Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide BesarA
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Mekanisme pertahanan tubuh
|
Antigen
dan antibodi.
|
Dampak
yang jika terjadi ketidakseimbangan sistem pertahanan tubuh
|
|
Mengidentifikasi tujuan
pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Siswa harus memahami mekanisme pertahanan tubuh :
·
Tubuh
memiliki sistem pertahanan yang berlapis-lapis
·
Memiliki
dua lapisan kekebalan yaitu kekebalan nonspesifik dan kekebalan spesipik
|
Siswa harus memahami konsep antigen dan antibodi :
· Sistem imun pada manusia berfungsi untuk mempertahankan tubuh
dari serangan antigen yang memasuki tubuh.
· Antigen adalah suatu benda asing (dapat berupa protein, asam
nukleat, polisakarida dan mikroorganime (bakteri dan virus) yang memasuki
tubuh manusia.
· Antibodi adalah suatu zat yang dibentuk oleh tubuh yang berfungsi
untuk melawan zat asing (antigen) yang masuk ke dalam tubuh.
|
Siswa memprediksi dampak
yang jika terjadi ketidakseimbangan sistem pertahanan tubuh :
·
Ketidakseimbangan
, baik kekurangan maupun kelebihan, dalam sistem pertahanan tubuh dapat
menimbulkan berbagai penyakit
|
Mengapa penting bagi
siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan
kurikulum]
|
Mekanisme pertahanan tubuh sangat penting untuk melindungi tubuh baik
dari dalam ataupun luar tubuh.
·
Sebagai
penghalang masuknya penyakit.
·
Melawan
bakteri dan virus.
|
Antigen dan antibodi
·
Memegang
peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh
· Antigen merupakan substansi kimia yang merangsang sistem imun
·
Antobodi
protein yang dibentuk sebagai respon terhadap antigen
|
Dampak yang jika terjadi ketidakseimbangan sistem pertahanan
tubuh
·
Agar dapat
mencegah penyakit yang yang timbul akibat terjadi ketidalseimbangan sistem
pertahanan tubuh
·
Menjaga keseimbangan
sistem pertahanan tubuh
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide
ini.
[Pengetahuan siswa
sebagai peserta didik]
|
Mekanisme pertahanan tubuh
·
Interaksi
antara tubuh seorang dan benda asing memberi kekebalan.
|
Antigen dan antibodi
·
Kompleks
antigen dan antibodi
·
Peranan
antigen dan antibodi dalam sistem kekebalan tubuh
|
Dampak yang jika terjadi ketidakseimbangan sistem pertahanan
tubuh Fase respon kekebalan tubuh :
·
Memprediksi
penyakit apa yang timbul dari kekurangan atau kelebihan dalam sistem
pertahanan tubuh
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
·
Pentingnya
memahami mekanisme pertahanan tubuh yang berlapis yang melindungi dari
penyakit
|
·
Mengetahui
perbedaan anatara antigen dengan antibodi
|
·
Mengetahui
penyakit apa yang timbul dari ketidakseimbangan sistem pertahanan tubuh
|
Strategi pengajaran
dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan
strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan
representasi]
|
·
Menjawab
pertanyaan yang diajukan dalam lembar kerja yang berkaitan dengan mekanisme
pertahanan tubuh
|
·
Memberikan
gambaran umum tentang antobodi dan antigen dengan metode ceramah
|
·
Memberikan
siswa lembar kerja untuk di diskusikan kelompok tentang penyakit yang terkait
dengan sistem imun
|
Mengidentifikasi cara
memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Menanyakan siswa:
·
Meminta
siswa untuk menjelaskan sistem kekebalan tubuh
|
Menyakan siswa :
·
Meminta
siswa untuk menjelaskan perbedaan antara antibodi dengan antigen, dan
menyebutkan nama yang termasuk antibodi dan mana yang antigen
|
·
Siswa memberikan
kesimpulan dari lembar kerja yang diberikan guru
|
CoRe (Core Representation) Sistem imun
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment