RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sistem Ekskresi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Identitas Sekolah                : SMA/MA
Mata Pelajaran                   : Biologi
Kelas/Semester                    : XI/Genap
Materi Pokok                      : Sistem Ekskresi
Alokasi Waktu                    : 1x30 menit (1 Pertemuan)

A.    Kompetensi Inti :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong-royong, kerja sama, toleran, dan damai), santun, responsif, dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban, terkait penyebab fenomena, dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah,menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak, terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar           :
3.9.Mengaitkan antar struktur, fungsi, dan proses serta   kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan membandingkannya dengan hewan ikan dan serangga.
4.14.Melakukan percobaan uji kandungan urine pada orang normal dan diabetes melitus serta menganalisis kaitannya pada struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia.

C.    Indikator                          :
3.9.1.      Memahami konsep sistem ekskresi manusia.
3.9.2.      Memahami struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia.
3.9.3.      Menjelaskan cara kerja organ ekskresi manusia
3.9.4.      Menyebutkan hasil pengeluaran organ ekskresi manusia.

D.    Tujuan Pembelajaran     :
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
1.      Melalui studi literatur peserta didik dapat memahami struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia secara tepat.
2.      Melalui studi literatur peserta didik dapat menjelaskan cara kerja sistem ekskresi pada manusia secara tepat.
3.      Melalui studi literatur peserta didik dapat menyebutkan hasil pengeluaran organ  ekskresi pada manusia secara tepat.


E.     Materi Pembelajaran

Ekskresi adalah proses pengeluaran zat hasil metabolisme sel yang tidak lagi digunakan oleh tubuh dan akan dikeluarkan bersama urine, keringat, atau uap air hasil pernapasan. Alat ekskresi yang dimiliki hewan invertebrata, vertebrata ataupun manusia berbeda-beda. Manusia memiliki alat ekskresi yaitu hati, paru-paru, kulit, dan ginjal.
Proses pembentukan urine dalam tubuh manusia dibedakan menjadi tiga tahap yaitu tahap filtrasi (penyaringan), tahap reabsorpsi (penyeraan kembali), dan tahap augmentasi (pengeluaran zat). Gangguan pada sistem ekskresi meliputu penyakit diabetes insipidus, diabetes melitus, albuminaria, nefritis, uremia, oedema, dan batu ginjal.
         
Organ penyusun sistem ekskresi pada manusia.
a.         Ginjal
Ginjal tersusun atas kulit ginjal (korteks), sumsum ginjal (medula ginjal), dan rongga ginjal (piala ginjal/pelvis). Pada kortek terdapat jutaan alat penyaring yang disebut neuron. Di dalam ginjal terjadi serangkaian proses pembentukan urine yang meliputi penyaringan (filtrasi). Reabsorbsi (penyerapan kembali) dan augmentasi ( pengeluaran zat yang sudah tidak diperlukan lagi.
b.        Kulit
Kulit sebagai alat ekskresi, kulit berfungsi mengeluarkan keringat dan zat-zat yang terlarut di dalamnya, terutama garam dapur dan air.
c.         Paru-paru
Paru-paru (pulmo) terletak di dalam rongga dadadi atas difragma . Diafragma adalah sekat antara rongga dada dan rongga perut. Paru-paru dibungkus selaput selaput paru-paru yang disebut pleura.
d.        Hati merupakan kelenjar terbesar yang terletak dirongga perut sebelah kanan, berwarna merah tua beratnya lebih kurang 2 kg. Hati sebagai tempat merubah berbagai zat, termasuk racun.

                           (Peta Konsep Sistem Ekskresi Pada Manusia)


F.     Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode      : Ceramah, Cooperative Work Groups, Diskusi Mandiri, dan Tanya-Jawab


G.    Media Pembelajaran
Digital Projector, papan tulis, dan spidol.
Sumber Belajar                  :
Buku sains biologi SMA/MA kelas XI/penerbit : Masmedia









H.    Langkah-Langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik :
a.       Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
Pendahuluan
o  Guru memberikan salam kepada peserta didik dengan ramah.
o Peserta didik menjawab salam guru dengan ramah.
5 menit



o  Guru meminta peserta didik untuk berdoa bersama dan menanyakan kehadiran siswa.
o Peserta didik melakukan doa bersama yang dipimpin oleh ketua murid (KM).
o  Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan pertanyaan berikut ini :
“Apakah kalian pernah berkeringat ? mengapa ?”
o Peserta didik mendengarkan guru dan menjawab pertanyaan dari guru. Jawabawan yang diharapkan akan muncul :
1.      Ya, karena kepanasan/suhu tinggi.
2.      Ya, karena olahraga.
o  Guru memberikan motivasi pada peserta didik : “Kita hendaknya selalu bersyukur dengan apa yang telah Allah berikan, gunakanlah tubuh ini untuk hal-hal yang bermanfaat”
o Peserta didik mendengarkan motivasi yang diberikan guru
o  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan meminta siswa untu duduk secara berkelompok yang telah dibentuk sebelumnya.
o Peserta didik mendengarkan guru dan duduk secara berkelompok.

b.      Kegiatan Inti
No
Pendekatan
Saintifik
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi waktu
1
Mengamati
o  Guru menampilkan dan menjelaskan  materi tentang sistem ekskresi  manusia menggunakan dengan PPT
o   Peserta didik mengamati meteri yang disampaikan oleh guru.
o   Peserta didik mencatat poin-poin penting dari materi yang disampaikan oleh guru.
3 menit
2
Menanya
o   Guru memotivasi dan membimbing  peserta didik untuk membuat pertanyaan tentang :
a.       Struktur jaringan dari alat  ekskresi manusia.
b.      Hubungan antara struktur  dengan mekanisme fungsi sistem ekskresi manusia.
o   Dengan menggunakan papan tulis dan spidol, guru mencatat pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh siswa.
o   Peserta didik mengajukan pertanyaan, baik pertanyaan faktual atau pertanyaan hipotesis. Pertanyaan yang diharapkan muncul mengenai :
a.       Struktur jaringan dari alat  ekskresi manusia.
b.      Hubungan antara struktur  dengan mekanisme fungsi sistem ekskresi manusia.
2 menit
3
Mencoba/Mengumpulkan Informasi
o   Empat  kelompok belajar membahas  materi masing-masing  yaitu
¨  Kel. 1 à Ginjal
¨  Kel. 2 à Kulit
¨  Kel. 3 à Paru-Paru
¨  Kel. 4 à Hati
o   Guru membagian LKS Sistem Ekresi
o   Guru membicarakan poin-poin penting diskusi kepada peserta didik yaitu mengenai struktur dan fungsi organ ekskresi manusia.
o   Guru memberikan siswa alamat website yang dapat diakses sebagai sumber pembelajaran dari internet (ada di sumber belajar)
o   Melalui studi  literatur (ada di sumber belajar) peserta didik secara berkelompok mengumpulkan informasi mengenai  struktur dan fungsi organ ekskresi manusia.
o   Peserta didik secara berkelompok mengumpulkan informasi mengenai  struktur dan fungsi organ ekskresi manusia melalui sumber buku/internet yang telah disediakan (ada di sumber belajar)
5 menit
4
Menalar
o   Guru membimbing dan mengamati kegiatan diskusi  yang dilakukan oleh peserta didik.
o   Guru meminta siswa untuk menyimpulkan hasil diskusinya.
o   Selama proses diskusi guru memperhatikan situasi secara keseluruhan, termasuk memberikan dorongan dan bantuan terhadap kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik.
o   Peserta didik mendiskusikan dan mengolah informasi mengenai jaringan penyusun organ ekskresi manusia.
o   Peserta didik menyimpulkan hasil diskusinya.
5 menit
5
Mengkomunikasikan
o   Guru menilai hasil diskusi yang dipresentasikan sebagai hasil belajar kelompok peserta didik tersebut
o   Tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kesimpulan secara singkat dan jelas.
o   Kelompok yang lain menyimak hasil diskusi yang dipresentasikan kelompok temannya.
o   Peserta didik melakukan tanya-jawab singkat berdasarkan materi yang dipresentasikan kelompok temannya.
5  menit


Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta didik
Alokasi Waktu
Penutup
o   Guru bersama peserta didik melakukan refleksi dengan menyimpulkan dan mereview hasil pembelajaran.
o   Guru memberikan umpan balik/konfirmasi mengenai hasil diskusi peserta didik.
o Peserta didik bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.
o Peserta didik menyimak konfirmasi yang berikan oleh guru.


3 menit
o  Guru memberikan apresiasi kepada semua kelompok dan memberikan penghargaan berupa pujian.
o Peserta didik memperhatikan guru dan memberikan apresiasi kepada tiap kelompok untuk saling menghargai.
o Guru memberi salam kepada peserta didik
o Peserta didik menjawab salam.
c.       Kegiatan Penutup








I.       Penilaian
Teknik dan Bentuk Instrumen
1.    Sikap Spiritual
Teknik Penilaian              : Nontes (Penilaian Diri)    
Instrumen Penilaian         : Lembar Penilaian Diri


INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)

A.        Petrunjuk Umum
1.    Instrument penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Penilaian Diri.
2.    Instrunen ini dimulai diisi peserta didik untuk menilai dirinya sendiri.
B.        Petunjuk Pengisisan
Berdasarkan perilaku kalian selama dua minggu terakhir, nialialah sikap diri kalian dengan memberi tanda centang (√) pada kolom  skor  pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang dinyatakan.
C.        Lembar Penilaian Diri
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama Peserta Didik            : …..…..
Kelas/Semester                   : ………
Hari/Tanggal Pengisian       : ……....
Tahun Pelajaran                 : ………
Butir Nilai                          : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator Sikap                   :           
1.      Berdo’a sebelum memulai pembelajaran
2.      Memberi salam sebelum dan sesudah memberi pendapat/presentasi
3.      Menghubungkan peristiwa pewarisan sifat dengan ajaran agama






















2.    Sikap Sosial













2.      Sikap Sosial
Teknik Penilaian              : Non Tes (Penilaian Antarteman)  
Instrumen Penilaian         : Lembar Penilaian Antarteman
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK)

A.       Petrunjuk Umum
1.    Instrument penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Penilaian Antarpeserta Didik.
2.    Instrunen ini dimulai diisi peserta didik untuk menilai pesertadidik lain/temannya.
B.       Petunjuk Pengisisan
Berdasarkan perilaku teman kalian selama dua minggu terakhir, nialialah sikap temanmu dengan memberi tanda centang (√) pada kolom  skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Penilaian Antarpeserta Didik dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang dinyatakan.
C.       Lembar Penilaian Antarpeserta Didik
LEMBAR PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK
Nama Peserta Didik yang dinilai       : …..…..
Kelas/Semester                                 : ………
Hari/Tanggal Pengisian                     : ……....
Tahun Pelajaran                                : ………
Butir Nilai                                         : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


Indikator Sikap                                 :
                               1.      Memiliki rasa ingin tahu
                               2.      Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
                               3.      Menghargai pendapat orang lain
Sikap
Pernyataan
Skor
4
3
2
1
Tanggung Jawab
Temanku tekun dan melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.




Temanku bertanggung jawab dalam bekerja secara individu dan kelompok.




Toleransi
Temanku menerima perbedaan dengan orang lain dalam hal sikap, perilaku, tradisi, suku, bahasa, dan agama.




Temanku menghargai  pendapat orang lain.




Kritis
Temanku memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.




Jumlah Skor




Nilai




Petunjuk penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat baik     :apabila memperoleh nilai 3,20-4,00 (80-100)
Baik                 :apabila memperoleh nilai 2,80-3,19 (70-79)
Cukup             :apabila memperoleh skor 2,40-2,79 (60-69)
Kurang                        :apanila memperoleh skor kurang 2,40 (kurang dari 60 %)











3.    Pengetahuan (kognitif)
Tes Tulis                      : Uraian
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
TES TERTULIS PILIHAN GANDA (PG)

Jawablah soal dengan tepat !

Indikator
Soal
Kunci Jawaban
Skor
3.9.1.Memahami konsep sistem ekskresi manusia
1.    Proses pengeluaran zat-zat yang sudah tidak berguna dari dalam tubuh manusia disebut...
a.       Eliminasi
b.      Defekasi
c.       Ekresi
d.      Sekresi
e.       Gutasi

C.  Ekresi

2
3.9.2.Memahami struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia.

2.      Lapisan kulit yang senantiasa tumbuh membentuk sel baru adalah stratum ....
a.       Granulosum
b.      Lusidum
c.       Korneum
d.      Korium
e.       Germinavitum

E.  Germinavitum

2
3.9.3.Menjelaskan cara kerja organ ekskresi manusia

3.      Proses pembentukan urine dalam ginjal melalui tiga tahap, yaitu secara berturut-turut...
a.       Filtrasi-augmentasi-reabsorsi
b.      Filtrasi- reabsorpsi-ugmentasi
c.       Reabsorpsi-augmentasi-filtrasi
d.      Reabsorpsi-filtrasi-augmentasi
e.       Augmentasi-filtrasi-reabsorpsi

B.       Filtrasi- reabsorpsi-ugmentasi

2
3.9.4.Menyebutkan hasil pengeluaran organ ekskresi manusia.

4.      Hasil sampingan pembongkaran protein didalam jaringan adalah....
a.       Asam amino, NH4, amoniak
b.      Asam amino, NH3, uap air
c.       Air , NH3, amoniak
d.      H2O, CO2, amoniak
e.       Asam amino, NH3, CO2

D.    H2O, CO2, dan amoniak

2
3.9.2.Memahami struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia.
5.      Berikut ini yang bukan fungsi hati adalah...
a.       Menyimpan gula dalam bentuk glikogen
b.      Tempat pembongkaran sel darah merah
c.       Menawarkan racun yang masuk ke tubuh
d.      Tempat pembongkaran dan pembentukan protein
e.       Menghasilkan enzim-enzim pencernaan
E.     Menghasilkan enzim-enzim pencernaan
2



























4.      Psikomotorik (Keterampilan)
            Teknik                           : Nontes
            Instrumen                      : Rubrik Portofolio


INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP PSIKOMOTORIK
(LEMBAR PORTOFOLIO)

A.    Petunjuk Umum
1.    Instrument penilaian sikap psikomotorik ini berupa Lembar Portofolio.
2.    Instrunen ini dimulai diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.    Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda, nialialah sikap setiap peserta didik Anda dengan dengan memberi tanda centang () pada kolom  skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Portofolio dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang diamati.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang diamati.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati.
Skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang diamati.
C.      Lembar Portofolio
LEMBAR PORTOFOLIO
Nama Peserta Didik            : …..…..
Kelas/Semester                   : ………
Hari/Tanggal Pengisian       : ……....
Tahun Pelajaran                 : ………
Butir soal                              : Membuat peta pikiran (mapping mind) tentang struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
NO.
Kriteria Penialian
Hasil pengamatan
1
2
3
4
1.
Laporan dikumpulkan tepat waktu




2.
Penulisan laporan rapih dan sistematis




3.
Referensi yang dipakai resmi dan relevan




4.
Kesimpulan sesuai dengan tujuan diskusi




5.
Tidak plagiat




Jumlah




Nilai




Petunjuk penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat baik     :apabila memperoleh nilai 3,20-4,00 (80-100)
Baik                 :apabila memperoleh nilai 2,80-3,19 (70-79)
Cukup             :apabila memperoleh skor 2,40-2,79 (60-69)
Kurang                        :apanila memperoleh skor kurang 2,40 (kurang dari 60 %)



No comments:

Post a Comment