Konten
Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide BesarA
|
Ide Besar
B
|
Ide Besar
C
|
Protista dibedakan berdasarkan kemiripannya dengan
makhluk hidup lain yaitu protista mirip jamur, mirip tumbuhan, dan mirip
hewan
|
Protista terdiri atas organisme tingkat rendah yang
pada dasarnya memiliki kesamaan struktur yang sederhana walaupun daur hidup,
organisasi sel, dan pembelahan selnya berbeda-beda
|
Protista mirip tumbuhan (alga) dibedakan menjadi 5
yaitu alga cokelat, alga merah, alga hijau, alga keemasan, dan diatom
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa
dalam pelajaran ini.
|
Siswa harus memahami perbedaan antara protista mirip
jamur, mirip tumbuhan, dan mirip hewan:
protista mirip jamur tidak dimasukkan kedalam
kingdom fungi.
alga biasanya berupa fitoplankton yang hidup
melayang didalam air.
protozoa adalah protista menyerupai hewan.
|
Siswa harus memahami ciri-ciri yang membedakan
protista tersebut:
ciri myxomycota yang menyerupai jamur ialah pada
waktu stadium badan buah, sedangkan stadium vegetatifnya mirip protozoa
hifa pada oomycota mempunyai dinding sel yang
mengandung selulosa dan tidak mempunyai septa
alga bereproduksi dengan dua cara yaitu aseksusal
dan seksual
protozoa tersusun atas sel tunggal (uniseluler)
serta mempunyai organisasi sel yang sederhana
|
Siswa harus memahami ciri-ciri protista mirip
tumbuhan:
Beberapa jenis alga ada yang dapat bersimbiosis
dengan organisme lainnya
Reproduksi aseksual terjadi melalui pembelahan sel,
fragmentasi, dan pembentukan zoospora
Reproduksi seksual terjadi melalui isogami dan
oogami
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten
ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Peranan protista dalam kehidupan :
Beberapa spesies yang mirip jamur ada yang merugikan
bagi kehidupan
Beberapa spesies pada alga ada yang menguntungkan
bagi kehidupan
|
Ciri umum protista
:
Bersifat
eukariotik
Respirasi
secara aerobik
Reproduksi
seksual dan aseksual
Kebanyakan
hidup diperairan
Sebagian
besar bersifat uniselular
|
Klasifikasi
alga :
Alga yang
hidup melayang-layang dipermukaan air disebut neuston
Yang hidup
didasar perairan disebut bentos
Dibedakan
berdasarkan habitat diperairan
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan
keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Siklus
hidup protista :
Siklus
hidup pada jamur lendir plasmodial
Jamur air
|
Reproduksi
protista :
Reproduksi
aseksual
Reproduksi
seksual
|
Kelompok-kelompok
alga :
Warna alga
coklat ditimbulkan oleh adanya pigmen coklat (fukosantin)
Warna alga
merah ditimbulkan oleh adanya pigmen merah (fikoeritin)
Warna alga
emas ditimbulkan oleh adanya pigmen emas
Diatom
Warna alga
hijau ditimbulkan oleh adanya pigmen hijau
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi
pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Pentingnya
membuat siswa paham terhadap peranan protista
|
Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum
pengetahuan dan pengalaman hidup
Makhluk hidup yang ada di air seperti kolam, sungai
dll
|
Gunakan
sample-sample yang tersedia di laboratorium bahan demonstrasi
|
Strategi pengajaran dan representasi
diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan
representasi]
|
Tinjau
ciri-ciri protista hasil diskusi pada lembar portofolio
|
Melihat
perbedaan ciri-ciri protista melalui gambar serta sample yang disediakan
|
Pengamatan
alga :
Siswa
bersama teman sekelompoknya mengamati sample yang diberikan
Mencari
referensi dari berbagai sumber
Catat
hasil diskusi pada lembar portofolio
Kemukakan
pendapat setiap kelompok
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
.mempertanyakan siswa :
Meminta siswa untuk menyebutkan perbedaan ciri-ciri
pada ketiga jenis protista
|
Menilai
akurasi penjelasan siswa :
Penjelasan
siswa tentang ciri-ciri protista sesuai sample
|
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan
pemahaman siswa:
Prediksi ciri-ciri protista mirip tumbuhan pada
sample yang diberikan
|
CoRe (Core Representation) Protista
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment