara global:
· Mencairnya es abadi di kutub utara dan kutub selatan.
· Naiknya suhu permukaan bumi secara global.
· Berkurangnya dataran pinggir pantai dan tenggelamnya pulau-pulau kecil.
· Kurangnya sumber air bersih karena gletser ikut mencair.
· Gelombang panas yang berke-panjangan.
· Siklus cuaca atau iklim bumi yang tidak menentu.
· Timbulnya penyakit pada saluran pernafasan akibat kabut asap

Siswa harus memahami cara untuk mengatasi masalah pemanasan global:
·      Menghemat pemakaian listrik.
·      Menghemat dalam menggunakan kendaraan bermotor.
·      Biasakan naik sepeda atau berjalan kaki jika jaraknya dekat.
·      Stop penebangan pohon-pohon baik di lingkungan sekitar atau di hutan.
·      Jangan memicu kebakaran hutan.
·      Menanam pohon di lahan yang gundul.
·      Kurangi pembangunan gedung-gedung dan bangunan beton.
·      Perluas lahan kebun raya, hutan wisata, taman, dan lain-lain, (lahan terbuka hijau).
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Pemanasan global perlu diketahui karena :
· berdampak langsung secara global.
· dapat dirasakan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.
· Mengganggu keseimbangan ekosistem di bumi.
· Berdampak negatif bagi makhluk hidup di bumi


Sumber  dan CO di bumi :
· Hasil respirasi makhluk hidup (manusia, hewan)
· Buangan gas kendaraan bermotor
· Asap limbah pabrik
· Asap rokok
· Asap dari kebakaran hutan
· Asap dari pembakaran sampah
· Hasil respirasi tumbuhan pada malam hari
Dampak  negatif :
·       Kurangnya sumber air bersih
·       Gelombang panas yang berkepanjangan
·       Lamanya musim panas atau musim kemarau
·       Berkurangnya garis pantai
·       Tenggelamnya pulau-pulau kecil
·       Naiknya permukaan air laut
·       Berkurangnya es abadi di benua antartika dan artik
·       Munculnya iklim dan cuaca ekstrim
·       Siklus cuaca yang tidak beraturan.
·       Keseimbangan bumi terganggu.
Cara mengatasi masalah :
· Tidak menebang pohon secara liar
· Hemat menggunakan listrik
· Hemat menggunakan kendaraan bermotor
· Kurangi sumber-sumber
· Perbanyak menanam tumbuhan (fotosintesis)
· Tidak merokok
· Tidak membakar hutan
· Kurangi pembakaran sampah (lebih baik Reuse, Recycle)
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Pemanasan Global:
• aktivitas manusia yang berlebihan penyebab pemanasan global.
• pentingnya mencegah pemanasan global agar tidak semakin parah.
• proses terjadinya pemanasan global di bumi.

Konsep siklus karbon :
• karbon merupakan unsur organik
•dalam bentuk persenyawaan dengan oksigen (karbon dioksida dan karbon monoksida) bisa membahayakan jika berlebihan di atmosfer
• tumbuhan dapat menggunakan karbon dioksida untuk proses fotosintesis
• manusia dan hewan menghasilkan karbon dioksida dari proses respirasi
•karbon monoksida berbahaya jika terhirup oleh manusia
•kendaraan umunya menghasilkan gas sisa pembakaran berupa karbon monoksida
•hasil dari pembakaran hutan berupa asap karbon dioksida, dapat menyebabkan penyakit ISPA pada manusia jika terhirup.
Terbentuknya lapisan gas karbon dioksidan dan karbon monoksida di atmosfer:
• kurangnya tumbuhan atau pepohonan untuk menyerap kelebihan gas tersebut.
•naiknya gas-gas ke langit dan tertahan di lapisan atmosfer paling bawah atau stratosfer.
• Gas-gas tersebut seperti layaknya kaca penghalang (green hose) pada rumah kaca
• sinar matahari yang masuk ke permukaan bumi, sebagia tidak dapat menyerap ke permukaan tanah karena banyaknya bangunan beton dan gedung-gedung.
•sinar matahari yang di pantulkan tidak dapat menembus lapiran atmosfer karena adanya gas-gas penghalang di lapisan atmosfer
•sinar matahari terperangkap di dalam atmosfer bumi, kemudian suhu bumi semakin panas.
Mengurangi kadar  dan CO di udara:
· Satu rumah minimal ada 1 pohon untuk di tanam.
· Berjalan kaki atau naik sepeda jika jarak dekat.
· Menggunakan fasilitas transportasi umum untuk bepergian.
· Tidak membakar tumbuhan atau menebang pohon.
· Penanaman kembali pohon-pohon yang telah di tebang.
· Perbanyak lahan terbuka hijau

Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
· Mengetahui penelitian-penelitian para ilmuan terkait pemanasan global di bumi
· Pentingnya memahami pengertian pemanasan global secara istilah dan bahasa.
• Membuat hubungan antara konsep siklus karbon dan penyebab naiknya suhu permukaan bumi:
o membuat bagan sederhana tentang konsep siklus karbon di bumi
o konsep rumah kaca (green house) bisa digunakan, untuk mengatahui peningkatan suhu di dalam ruangan.
• Gunakan  konsep model  rumah kaca (green house)
• Meminta siswa untuk menganalogikan rumah kaca sebagai bumi  yang terhalang oleh gas-gas di atmosfer.
• mencari informasi terkait efek yang di rasakan dari pemanasan global pada beberapa negara di dunia.
· Siswa dapat mencari penyelesaian masalah dari beberapa dampak negatif akibat pemanasan global


Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
·         Menjelaskan salah satu pencemaran udara yang terasa efek negatifnya beberapa tahun terakhir ini yaitu pemanasan global.

·         Memperlihatkan suatu video tentang pemanasan global.

Green House (rumah kaca)
· Digunakan untuk tempat penyimpanan tumbuhan yang di budi dayakan secara hidroponik.
· Suhu dalam ruangan dapat diukur menggunakan termometer, setiap sehari sekali.
Naiknya suhu dalam Green House
·  Jelaskan efek rumah kaca, mengapa suhu ruang dalam green house dapat naik secara signifikan?
Dampak Pemanasan Global seperti Efek rumah kaca.
Siswa:
1. Siswa membuat prediksi akibat dari dampak pemanasan global
1. mengukur suhu ruangan dalam green house selama beberapa hari.
2. memperhatikan dampak langsung akibat pemanasan global di lingkungan sekitar
3. Lakukan pengamatan dari data-data yang didapatkan melaui sumber informasi mengenai perubahan cuaca dari tahun ke tahun.
4. menggambarkan model siklus karbon dioksida untuk menjelaskan terjadinya peristiwa mencairnya es di kutub utara dan selatan.
5. Siswa berbagi penjelasan dan menerima umpan balik dari rekan-rekan dan guru.
Penyelesaian masalah pemanasan global :
·  Siswa diberikan kasus mengenai dampak dari pemanasan global di beberapa negara.
·  Siswa dengan teman kelompoknya diminta untuk memberikan saran atau ide untuk penyelesaian masalah di negara tersebut.
·  Menggunakan media internet untuk memperdalam informasi dan menemukan ide.
·  Mengkomunikasikan hasil diskusi dengan teman-teman kelompok lain.
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Menjelaskan dan mempertanyakan siswa:
• meminta siswa menjelaskan tentang pemanasan global dalam lembar kerja siswa
Memperlihatkan gambaran umum secara audio-visual:
• penjelasan siswa tentang penyebab terjadinya pemanasan global dalam lembar kerja siswa

Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
• prediksi dampak akibat dari pemanasan global di suatu negara pada beberapa tahun yang akan datang
• dampak yang dapat dilihat secara langsung di berbagai negara akibat pemanasan global
Menilai saran dan ide dari siswa dalam penyelesaian pemanasan global:
· Memberikan saran dan ide untuk menyelesaikan masalah pemanasan global
· Saran atau ide tersebut dapat dilaksanakan baik oleh diri sendiri maupun masyarakat secara luas.


No comments:

Post a Comment