RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 2 Tambun Selatan
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/ 2
Materi Pokok : Limbah dan Daur Ulang Limbah
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
A.
Kompetensi Inti
KI
1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI
4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang ruang lingkup, objek, dan permasalahan Biologi menurut agama yang
dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif dalam melakukan
percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas.
3.12 Mengidentifikasi
jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah serta membuat produk daur ulang limbah.
4.16
Membuat produk daur ulang limbah yang
dapat bermanfaat bagi kehidupan.
C.
Indikator
1.1.1
Menunjukkan
perilaku menjaga dan menyayangi lingkungan hidup sebagai manifestasi pengamalan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1.1 Menunjukkan
sikap kepekaan, tanggungjawab, dan kepeduliaan terhadap permasalahan lingkungan
hidup.
3.12.1 Menjelaskan
pengertian limbah
3.12.2 Mengidentifikasi jenis-jenis limbah
berdasarkan asal, jenis/sifat kimianya, dan bentuk fisiknya.
3.12.3
Mengidentifikasi dampak yang dapat ditimbulkan
oleh limbah
3.12.4
Menjelaskan daur ulang limbah sebagai upaya penanggulangan berbagai jenis
limbah.
4.16.2 Membuat produk daur ulang limbah yang dapat
bermanfaat bagi kehidupan.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses menggali/meneliti; kajian pustaka; pengamatan, dan
berdiskusi; peserta didik dapat :
1. Menjelaskan pengertian limbah
melalui studi literatur secara tepat
2. Mengelompokkan jenis-jenis limbah berdasarkan asal, jenis/sifat
kimianya, dan bentuk fisiknya secara tepat melalui studi literatur dan pengamatan
lingkungan sekitar.
3. Menentukan
dampak yang dapat ditimbulkan oleh limbah secara tepat melalui studi literatur.
4. Mengetahui manfaat daur ulang limbah dan menemukan
solusi yang tepat terhadap permasalahan limbah melalui studi literatur.
5. Menyajikan produk daur ulang limbah
melalui presentasi proyek secara tepat.
E.
Materi Pembelajaran
· Materi
Fakta
1.
Berbagai gambar/Foto
2.
Berbagai
produk daur ulang limbah
Gambar 1 Pencemaran Gambar 2 Limbah Gambar 3 Daur Ulang Limbah
·
Materi Konsep
1.
Jenis-jenis limbah
Berdasarkan
Jenisnya
A.
Limbah organik adalah
limbah yang dapat diuraikan secara sempurna oleh proses biologi
dan mudah membusuk, seperti sisa makanan, sayuran, daun-daunan kering, potongan-potongan kayu, dan sebagainya.
B.
Limbah anorganik
adalah limbah yang tidak bisa diuraikan oleh proses biologi. Limbah ini tidak
dapat diuraikan oleh organisme detrivor atau dapat diuraikan tetapi dalam
jangka waktu yang lama. Limbah ini tidak dapat membusuk, oleh karena itu dapat
dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk
lainnya.
Berdasarkan bentuknya
A.
Limbah Padat adalah hasil
buangan industri maupun domestik yang
berupa padatan, lumpur atau bubur yang berasal dari suatu proses
pengolahan, ataupun sampah yang dihasilkan dari kegiatann rumah
tangga, kegiatan perdagangan, perkantoran, peternakan, pertanian
serta dari tempat-tempat umum.
B.
Limbah Cair
adalah limbah yang dikeluarkan oleh pabrik ataupun domestik yang berbentuk
cair, yang biasanya dibuang langsung ke saluran perairan, kali ataupun selokan.
C.
Limbah Gas adalah limbah
yang disebabkan oleh sumber alami maupun sebagai hasil aktivitas manusia yang berbentuk molekul-molekul gas dan pada
umumnya memberikan dampak buruk terhadap
makhluk hidup dan lingkungan
D.
Limbah B3 berdasarkan
BAPEDAL (1995) ialah setiap bahan sisa atau limbah suatu kegiatan proses
produksi yang mengandung bahan berbahaya dan beracun karena sifat (toxicity,
flammability, reactivity, dan corrosivity) serta konsentrasi atau jumlahnya
yang baik secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak dan mencemarkan
lingkungan, atau membahayakan kesehatan manusia.
2.
Daur Ulang Limbah
Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan
sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemprosesan,
pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas pakai, dan komponen utama dalam
manajemen sampah modern dan bagian ketiga dalam proses hierarki sampah 3R
(reuse, recycle, and reduce).
3.
Manfaat Daur Ulang Limbah
Daur ulang mempunyai beberapa
manfaat, antara lain sebagai berikut:
a. Mengurangi jumlah limbah untuk mengurangi
pencemaran atau kerusakan lingkungan
b. Mengurangi penggunaan bahan atau sumber
daya alam dan menjaga keseimbangan ekosistem makhluk hidup di suatu lingkungan
tertentu.
c. Mendapatkan penghasilan karena dapat
dijual ke masyarakat
4.
Limbah yang Dapat Didaur Ulang
Jenis
material limbah yang dapat dimanfaatkan melalui proses daur ulang adalah
sebagai berikut.
Kertas
: Semua jenis kertas dapat didaur ulang, misalnya kertas
koran dan kardus.
Pecah
belah: Botol kecap, botol sirop, gelas, piring.
atau kaca yang telah pecah dapat didaur ulang untuk membual botol, gelas, atau
piring yang baru.
Sampah
organik: Sampah organik mudah terurai sehingga sisa
makanan dan daun-daunan dapat didaur ulang menjadi kompos. Kompos dapat
dimanfaatkan sendiri atau dijual untuk pupuk tanaman.
5.
Limbah yang Dapat Langsung Dimanfaatkan Ulang
Sebagian
limbah dapat dimanfaatkan kembali secara langsung tanpa melalui proses daur
ulang. Limbah yang dapat dimanfaatkan secara langsung adalah sebagai berikut.
Ampas
tahu: Ampas tahu dapat digunakan sebagai bahan
makanan ternak. Ampas tahu mengandung gizi tinggi yang diperlukan untuk
pertumbuhan dan perkembangan ternak.
Eceng
gondok: Eceng gondok dapat menjadi limbah perairan
jika populasinya terlalu banyak. Eceng gondok dapat dimanfaatkan untuk membuat
barang kerajinan. seperti tas.
· Materi
Prinsip
1.
Limbah
berbahaya bagi kesehatan manusia dan berdampak pada kerusakan lingkungan.
2.
Pada
umumnya limbah atau sampah dapat dimanfaatkan melalui daur ulang
3.
Limbah
atau sampah memiliki nilai ekonomi
· Materi
Prosedur
1.
Langkah-langkah Daur Ulang Limbah
Untuk
memudahkan proses daur ulang dan pemanfaatan ulang, langkah-langkah yang
dilakukan adalah sebagai berikut.
A.
Pemisahan
Limbah
yang akan didaur ulang atau dimanfaatkan ulang dipisahkan dengan limbah yang harus
dibuang ke tempat pembuangan. Pastikan material limbah tersebut kosong dan akan
lebih baik jika dalam keadaan bersih. Limbah tersebut misalnya kaleng bekas,
tripleks, plastik, dan botol bekas.
B.
Penyimpanan
Limbah yang sudah dipisahkan tadi disimpan
dalam kotak yang tertutup. Usahakan setiap kotak yang tertutup hanya berisi
satu jenis material limbah tertentu, misalnya kertas bekas atau botol bekas.
Jika akan membuat kompen, timbunlah limbah rumah tangga, misalnya sisa makanan
atau sayuran, pada lokasi pembuatan kompos.
C.
Pengirimam atau penjualan
Barang-barang
yang sudah terkumpul dapat dijual ke pabrik yang membutuhkan material bekas
sebagai bahan baku atau dapat juga dijual atau diberikan ke pemulung.
F.
Penekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
: Pendekatan Saintifik
Model
: Pembelajaran Inkuiri
Metode:
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Kerja
kelompok
·
Tanya
jawab
G.
Media Pembelajaran
·
Multimedia presentasi:
· Power point tentang limbah
· Laptop.
· LCD Proyektor
· Papan tulis
·
Gambar lingkungan
bersih dan lingkungan yang rusak
·
Media asli :
plastik minuman kemasan, daun kering, air deterjen, minyak wangi
·
LKS
·
Buku sumber
·
Internet
H.
Sumber Belajar
·
Buku
1.
Aryulina, Dyah. 2006. Biologi SMA Kelas X. Jakarta:
Erlangga.
2.
Maryati, Sri, Bambang Suseno dkk. 2014.
Biologi untuk SMA/MA kelas X Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta
: Erlangga
3.
Pratiwi, D.A, Srikini, Sri, dkk. 2012. Biologi SMA/MA X. Jakarta :
Erlangga.
4.
Yani, Riana, dkk. 2009. Biologi I SMA dan MA Kelas X (BSE). Jakarta
: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
·
Internet
1.
Limbah B3. http://lh.surabaya.go.id/weblh/?c=main&m=limbahb3.
2.
Limbah Mengancam Ekosistem dan Kesehatan. http://banjarmasin.tribunnews.com/2015/03/05/limbah-mengancam-ekosistem-dan-kesehatan
3.
Pecahan limbah dan Material Daur Ulang. http://www.ssi-schaefer.co.id/pengolahan-limbah/penampung-sampah-dan-daur-ulang/pecahan-limbah-dan-material-daur-ulang.html.
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Langkah
Kegiatan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan
Peserta didik
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
-Guru
mengucapkan salam dan menanyakan kabar peserta didik.
-Guru
mengajak peserta didik berdoa
-Guru mengecek
kehadiran peserta didik.
|
-Peserta didik menjawab salam dan
sapaan dari guru.
-Peserta didik memulai berdoa
sebelum awal pembelajaran dimulai.
-Peserta didik menjawab pertanyaan
guru.
|
4 menit
|
Apersepsi
-Guru
menampilkan gambar/foto lingkungan yang bersih dan lingkungan yang tercemar.
-Guru menanyakan pada peserta didik dari kedua gambar tersebut mana
yang kalian pilih? Mengapa demikian? Apa saja yang kalian temukan dari gambar
tersebut?
|
-Peserta
didik mengamati gambar yang diperlihatkan oleh guru dan menjawab
pertanyaan guru.
|
|||
Motivasi
-Guru menyampaikan
ayat Al-Quran yang berkaitan dengan dampak limbah terhadap lingkungan.
“Lingkungan yang bersih dan
nyaman akan terhindar dari penyakit sedangkan lingkungan yang sangat kotor
disebabkan karena adanya sampah yang dibuang sembarangan sehingga menyebabkan
dampak negatif bagi lingkungan kita. Selain itu kebersihan sebagian dari
iman.”
-Guru mencoba mengaitkan kembali materi pencemaran pada
pokok bahasan sebelumnya dengan berbagai jenis limbah sebagai penyebab
pencemaran.
-Guru
menyampaikan KD dan indikator pembelajaran.
|
-Peserta
didik mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.
-Peserta
didik menjawab pertanyaan guru dengan mengingat kembali pokok bahasan
pencemaran.
-Peserta didik mendengarkan guru menyampaikan KD dan
indikator pembelajaran
|
|||
2.
|
Kegiatan Inti
|
-Guru menampilkan gambar contoh jenis-jenis limbah dan
meminta peserta didik mengidentifikasi perbedaan jenis limbah tersebut.
|
Mengamati
-Peserta
didik mengamati gambar yang ditampilkan oleh guru dan mengidentifikasi perbedaan jenis limbah
tersebut.
|
3 menit
|
-Guru
memotivasi peserta didik untuk menanyakan/menanggapi
berbagai contoh jenis limbah yang disajikan oleh guru.
|
Menanya :
-Peserta
didik menanggapi contoh jenis limbah yang disajikan oleh guru.
-Kemungkinan
peserta didik akan menanyakan tentang:
1. Apa sajakah jenis-jenis limbah?
2. Apa perbedaan limbah organik dan anorganik?
3. Apa dampak limbah terhadap
lingkungan?
|
|||
-Guru menjelaskan konsep limbah dan daur
ulang melalui media powerpoint secara singkat berbantu peta konsep.
-Guru membentuk peserta didik kedalam
4 kelompok
-Guru membagikan LKS kepada peserta didik
-Guru mempersilahkan peserta didik mencari informasi
melalui pengamatan lingkungan sekitar dan studi literatur dari buku maupun internet
untuk mengerjakan LKS.
-Guru menilai sikap peserta didik dalam
diskusi kelompok.
|
Mencoba/
Mencari Informasi:
-Peserta didik memperhatikan penjelasan singkat
guru terkait konsep limbah dan daur ulang.
-Peserta didik duduk secara berkelompok.
-Setiap perwakilan kelompok
mengambil LKS yang diberikan oleh guru
-Peserta didik melakukan pengamatan dan menggali
informasi yang dibutuhkan dalam diskusi LKS.
|
3 menit
|
||
|
|
-Guru meminta peserta didik berdiskusi dengan
menjawab pertanyaan yang terdapat dalam LKS.
-Guru membimbing peserta didik dalam
menjawab pertanyaan dalam LKS.
-Guru
membimbing/menilai kemampuan peserta didik mengolah hasil.
|
Menalar :
-Peserta didik memulai berdiskusi bersama
kelompoknya dan menjawab pertanyaan dalam LKS
|
8 menit
|
-Guru
meminta perwakilan kelompok peserta didik menyampaikan hasil diskusi LKS di
depan kelas.
-Guru meminta peserta didik lain
untuk memperhatikan penjelasan kelompok lain dan mempersilahkan untuk menambahkan atau menyanggah hasil
diskusi.
-Guru
memberi umpan balik dari kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik melalui
penjelasan konsep limbah dan daur ulang.
-Guru menilai keterampilan menyaji peserta didik dan berkomunikasi
melalui presentasi.
|
Mengkomunikasikan :
-Perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi
di depan kelas.
-Peserta didik memperhatikan penjelasan dan menambahkan atau menyanggah hasil diskusi kelompok lain.
-Peserta didik mendengarkan konfirmasi guru sebagai
penguatan konsep limbah dan daur ulang.
|
8 menit
|
||
3.
|
Penutup
|
-Guru bersama peserta didik menarik
kesimpulan terkait pembelajaran limbah dan daur ulang.
-Guru memberikan evaluasi berupa soal pilihan ganda.
-Guru memberi tugas pada siswa “Dari limbah
yang ada di rumah, buatlah produk hasil daur ulang sederhana yang dapat kamu
lakukan” dikumpulkan pada pertemuan berikutnya dilakukan secara berkelompok
sesuai dengan kelompok diskusi.”
-Guru mengakhiri pelajaran dan mengucapkan
salam penutup
-Guru meninggalkan kelas
|
-Perwakilan peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran limbah dan daur
ulang.
-Peserta didik menjawab soal evaluasi yang
diberikan oleh guru.
-Peserta didik mencatat tugas yang diberikan
oleh guru.
-Peserta didik menjawab salam penutup dari
guru.
-Peserta didik meninggalkan kelas
|
4 menit
|
J.
Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian
a. Penilaian Sikap:
·
Observasi
b. Penilaian
Pengetahuan:
·
Penugasan
·
Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan:
·
Kinerja
2.
Bentuk instrumen penilaian :
a.
Penilaian sikap :
·
Lembar Observasi Sikap Spiritual (terlampir)
·
Lembar Observasi Sikap Sosial (terlampir)
b.
Penilaian pengetahuan :
·
Lembar Kerja Siswa (terlampir)
·
Pilihan Ganda (terlampir)
c.
Penilaian keterampilan :
• Lembar Penilaian Kinerja (terlampir)
No comments:
Post a Comment