Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide BesarA
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Gerak terjadi sebagai hasil
kerja antara dua sistem organ. Gerak dapat definisikan sebagai
kemampuan makhluk hidup untuk berpindah atau merubah posisi dan kedudukan
anggota tubuh.
|
Organ gerak pada manusia ada
dua yaitu rangka dan otot.
|
Rangka merupakan alat gerak
pasif, dan otot merupakan alat gerak aktif.
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa
dalam pelajaran ini.
|
Peserta didik harus memahami
letak otot dan rangka yang berdampingan dan melekat sangat erat.
|
Peserta didik harus
memahami pengertian rangka dan letak rangka pada manusia:
·
Rangka adalah susunan
tulang-tulang dengan sistem tertentu.
·
Rangka terletak di dalam
tubuh, terlindungi atau terbalut oleh otot dan kulit.
|
Peserta didik harus
memahami rangka sebagai alat gerak pasif:
Rangka bisa bergerak apabila
ada kontraksi otot sehingga dikatakan bahwa gerak rangka tergantung otot.
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten
ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Rangka sangat penting dalam
tubuh manusia karena rangka mendukung fungsi gerak.
|
Rangka :
·
Menunjang tegaknya tubuh
·
Sebagai alat gerak pasif
·
Tempat melekatnya otot
rangka
·
Memberi bentuk tubuh
·
Melindungi alat tubuh yang
dalam keadaan lemah
|
Pemahaman rangka
·
Mendukung peserta didik
untuk mengetahui fungsi dari rangka
·
Mendukung peserta didik
untuk mengetahui kelainan yang terjadi bila salah satu tulang mengalami
kerusakan
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan
keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Pengelompokan kerangka
manusia:
·
Skeleton aksial
·
Skeleton apendikuler
|
Jenis kerangka manusia
terdiri atas:
·
Tulang rawan (kartilago)
·
Tulang sejati atau tulang
keras ( osteon)
|
Macam kelainan yang dapat terjadi:
·
Fraktura
·
Arthritis
·
Osteoporosis
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi
pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Membuat hubungan antara pemahaman
siswa terhadap macam-macam dan fungsi
tulang pada manusia
|
Membuat hubungan antara
letak dan fungsi pada tulang
|
·
Menggunakan gambar ataupun
video untuk melihat beberapa kelaianan tersebut
|
Strategi pengajaran dan representasi
diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan
representasi]
|
Menggunakan alat peraga ataupun gambar untuk menunjukkan nama dan letak
tulang
|
Alat peraga rangka manusia.
·
Menggunakan alat peraga
sebagai model untuk mengetahui macam tulang serta letaknya.
|
Peseta didik diminta untuk mengaitkan
beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan kelainan pada tulang
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Meminta siswa menjelaskan pentingnya tulang pada manusia.
|
·
Penjelasan siswa tentang
pengetahuan mereka tentang letak dan macam-macam tulang pada manusia.
·
Menggunakan alat bantu
penunjuk, untuk menunjukkan nama bagia-bagian tulang.
|
Mendengarkan penjelasan
peserta didik tentang keterkaitan
kebiasaan yang dapat menyebabkan tulang mengalami kelaianan dan mengoreksi.
|
CoRe (Core Representation) SISTEM GERAK
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment