CoRe (Core Representation) Protista

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide BesarA
Ide Besar B
Ide Besar C
Protista dibedakan berdasarkan kemiripannya dengan makhluk hidup lain yaitu protista mirip jamur, mirip tumbuhan, dan mirip hewan
Protista terdiri atas organisme tingkat rendah yang pada dasarnya memiliki kesamaan struktur yang sederhana walaupun daur hidup, organisasi sel, dan pembelahan selnya berbeda-beda
Protista mirip tumbuhan (alga) dibedakan menjadi 5 yaitu alga cokelat, alga merah, alga hijau, alga keemasan, dan diatom
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Siswa harus memahami perbedaan antara protista mirip jamur, mirip tumbuhan, dan mirip hewan:
protista mirip jamur tidak dimasukkan kedalam kingdom fungi.
alga biasanya berupa fitoplankton yang hidup melayang didalam air.
protozoa adalah protista menyerupai hewan.
Siswa harus memahami ciri-ciri yang membedakan protista tersebut:
ciri myxomycota yang menyerupai jamur ialah pada waktu stadium badan buah, sedangkan stadium vegetatifnya mirip protozoa
hifa pada oomycota mempunyai dinding sel yang mengandung selulosa dan tidak mempunyai septa
alga bereproduksi dengan dua cara yaitu aseksusal dan seksual
protozoa tersusun atas sel tunggal (uniseluler) serta mempunyai organisasi sel yang sederhana
Siswa harus memahami ciri-ciri protista mirip tumbuhan:
Beberapa jenis alga ada yang dapat bersimbiosis dengan organisme lainnya
Reproduksi aseksual terjadi melalui pembelahan sel, fragmentasi, dan pembentukan zoospora
Reproduksi seksual terjadi melalui isogami dan oogami
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Peranan protista dalam kehidupan :
Beberapa spesies yang mirip jamur ada yang merugikan bagi kehidupan
Beberapa spesies pada alga ada yang menguntungkan bagi kehidupan
Ciri umum protista :
Bersifat eukariotik
Respirasi secara aerobik
Reproduksi seksual dan aseksual
Kebanyakan hidup diperairan
Sebagian besar bersifat uniselular
Klasifikasi alga :
Alga yang hidup melayang-layang dipermukaan air disebut neuston
Yang hidup didasar perairan disebut bentos
Dibedakan berdasarkan habitat diperairan
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Siklus hidup protista :
Siklus hidup pada jamur lendir plasmodial
Jamur air
Reproduksi protista :
Reproduksi aseksual
Reproduksi seksual
Kelompok-kelompok alga :
Warna alga coklat ditimbulkan oleh adanya pigmen coklat (fukosantin)
Warna alga merah ditimbulkan oleh adanya pigmen merah (fikoeritin)
Warna alga emas ditimbulkan oleh adanya pigmen emas
Diatom
Warna alga hijau ditimbulkan oleh adanya pigmen hijau

Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Pentingnya membuat siswa paham terhadap peranan protista
Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum pengetahuan dan pengalaman hidup
Makhluk hidup yang ada di air seperti kolam, sungai dll
Gunakan sample-sample yang tersedia di laboratorium bahan demonstrasi
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Tinjau ciri-ciri protista hasil diskusi pada lembar portofolio
 Melihat perbedaan ciri-ciri protista melalui gambar serta sample yang disediakan
Pengamatan alga :
Siswa bersama teman sekelompoknya mengamati sample yang diberikan
Mencari referensi dari berbagai sumber
Catat hasil diskusi pada lembar portofolio
Kemukakan pendapat setiap kelompok
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
.mempertanyakan siswa :
Meminta siswa untuk menyebutkan perbedaan ciri-ciri pada ketiga jenis protista
Menilai akurasi penjelasan siswa :
Penjelasan siswa tentang ciri-ciri protista sesuai sample
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
Prediksi ciri-ciri protista mirip tumbuhan pada sample yang diberikan

No comments:

Post a Comment