RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMAN 103 JAKARTA
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/I
Materi Pokok :
Protista
Alokasi Waktu :
1 X 30 menit
A. Kompetensi Inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
3.5 Mengidentifikasi ciri-ciri umum filum dalam kingdom
protista dan perannya bagi kehidupan berdasarkan pengamatan
C.
Indikator :
3.5.1 Menjelaskan ciri-ciri umum kingdom protista
(mirip tumbuhan)
3.5.2 Mengklasifikasikan protista mirip tumbuhan berdasarkan
pigmen warna
3.5.3 Menyebutkan contoh-contoh protista mirip
tumbuhan
3.5.4 Menyebutkan peranan protista mirip tumbuhan
bagi kehidupan
D.
TujuanPembelajaran :
1.
Agar peserta didik
dapat menjelaskan tentang ciri umum kingdom
protista (mirip tumbuhan) dalam
diskusi kelompoknya dan peserta
didik menuliskannya
dalam bentuk portofolio
2.
Agar peserta didik dapat
mengklasifikasikan protista mirip tumbuhan berdasarkan pigmen warna dalam
diskusi kelompok dan menuliskan pada portofolio
3.
Agar peserta didik dapat
menyebutkan contoh-contoh protista mirip tumbuhan dalam diskusi kelompoknya dan
menuliskanya dalam bentuk portofolio
4.
Agar peserta didik dapat menyebutkan
peranan protista mirip tumbuhan bagi kehidupan dalam diskusinya dan ditulis
dalam portofolio
E.
Materi Pembelajaran :
F.
Metode Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Portofolio
G.
Media Pembelajaran :
· Media
1. Papan tulis
2. Laptop
· Alat dan Bahan
1. Alat tulis
2. LCD
3. Buku pelajaran
H. Sumber Belajar
1.
Arif Priadi. 2009. Biologi SMA Kelas
X. Jakarta : Yudhistira
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahapan
|
Sintaks
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan/Kegiatan Awal
|
Pembukaan
|
Memastikan kesiapan peserta didik, mengabsen dan pendahuluan dengan doa
|
Merespon kesiapan pada guru dan berdoa untuk mengawali pembelajaran
|
3 menit
|
Apersepsi
|
Guru menstimulus peserta didik untuk membangun apersepsi dan menanyakan
kesimpulan materi sebelumnya
|
Peserta didik menjawab pertanyaan guru
|
||
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yang harus dicapai kepada
peserta didik
|
Mendengerkan apa yang dikatakan guru dengan seksama
|
||
Pembagian kelompok
|
Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok besar
|
|
||
Kegiatan Inti
|
Mengamati
|
Guru terlebih dahulu menampilkan gambar
tentang protista mirip tumbuhan dan memberikan penjelasan sedikit mengenai protista
mirip tumbuhan
|
Peserta didik memperhatikan ppt dan penjelasan dari
guru tersebut
|
4 menit
|
Menanya
|
Guru meminta peserta didik untuk bertanya mengenai apa
yang diamati dalam ppt
|
Peserta didik bertanya jika ada yang tidak jelas
mengenai penjelasan dari guru dan ppt yang ditampilkan
|
||
Mencoba
|
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
berdiskusi mengenai klasifikasi protista mirip tumbuhan
|
Peserta didik mendiskusikannya dan mencari informasi
dari buku paket mereka
|
13 menit
|
|
Menalar
|
Guru memantau diskusi yang dilakukan peserta didik
dengan mendatangi satu persatu kelompok diskusi dan menyuruh peserta didik
membuat resume dalam bentuk portofolio mengenai protista tersebut
|
Peserta didik memahami apa yang telah mereka diskusikan
dan mencatat hasil diskusiannya
|
||
Mengkomunikasikan
|
Guru memberikan kesempatan pada perwakilan kelompok
untuk mengemukakan hasil diskusinya, jika ada penjelasan dari setiap kelompok
tersebut yang kurang guru akan menambahkannya
|
Peserta didik mengemukakan hasil diskusinya
|
7 menit
|
|
Penutup
|
Kesimpulan
|
Guru mengevaluasi ketercapaian indikator dengan menampilkan tabel untuk
diisi oleh peserta didik
|
Peserta didik mengisi tabel yang telah disediakan
|
3 menit
|
|
Salam
|
Guru memberi salam kepada peserta didik
|
Peserta didik menjawab salam
|
J. Penilaian
Tekhnik
penilaian yang digunakan adalah
·
Portofolio
·
Penilaian antar peserta didik
Instrumen penilaian yang digunakan adalah
·
Uraian
·
Lembar penilaian antar peserta didik
CONTOH LEMBAR
INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF
No.
|
Indikator
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Menjelaskan ciri-ciri
umum kingdom protista (mirip tumbuhan)
|
Sebutkan ciri-ciri dari filum Chrysophyta ?
|
Uniseluler, hidup diair tawar atau laut, memiliki
klorofil a dan c, karoten, xantofil serta fukosantin
|
20
|
2
|
Mengklasifikasikan protista mirip tumbuhan
berdasarkan pigmen warna
|
Protista mirip tumbuhan dibagi menjadi 4 filum
yaitu Chlorophyta, Chrysophyta,
Rhodophyta, Phaeophyta berdasarkan
|
Pigmen warna
|
20
|
3
|
Menyebutkan contoh-contoh protista mirip
tumbuhan
|
Sebutkan contoh spesies dari filum Chlorophyta (min.3)
|
Ulva,
Chlorella, Ulothrix, Protococcus
|
20
|
4
|
Menyebutkan peranan protista mirip tumbuhan
bagi kehidupan
|
Salah satu jenis ganggang yang digunakan untuk
membuat agar-agar adalah
|
Rhodophyta
|
20
|
|
|
Asam alginat yang digunakan sebagai pembuatan
eskrim di ekstraksikan dari anggota filum
|
Phaeophyta
|
20
|
CONTOH
LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
NO
|
NAMA
|
ASPEK
|
JUMLAH
SCORE
|
NILAI
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Aspek :
- Keaktifan
- Kesediaan
menerima pendapat
- Tanggung jawab dalam tugas
- Inisiatif
dalam mengambil keputusan
- Kepedulian
terhadap kesulitan yang dialami sesama teman
- Kepedulian dalam
memberi kesempatan yang dialami sesama teman
- Kemampuan
mendorong aktivitas kerja kelompok
*) Ketentuan:
·
1 = jika peserta didik sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku
yang tertera dalam indikator
·
2 = jika peserta didik kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator, tetapi belum
konsisten
·
3 = jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator
·
4 = jika peserta didik konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera
dalam indikator
·
5 = jika peserta didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator
Nilai = (Jumlah skor
x 100)/35
No comments:
Post a Comment