Conten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide BesarA
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Fotosintesis adalah proses pembentukan karbohidrat oleh tumbuhan hijau dengan
bantuan energi cahaya matahari.
|
Fotosintesis dipengaruhi oleh beberapa faktor.
|
Organ utama dalam fotosintesis pada tumbuhan adalah daun.
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa
dalam pelajaran ini.
|
Peserta didik harus memahami pengertian fotosintesis .
|
Peserta didik harus memahami faktor-faktor terjadinya fotosintesis :
·
Faktor luar
·
Faktor dalam
|
Peserta didik harus memahami bagian-bagian pada daun pada tempat terjadinya fotosintesis..
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Fotosintesis
sangat penting bagi kehidupan. Selain menghasilkan zat makanan pada tumbuhan,
proses ini juga menghasilkan oksigen yang dibutuhkan bagi pernafasan manusia.
|
· Faktor internal adalah faktor yang
berasal dari tumbuhan itu sendiri. Artinya, setiap tumbuhan yang berbeda
jenis, walaupun hidup dalam keadaan lingkungan yang sama akan berbeda pula
reaksi fotosintesisnya.
·
Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari
luar tumbuhan
|
Kloroplas
adalah zat hijau yang terdapat pada semua tumbuhan yang berwarna hijau.
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan
keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Reaksi yang terjadi pada fotosintesis :
·
Reaksi gelap
·
Reaksi terang
|
·
Faktor luar:
1.
Intensitas cahaya
2.
Kadar air tanah
3.
Kadar CO2 di udara
4.
Kadar O2 di lingkungan
·
Faktor dalam:
1.
Kadar klorofil
2.
Bentuk dan struktur daun
3.
Anatomi daun
4.
Kedudukan daun terhadap
cahaya
|
Pada daun, kloroplas ditemukan terutamapada sel-sel jaringan pagar
(palisade) dan sel-sel jaringan bunga karang (spons).
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi
pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Membuat
hubungan antara reaksi gelap dan reaksi terang pad fotosintesis.
|
Membuat hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam fotosintesis.
|
Menggunakan gambar ataupun video untuk melihat letak kloroplas tersebut.
|
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan
dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para
siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan
representasi]
|
Melakukan praktikum atau bisa juga melihat video untuk menunjukkan
terjadinya reaksi gelap dan reaksi terang tersebut.
|
Menggunakan media gambar
untuk melihat adanya faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya fotosintesis.
|
Peseta didik diminta untuk mengaitkan beberapa kebiasaan yang dapat
menyebabkan kelainan pada tulang
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Meminta peserta didik untuk menjelaskan di depan kelas mengenai
pengertian fotosintesis, serta reaksi dalam fotosintesis
|
Penjelasan peserta didik tentang pengetahuam mereka tentang faktor-faktor
terjadinya fotosintesis.
|
Mendengarkan penjelasan peserta didik
tentang tempat terjainya fotosintesis pada tumbuhan, dan menunjukkan
dimana letak-letak tersebut melalui gambar.
|
CoRe (Conten Representation) FOTOSINTESIS
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment