Konten Representasi (CORE) ANIMALIA


Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C

Ciri-ciri porifera

Macam-macam saluran air pada porifera
Peranan porifera dalam kehidupan
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik mengetahui ciri-ciri tubuh porifera

Ukuran tubuh porifera

Bentuk tubuh porifera

Peserta didik mampu membedakan sistem saluran air pada porifera

Sistem saluran air pada porfera dibagi menjadi tiga

Tipe ascon

Tipe Sycon

Tipe Leucon
Peserta didik  dapat mengetahui peranan porifera dalam kehidupan


Manfaat virus dalam teknik kosmetik dan penggosok untuk mandi dan  mencuci

Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?

(pengetahuan kurikulum)
Dengan mengetahui ciri-ciri dan sifatnya, peserta didik dapat membedakannya dengan makhluk hidup yang lain


Sangat penting untuk mengetahui perbedaan sistem saluran air pada porifera

Tipe ascon merupakan tipe saluran air paling sederhana

Tipe sycon ada dua saluran air: inkuren dan radial

Tipe leucon merupakan tipe saluran air paling kompleks
Penting untuk mengetahui peranannya karena porifera  
bertanggung jawab atas  beragam jenis penyusun terumbu karang

Tidak semua virus merugikan bagi manusia
 Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa keterbatasaan yang terkait dengan mengajar virus

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
 Konsep  porifera merupakan materi yang abstrak, dalam menjelaskan ciri-ciri, ukuran dan bentuk tubuh porifera  dibutuhkan gambar atau contoh yang mudah dimengerti oleh peserta didik
Yang menjadi kesulitan pada replikasi porifera agar peserta didik benar-benar memahami perbedaan pada masing-masing fase, maka diperlukan gambar dari setiap fase dan penekanan konsep yang membedakan ketiga fase sistem saluran air tersebut
Kesulitan atau kendala siswa dalam peranan porifera, membedakan jenis porifera.
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa

Menampilkan gambar porifera dan meminta peserta didik untuk menyebutkan bagian-bagian tubuh porifera
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa

Menampilkan gambar tipe saluran air dan meminta peserta didik untuk menjelaskan proses pada masing-masing tipe
Membuat hubungan antara konsep dan pengalaman siswa

Meminta siswa untuk menyebutkan peranan porifera
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini

(pengetahuan
tentang strategi intruksional dan representasi)
Menampilkan gambar dari bentuk porifera agar peserta didik dapat lebih mudah untuk memahami ciri-ciri tubuh porifera
Menampilkan gambar agar memperdalam pemahaman siswa tentang tipe saluran air pada porifera
Menunjukan contoh gambar yang dihasilkan oleh porifera
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan

(pengetahuan tentang penilaian)
Mempertanyakan siswa

Meminta siswa menjelaskan cirri-ciri tubuh porifera
Meminta siswa untuk menjelaskan masing-masing tipe saluran air

Penjelasan siswa tentang proses pada tipe ascon

Penjelasan siswa tentang proses pada tipe sycon

Penjelasan siswa tentang proses pada tipe leucon

Menilai prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa


Prediksi manfaat apa saja dari porifera dalam kehidupan
  


No comments:

Post a Comment