Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
|
Macam-macam pencemaran
|
Penyebab pencemaran
|
Akibat pencemaran
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran
bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Peserta didik mengetahui macam-macam pencemaran
Pencemaran air
Pencemaran udara
|
Peserta didik mampu menjelaskan penyebab pencemaran
pembuangan detergen
Pemupukan tanah persawahan atau ladang dengan pupuk
buatan
Pencemar udara berbentuk gas (CO2, SO,
SO2 dan CFC)
Pencemar udara berbentuk partikel cair atau padat (kabut dan asap rokok)
|
Peserta didik dapat menjelaskan akibat pencemaran
pembuangan detergen ke perairan dapat berakibat
buruk terhadap organisme yang ada di perairan.
Efek rumah kaca (green house effect)
Hujan asam
|
Mengapa penting bagi siswa untuk
mengetahui konten ini?
(pengetahuan kurikulum)
|
Dengan mengetahui macam-macam pencemaran peserta didik mengetahui bahwa makhluk
hidup tidak dapat hidup dengan kondisi lingkungan yang tercemar.
|
Sangat penting untuk mengetahui penyebab pencemaran terhadap lingkungan
Penyebab lingkungan air
tercemar oleh pembuangan limbah rumah tangga, industri dan pertanian
Penyebab lingkungan udara
tercemar oleh gas buangan baik dari kendaraan maupun pembakaran
|
Penting untuk mengetahui akibat dari pencemaran terhadap lingkungan
Pembuangan limbah rumah tangga,
industri dan pertanian menyebabkan mati nya organisme di air
Menimbulkan penyakit, hujan
asam dan efek rumah kaca
Untuk menjaga lingkungan dari
pencemaran
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa keterbatasaan yang terkait dengan mengajar pencemaran
(pengetahuan siswa sebagai peserta
didik)
|
Konsep pencemaran merupakan nyata dan
dapat dirasakan di sekitar hanya saja kondisi saat ini lingkungan banyak yang
tercemar
|
Yang menjadi kesulitan pada penyebab
pencemaran pada lingkungan yaitu sulitnya tempat untuk menampung limbah
sementara
|
Kesulitan siswa
dalam akibat pencemaran yaitu terlalu rumit dipahami seperti
hujan asam dan efek rumah kaca
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang
mempengaruhi pengajaran ide ini
(pengetahuan siswa sebagai peserta
didik)
|
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan
pengalaman siswa
Menampilkan gambar pencemaran dan memberi pertanyaan terkait gambar dan meminta peserta
didik untuk menjawabnya
|
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan
pengalaman siswa
Melakukan praktikum penyebab
pencemaran pada lingkungan dan meminta peserta didik untuk
menjelaskan yang terjadi
|
Membuat hubungan antara konsep dan
pengalaman siswa
Meminta siswa untuk menjelaskan dampak dan akbiat dari pencemaran
|
Strategi pengajaran dan representasi
diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
melibatkan para siswa dengan dengan ide ini
(pengetahuan
tentang strategi intruksional dan
representasi)
|
Menampilkan gambar pencemaran agar peserta didik dapat lebih mudah
untuk memahami macam-macam pencemaran
|
Melakukan praktikum untuk memperdalam
pemahaman siswa tentang penyebab pencemaran
dalam kehidupan sehar-hari
|
Mengaitkan dalam kehidupan
nyata dan kehidupan sehari-hari untuk memperdalam pemahaman siswa
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa
konsep siswa diajarkan
(pengetahuan tentang penilaian)
|
Mempertanyakan siswa
Meminta siswa menjelaskan macam-macam pencemaran
|
Meminta siswa untuk menjelaskan penyebab pencemaran
terkait praktikum
|
Menilai prediksi siswa untuk menentukan
pemahaman siswa
Prediksi akibat yang ditimbulkan dari pencemaran
|
Konten Representasi (CORE) Pencemaran dan Dampak bagi Lingkungan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment