Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide BesarA
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Zat aditif adalah bahan-bahan yang sengaja ditambahkan atau
dicampurkan sewaktu pengolahan makanan untuk meningkatkan mutu makanan.
|
Zat adiktif adalah zat yang
apabila dikonsumsi dapat mengakibatkan ketagihan atau kecanduan baik fisik
maupun psikologis
|
Zat
adiktif digolongkan menjadi 2 yaitu golongan psikotropika dan golongan
nonpsikotropika
|
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Siswa
harus memahami perbedaan antara zat aditif dan zat adiktif
Zat aditif
adalah
bahan-bahan yang sengaja ditambahkan atau dicampurkan sewaktu pengolahan
makanan untuk meningkatkan mutu makanan.
Zat
adiktif adalah zat yang apabila dikonsumsi dapat mengakibatkan ketagihan atau
kecanduan baik fisik maupun psikologis
|
Siswa
harus memahami ciri-ciri zat adiktif tersebut:
mengakibatkan
ketagihan atau kecanduan baik fisik maupun psikologis
|
Siswa
harus memahami ciri-ciri psikotropika dan nonpsikotropika:
Psikotropika adalah zat atau obat
baik alamiah atau sintesis bukan narkotika, yang
berkhasiat psikoaktif melalui
pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas
pada aktivitas mental dan perilaku
Nonpsikotropika adalah zat yang
apabila dikonsumsi dapat mengakibatkan ketagihan atau
kecanduan baik fisik maupun
psikologis
|
Mengapa
penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan
kurikulum]
|
Pengaruh
zat aditif pada kesehatan:
Sebagai
pemanis
Sebagai
penyedap rasa
Sebagai
pewarna
|
Pengaruh
zat adiktif:
zat yang berbahaya bagi tubuh
|
Pengklasifikasian
zat adiktif :
Zat adiktif golongan psikotropika
antara lain berbagai macam obat perangsang (stimulan), obat penekan susunan
saraf pusat (depresan), dan obat halusinasi (halusinogen).
zat adiktif nonpsikotropika
antara lain minuman beralkohol, rokok, kafein, dan inhalan.
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide
ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Membedakan
zat aditif dan zat adiktif :
Zat aditif
adalah
bahan-bahan yang sengaja ditambahkan atau dicampurkan sewaktu pengolahan
makanan untuk meningkatkan mutu makanan.
Zat
adiktif adalah zat yang apabila dikonsumsi dapat mengakibatkan ketagihan atau
kecanduan baik fisik maupun psikologis
|
Membedakan
zat adiktif psikotropika dengan yang nonpsikotropika :
Sulit
membedakan keduanya jika sudah dimasyarakat
|
Membedakan
kelompok psikotropika :
Zat-zat
yang termasuk kedalam psikotropika dan narkotika
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Pentingnya
membuat siswa paham terhadap zat aditif dan zat adiktif
|
Membuat
hubungan antara konsep dan siswa sebelum pengetahuan dan pengalaman hidup
Pengalaman
yang pernah dialami peserta didik mengenai zat aditif dan zat adiktif
|
Gunakan contoh-contoh
dikehidupan nyata sebagai bahan demonstrasi
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan
tentang strategi instruksional dan representasi]
|
Tinjau
macam-macam zat adiktif hasil diskusi pada lembar kerja siswa
|
Melihat perbedaan ciri-ciri psikotropika dan
nonpsikotropika
|
Pengamatan
langsung :
Siswa
bersama teman sekelompoknya mengamati sample yang diberikan
Mencari
referensi dari berbagai sumber
Catat hasil
diskusi pada lembar kerja siswa
Kemukakan
pendapat setiap kelompok
|
Mengidentifikasi
cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan
tentang Penilaian]
|
.mempertanyakan
siswa :
Meminta
siswa untuk menyebutkan macam-macam zat adiktif
|
Menilai
akurasi penjelasan siswa :
Penjelasan
siswa tentang pengaruh zat adiktif
|
Menilai
akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
Prediksi macam-macam
zat adiktif dan pengaruhnya pada kesehatan
|
CoRe (Core Representation) Zat Aditif dan Zat Adiktif
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment