Konten Representasi (CORE) Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Jaringan meristem.
Jaringan dewasa.
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik mampu memahami jaringan meristem.
·     Meristem apikal, meristem interkalar, dan meristem lateral.
·     Meristem primer dan sekunder.
·     Totipotensi.
Peserta didik mampu menjelaskan macam-macam jaringan dewasa.
         Macam-macam jaringan dewasa.
         Organ pada tumbuhan.
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan Kurikulum]
Dengan memahami jaringan meristem, peserta didik dapat mengetahui pembelahan sel sebelum terjadinya suatu tumbuhan.
Pada totipotensi untuk memperoleh anakan tanaman seragam dalam jumlah yang banyak dan cepat.
Penting untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyusun tumbuhan tingkat  tinggi.

Organ-organ tumbuhan meliputi batang, akar, daun, bunga, biji, dan buah.
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Tubuh tumbuhan tersusun atas sel dan jaringan yang rumit. Sel dan jaringan tersebut memiliki fungsi dan bentuk yang beraneka ragam yang begitu detail dan membutuhkan konsep pemahaman yang mudah dimengerti oleh peserta didik.
Kendala yang dihadapi peserta didik yaitu kesulitan membedakan antara jaringan yang satu dengan yang lainnya.
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Pentingnya membuat hubungan antara pemahaman peserta didik terhadap jaringan meristem dan pertumbuhan tumbuhan.
Totipotensi sebagai dasar dari kultur jaringan.
Membuat hubungan antara konsep dan peserta didik sebelum pengetahuan dan pengalaman hidup.
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Menampilkan gambar dari cara mengkultur jaringan agar peserta didik dapat lebih mudah memahaminya.  
Menampilkan gambar dari berbagai bentuk jaringan dan organ tumbuhan agar peserta didik dapat lebih mudah memahaminya.
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan peserta didik.

Meminta peserta didik menjelaskan cara mengkultur jaringan.
Menilai prediksi peserta didik untuk menentukan pemahamannya.

No comments:

Post a Comment