CoRe (Core Representation) SISTEM GERAK

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide BesarA
Ide Besar B
Ide Besar C
Gerak terjadi sebagai hasil kerja antara dua sistem organ. Gerak dapat definisikan sebagai kemampuan makhluk hidup untuk berpindah atau merubah posisi dan kedudukan anggota tubuh.
Organ gerak pada manusia ada dua yaitu rangka dan otot.
Rangka merupakan alat gerak pasif, dan otot merupakan alat gerak aktif.
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik harus memahami letak otot dan rangka yang berdampingan dan melekat sangat erat.
Peserta didik harus memahami pengertian rangka dan letak rangka pada manusia:
·     Rangka adalah susunan tulang-tulang dengan sistem tertentu.
·     Rangka terletak di dalam tubuh, terlindungi atau terbalut oleh otot dan kulit.
Peserta didik harus memahami rangka sebagai alat gerak pasif:
Rangka bisa bergerak apabila ada kontraksi otot sehingga dikatakan bahwa gerak rangka tergantung otot.
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Rangka sangat penting dalam tubuh manusia karena rangka mendukung fungsi gerak.
Rangka :
·    Menunjang tegaknya tubuh
·    Sebagai alat gerak pasif
·    Tempat melekatnya otot rangka
·    Memberi bentuk tubuh
·    Melindungi alat tubuh yang dalam keadaan lemah
Pemahaman rangka
·      Mendukung peserta didik untuk mengetahui fungsi dari rangka
·      Mendukung peserta didik untuk mengetahui kelainan yang terjadi bila salah satu tulang mengalami kerusakan
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Pengelompokan kerangka manusia:
·      Skeleton aksial
·      Skeleton apendikuler
Jenis kerangka manusia terdiri atas:
·     Tulang rawan (kartilago)
·     Tulang sejati atau tulang keras ( osteon)
Macam kelainan yang dapat terjadi:
·    Fraktura
·    Arthritis
·    Osteoporosis

Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Membuat hubungan antara pemahaman siswa terhadap macam-macam dan fungsi tulang pada manusia
Membuat hubungan antara letak dan fungsi pada tulang
·    Menggunakan gambar ataupun video untuk melihat beberapa kelaianan tersebut
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Menggunakan alat peraga ataupun gambar untuk menunjukkan nama dan letak tulang
 Alat peraga rangka manusia.
·      Menggunakan alat peraga sebagai model untuk mengetahui macam tulang serta letaknya.
Peseta didik diminta untuk mengaitkan beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan kelainan pada tulang
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Meminta siswa menjelaskan pentingnya tulang pada manusia.
·       Penjelasan siswa tentang pengetahuan mereka tentang letak dan macam-macam tulang pada manusia.
·       Menggunakan alat bantu penunjuk, untuk menunjukkan nama bagia-bagian tulang.
Mendengarkan penjelasan peserta didik  tentang keterkaitan kebiasaan yang dapat menyebabkan tulang mengalami kelaianan dan mengoreksi.

No comments:

Post a Comment