RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Protista

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SMAN 103 JAKARTA
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester          : X/I
Materi Pokok             : Protista
Alokasi Waktu           : 1 X 30 menit
A.  Kompetensi Inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.  Kompetensi Dasar
3.5 Mengidentifikasi ciri-ciri umum filum dalam kingdom protista dan perannya bagi kehidupan berdasarkan pengamatan    
C.  Indikator :
3.5.1 Menjelaskan ciri-ciri umum kingdom protista (mirip tumbuhan)
3.5.2 Mengklasifikasikan protista mirip tumbuhan berdasarkan pigmen warna
3.5.3 Menyebutkan contoh-contoh protista mirip tumbuhan
3.5.4 Menyebutkan peranan protista mirip tumbuhan bagi kehidupan
D.  TujuanPembelajaran :
1.      Agar peserta didik dapat menjelaskan tentang ciri umum kingdom protista (mirip tumbuhan) dalam diskusi kelompoknya dan peserta didik menuliskannya dalam bentuk portofolio
2.      Agar peserta didik dapat mengklasifikasikan protista mirip tumbuhan berdasarkan pigmen warna dalam diskusi kelompok dan menuliskan pada portofolio
3.      Agar peserta didik dapat menyebutkan contoh-contoh protista mirip tumbuhan dalam diskusi kelompoknya dan menuliskanya dalam bentuk portofolio
4.      Agar peserta didik dapat menyebutkan peranan protista mirip tumbuhan bagi kehidupan dalam diskusinya dan ditulis dalam portofolio
E.  Materi Pembelajaran :

F.   Metode Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi
·         Portofolio
G. Media Pembelajaran :
·      Media
1.      Papan tulis
2.      Laptop
·      Alat dan Bahan
1.      Alat tulis
2.      LCD
3.      Buku pelajaran
H.  Sumber Belajar
1.    Arif Priadi. 2009. Biologi SMA Kelas X. Jakarta : Yudhistira

I.     Langkah-langkah Pembelajaran

Tahapan
Sintaks
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Pembukaan
Memastikan kesiapan peserta didik, mengabsen dan pendahuluan dengan doa
Merespon kesiapan pada guru dan berdoa untuk mengawali pembelajaran
3 menit
Apersepsi
Guru menstimulus peserta didik untuk membangun apersepsi dan menanyakan kesimpulan materi sebelumnya
Peserta didik menjawab pertanyaan guru


Menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yang harus dicapai kepada peserta didik
Mendengerkan apa yang dikatakan guru dengan seksama
Pembagian kelompok
Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok besar

Kegiatan Inti
Mengamati

Guru terlebih dahulu menampilkan gambar tentang protista mirip tumbuhan dan memberikan penjelasan sedikit mengenai protista mirip tumbuhan
Peserta didik memperhatikan ppt dan penjelasan dari guru tersebut
4 menit
Menanya

Guru meminta peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang diamati dalam ppt
Peserta didik bertanya jika ada yang tidak jelas mengenai penjelasan dari guru dan ppt yang ditampilkan
Mencoba

Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi mengenai klasifikasi protista mirip tumbuhan
Peserta didik mendiskusikannya dan mencari informasi dari buku paket mereka
13 menit
Menalar

Guru memantau diskusi yang dilakukan peserta didik dengan mendatangi satu persatu kelompok diskusi dan menyuruh peserta didik membuat resume dalam bentuk portofolio  mengenai protista tersebut
Peserta didik memahami apa yang telah mereka diskusikan dan mencatat hasil diskusiannya
Mengkomunikasikan
Guru memberikan kesempatan pada perwakilan kelompok untuk mengemukakan hasil diskusinya, jika ada penjelasan dari setiap kelompok tersebut yang kurang guru akan menambahkannya
Peserta didik mengemukakan hasil diskusinya
7 menit
Penutup
Kesimpulan
Guru mengevaluasi ketercapaian indikator dengan menampilkan tabel untuk diisi oleh peserta didik
Peserta didik mengisi tabel yang telah disediakan
3 menit

Salam
Guru memberi salam kepada peserta didik
Peserta didik menjawab salam

J.    Penilaian
Tekhnik penilaian yang digunakan adalah
·         Portofolio
·         Penilaian antar peserta didik
Instrumen penilaian yang digunakan adalah
·      Uraian
·      Lembar penilaian antar peserta didik
CONTOH LEMBAR INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF
No.
Indikator
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
Menjelaskan ciri-ciri umum kingdom protista (mirip tumbuhan)
Sebutkan ciri-ciri dari filum Chrysophyta ?
Uniseluler, hidup diair tawar atau laut, memiliki klorofil a dan c, karoten, xantofil serta fukosantin
20
2
Mengklasifikasikan protista mirip tumbuhan berdasarkan pigmen warna
Protista mirip tumbuhan dibagi menjadi 4 filum yaitu Chlorophyta, Chrysophyta, Rhodophyta, Phaeophyta berdasarkan
Pigmen warna
20
3
Menyebutkan contoh-contoh protista mirip tumbuhan
Sebutkan contoh spesies dari filum Chlorophyta (min.3)
Ulva, Chlorella, Ulothrix, Protococcus
20
4
Menyebutkan peranan protista mirip tumbuhan bagi kehidupan
Salah satu jenis ganggang yang digunakan untuk membuat agar-agar adalah
Rhodophyta
20


Asam alginat yang digunakan sebagai pembuatan eskrim di ekstraksikan dari anggota filum
Phaeophyta
20


CONTOH LEMBAR PENILAIAN ANTAR  TEMAN
NO
NAMA
ASPEK
JUMLAH SCORE
NILAI
1
2
3
4
5
6
7























Keterangan Aspek :
  1. Keaktifan
  2. Kesediaan menerima pendapat
  3. Tanggung jawab dalam tugas
  4. Inisiatif dalam mengambil keputusan
  5. Kepedulian terhadap kesulitan yang dialami sesama teman
  6. Kepedulian dalam  memberi kesempatan yang dialami sesama teman
  7. Kemampuan mendorong aktivitas kerja kelompok

*) Ketentuan:
·           1 = jika peserta didik sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·           2 = jika peserta didik kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator,  tetapi belum konsisten
·           3 = jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·           4 = jika peserta didik konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·           5 = jika peserta didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
Nilai  =  (Jumlah skor   x 100)/35




No comments:

Post a Comment