RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Limbah dan Daur Ulang Limbah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan           : SMA NEGERI 2 Tambun Selatan
Mata Pelajaran                 : Biologi
Kelas/Semester                 : X/ 2
Materi Pokok                   : Limbah dan Daur Ulang Limbah
Alokasi Waktu                 : 1 x 30 menit

A.      Kompetensi Inti
KI 1     :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2    :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3    : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4    :    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar
1.1 Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek, dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas.
3.12 Mengidentifikasi jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah serta membuat produk daur ulang limbah.
4.16  Membuat produk daur ulang limbah yang dapat bermanfaat bagi kehidupan.

C.      Indikator
1.1.1        Menunjukkan perilaku menjaga dan menyayangi lingkungan hidup sebagai manifestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1.1    Menunjukkan sikap kepekaan, tanggungjawab, dan kepeduliaan terhadap permasalahan lingkungan hidup.
3.12.1  Menjelaskan pengertian limbah
3.12.2  Mengidentifikasi jenis-jenis limbah berdasarkan asal, jenis/sifat kimianya, dan bentuk fisiknya.
3.12.3  Mengidentifikasi dampak yang dapat ditimbulkan oleh limbah
3.12.4 Menjelaskan daur ulang limbah sebagai upaya penanggulangan berbagai jenis limbah.
4.16.2  Membuat produk daur ulang limbah yang dapat bermanfaat bagi kehidupan.

D.      Tujuan Pembelajaran
Setelah proses menggali/meneliti; kajian pustaka; pengamatan, dan berdiskusi; peserta didik dapat :
1.      Menjelaskan pengertian limbah melalui studi literatur secara tepat
2.      Mengelompokkan jenis-jenis limbah berdasarkan asal, jenis/sifat kimianya, dan bentuk fisiknya secara tepat melalui studi literatur dan pengamatan lingkungan sekitar.
3.      Menentukan dampak yang dapat ditimbulkan oleh limbah secara tepat melalui studi literatur.
4.      Mengetahui manfaat daur ulang limbah dan menemukan solusi yang tepat terhadap permasalahan limbah melalui studi literatur.
5.      Menyajikan produk daur ulang limbah melalui presentasi proyek secara tepat.




E.       Materi Pembelajaran
·      Materi Fakta
1.        Berbagai gambar/Foto
2.        Berbagai produk daur ulang limbah
                                   
   Gambar 1 Pencemaran       Gambar 2 Limbah       Gambar 3 Daur Ulang Limbah

·         Materi Konsep
1.        Jenis-jenis limbah
Berdasarkan Jenisnya
A.      Limbah organik adalah limbah yang dapat diuraikan secara sempurna oleh proses biologi dan mudah membusuk, seperti sisa makanan, sayuran, daun-daunan kering, potongan-potongan kayu, dan sebagainya.
B.       Limbah anorganik adalah limbah yang tidak bisa diuraikan oleh proses biologi. Limbah ini tidak dapat diuraikan oleh organisme detrivor atau dapat diuraikan tetapi dalam jangka waktu yang lama. Limbah ini tidak dapat membusuk, oleh karena itu dapat dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk lainnya.
Berdasarkan bentuknya
A.      Limbah Padat adalah hasil buangan industri  maupun domestik yang berupa padatan, lumpur atau bubur yang berasal dari suatu proses pengolahan, ataupun sampah yang dihasilkan dari kegiatann rumah tangga, kegiatan perdagangan, perkantoran, peternakan, pertanian serta dari tempat-tempat umum.
B.       Limbah Cair adalah limbah yang dikeluarkan oleh pabrik ataupun domestik yang berbentuk cair, yang biasanya dibuang langsung ke saluran perairan, kali ataupun selokan.
C.      Limbah Gas adalah limbah yang disebabkan oleh sumber alami maupun sebagai hasil aktivitas manusia yang berbentuk molekul-molekul gas dan pada umumnya  memberikan dampak buruk terhadap makhluk hidup dan lingkungan
D.      Limbah B3 berdasarkan BAPEDAL (1995) ialah setiap bahan sisa atau limbah suatu kegiatan proses produksi yang mengandung bahan berbahaya dan beracun karena sifat (toxicity, flammability, reactivity, dan corrosivity) serta konsentrasi atau jumlahnya yang baik secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak dan mencemarkan lingkungan, atau membahayakan kesehatan manusia.

2.        Daur Ulang Limbah
Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemprosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga dalam proses hierarki sampah 3R (reuse, recycle, and reduce).

3.        Manfaat Daur Ulang Limbah
Daur ulang mempunyai beberapa manfaat, antara lain sebagai berikut:
a.    Mengurangi jumlah limbah untuk mengurangi pencemaran atau kerusakan lingkungan
b.    Mengurangi penggunaan bahan atau sumber daya alam dan menjaga keseimbangan ekosistem makhluk hidup di suatu lingkungan tertentu.
c.    Mendapatkan penghasilan karena dapat dijual ke masyarakat

4.        Limbah yang Dapat Didaur Ulang
Jenis material limbah yang dapat dimanfaatkan melalui proses daur ulang adalah sebagai berikut.
Kertas : Semua jenis kertas dapat didaur ulang, misalnya kertas koran dan kardus.
Pecah belah: Botol kecap, botol sirop, gelas, piring. atau kaca yang telah pecah dapat didaur ulang untuk membual botol, gelas, atau piring yang baru.
Sampah organik: Sampah organik mudah terurai sehingga sisa makanan dan daun-daunan dapat didaur ulang menjadi kompos. Kompos dapat dimanfaatkan sendiri atau dijual untuk pupuk tanaman.

5.        Limbah yang Dapat Langsung Dimanfaatkan Ulang
Sebagian limbah dapat dimanfaatkan kembali secara langsung tanpa melalui proses daur ulang. Limbah yang dapat dimanfaatkan secara langsung adalah sebagai berikut.
Ampas tahu: Ampas tahu dapat digunakan sebagai bahan makanan ternak. Ampas tahu mengandung gizi tinggi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan ternak.
Eceng gondok: Eceng gondok dapat menjadi limbah perairan jika populasinya terlalu banyak. Eceng gondok dapat dimanfaatkan untuk membuat barang kerajinan. seperti tas.

·      Materi Prinsip
1.        Limbah berbahaya bagi kesehatan manusia dan berdampak pada kerusakan lingkungan.
2.        Pada umumnya limbah atau sampah dapat dimanfaatkan melalui daur ulang
3.        Limbah atau sampah memiliki nilai ekonomi

·      Materi Prosedur
1.        Langkah-langkah Daur Ulang Limbah
Untuk memudahkan proses daur ulang dan pemanfaatan ulang, langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
A.      Pemisahan
Limbah yang akan didaur ulang atau dimanfaatkan ulang dipisahkan dengan limbah yang harus dibuang ke tempat pembuangan. Pastikan material limbah tersebut kosong dan akan lebih baik jika dalam keadaan bersih. Limbah tersebut misalnya kaleng bekas, tripleks, plastik, dan botol bekas.



B.       Penyimpanan
Limbah yang sudah dipisahkan tadi disimpan dalam kotak yang tertutup. Usahakan setiap kotak yang tertutup hanya berisi satu jenis material limbah tertentu, misalnya kertas bekas atau botol bekas. Jika akan membuat kompen, timbunlah limbah rumah tangga, misalnya sisa makanan atau sayuran, pada lokasi pembuatan kompos.
C.      Pengirimam atau penjualan
Barang-barang yang sudah terkumpul dapat dijual ke pabrik yang membutuhkan material bekas sebagai bahan baku atau dapat juga dijual atau diberikan ke pemulung.

F.       Penekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan Saintifik
Model : Pembelajaran Inkuiri
Metode:
·         Ceramah
·         Diskusi
·         Kerja kelompok
·         Tanya jawab

G.      Media Pembelajaran
·           Multimedia presentasi:
·       Power point tentang limbah
·       Laptop.
·       LCD Proyektor
·       Papan tulis
·           Gambar lingkungan bersih dan lingkungan yang rusak
·           Media asli : plastik minuman kemasan, daun kering, air deterjen, minyak wangi
·           LKS
·           Buku sumber
·           Internet




H.      Sumber Belajar
·           Buku
1.      Aryulina, Dyah. 2006. Biologi SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
2.      Maryati, Sri, Bambang Suseno dkk. 2014.  Biologi untuk SMA/MA kelas X Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta : Erlangga
3.      Pratiwi, D.A, Srikini, Sri, dkk. 2012. Biologi SMA/MA X. Jakarta : Erlangga.
4.      Yani, Riana, dkk. 2009. Biologi I SMA dan MA Kelas X (BSE). Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
·           Internet

1.    Limbah B3. http://lh.surabaya.go.id/weblh/?c=main&m=limbahb3.

2.    Limbah Mengancam Ekosistem dan Kesehatan. http://banjarmasin.tribunnews.com/2015/03/05/limbah-mengancam-ekosistem-dan-kesehatan

3.    Pecahan limbah dan Material Daur Ulang. http://www.ssi-schaefer.co.id/pengolahan-limbah/penampung-sampah-dan-daur-ulang/pecahan-limbah-dan-material-daur-ulang.html.


I.         Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Langkah Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta didik
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
-Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar peserta didik.
-Guru mengajak peserta didik berdoa
-Guru mengecek kehadiran peserta didik.

-Peserta didik menjawab salam dan sapaan dari guru.
-Peserta didik memulai berdoa sebelum awal pembelajaran dimulai.
-Peserta didik menjawab pertanyaan guru.
4 menit
Apersepsi
-Guru menampilkan gambar/foto lingkungan yang bersih dan lingkungan yang tercemar.
-Guru menanyakan pada peserta didik dari kedua gambar tersebut mana yang kalian pilih? Mengapa demikian? Apa saja yang kalian temukan dari gambar tersebut?
-Peserta didik mengamati gambar yang diperlihatkan oleh guru dan menjawab pertanyaan guru.

Motivasi
-Guru menyampaikan ayat Al-Quran yang berkaitan dengan dampak limbah terhadap lingkungan.
“Lingkungan yang bersih dan nyaman akan terhindar dari penyakit sedangkan lingkungan yang sangat kotor disebabkan karena adanya sampah yang dibuang sembarangan sehingga menyebabkan dampak negatif bagi lingkungan kita. Selain itu kebersihan sebagian dari iman.”
-Guru mencoba mengaitkan kembali materi pencemaran pada pokok bahasan sebelumnya dengan berbagai jenis limbah sebagai penyebab pencemaran.
-Guru menyampaikan KD dan indikator pembelajaran.
-Peserta didik mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.
-Peserta didik menjawab pertanyaan guru dengan mengingat kembali pokok bahasan pencemaran.
-Peserta didik mendengarkan guru menyampaikan KD dan indikator pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
-Guru menampilkan gambar contoh jenis-jenis limbah dan meminta peserta didik mengidentifikasi perbedaan jenis limbah tersebut.
Mengamati
-Peserta didik mengamati gambar yang ditampilkan oleh guru dan mengidentifikasi perbedaan jenis limbah tersebut.
3 menit
-Guru memotivasi peserta didik untuk menanyakan/menanggapi berbagai contoh jenis limbah yang disajikan oleh guru.
Menanya :
-Peserta didik menanggapi contoh jenis limbah yang disajikan oleh guru. 
-Kemungkinan peserta didik akan menanyakan tentang:
1. Apa sajakah jenis-jenis limbah?
2. Apa perbedaan limbah organik dan anorganik?
3. Apa dampak limbah terhadap lingkungan?
-Guru menjelaskan konsep limbah dan daur ulang melalui media powerpoint secara singkat berbantu peta konsep.
-Guru membentuk peserta didik kedalam 4 kelompok
-Guru membagikan LKS kepada peserta didik
-Guru mempersilahkan peserta didik mencari informasi melalui pengamatan lingkungan sekitar dan studi literatur dari buku maupun internet untuk mengerjakan LKS.
-Guru menilai sikap peserta didik dalam diskusi kelompok.
Mencoba/ Mencari Informasi:
-Peserta didik memperhatikan penjelasan singkat guru terkait konsep limbah dan daur ulang.
-Peserta didik duduk secara berkelompok.
-Setiap perwakilan kelompok mengambil LKS yang diberikan oleh guru
-Peserta didik melakukan pengamatan dan menggali informasi yang dibutuhkan dalam diskusi LKS.
 3 menit


-Guru meminta peserta didik berdiskusi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam LKS.
-Guru membimbing peserta didik dalam menjawab pertanyaan dalam LKS.
-Guru membimbing/menilai kemampuan peserta didik mengolah hasil.
Menalar :
-Peserta didik memulai berdiskusi bersama kelompoknya dan menjawab pertanyaan dalam LKS

8 menit
-Guru meminta perwakilan kelompok peserta didik menyampaikan hasil diskusi LKS di depan kelas.
-Guru meminta peserta didik lain untuk memperhatikan penjelasan kelompok lain dan mempersilahkan  untuk menambahkan atau menyanggah hasil diskusi.
-Guru memberi umpan balik dari kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik melalui penjelasan konsep limbah dan daur ulang.
-Guru menilai keterampilan menyaji peserta didik dan berkomunikasi melalui presentasi.
Mengkomunikasikan :
-Perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.
-Peserta didik memperhatikan penjelasan dan menambahkan atau menyanggah hasil diskusi kelompok lain.
-Peserta didik mendengarkan konfirmasi guru sebagai penguatan konsep limbah dan daur ulang.

8 menit
3.
Penutup
-Guru bersama peserta didik menarik kesimpulan terkait pembelajaran limbah dan daur ulang.
-Guru memberikan evaluasi berupa soal pilihan ganda.
-Guru memberi tugas pada siswa “Dari limbah yang ada di rumah, buatlah produk hasil daur ulang sederhana yang dapat kamu lakukan” dikumpulkan pada pertemuan berikutnya dilakukan secara berkelompok sesuai dengan kelompok diskusi.”
-Guru mengakhiri pelajaran dan mengucapkan salam penutup
-Guru meninggalkan kelas
-Perwakilan peserta didik bersama guru  menyimpulkan hasil pembelajaran limbah dan daur ulang.
-Peserta didik menjawab soal evaluasi yang diberikan oleh guru.
-Peserta didik mencatat tugas yang diberikan oleh guru.
-Peserta didik menjawab salam penutup dari guru.
-Peserta didik meninggalkan kelas


4 menit




J.        Penilaian
1.      Jenis/teknik penilaian
a. Penilaian Sikap:
·         Observasi     
b. Penilaian Pengetahuan:
·         Penugasan
·         Tes Tertulis
c.       Penilaian Keterampilan:
·         Kinerja
2.      Bentuk instrumen penilaian :
a.      Penilaian sikap :
·         Lembar Observasi Sikap Spiritual (terlampir)
·         Lembar Observasi Sikap Sosial (terlampir)
b.      Penilaian pengetahuan :
·         Lembar Kerja Siswa (terlampir)
·         Pilihan Ganda (terlampir)
c.       Penilaian keterampilan :
•     Lembar Penilaian Kinerja (terlampir)


No comments:

Post a Comment