Nama Sekolah : SMP Negeri 10 Kota Tangerang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VII/ Ganjil
Materi
Pokok : Ciri-Ciri
Makhluk Hidup dan Tak Hidup dari Benda-Benda
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar , dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pencapaian
Kompetensi
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek
fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam
lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
1.2 Bertambah keimanannya
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
|
1.1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan.
1.1.2. Memanfaatkan
lingkungan untuk kehidupan yang bahagia dengan mewujudkan pengamalan ajaran
agama yang dianutnya.
|
2
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu
dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam memilih
penggunaan bahan kimia untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan dan
kelestarian lingkungan
|
2.1.1. Menunjukkan sikap
ilmiah saat mengamati, mengkaji melaporkan hasil observasi benda tak hidup ataupun makhluk hidup.
2.1.2.
Menunjukkan sikap saling menghargai saat mengamati, melaporkan secara lisan
saat diskusi.
2.1.3. Melakukan
dengan penuh tanggung jawab pelaksanaan kegiatan pengamatan dengan
memperhatikan secara baik
2.1.4 Menunjukkan
ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu
maupun berkelompok
|
3
|
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan
makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
|
3.2.1.Mengidentifikasi
ciri hidup makhluk
hidup
3.2.2.Mengidentifikasi
ciri tidak hidup pada benda-benda
3.2.3.Menjelaskan perbedaan
ciri hidup makhluk
hidup dan
tak hidup pada benda-benda
|
4
|
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk)
hidup dan tak hidup
|
4.2.1 Mengamati lingkungan sekitar atau observasi
lingkungan
4.2.2 Mengidentifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup
4.2.3 Menyajikan hasil laporan observasi
lingkungan
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 2
1.1.1. Melalui pengamatan
pada lingkungan sekitar, peserta didik dapat mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan.
1.1.2. Melalui
pengamatan pada lingkungan sekitar, peserta didik mampu memanfaatkan lingkungan
untuk kehidupan yang bahagia dengan mewujudkan pengamalan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1.1. Melalui pengamatan pada peserta didik mampu menunjukkan sikap
ilmiah saat mengamati, mengkaji melaporkan hasil observasi benda tak hidup ataupun makhluk
hidup.
2.1.2.
Melalui pengamatan pada peserta didik
mampu menunjukkan
sikap saling menghargai saat mengamati, melaporkan secara lisan saat diskusi.
2.1.3. Melalui pengamatan
pada peserta didik mampu melakukan
dengan penuh tanggung jawab pelaksanaan kegiatan pengamatan dengan
memperhatikan secara baik
2.1.4 Melalui pengamatan
pada peserta didik mampu menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar
dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3.2.1.
Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri hidup makhluk hidup
3.2.2.
Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri tidak
hidup pada benda-benda
3.2.3. Peserta didik
mampu menjelaskan perbedaan ciri hidup makhluk hidup dan
tak hidup pada benda-benda
D. Materi Pembelajaran
Materi
Esensial
Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Secara umum, ciri-ciri yang ditemukan pada makhluk
hidup adalah bernapas, bergerak, makan dan minum, tumbuh dan berkembang,
berkembang biak, mengeluarkan zat sisa, peka terhadap rangsang, dan
menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Peserta didik mengembangkan pengetahuan
dan pemahamannya melalui pengamatan dalam berdiskusi.
1) Bernapas
Setiap saat kita bernapas, yaitu menghirup oksigen dan
mengeluarkan karbon dioksida. Kita dapat merasakan kebutuhan bernapas dengan
cara menahan untuk tidak menghirup udara selama beberapa saat. Tentunya kita
akan merasakan lemas sebagai tanda kekurangan oksigen.
2) Memerlukan Makanan dan Minuman
Untuk beraktivitas, setiap makhluk hidup memerlukan
energi. Dari manakah energi tersebut diperoleh? Untuk memperoleh energi tersebut,
makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman.
3) Bergerak
Kita dapat berjalan, berlari, berenang, dan
menggerakkan tangan. Itu merupakan ciri bergerak. Tubuh kita dapat
melakukan aktivitas karena memiliki sistem gerak. Sistem gerak terdiri atas
tulang, sendi, dan otot. Ketiganya bekerja sama membentuk sistem gerak.
4) Tumbuh dan Berkembang
Perhatikan tubuhmu, samakah tinggi dan berat badanmu
sekarang dengan waktu masih kecil? Hewan juga mengalami hal yang sama.
Kupu-kupu bertelur, telur tersebut kemudian meneta menjadi ulat, lalu menjadi
kepompong, kepompong berubah bentuk menjadi kupu-kupu muda, dan akhirnya
menjadi kupu-kupu dewasa.
5. Berkembang Biak (reproduksi)
Sebagai contoh kita lahir dari ayah dan ibu, ayah dan
ibu kita masing-masing juga mempunyai orang tua yang kita panggil kakek, nenek
dan seterusnya sehingga diperoleh keturunan. Kemampuan makhluk hidup untuk
memperoleh keturunan disebut dengan berkembang biak. Berkembang biak bertujuan
untuk melestarikan keturunannya agar tidak punah.
6. Peka terhadap Rangsang (Iritabilitas)
Bagaimanakah reaksi kita jika tiba-tiba ada sorot
lampu yang sangat terang masuk? Tentu secara spontan akan segera menutup
kelopak mata. Dari contoh di atas menunjukkan bahwa manusia mempunyai kemampuan
untuk memberikan tanggapan terhadap rangsangan yang diterima. Kemampuan
menanggapi rangsangan disebut iritabilita.
7. Menyesuaikan diri terhadap lingkungan
Kemampuan makhluk
hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya disebut adaptasi. Tumbuhan
yang hidup di tempat kering memilik daun yang sempit dan tebal, sedangkan
tumbuhan yang hidup di tempat lembab memiliki daun lebar dan tipis.
E. Metode Pembelajaran
1. Pembelajaran Saintifik
2. Pembelajaran Discovery Learning
F. Media Pembelajaran
1. Media
a. Gambar-gambar
b. Visual (PPT)
2. Alat dan Bahan
a. White board
b. LCD
c. Laptop
d. LKS
e. Buku IPA SMP
G. Sumber Belajar
Kimball,John W, dkk.1990. Biologi Jilid 1, Edisi Kelima. Jakarta :
Erlangga
Syamsuri,Istamar, dkk. 2004. Sains BIOLOGI SMP. Jakarta : Erlangga
H. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Pertemuan 2
No.
|
Pendekatan Saintifik
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Guru
|
Peserta didik
|
|||
1.
|
PENDAHULUAN
|
1.
Guru mengucapkan salam kepada peserta didik, berdoa, dan absensi
2.
Guru memberikan apersepsi dan motivasi
3.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
4.
Menjelaskan peta konsep terkait materi tersebut
|
1. Menjawab
salam dan berdoa
2. Peserta didik mengikuti apersepsi dan motivasi dari guru
3.
Peserta didik membacakan tujuan pembelajaran
4
Peserta didik memperhatikan guru
|
4 Menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
Mengamati
|
1. Guru memperlihatkan gambar-gambar makhluk hidup dan benda tak hidup
2.
Guru menggunakan slide presentasi untuk menjelaskan materi
|
1
Peserta didik mengamati masing-masing gambar.
2.
Peserta didik menyimak guru menjelaskan materi
|
6 Menit
|
Menanya
|
1.Guru menstimulasi rasa penasaran peseta didik,
sehingga muncul petanyaan-pertanyaan baru dari peserta didik
|
1.Peserta didik mendiskusikan
hasil temuan yang didapatkan dari proses mencermati gambar dan slide yang ditampilkan
2. Peserta didik diharapkan
bertanya “Apakah semua yang bergerak dapat dikatakan makhluk hidup ?”
“Apabila salah satu ciri makhluk hidup ada pada
benda yang tak hidup tetap dikatakan makhuk hidup?”
|
2
Menit
|
|
Mencoba
|
1.Guru
membagi 4 kelompok dalam belajar
2.
Guru memberikan LKS kepada masing-masing kelompok untuk mengamati ciri-ciri
pada makhuk hidup dan benda tak hidup dan menjawab pertanyaan
|
1. Peserta didik melihat dan
mencoba mengamati dan berdiskusi melalui literature tentang ciri-ciri pada
makhluk hidup dan benda tak hidup
|
5 Menit
|
|
Menalar
|
1.Guru memberi kesempatan kepada
peserta didik untuk mencari informasi sendiri tentang pengamatan yang
dilakukan
|
1. Peserta didik diberi
kesempatan untuk mengkaji dan mencari informasi dari literature yang ada
2. Peserta didik mencari
informasi dan mengaitkan informasi
yang telah didapat dan mencari solusi untuk pengolahan informasi yang
memiliki pendapat yang berbeda
|
1 Menit
|
|
Mengkomunikasi
|
1.Guru memfasilitasi peserta
didik perwakilan kelompok untuk mengkomunikasikan hasil diskusi.
|
1. Perwakilan masing-masing kelompok
mengemukakan jawaban atau mengkomunikasikan hasil diskusi dari pengamatan
tersebut
|
5 Menit
|
|
3.
|
PENUTUP
|
1. Guru memfasilitasi peserta
didik untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Guru memberikan evaluasi
kepada peserta didik
3. Guru memberikan penugasan
untuk mengumpulkan hasil diskusi dan mengerjakan soal yang ada di buku ajar
4.Guru
menutup pelajaran hari ini dengan membaca doa dan mengucapkan salam
|
1. Peserta
didik menyimpulkan materi tentang ciri-ciri makhluk hidup dan benda tak hidup
yang telah dipelajari
2. Peserta
didik menjawab soal-soal yang di berikan
3. Peserta didik membaca doa dan
mengucapkan salam
|
7 Menit
|
I. Penilaian Hasil Belajar (Terlampir)
1.
Penilaian
Spiritual
Teknik : Observasi
Instrument : Lembar observasi
2.
Penilaian Afektif
Teknik : Penilaian
antar peserta didik
Instrument : Lembar Penilaian antar peserta didik
3.
Penilaian Kognitif
Teknik : Tes
Instrument : Lembar soal pernyataan benar-salah
4.
Penilaian Psikomotor
Teknik :
Portofolio
Instrument : Lembar Portofolio
Jakarta, 28 Oktober
2015
Mengetahui
Dosen Pembimbing
Mahasiswa
Nengsih Juanengsih, M.Pd Putri Yuliandari
1112016100054
J.
Lampiran-lampiran
1.
Penilaian
Spiritual
Lembar observasi
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai spiritual
peserta didik dalam melakukan diskusi kelompok. Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti. Berilah
tanda cek (√) sesuai dengan kondisi peserta didik dalam proses pembelajaran.
No.
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang dinilai
|
Total
skor
|
Nilai
|
Huruf
|
|||||||||||
Menghormati
guru dan menghargai antar teman
|
Berdoa
sebelum belajar dan sesudah belajar
|
Mengetahui
dan menyadari kebesaran ciptaan Allah swt
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
Rubrik
Skor 1 = tidak pernah
Skor 2 = kurang
Skor 3 = kadang-kadang
Skor
4 = selalu
NA = ∑skor / 3
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013, Peserta Didik
memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik : apabila
memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik : apabila
memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila
memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : apabila
memperoleh skor : skor ≤ 1,33
2. Penilaian Afektif
Lembar Penilaian antar teman
Lembaran ini diisi oleh peserta didik untuk menilai
sikap sosial peserta didik lainnya dalam melakukan diskusi kelompok. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan
teliti. Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan
keadaan pembelajaran.
Nama peserta didik yang menilai : ………………….
Kelompok : ………………….
Kelas :
………………….
No.
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang dinilai
|
Total
skor
|
Nilai
|
Huruf
|
|||||||||||||||
Jujur
|
Bertanggung
jawab
|
Saling
Menghargai
|
Disiplin
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
Rubrik
·
Skor 1 = pasif/tidak pernah berprilaku dalam kegiatan
·
Skor 2 = jika kadang-kadang berprilaku dalam kegiatan
·
Skor 3 = jika sering berprilaku dalam kegiatan
·
Skor 4 = jika selalu berperilaku dalam kegiatan
NA
= ∑skor / 4
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013, Peserta Didik
memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33
3.
Penilaian Kognitif
Lembar
soal
No
|
Indikator
|
Pernyataan Benar-salah
|
Kunci jawaban
|
Skor
|
1.
|
3.2.1.
Mengidentifikasi ciri hidup makhluk
hidup
|
Harimau, burung,
ikan, dan hewan lainnya
mampu berkembang biak untuk memperbanyak
keturunan
a. Benar
b. Salah
Alasan
: salah satu ciri-ciri makhluk hidup adalah berkembang biak untuk memperoleh
keturunan
|
A.Benar
|
10
|
2.
|
3.2.2.
Mengidentifikasi ciri tidak hidup pada benda
3.2.3.
Menjelaskan perbedaan ciri hidup makhluk hidup dan tak hidup pada
benda
|
Jarum jam dinding dapat bergerak berputar
sesuai arahnya, jam dinding tergolong benda tak hidup
a. Benar
b. Salah
Alasan : jarum jam
bergerak karena adanya baterai, tidak bernapas, tidak tumbuh, tidak
berkembang,dll.
|
A.Benar
|
10
|
3.
|
3.2.2.
Mengidentifikasi ciri tidak hidup pada benda
3.2.3.
Menjelaskan perbedaan ciri hidup makhluk hidup dan tak hidup pada
benda
|
Sepeda
motor dapat bergerak , memerlukan
bensin dan mengeluarkan zat sisa berupa gas karbon dioksida dan jelaga.
Sepeda motor juga mampu menanggapi rangsangan, misalnya klakson ditekan akan
berbunyi, karena inilah sepeda motor dikatakan makhluk hidup
a. Benar
b. Salah
Alasan :
sepeda motor tetap saja dikatakan benda tak hidup karena tidak memiliki
ciri-ciri yang dimiliki makhluk hidup
|
B.Salah
|
10
|
4.
|
3.2.1.
Mengidentifikasi ciri hidup makhluk
hidup
|
Tumbuhan putri malu
apabila disentuh akan menanggapi rangsangan yang tergolong ciri iritabilitas
a.
Benar
b.Salah
Alasan :
iritabilitas adalah kemampuan menanggapi rangsangan, ini merupakan ciri
makhluk hidup
|
A.Benar
|
10
|
5.
|
3.2.1.
Mengidentifikasi ciri hidup makhluk
hidup
3.2.3.
Menjelaskan perbedaan ciri hidup makhluk hidup dan tak hidup pada
benda
|
Tumbuhan
tidak memerlukan makanan dan tidak mengeluarkan zat sisa
a. Benar
b.Salah
Alasan :
Tumbuhan tergolong makhluk
hidup
yang memiliki ciri-ciri yaitu memerlukan makanan
dengan cara fotosintesis dan mengeluarkan zat sisa makan berupa Oksigen, bernapas
mengeluarkan CO2 dan H2O
|
B.Salah
|
10
|
NA= ∑skor * 2
4.
Penilaian Psikomotor
Lembar Portofolio
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai penugasan portofolio
yang telah dibuat oleh peserta didik dalam
melakukan penugasan individu dan diskusi kelompok. Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi peserta didik dalam proses
pembelajaran.
No.
|
KI/KD
|
Waktu
|
Macam Portofolio
|
Total
skor
|
|||||||||||||||
Kualitas Rangkuman
|
Makalah
|
Laporan pengamatan/diskusi
|
Kerapihan
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
KI 4
KD 4.2
PI 1.
|
30
menit
|
|||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||||
Catatan:
PI adalah
Pencapaian Indikator.
Rubrik
·
Skor 1 = pasif/tidak pernah berprilaku dalam kegiatan
·
Skor 2 = jika kadang-kadang berprilaku dalam kegiatan
·
Skor 3 = jika sering berprilaku dalam kegiatan
·
Skor 4 = jika selalu berperilaku dalam kegiatan
NA
= ∑skor / 4
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013, Peserta Didik
memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33
LEMBAR KERJA SISWA
A.
Judul
Mengamati ciri hidup makhluk hidup dan tak hidup pada
benda-benda
B.
Kompetensi Dasar
3.2
Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup
yang ada di lingkungan sekitar
C.
Tujuan
1.
Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri hidup
makhluk hidup
2.
Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri tidak
hidup pada benda-benda
3.
Peserta didik mampu menjelaskan perbedaan ciri
hidup makhluk hidup dan tak hidup pada benda-benda
D. Landasan Teori
Makhluk hidup berbeda dengan benda mati, karena mahkuk
hidup mempunyai ciri-ciri tertentu yang tidak dimiliki oleh benda mati.
Ciri-ciri makhluk hidup adalah sebagai berikut :
1.
Bernapas; Pernapasan pada hakekatnya adalah proses pelepasan energi dan zat
makanan. Pada hewan dan tumbuhan, proses pernapasan memerlukan oksigen dan
mengeluarkan zat sisa pernapasan berupa karbondioksida (CO2) dan uap air (H2O).
Oksigen berperan sebagai pembakar zat makanan. Proses pembakaran zat makanan
yang terjadi di dalam sel disebut oksidasi biologi.
2.
Bergerak; Gerak pada hewan dapat berupa gerak berpindah tempat, sedangkan gerak
pada tumbuhan hanya berupa gerak pada bagian tubuhnya saja.
3. Peka
terhadap rangsang (iritabiitas) ; Beberapa sumber rangsang yang dapat diterima
atau ditanggapi makhluk hidup antara lain cahaya, suhu, zat kimia, dan rangsang
mekanis. Hewan memiliki syaraf untuk menerima dan menanggapi rangsang,
sedangkan tumbuhan tidak memiliki syaraf. 4. Memerlukan makanan; Zat
makanan dalam tubuh makhluk hidup digunakan untuk kegiatan hidupnya, membangun
sel-sel, dan mengganti sel-sel yang rusak.
5.
Tumbuh dan berkembang; Makhluk hidup mengalami pertumbuhan, yaitu bertambah
besar, karena adanya penambahan jumlah sel tubuh dan penambahan ukuran sel.
Makhluk hidup juga berkembang menjadi dewasa.
6.
Berkembang biak; Berkembang biak bertujuan menghasilkan keturunan dan
mempertahankan kelestarian jenisnya. Makhluk hidup berkembang biak secara
kawin, akan tetapi ada pula yang berkembang biak secara tak kawin.
7. Mengeluarkan
zat sisa; Zat sisa metabolisme (reaksi-reaksi kimia dalam tubuh) harus dibuang
dari tubuh, bila tidak akan meracuni tubuh. Beberapa alat pengeluaran antar
lain adalah ginjal, paru-paru, hati, dan kulit.
8.
Beradaptasi; Beradaptasi yaitu menyesuaikan sel dengan lingkungannya. Misalnya
tumbuhan yang hidup di tempat kering memiliki daun yang sempit dan tebal, sedangkan
tumbuhan yang hidup di tempat lembap memiliki daun lebar dan tipis.
Sedangkan benda tak hidup memiliki ciri sebaliknya
yaitu tidak dapat bergerak, tidak dapat bernapas, tidak memerlukan makanan,
tidak memerlukan rangsangan, tidak berkembang biak, dan tidak mengeluarkan zat
sisa.
E. Alat dan Bahan
a.
Alat tulis
b.
LKS
c.
Buku sumber
F. Langkah Percobaan
a.
Bekerjasamalah dengan anggota kelompokmu
b.
Isilah
tabel dibawah ini dengan memberi tanda ceklis (v) pada kolom yang sesuai
G. Tabel Pengamatan
Objek yang Diamati
|
Mengeluarkan zat sisa
|
Bergerak
|
Bernapas
|
Tumbuh
|
Perlu makan
|
Berkembang biak
|
Menanggapi rangsangan
|
|||||||
ya
|
Tidak
|
ya
|
Tidak
|
ya
|
tidak
|
ya
|
tidak
|
ya
|
tidak
|
ya
|
tidak
|
ya
|
tidak
|
|
Sepeda
|
||||||||||||||
Kelinci
|
||||||||||||||
Batu
|
||||||||||||||
Kucing
|
||||||||||||||
Pohon
|
||||||||||||||
Ban
sepeda
|
||||||||||||||
Robot
|
||||||||||||||
Buku
|
||||||||||||||
Padi
|
||||||||||||||
Pak
Budi
|
H. Diskusi
1.
Ban sepeda perlu dipompa agar terisi udara. Apakah hal
itu tergolong proses bernapas? Apakah ini termasuk makhluk hidup?
2.
Apakah yang dimaksud dengan iritabilitas dan sebutkan
contoh tumbuhan yang memiliki ciri khas iritabilitasnya ?
3.
Robot merupakan makhluk hidup karena memiliki ciri
makhluk hidup yaitu dapat bergerak, apakah kamu setuju dengan pernyataan ini?
Jelaskan!
4.
Objek apa saja yang termasuk benda (makhluk) hidup dan tak hidup ? jelaskan !
I. Kesimpulan
Setelah
melakukan seluruh kegiatan diatas, tuliskan kesimpulan yang dapat kalian ambil
dengan singkat dan jelas!
DAFTAR PUSTAKA
Syamsuri,Istamar, dkk. 2004. Sains BIOLOGI SMP. Jakarta : Erlangga
Kimball,John W, dkk.1990. Biologi Jilid 1, Edisi Kelima. Jakarta :
Erlangga
No comments:
Post a Comment