Konten Representasi (CORE) CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DAN TAK HIDUP

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Benda hidup disebut juga makhluk hidup
Benda tak hidup dapat dikatakan bukan makhluk hidup
Makhluk hidup memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh benda tak hidup
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Siswa harus memahami
Apa itu makhluk hidup .
Apa itu benda tak hidup
Siswa harus memahami
Ciri-ciri yang dimiliki oleh makhuk hidup dan tak hidup
Siswa harus memahami
Perbedaan ciri hidup makhluk hidup dan tak hidup
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]

Makhluk hidup terbagi 3 yaitu manusia, tumbuhan, dan hewan

Makhluk hidup memiliki ciri yang tidak dimiliki benda tak hidup  

Membedakan dari sifat atau ciri-ciri yang dimiiki makhluk hidup dengan yang tak hidup
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Makhluk hidup merupakan sesuatu yang kompleks dan terorganisir
 Ciri-ciri makhluk hidup seperti bergerak bernapas, berkembang biak, dll
Benda tak hidup tidak dapat bergerak , bernapas, apalagi untuk tumbuh berkembang
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
• Pentingnya mengajak peserta didik untuk melihat secara langsung contoh-contoh makhluk hidup dan tak hidup di lingkungan sekitar
• Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum pengetahuan dan pengalaman hidup:
Mengidentifikasi benda-benda disekitar
menggunakan daftar list atau table perbedaan agar dapat kelihatan ciri-ciri yang dimiliki
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]

Memperlihatkan 2 benda yang berbeda dengan ciri-ciri yang berbeda

Mendata benda-benda disekitar kemudian digolongkan sesuai ciri-ciri yang dimiliki
.
Siswa:
1. Siswa mengobservasi lingkungan sekitar

Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa:
• meminta siswa menjelaskan apa yang dimaksud dengan makluk hidup
Menilai akurasi penjelasan mahasiswa:
• penjelasan siswa ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
menjelaskan contoh makhluk hidup dan tak hidup sesuai ciri-ciri yang dimiliki


No comments:

Post a Comment