RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMA
La Tansa
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas/Semester *) : X/ 2
Materi Pokok :
ANIMALIA
Alokasi Waktu :
1
x 30 menit ( 1 x pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
·
KI 1 : menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·
KI 2 : menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kerjasama,
toleran, damai, santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi ( gotong
royong secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pegaulan dunia.
·
KI 3 : memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
·
KI 4 : mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
mengunakan metode sesuai keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang
ruang lingkup, objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
.1.1
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang dunia hewan
.1.2
Menyadari dan mengagumi pola pikir dalam kemampuan
mengamati macam-macam saluran air pada porifera.
.1.3
Peka dan
peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi
lingkungan sebagai manisfestasi pengenalan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,
dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam
mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai,
berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan
pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.1.1 Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli terhadap teman sejawatnya.
2.1.2 Responsif dan proaktif dalam menunjukan setiap tindakan dan
dalam melakukan.
Pengamatan.
3.10
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia hewan dan peranannya bagi
kehidupan.
3.10.1 Menjelaskan
ciri-ciri dari filum porifera.
3.10.2 Membedakan
macam-macam saluran air pada porifera.
4.12 Mengidentifikasi ciri dan kompleksitas
sistem dari berbagai jenis hewan invertebrata melalui pengamatan objek/
gambar dan menyajikannya dalam bentuk tabel.
4.12.1 Menganalisis ciri-ciri filum porifera
melalui pengamatan awetan basah
porifera.
4.12.2 Membandingkan
macam-macam saluran air pada porifera dengan mengamati gambar
dan membuat skema.
4.12.3 Menyajikan hasil
analisis data ciri-ciri filum porifera dan macam-macam saluran air pada
Porifera.
.
C.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
Produk
1. Peserta didik mampu menjelaskan ciri –
ciri dari filum porifera melalui studi pustaka secara tepat,teliti, dan
bertanggung jawab.
2. Peserta didik mampu membedakan macam –
macam saluran air pada porifera melalui studi pustaka secara tepat,teliti,
dan bertanggung jawab.
Proses
1. Peserta didik mampu menganalisis
ciri-ciri dari filum porifera melalui pengamatan awetan basah porifera.
2. Peserta didik mampu membandingkan
macam-macam saluran air pada porifera dengan mengamati gambar dan membuat
skema.
Psikomotorik
1. Peserta didik mampu mengamati awetan
basah porifera, mengamati gambar dan membuat skema macam- macam saluran air
pada porifera sesuai dengan petunjuk yang disediakan pada LKS.
2. Peserta didik dapat mengkomunikasikan
hasil diskusi
3. Peserta didik dapat bertangung jawab
dalam mengkomunikasikan hasil diskusi
Afektif
1. Peserta didik dapat mengubah sikap dan
perilakunya untuk senantiasa menjaga keanekaragaman hayati sesuai dengan
ajaran agama yang dianutnya.
2. Peserta didik mampu bertanggung jawab
dalam mengkomunikasikan hasil diskusi.
3. Peserta didik dapat menyampaikan
pendapat dan menyetujui serta menolak pendapat dengan sopan.
D. Materi Pembelajaran
PORIFERA
Nama Porifera berasal
dari bahasa latin, porus yang berarti lubang, danferre yang
berarti membawa atau mempunyai. Porifera adalah salah satu contoh
Avertebrata. Berdasarkan asal katanya, Porifera ini merupakan kelompok hewan
yang mempunyai pori. Tahukah Anda bunga karang seperti yang tampak pada
Gambar.
Bunga karang ini
merupakan jenis hewan dari kelompok Porifera, sangat sulit dibayangkan bukan,
karena bila dilihat bentuknya seperti tumbuh-tumbuhan. Apabila Anda pergi ke
pantai dan menemukan bunga karang, cobalah amati bentuk morfologi dan
habitatnya! Hewan sederhana ini selama hidupnya menetap di karang atau
permukaan benda keras lainnya di dasar air.Hewan ini tidak mempunyai alat
gerak dan setelah dewasa melekat pada suatu dasar sehingga bersifat sessile.Ada
sekitar 5000 species yang telah diketahui dan beberapa di antaranya hidup di
air tawar tetapi sebagian besar hidup di laut.
Bunga karang
mempunyai bentuk beraneka ragam.Ada yang berbentukseperti tabung, jambangan,
piala, terompet, dan ada pula yang seperti tumbuhan, yaitu
bercabang-cabang.Jadi, sebagian besar berbentuk asimetrik.Tubuhnya kebanyakan
berwarna abu-abu, ada juga yang berwarna merah, kuning, biru, dan
hitam.Beberapa di antaranya mempunyai rongga tubuh yang tunggal, adapun
lainnya mempunyai jaring-jaring rongga tubuh yang rumit.Ada yang mempunyai rangka
keras serupa dengan kaca atau seperti kulit Molusca, ada yang mempunyai
rangka dengan bahan liat serupa bahan tanduk pada sapi.
Jika Anda mengamati
dengan cermat, akan terlihat dasar tubuh bungakarang ini lunak berwujud
kantung berdinding tebal yang berlubang-lubang/berporus/pori (ostium).
Jadi, tubuhnya memiliki rongga tubuh (permukaannya berpori). Melalui
porus inilah air dialirkan masuk menggunakan flagel-flagel, yaitu berupa
penjuluran-penjuluran yang berbentukrambut serupa dengan silia, tetapi lebih
panjang dan lebih sedikit dalam jumlahnya.Air keluar dari rongga tubuh
melalui lubang keluar yang dinamakan oskulum.Setiap ostium memiliki saluran
yang menghubungkan ke spongosol.
Ada tiga sistem
saluran air pada Porifera, yaitu tipe ascon, sycon,danrhagon.Tipe
ascon adalah tipe yang paling sederhana, lubang-lubang ostium dihubungkan
dengan saluran lurus langsung ke spongosol.Padatipe sycon,
lubang-lubangostium dihubungkan dengan saluran bercabang ke rongg ayang
berhubungan langsung dengan spongosol. Adapun untuk tipe rhagon
lubang-lubangostium dihubungkan dengan Saluranyang bercabang-cabang kerongga
yang sudah tidak berhubungan langsung dengan Spongosol
E. Strategi dan Metode Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran
·
Cooperative Learning
·
STAD ( Student Team
Achievment Division) yang termasuk dengan praktikum dan pengamatan gambar.
2. Metode Pembelajaran
·
Diskusi
·
Tanya Jawab
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
·
Media
Laptop, infocus (menyesuaikan keadaan kelas)
·
Alat / Bahan
Bahan presentasi,
gambar-gambar/foto/film video, berita/informasi dari media massa, awetan
basah porifera.
·
Sumber Belajar
Prawihartono, Slamet & Sri Hidayati 2015 Konsep dan Penerapan Biologi SMA/MA
kelas X
Jakarta:
PT Bumi Aksara.
G.
Langkah-langkah Pembelajaran/Rancangan Pertemuan
Pertemuan I :
a.
Pendahuluan (2
menit)
·
Guru
memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai
implementasi nilai religius).
·
Guru mengabsen, mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai
implementasi nilai disiplin).
·
Apersepsi: Menggali
pemahaman siswa tentang pengertian porifera dengan
menyajikan gambar.
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan Inti
c. Penutup ( 2 menit)
·
Guru
meminta peserta didik unruk menyimpulkan materi pada hari ini.
·
Guru
memberikan evaluasi kepada peserta didik
·
Tindak lanjut:
memberikan tugas mandiri untuk pertemuan selanjutnya.
·
Menutup
pertemuan hari ini.
H.
Penilaian ****)
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Ranah
Kognitif
·
Teknik penilaian : Tes Tertulis
·
Bentuk Instrumen : Uraian
·
Instrumen Penilaian (soal):
SOAL
Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas !
1. Sebutkan
ciri-ciri Porifera yang Anda ketahui!(minimal 5)
2. Buatlah
skema saluran air tipe Askon, Sikon dan Leukon!
3. Berikan
contoh spesies pada masing-masing tipe saluran air pada Porifera!
KUNCI JAWABAN DAN NORMA PENILAIAN
Nilai = Jumlah benar (sesuai skor)
=100
Rubrik Kriteria Penilaian
2.
Ranah Afektif
Dinilai dari sikap keseharian siswa saat menerima
pelajaran. Misalnya, berpakaian rapi dan sopan, disiplin, jujur, dll.
Rubrik Penilaian
Kriteria
penilaian :
A : Baik sekali, B : Baik, C : Cukup dan D : Kurang
Rubrik Kriteria Penilaian
3.
Ranah Psikomotorik
Dinilai dari keaktifan siswa dalam pembelajaran. Acuan penilaian adalah:
Rubrik Penilaian
Keterangan :
1 : kurang
2 : cukup
3 : baik
4 : baik sekali
Rubrik Kriteria Penilaian
………., …………………
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMA ……..
_______________ __________________
NIP. …. NIP. ….
Catatan Kepala Pesantren:
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANIMALIA
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment