Konten
Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar
B
|
Ide Besar
C
|
Benda hidup disebut juga
makhluk hidup
|
Benda tak hidup dapat
dikatakan bukan makhluk hidup
|
Makhluk hidup memiliki ciri
khas yang tidak dimiliki oleh benda tak hidup
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa
dalam pelajaran ini.
|
Siswa harus memahami
Apa itu makhluk hidup .
Apa itu benda tak hidup
|
Siswa harus memahami
Ciri-ciri yang dimiliki oleh
makhuk hidup dan tak hidup
|
Siswa harus memahami
Perbedaan ciri hidup makhluk hidup dan tak hidup
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten
ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Makhluk hidup terbagi 3
yaitu manusia, tumbuhan, dan hewan
|
Makhluk hidup
memiliki ciri yang tidak dimiliki benda tak hidup
|
Membedakan dari sifat atau ciri-ciri yang dimiiki makhluk hidup dengan
yang tak hidup
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan
keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Makhluk hidup merupakan
sesuatu yang kompleks dan terorganisir
|
Ciri-ciri makhluk hidup
seperti bergerak bernapas, berkembang biak, dll
|
Benda tak hidup tidak dapat
bergerak , bernapas, apalagi untuk tumbuh berkembang
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi
pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
• Pentingnya mengajak
peserta didik untuk melihat secara langsung contoh-contoh makhluk hidup dan
tak hidup di lingkungan sekitar
|
• Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum
pengetahuan dan pengalaman hidup:
Mengidentifikasi benda-benda
disekitar
|
• menggunakan daftar list atau
table perbedaan agar dapat kelihatan ciri-ciri yang dimiliki
|
Strategi pengajaran dan representasi
diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan
representasi]
|
Memperlihatkan 2 benda yang
berbeda dengan ciri-ciri yang berbeda
|
Mendata benda-benda disekitar kemudian digolongkan sesuai ciri-ciri yang
dimiliki
.
|
Siswa:
1. Siswa mengobservasi lingkungan
sekitar
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan siswa:
• meminta siswa menjelaskan apa yang dimaksud dengan makluk hidup
|
Menilai akurasi penjelasan mahasiswa:
• penjelasan siswa ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup
|
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan
pemahaman siswa:
• menjelaskan contoh makhluk
hidup dan tak hidup sesuai ciri-ciri yang dimiliki
|
Konten Representasi (CORE) CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DAN TAK HIDUP
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment