Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Jenis-jenis Limbah
|
Penanganan limbah
|
Daur ulang Limbah
|
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Peserta
didik mampu mengetahui jenis-jenis limbah
· Limbah
hasil berbagai kegiatan manusia
·
Limbah berdasarkan komponen
penyusunnya
-
Limbah Organik
-
Limbah Anorganik
-
Limbah B3
·
Limbah berdasarkan wujudnya
-
Limbah Padat
-
Limbah Cair
-
Limbah Gas
|
Peserta
didik mampu menjelaskan penanganan limbah
Penanganan
Limbah Organik
Penanganan
Limbah Anorganik
·
Penanganan Limbah Padat
-
Penimbunan (Landfill)
-
Pembakaran (Incineration)
·
Penanganan Limbah Cair
-
IPLCD
·
Penanganan Limbah Gas
-
Filter Udara
-
Pengendap Siklon (Siclon Separator)
|
Peserta
didik dapat memahami proses dan produk daur ulang limbah
·
Langkah-langkah daur ulang
·
Jenis bahan limbah yang dapat di
daur ulang dan produknya
·
Konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle)
·
Manfaat daur ulang imbah
|
Mengapa
penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan
kurikulum]
|
Peserta
didik dapat mengetahui macam-macam limbah sebagai penyebab berbagai
pencemaran lingkungan hidup
|
Peserta didik dapat memahami perbedaan penanganan
limbah berdasarkan komponen penyusun dan wujudnya
|
Peserta
didik dapat mengetahui langkah-langkah dan
manfaat daur ulang limbah bagi lingkungan
Mengetahui
pemanfaatan produk daur ulang yang bernilai ekonomis
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide
ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Konsep limbah khususnya limbah B3 memiliki
jenis yang sangat banyak berdasarkan sifat bahannya, maka dalam
mengidentifikasi jenis limbah tersebut dibutuhkan contoh gambar dan
penggunaan simbol-simbol jenis zat sehingga memudahkan peserta didik untuk
membedakannya.
|
Kesulitan yang dihadapi peserta didik yaitu
peserta didik harus dapat memahami setiap proses penanganan limbah yang
dilakukan dalam skala industri maka dibutuhkan skema proses pengolahan yang
lebih sederhana dan mudah dipahami peserta didik
|
Pembuatan
produk daur ulang limbah membutuhkan ide dalam memerapkan langkah-langkah
proses daur ulang dan keterampilan
para peserta didik dalam menciptakan produk yang bermanfaat.
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Menampilkan
beberapa gambar pencemaran lingkungan hidup dan meminta peserta didik
menyebutkan jenis limbah penyebab kerusakan lingkungan tersebut
|
Menampilkan
gambar tahapan penanganan limbah oleh sebuah industri sehingga peserta didik
dapat menjelaskan jenis penanganan limbah berdasarkan bentuk maupun komponen
penyusunnya
|
Menampilkan
berbagai contoh produk daur ulang yang bermanfaat dan meminta siswa
menyebutkan konsep 3R dalam daur ulang limbah
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan
tentang strategi instruksional dan representasi]
|
Menampilkan
gambar berbagai jenis limbah berdasarkan kategorinya sehingga memudahkan
peserta didik untuk mengidentifikasinya
|
Menampilkan
video contoh proses penanganan limbah organik dan anorganik sehingga peserta
didik lebih mudah memahami perbedaan keduanya.
|
Membuat
produk daur ulang limbah berdasarkan bahan atau materi yang digunakan
misalnya dompet dan tas dari limbah plastik sehingga peserta didik dapat
mengetahui langkah-langkah daur ulang dan membuat produk daur ulang
|
Mengidentifikasi
cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan
tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan
peserta didik:
·
Meminta peserta didik menyebutkan
jenis-jenis limbah dan menjelaskan perbedaan limbah organik dan anorganik
|
Meminta
peserta didik menyebutkan beberapa cara penanganan limbah
· Penjelasan
peserta didik tentang penanganan limbah organik seperti pengomposan
·
Penjelasan peserta didik tentang
penanganan limbah anorganik seperti pembakaran (incineration)
|
Menilai
akurasi prediksi peserta didik untuk menentukan pemahaman siswa:
·
Prediksi dampak negatif yang
ditimbulkan oleh limbah sebagai bahan pencemar
·
Prediksi manfaat limbah dalam
bentuk produk daur ulang yang memiliki nilai ekonomis
|
Konten Representasi (CORE) Limbah dan Daur Ulang Limbah
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment