Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide
Besar A
|
Ide
Besar B
|
Ide
Besar C
|
|
Ciri-ciri
porifera
|
Macam-macam saluran air pada porifera
|
Peranan
porifera dalam kehidupan
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Peserta
didik mengetahui ciri-ciri tubuh porifera
Ukuran tubuh porifera
Bentuk tubuh porifera
|
Peserta
didik mampu membedakan sistem saluran air pada porifera
Sistem saluran air pada porfera dibagi menjadi tiga
Tipe ascon
Tipe Sycon
Tipe Leucon
|
Peserta
didik dapat mengetahui peranan porifera dalam kehidupan
Manfaat
virus dalam teknik kosmetik dan penggosok untuk
mandi dan mencuci
|
Mengapa
penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
(pengetahuan
kurikulum)
|
Dengan
mengetahui ciri-ciri dan sifatnya, peserta didik dapat membedakannya dengan
makhluk hidup yang lain
|
Sangat
penting untuk mengetahui perbedaan sistem
saluran air pada porifera
Tipe ascon merupakan tipe saluran air paling sederhana
Tipe sycon ada dua saluran air: inkuren dan radial
Tipe leucon merupakan tipe saluran air paling kompleks
|
Penting
untuk mengetahui peranannya karena porifera
bertanggung
jawab atas beragam jenis penyusun terumbu karang
Tidak
semua virus merugikan bagi manusia
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa
keterbatasaan yang terkait dengan mengajar virus
(pengetahuan
siswa sebagai peserta didik)
|
Konsep porifera merupakan materi
yang abstrak, dalam menjelaskan ciri-ciri, ukuran dan bentuk tubuh porifera dibutuhkan gambar atau contoh yang mudah dimengerti oleh peserta didik
|
Yang
menjadi kesulitan pada replikasi porifera agar
peserta didik benar-benar memahami perbedaan pada masing-masing fase, maka
diperlukan gambar dari setiap fase dan penekanan konsep
yang membedakan ketiga fase sistem saluran air tersebut
|
Kesulitan
atau kendala siswa dalam peranan porifera,
membedakan jenis porifera.
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini
(pengetahuan
siswa sebagai peserta didik)
|
Mengaitkan
hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa
Menampilkan
gambar porifera dan meminta peserta didik untuk
menyebutkan bagian-bagian tubuh porifera
|
Mengaitkan
hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa
Menampilkan
gambar tipe saluran air dan meminta
peserta didik untuk menjelaskan proses pada masing-masing tipe
|
Membuat
hubungan antara konsep dan pengalaman siswa
Meminta
siswa untuk menyebutkan peranan porifera
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini
(pengetahuan
tentang
strategi intruksional dan representasi)
|
Menampilkan
gambar dari bentuk porifera agar
peserta didik dapat lebih mudah untuk memahami ciri-ciri tubuh porifera
|
Menampilkan
gambar agar memperdalam pemahaman siswa tentang tipe saluran air pada porifera
|
Menunjukan
contoh gambar yang dihasilkan oleh porifera
|
Mengidentifikasi
cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan
(pengetahuan
tentang penilaian)
|
Mempertanyakan
siswa
Meminta
siswa menjelaskan cirri-ciri tubuh porifera
|
Meminta
siswa untuk menjelaskan masing-masing tipe saluran
air
Penjelasan
siswa tentang proses pada tipe ascon
Penjelasan
siswa tentang proses pada tipe sycon
Penjelasan
siswa tentang proses pada tipe leucon
|
Menilai
prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa
Prediksi
manfaat apa saja dari porifera dalam
kehidupan
|
Konten Representasi (CORE) ANIMALIA
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment