Satuan
Pendidikan : SMP UIN Jaya
Kelas /
Semester : VII / genap
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Materi Pokok
: Pencemaran
dan Dampak bagi Lingkungan
1.
Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
2.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek
fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam
lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menunjukan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti,
cermat,
tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hai sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.3 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.9
Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup.
3.
Indikator
3.9.1
Menjelaskan macam-macam pencemaran lingkungan
3.9.2
Menjelaskan penyebab pencemaran terhadap lingkungan
4.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan konsep pencemaran lingkungan.
2.
Siswa dapat menjelaskan penyebab pencemaran terhadap
lingkungan
5.
Materi Pembelajaran
Materi Pokok: Pencemaran dan Dampak bagi Kehidupan (Terlampir I)
6.
Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, tanya
jawab, penugasan mandiri dan praktikum.
7.
Media Pembelajaran
Papan Tulis, PPT
8.
Sumber Belajar
Buku BSE
Internet dengan link yang relevan.
9.
Langkah-Langkah Pembelajaran
a.
Pendahuluan
(5 menit)
Kegiatan
|
Aktivitas Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
|
Guru
|
Peserta didik
|
||
Pembukaan
|
· Memberi
salam, mengecek absensi, mengecek kesiapan peserta
didik dan menyiapkan media pembelajaran.
|
· Menjawab
salam dan mempersiapkan buku pelajaran
|
1 menit
|
Apersepsi
|
·
Memberikan
gambar tentang air jernih dan air tercemar.
·
Memberikan
pertanyaan bagaimana pendapat kalian terkait gambar ini?
|
·
Berpikir dan menjawab pertanyaan dari guru.
|
2 menit
|
Motivasi
|
·
Memberikan
gambaran akan pentingnya lingkungan dan harus menjaganya
|
·
Peserta
didik memperhatikan motivasi dari guru.
|
2 menit
|
b. Kegiatan Inti (20 Menit)
Metode atau
strategi pembelajaran
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
waktu
|
Pendekatan Saintifik
1.
Mengamati
|
·
Guru membentuk kelompok diskusi menjadi 2
kelompok.
·
Menampilan video tentang penyebab
pencemaran air kepada peserta didik.
|
·
Peserta didik mengamati video tentang penyebab
pencemaran air yang diberikan guru
|
2 Menit
|
2.
Menanya
|
·
Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta
didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah diamatinya.
·
Menjelaskan terkait video dan menjawab pertanyaan murid
|
·
Peserta didik bertanya terkait apa yang sudah diamati
dan teman yang lain menjawab.
·
Mendengarkan penjelasan guru
|
3 Menit
|
3.
Mencoba
|
·
Guru memerintahkan ke peserta didik untuk mendiskusikan
yang terdapat pada LKS dan mencari informasi sebanyak-banyak nya melalui buku
teks, internet dengan link yang
relevan.
|
·
Peserta didik mendiskusikan yang terdapat pada LKS dan
mencari informasi sebanyak-banyak tentang melalui buku teks internet dengan
link yang relevan dan pengalaman yang pernah dialami.
|
7 Menit
|
4.
Menalar
|
·
Guru memberi waktu kepada
peserta didik untuk mengolah informasi yang sudah dikumpulkan, menganalisis
hasil dalam bentuk
membuat kategori, mengasosiasi atau menghubungkan informasi yang
terkait dalam rangka menemukan suatu jawaban dari bahan yang didiskusikan.
·
Guru menilai sikap peserta
didik dalam berdiskusi.
|
·
Peserta didik mengolah informasi yang di dapat dan
mengolahnya, menganalisis hasil dalam bentuk membuat kategori, dan menghubungkan informasi
yang terkait dalam rangka menemukan suatu jawaban dari bahan yang
didiskusikan.
|
3 Menit
|
5.
Mengkomunikasikan
|
·
Guru memberikan waktu kepada peserta didik untuk
menyampaikan hasil diskusi dan di nilai oleh guru.
·
Guru menanggapi hasil diskusi siswa
|
·
Peserta didik menyampaikan hasil diskusi.
|
4 Menit
|
c. Penutup (5 menit)
Kegiatan
|
Aktivitas pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Penutup
|
· Memfasilitasi
peserta didik dalam menyimpulkan materi pembelajaran hari ini. Jika hasil diskusi terdapat
sedikit kesalahan konsep, guru meluruskan dan jika konsep sudah benar, guru
memperkuat konsep tersebut.
· Mengevaluasi ketercapaian pembelajaran
· Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas
individu
· Menutup pelajaran dengan salam.
|
· Dengan
bantuan guru peserta didik
menyimpulkan hasil pembelajaran.
· Menjawab
salam
|
5menit
|
11.
Penilaian Hasil Belajar
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Teknik penilaian
|
Instrumen
|
||
Sikap Spiritual
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.
Berusaha menjaga lingkungan sekitar.
2.
Berusaha tidak melakukan pencemaran lingkungan yang
mengakibatkan kerusakan.
|
1.
Non
Tes
|
Skala Penilaian (rating scale)
Terlampir
II
|
||
Sikap sosial
|
2.1 menunjukan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat,
tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hai sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2 menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan.
|
1.
Tidak
menyontek dalam ujian atau ulangan.
2.
Mengerjakan
setiap tugas yang diberikan.
3.
Melaksanakan
setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
4.
Memelihara
lingkungan sekolah.
5.
Aktif dalam
kerja kelompok.
|
Non Tes
|
Skala Penilaian (rating scale)
Terlampir III
|
||
|
3.9 Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup.
|
3.9.1 Menjelaskan macam-macam pencemaran lingkungan
3.9.2 Menjelaskan penyebab pencemaran terhadap lingkungan
|
1.
Tertulis
2.
Tertulis
|
1.
Pilihan Ganda
Terlampir IV
2.
Pilihan Ganda
|
||
Keterampilan
|
|
|
1.
Non Tes
|
1.
Praktik
Terlampir V
|
Lampiran II
INSTRUMENTAL PENILAIAN SIKAP SPRITUAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)
A.
Petunjuk Umum
1.Instrumen penilaian sikap spritual ini berua
Lembar Penilaian Diri.
2.Instrumen ini diisi oleh peserta didik untuk
menilai dirinya sendiri.
B.
Petunjuk Pengisian
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 1 apabila jarang melakukan perilaku yang dinyatakan.
C.
Lembar Penilaian Diri
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Hari/Tanggal :
Tahun Pelajaran :
Butir Nilai :
Menghargai dan Menjaga Lingkungan.
No
|
Pernyataan
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Saya berusaha menjaga lingkungan.
|
|
|
|
|
2.
|
Dengan senang hati saya menjaga lingkungan.
|
|
|
|
|
3.
|
Saya berusaha tidak melakukan pencemaran
lingkungan yang mengakibatkan kerusakan.
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Nilai
|
|
|
|
|
Lampiran III
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK)
A.
Petunjuk Umum
1.
Instrumen penilaian sikap spritual ini berua Lembar
Penilaian Diri.
2.
Instrumen ini diisi oleh peserta didik untuk
menilai peserta didik lain/ temannya.
B.
Petunjuk Pengisian
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 1 apabila jarang melakukan perilaku yang dinyatakan.
C.
Lembar Penilaian Diri
LEMBAR PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Hari/Tanggal :
Tahun Pelajaran :
Butir Nilai :
Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam
menggali informasi tentang menjaga dan
melestarikan
ekosistem sebagai wujud cinta tanah air.
No
|
Pernyataan
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Tidak menyontek dalam ujian atau ulangan.
|
|
|
|
|
2.
|
Mengerjakan setiap tugas yang diberikan.
|
|
|
|
|
3.
|
Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
|
|
|
|
|
4.
|
Memelihara lingkungan sekolah.
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Nilai
|
|
|
|
|
Lampiran IV
Penilaian Pengetahuan
Indikator
|
Soal
|
Jawaban
|
3.9.1 Menjelaskan macam-macam pencemaran lingkungan
|
1.
Pada air sungai yang telah tercemar akan terlihat
tanda-tanda....
A. Airnya jernih dan tidak berwarna B. Terdapat berbagai jenis fauna C. Ditumbuhi eceng gondok yang subur D. Airnya berbau busuk |
C
|
2.
Polusi udara yang terjadi secara alami, misalnya.....
A. Pembakaran sampah B. Kebakaran hutan C. Uap dari laut D. Gas dari aktivitas gunung merapi |
D
|
|
3.9.2 Menjelaskan penyebab pencemaran terhadap lingkungan
|
3.
Berikut adalah penyebab pencemaran air
kecuali.... A. Detergen
B. Limbah Industri
C. Pestisida
D. Eceng gondok
|
D
|
4.
Dibawah ini penyebab pencemaran udara
terbesar di Jakarta adalah...
A. Gas kendaraan
B.
Kebakaran hutan
C.
Gunung meletus
D. Membakar sampah
|
A
|
Lampiran V
Penilaian Keterampilan
Lembar Kerja Siswa
A.
Kompetensi Dasar :
4.9
Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup.
B.
Judul :
“Menjelaskan
penyebab pencemaran berdasarkan video dan cara penanggulangannya”
C.
Cara Kerja :
a. Mengamati
video pencemaran air yang ditampilkan oleh guru
b. Mendiskusikan
hasil pengamatan dengan kompetensi yang diminta oleh guru, kemudian buat
laporan dari hasil diskusi
c. Mempresentasikan
hasil diskusi oleh perwakilan kelompok
D.
Pertanyaan untuk Diskusi :
1.
Sebutkan penyebab-penyebab pencemaran air dan udara?
2.
Bagaimana cara
memaksimalkan pemakaian deterjen agar kita tidak digunakan sehari-hari ?
3.
Bagaimanakah dampak pencemaran pada soal nomor 2 tersebut terhadap makhluk
hidup yang tinggal di lingkungan tersebut?
4.
Bagaimanakah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah pencemaran air?
E.
Jawaban :
Kesimpulan :
Referensi :
Purwoko, dkk.
2008. IPA Terpadu SMP Kelas VII. Jakarta : Yudhistira
Penilaian
Praktik:
No
|
Aspek
|
Skor
|
Rata-rata Skor
|
Deskripsi/predikat
|
A.
|
Keterampilan
|
|
=
........................
|
Keterampilan praktik...
|
1.
|
Menyajikan hasil pengamatan
|
|
||
2.
|
Menalar hasil pengamatan
|
|
||
3.
|
Menggunakan metode
|
|
||
Jumlah Skor
|
|
=
|
Sikap ketika praktik...
|
|
B.
|
Sikap
|
|
||
1.
|
Tanggung jawab
|
|
||
2.
|
Disiplin
|
|
||
Jumlah
|
|
No comments:
Post a Comment