Konten Representasi (CORE) Pencemaran dan Dampak bagi Lingkungan

    
Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C

Macam-macam pencemaran
Penyebab pencemaran
Akibat pencemaran
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik mengetahui macam-macam pencemaran

Pencemaran air

Pencemaran udara


Peserta didik mampu menjelaskan penyebab pencemaran

pembuangan detergen

Pemupukan tanah persawahan atau ladang dengan pupuk buatan

Pencemar udara berbentuk gas (CO2, SO, SO2 dan CFC)

Pencemar udara berbentuk partikel cair atau padat (kabut dan asap rokok)
Peserta didik  dapat menjelaskan akibat pencemaran

pembuangan detergen ke perairan dapat berakibat buruk terhadap organisme yang ada di perairan.

Efek rumah kaca (green house effect)


Hujan asam
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?

(pengetahuan kurikulum)
Dengan mengetahui macam-macam pencemaran peserta didik mengetahui bahwa makhluk hidup tidak dapat hidup dengan kondisi lingkungan yang tercemar.
Sangat penting untuk mengetahui penyebab pencemaran terhadap lingkungan
Penyebab lingkungan air tercemar oleh pembuangan limbah rumah tangga, industri dan pertanian
Penyebab lingkungan udara tercemar oleh gas buangan baik dari kendaraan maupun pembakaran



Penting untuk mengetahui akibat dari pencemaran terhadap lingkungan

Pembuangan limbah rumah tangga, industri dan pertanian menyebabkan mati nya organisme di air

Menimbulkan penyakit, hujan asam dan efek rumah kaca

Untuk menjaga lingkungan dari pencemaran

 Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa keterbatasaan yang terkait dengan mengajar pencemaran

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
Konsep pencemaran merupakan nyata dan dapat dirasakan di sekitar hanya saja kondisi saat ini lingkungan banyak yang tercemar
Yang menjadi kesulitan pada penyebab pencemaran pada lingkungan yaitu sulitnya tempat untuk menampung limbah sementara
Kesulitan siswa dalam akibat pencemaran yaitu terlalu rumit dipahami seperti hujan asam dan efek rumah kaca
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa

Menampilkan gambar pencemaran dan memberi pertanyaan terkait gambar dan meminta peserta didik untuk menjawabnya
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa

Melakukan praktikum penyebab pencemaran pada lingkungan dan meminta peserta didik untuk menjelaskan yang terjadi
Membuat hubungan antara konsep dan pengalaman siswa

Meminta siswa untuk menjelaskan dampak dan akbiat dari pencemaran
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan dengan ide ini

(pengetahuan
tentang strategi intruksional dan representasi)
Menampilkan gambar pencemaran agar peserta didik dapat lebih mudah untuk memahami macam-macam pencemaran
Melakukan praktikum untuk memperdalam pemahaman siswa tentang penyebab pencemaran dalam kehidupan sehar-hari
Mengaitkan dalam kehidupan nyata dan kehidupan sehari-hari untuk memperdalam pemahaman siswa
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan

(pengetahuan tentang penilaian)
Mempertanyakan siswa

Meminta siswa menjelaskan macam-macam pencemaran
Meminta siswa untuk menjelaskan penyebab pencemaran terkait praktikum

Menilai prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa

Prediksi akibat yang ditimbulkan dari pencemaran


   

No comments:

Post a Comment