RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANIMALIA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                                      : SMA La Tansa
Mata Pelajaran                           : BIOLOGI
Kelas/Semester *)                      : X/ 2
Materi Pokok                             : ANIMALIA
Alokasi Waktu                          : 1 x 30 menit ( 1 x pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
·         KI 1 : menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·         KI 2 : menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kerjasama, toleran, damai, santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi ( gotong royong secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pegaulan dunia.
·         KI 3 : memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
·         KI 4 : mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu mengunakan metode sesuai keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
.1.1            Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang dunia hewan
.1.2             Menyadari dan mengagumi pola pikir dalam kemampuan mengamati macam-macam saluran air pada porifera.
.1.3            Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi
 lingkungan sebagai manisfestasi pengenalan ajaran agama yang dianutnya.

     2.1  Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.

                     2.1.1 Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli terhadap teman sejawatnya.
                     2.1.2 Responsif dan proaktif dalam menunjukan setiap tindakan dan dalam melakukan.
                               Pengamatan.

              3.10  Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia hewan dan peranannya bagi kehidupan.
                         3.10.1  Menjelaskan ciri-ciri dari filum porifera.
            3.10.2  Membedakan macam-macam saluran air pada porifera.


               4.12  Mengidentifikasi ciri dan kompleksitas sistem dari berbagai jenis hewan invertebrata melalui pengamatan objek/ gambar dan menyajikannya dalam bentuk tabel.
                      4.12.1  Menganalisis ciri-ciri filum porifera melalui pengamatan  awetan basah porifera.
                      4.12.2  Membandingkan macam-macam saluran air pada porifera dengan mengamati gambar
                                 dan  membuat skema.
                      4.12.3  Menyajikan hasil analisis data ciri-ciri filum porifera dan macam-macam saluran air pada
                                    Porifera.
.
C.    Tujuan Pembelajaran
      Kognitif
           Produk
1.      Peserta didik mampu menjelaskan ciri – ciri dari filum porifera melalui studi pustaka secara tepat,teliti, dan bertanggung jawab.
2.      Peserta didik mampu membedakan macam – macam saluran air pada porifera melalui studi pustaka secara tepat,teliti, dan bertanggung jawab.
Proses
1.      Peserta didik mampu menganalisis ciri-ciri dari filum porifera melalui pengamatan awetan basah porifera.
2.      Peserta didik mampu membandingkan macam-macam saluran air pada porifera dengan mengamati gambar dan membuat skema.
Psikomotorik
1.      Peserta didik mampu mengamati awetan basah porifera, mengamati gambar dan membuat skema macam- macam saluran air pada porifera sesuai dengan petunjuk yang disediakan pada LKS.
2.      Peserta didik dapat mengkomunikasikan hasil diskusi
3.      Peserta didik dapat bertangung jawab dalam mengkomunikasikan hasil diskusi

Afektif
1.      Peserta didik dapat mengubah sikap dan perilakunya untuk senantiasa menjaga keanekaragaman hayati sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.  
2.      Peserta didik mampu bertanggung jawab dalam mengkomunikasikan hasil diskusi.
3.      Peserta didik dapat menyampaikan pendapat dan menyetujui serta menolak pendapat dengan sopan.

D. Materi  Pembelajaran
PORIFERA
Nama Porifera berasal dari bahasa latin, porus yang berarti lubang, danferre yang berarti membawa atau mempunyai. Porifera adalah salah satu contoh Avertebrata. Berdasarkan asal katanya, Porifera ini merupakan kelompok hewan yang mempunyai pori. Tahukah Anda bunga karang seperti yang tampak pada Gambar.
Bunga karang ini merupakan jenis hewan dari kelompok Porifera, sangat sulit dibayangkan bukan, karena bila dilihat bentuknya seperti tumbuh-tumbuhan. Apabila Anda pergi ke pantai dan menemukan bunga karang, cobalah amati bentuk morfologi dan habitatnya! Hewan sederhana ini selama hidupnya menetap di karang atau permukaan benda keras lainnya di dasar air.Hewan ini tidak mempunyai alat gerak dan setelah dewasa melekat pada suatu dasar sehingga bersifat sessile.Ada sekitar 5000 species yang telah diketahui dan beberapa di antaranya hidup di air tawar tetapi sebagian besar hidup di laut.
Bunga karang mempunyai bentuk beraneka ragam.Ada yang berbentukseperti tabung, jambangan, piala, terompet, dan ada pula yang seperti tumbuhan, yaitu bercabang-cabang.Jadi, sebagian besar berbentuk asimetrik.Tubuhnya kebanyakan berwarna abu-abu, ada juga yang berwarna merah, kuning, biru, dan hitam.Beberapa di antaranya mempunyai rongga tubuh yang tunggal, adapun lainnya mempunyai jaring-jaring rongga tubuh yang rumit.Ada yang mempunyai rangka keras serupa dengan kaca atau seperti kulit Molusca, ada yang mempunyai rangka dengan bahan liat serupa bahan tanduk pada sapi.
Jika Anda mengamati dengan cermat, akan terlihat dasar tubuh bungakarang ini lunak berwujud kantung berdinding tebal yang berlubang-lubang/berporus/pori (ostium). Jadi, tubuhnya memiliki rongga tubuh (permukaannya  berpori). Melalui porus inilah air dialirkan masuk menggunakan flagel-flagel, yaitu berupa penjuluran-penjuluran yang berbentukrambut serupa dengan silia, tetapi lebih panjang dan lebih sedikit dalam jumlahnya.Air keluar dari rongga tubuh melalui lubang keluar yang dinamakan oskulum.Setiap ostium memiliki saluran yang menghubungkan ke spongosol.
Ada tiga sistem saluran air pada Porifera, yaitu tipe ascon, sycon,danrhagon.Tipe ascon adalah tipe yang paling sederhana, lubang-lubang ostium dihubungkan dengan saluran lurus langsung ke spongosol.Padatipe sycon, lubang-lubangostium dihubungkan dengan saluran bercabang ke rongg ayang berhubungan langsung dengan spongosol. Adapun untuk tipe rhagon lubang-lubangostium dihubungkan dengan Saluranyang bercabang-cabang kerongga yang sudah tidak berhubungan langsung dengan Spongosol

E. Strategi dan Metode Pembelajaran
1.   Model Pembelajaran
·         Cooperative Learning
·         STAD ( Student Team Achievment Division) yang termasuk dengan praktikum dan pengamatan gambar.
2.      Metode Pembelajaran
·         Diskusi
·         Tanya Jawab

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
·             Media
Laptop, infocus (menyesuaikan keadaan kelas)
·             Alat / Bahan
Bahan presentasi, gambar-gambar/foto/film video, berita/informasi dari media massa, awetan basah porifera.
·             Sumber Belajar
     Prawihartono, Slamet & Sri Hidayati  2015 Konsep dan Penerapan Biologi SMA/MA kelas X
     Jakarta: PT  Bumi Aksara.




G.    Langkah-langkah Pembelajaran/Rancangan Pertemuan
Pertemuan I :
a.      Pendahuluan (2 menit)
·         Guru memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
·         Guru mengabsen, mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·         Apersepsi: Menggali pemahaman siswa tentang pengertian porifera dengan menyajikan gambar.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

b.      Kegiatan Inti
No
Pendekatan
Saintifik
Kegiatan
Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi
Waktu
1.
Mengamati
Guru mengajak peserta didik untuk mengamati dan menganalisis gambar/film video tentang porifera. ( penyajian kelas)
Peserta didik secara individu melakukan pengamatan terhadap gambar/film video secara cermat dan teliti.
2 menit
2.
Menanya
Guru memotivasi /memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik. ( penyajian kelas)
Peserta didik bertanya mengenai gambar / film video yang telah diamati. Misal : “ apakah semua porifera mempunyai rongga gastrovaskuler’’.
2 menit
3
Mencoba
       Guru membagi siswa kedalam 2 kelompok ,kemudian membagikan  bahan dan guru meminta peserta didik untuk mengamati awetan basah porifera dan menggambar macam-macam saluran air pada porifera dan mengisi LKS yang disediakan. ( kegiatan kelompok)

Peserta didik membentuk kelompok, mengambil alat bahan, melakukan pengamatan awetan basah dan gambar macam-macam saluran air pada porifera dan mengisi LKS.
15 menit
4
Menalar
      Guru meminta peserta didik untuk berdiskusi dan mengemukakan hasil analisisnya secara berkelompok. ( kegiatan kelompok)

Peserta didik berdiskusi tentang  awetan basah, macam-macam saluran air, dan mengisi LKS
3 menit
5
mengkomunikasikan
      Guru meminta perwakilan dari tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. ( tes individual)
Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompoknya
4 menit

c.       Penutup ( 2 menit)
·      Guru meminta peserta didik unruk menyimpulkan materi pada hari ini.
·      Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
·      Tindak lanjut: memberikan tugas mandiri untuk pertemuan selanjutnya.
·      Menutup pertemuan hari ini.

H.    Penilaian ****)
1.    Teknik dan Bentuk Instrumen
Ranah Kognitif
·         Teknik penilaian   : Tes Tertulis
·         Bentuk Instrumen : Uraian
·         Instrumen Penilaian (soal):
SOAL
Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas !
1.      Sebutkan ciri-ciri Porifera yang Anda ketahui!(minimal 5)
2.      Buatlah skema saluran air tipe Askon, Sikon dan Leukon!
3.      Berikan contoh spesies pada masing-masing tipe saluran air pada Porifera!

KUNCI JAWABAN DAN NORMA PENILAIAN
No.
Kunci Jawaban
Skor
1.
         Multiseluler
         Ada yang berbentuk seperti tabung, jambangan, piala, terompet, dan ada pula yang seperti tumbuhan, yaitu bercabang-cabang.
         Berbentuk asimetrik
         Memiliki pori-pori (ostium)
         Memiliki rongga tubuh (spongosol)
         Memiliki oskulum
         Hidupnya sesil
20
2.
a.       Tipe Askon
Ostium  spongosol  oskulum
b.      Tipe Sikon
Ostium  saluran radial  spongosol  oskulum
c.       Tipe Leukon
Ostium  rongga-rongga bulat yg saling berhubungan spongosol  oskulum
60
3.
a.        Tipe Askon: Leucosolenia, Euplectella, Pheronema, Hyalonema
b.      Tipe Sikon    : Schypa
c.       Tipe Leukon : Spongila, Espongia, Cliona, Microciona
20
Jumlah Skor
100
Nilai = Jumlah benar (sesuai skor) =100


Rubrik Kriteria Penilaian
No soal
Aspek yang dinilai
Score
1.
a.    Menyebutkan ciri-ciri Porifera minimal 5 lengkap dan tepat.
b.    Menyebutkan ciri-ciri Porifera minimal 4  dengan tepat.
c.    Menyebutkan ciri-ciri Porifera minimal 3 dengan tepat
d.    Menyebutkan ciri-ciri Porifera minimal 2 dengan tepat
e.    Menyebutkan ciri-ciri Porifera namun tidak tepat.
20

16

12

8

5
2.
a.       Membuat skema ketiga tipe saluran air dengan urut.
b.      Membuat skema ketiga tipe saluran air namun 1 diantaranya tidak urut.
c.       Membuat skema ketiga tipe saluran air namun 2 diantaranya tidak urut.
d.      Membuat skema ketiga tipe saluran air namun semuanya tidak urut.
60

40

20

10
3.
a.       Menyebutkan contoh spesies Porifera dariketiga tipe saluran air dengan tepat.
b.      Menyebutkan contoh spesies Porifera dariketiga tipe saluran air namun 1 diantaranya tidak tepat.
c.       Menyebutkan contoh spesies Porifera dari ketiga tipe saluran air namun 2 diantaranya tidak tepat.
d.      Menyebutkan contoh spesies Porifera dari ketiga tipe saluran air namun ketiganya tidak tepat.
20

15


10


5



2.      Ranah Afektif
Dinilai dari sikap keseharian siswa saat menerima pelajaran. Misalnya, berpakaian rapi dan sopan, disiplin, jujur, dll.

Rubrik Penilaian
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Keberanian
Ketelitian
Kerjasama
Kesopanan
Tanggung jawab
1.
2.
3.
4.
5.
            Kriteria penilaian :
A : Baik sekali, B : Baik, C : Cukup dan D : Kurang

Rubrik Kriteria Penilaian
Aspek yang dinilai
Aturan penilaian
1.  Tanggung jawab
A.  Bila bertanggung jawab atas hasil diskusi kelompok.
B.   Bila bertanggung jawab atas hasil diskusinamun penjelasan atas hasil kerjanya kurang sesuai.
C.   Bila bertanggung jawab atas hasil diskusinamun tidak ada penjelasan atas hasil kerjanya.
D.  Tidak bertanggung jawab atas hasil diskusiyang telah dikerjakan.
2.  Ketelitian
A.  Sangat teliti dan benar dalam mengamati preparat awetan dan gambar, sehingga dapat mengetahui morfologi dan tipe saluran air porifera dengan sangat lengkap.
B.   Teliti dalam mengamati preparat awetan dan gambar, sehingga dapat mengetahui morfologi dan tipe saluran air porifera lengkap.
C.   Kurang teliti dalam mengamati preparat awetan dan gambar sehingga dapat mengetahui   morfologi dan tipe saluran air porifera kurang lengkap.
D.  Tidak teliti dalam mengamati preparat awetan dan gambar, sehingga dapat mengetahui morfologi dan tipe saluran air porifera tidak lengkap.
3.  Kesopanan
A.     Tidak mencela dan menyela    pendapat teman.
B.    Menyela pendapat teman saat sedang berbicara
      C.   Mencela pendapat teman.
D.     Mencela dan menyela pendapat teman.
4.  Keberanian 
A.     Mengungkapkan pendapat dengan lancar dan antusias
B.     Mengungkapkan pendapat dengan lancar namun kurang antusias
C.     Agak gugup dalam mengungkapkan pendapat sehingga bicaranya kurang lancar
D.     Gugup dalam mengungkapkan pendapat sehingga bicaranya tidak lancar
5.  Kerja sama
A.     Pembagian tugas dalam kelompok merata.
B.     Pembagian tugas dalam kelompok kurang merata, masih ada beberapa yang menganggur.
C.     Pembagian tugas dalam kelompok tidak merata, sebagian orang menganggur.
D.     Yang bekerja hanya 1 atau 2 orang

3.        Ranah Psikomotorik
Dinilai dari keaktifan siswa dalam pembelajaran. Acuan penilaian adalah:

Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai
Nama siswa
1
2
3
4
1.        Mengamati preparat awetan Porifera.
1.
2.
3
dst.
2.    Membuat skema melalui pengamatan gambar macam-macam saluran air Porifera.
1.
2.
3.
dst.
3.    Mengkomunikasikan hasil diskusi.
1.
2.
3.
dst.
Keterangan :

1      : kurang
2      : cukup
3      : baik
4      : baik sekali


Rubrik Kriteria Penilaian
Aspek yang dinilai
Aturan penilaian
1.    Mengamati preparat awetan Porifera.
1.Tidak melakukan pengamatan preparat awetan Porifera.
2.Melakukan pengamatan preparat awetan Porifera namun belum tepat.
3.Melakukan pengamatan preparat awetan Porifera namun kurang tepat.
4.Melakukan pengamatan preparat awetan Porifera dengan tepat dan sesuai.
2.    Membuat skema melalui pengamatan gambar macam-macam saluran air Porifera.
1.  Tidak membuat skema macam-macam saluran air Porifera.
2.  Membuat skema macam-macam saluran air Porifera namun belum sesuai.
3.  Membuat skema macam-macam saluran air Porifera namun kurang sesuai.
4.  Membuat skema macam-macam saluran air Porifera dengan benar dan sesuai.
3.    Mengkomunikasikan hasil diskusi.
1.  Tidak mempresentasikan diskusi.
2.  Mempresentasikan hasil diskusi kurang tepat.
3.  Sudah mempresentasikan hasil diskusi yang sudah tepat namun kurang antusias.
4.  Mempresentasikan diskusi yang sudah tepat dan dengan antusias tinggi.












                                                                                                          ………., ………………… 
   Mengetahui                                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA ……..
   _______________                                                                                  __________________
NIP. ….                                                                                                  NIP. ….

Catatan Kepala Pesantren:
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................




No comments:

Post a Comment