RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1
Babelan
Mata
Pelajaran
: BIOLOGI
Kelas/Semester
: X/I
Materi
Pokok
: Arcahebacteria dan Eubacteria
Alokasi
Waktu : 1X30’
A. Kompetensi
Inti
KI.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
KI.2 Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
KI.3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.1Mengagumi, menjaga, melestarikan
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek dan
permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya
|
1.1.1
Mengagumi keanekaragaman jenis Monera(Arcahebacteria dan Eubacteria)
|
2.1 Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi di
dalam kelas maupun di luar kelas
|
2.1.1
Menunjukkan sikap ilmiah terhadap pembelajaran archaebacteria dan eubacteria
dalam kehidupan
|
3.4Mengidentifikasi
ciri-ciri archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi
kehidupan berdasarkan percobaan secara teliti dan sistematis
|
3.4.1Menjelaskan ciri-ciri dan struktur
archaebacteria dan eubacteria
3.4.2Mengetahui manfaat dan kerugian archaebacteria dan eubacteria
|
4.6 Melakukan
percobaan pengamatan koloni bakteri pada medium buatan dari berbagai lokasi
(ruang terbuka, tempat lembab, lingkungan bersih) dan menghubungkannya dengan
penanggulanggannya menggunakan desinfektan, sabun, antis, karbol, dan
lain-lain serta melaporkannya dalam bentuk laporan
|
4.6.1Melakukan percobaan (Eksperimen)
dengan mengamati bentuk bakteri pada media pembiakan.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta Didik Dapat Menghargai karunia Tuhan dengan memanfaatkan
Archaebacteria dan eubacteria secara benar
2. Peserta Didik Dapat Menunjukkan sikap ilmiah terhadap Archaebacteria
dan eubacteria
3. Peserta didik Dapat menjelaskan ciri dan struktur eubacteria
4. Peserta didik Dapat menjelaskan peranan eubacteria
D. Materi
Pembelajaran
(Terlampir)
(Terlampir)
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintific
Metode :
1.
Ceramah
2.
Tanya Jawab
3.
Contextual Learning(CTL)
Model : Quantum Learning
F.
Sumber Belajar
Sudjadi, Bagod dan Siti
Laila.2012.Biologi Sains dalam Kehidupan SMA Kelas X
Semester 1.Jakarta: Yudhistira
Semester 1.Jakarta: Yudhistira
G.
Media Pembelajaran
1. Media
-Power Point
-Buku Paket
-Buku Paket
-Lagu
2.
Alat dan Bahan
- LCD
-Papan Tulis
-Papan Tulis
-Spidol
-Speaker
H. Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
Salam, do’a
dan absensi
|
Mengucapkan
salam, berdo’a dan memeriksa kehadiran peserta didik.
|
Mempersiapkan
diri untuk mengikuti proses belajar mengajar
|
1 Menit
|
Motivasi
|
Memberikan motivasi
dan membangkitkan perhatian siswa dengan pemutaran video eubacteria
|
Menyimak dan
memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru.
|
1 Menit
|
||
Apersepsi
|
Memberikan apersepsi dengan mengaitkan tentang
archaebacteri dan eubacteria
|
Mengaitkan dengan pengetahuan sebelumnya
|
2 Menit
|
||
Menyampaikan
Tujuan
|
Menyampaikan
garis besar tujuan pembelajaran
|
Peserta didik membacakan KD dan Tujuan
|
2 Menit
|
||
2.
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
|
Menyajikan contoh gambar kerugian dan manfaat serta ciri dan struktur
eubacteria
|
Mengamati(melihat dan mendengar)
|
5 Menit
|
Menanya
|
Guru menyatakan beberapa pernyataan untuk memancing
peserta didik bertanya
|
Mengapa bakteri lebih dikenal sebagai hal
yang menyebabkan sakit?
Apa fungsi flagel untuk bakteri?
|
2 Menit
|
||
Mencoba
|
Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba dengan
membaca sumber lain dan memberikan soal
|
Peserta didik membaca sumber lain serta
mengerjakan soal (Dengan games berkelompok)
|
8 Menit
|
||
Menalar
|
Guru mempersilakan peserta didik untuk menyampaikan
informasi yang sudah didapatkan
|
Peserta didik menyampaikan berbagai
pendapat dari pembelajaran yang sudah dilakukan
|
3 Menit
|
||
Mengkomunikasikan
|
Guru mengkonfirmasi setelah peserta didik menjelaskan
|
Peserta didik menyampaikan kesimpulan
dengan lisan
|
3 Menit
|
||
3.
|
Penutup
|
Mengevaluasi
|
Mereview kembali pelajaran dengan menyanyikan lagu dengan
beberapa bagian teks dihilangkan
|
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi (konfirmasi) dengan
menyanyikan lagu
|
2,5 Menit
|
|
|
|
|
||
Salam dan
Do’a
|
Guru menutup pelajaran
|
Peserta didik bersiap mengakhiri
pembelajaran.
|
0,5 Menit
|
I. Penilaian
Hasil Pembelajaran
KI.1 Spritual : Observasi
KI.2 Afektif : Penilaian Diri
KI.3 Kognitif : Tes Tulis
KI.4 Psikomotorik : Daftar Cek
1.
Spritual
Lembar Observasi
Kelas/Semester :
Tahun Pelajaran :
Periode Pengajaran :
Butir Nilai : Mengagumi ciptaan Tuhan karena keanekaragaman jenis
Monera(Arcahebacteria dan Eubacteria)
Indikator Sikap : Contoh
Tahun Pelajaran :
Periode Pengajaran :
Butir Nilai : Mengagumi ciptaan Tuhan karena keanekaragaman jenis
Monera(Arcahebacteria dan Eubacteria)
Indikator Sikap : Contoh
1.
Berusaha
memanfaatkan Arcahebacteria dan Eubacteria secara benar
2.
Berusaha
untuk tidak merusak alam untuk habitat Arcahebacteria
dan Eubacteria
3.
Berusaha
untuk tidak berlebihan dalam penggunaan Arcahebacteria
dan Eubacteria
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Skor
Indikator Sikap Spritual
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Indikator 1
|
Indikator 2
|
Indikator 3
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Dst
|
|
|
|
|
|
Nilai Akhir : Jumlah skor/3
Pedoman Penskoran
GRADE
|
SKOR
|
INDIKATOR KINERJA
|
Kurang
|
21 – 40
|
Menunjukkan sikap kepedulian Archaebacteria dan Eubacteria
sangat kurang
|
Cukup
|
41 – 60
|
Menunjukkan
sikap yang ditunjukkan saat dinilai saja
|
Baik
|
61 – 80
|
Menunjukkan
sikap yang peduli walaupun tidak dalam penilaian.
|
Sangat Baik
|
>81
|
Menunjukkan
sikap yang peduli dilingkungan sekolah bahkan diluar sekolah
|
2.
Sikap Sosial
Lembar Penilaian Antar Peserta Didik
Kelas/Semester :
Tahun Pelajaran :
Periode Pengajaran :
Butir Nilai : Menunjukkan sikap ilmiah terhadap archaebacteria dan
eubacteria dalam kehidupan.
Tahun Pelajaran :
Periode Pengajaran :
Butir Nilai : Menunjukkan sikap ilmiah terhadap archaebacteria dan
eubacteria dalam kehidupan.
No.
|
Nama
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Kepedulian
|
Tanggung jawab
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
6.
|
Skor AKhir/5 =
Hasil
Pedoman
Penskoran
GRADE
|
SKOR
|
INDIKATOR KINERJA
|
Kurang
|
21 – 40
|
jika peserta
didik sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indicator
|
Cukup
|
41 – 60
|
jika peserta
didik kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator, tetapi belum konsisten
|
Baik
|
61 – 80
|
jika peserta
didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indicator
|
Sangat Baik
|
>81
|
4 = jika peserta didik konsisten memperlihatkan
perilaku yang tertera dalam indikator
|
3.
Pengetahuan
No
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Sebutkan apasaja
bentuk dari
Eubacteria?
|
Kokus(bulat),
Basil(batang) dan spiral
|
5
|
2.
|
Sebutkan ciri-ciri bakteri!
|
Ciri-ciri bakteri
mempunyai struktur: Dinding sel, Membrane plasma, Sitoplasma, Flagel.
|
10
|
3.
|
Sebutkan bentuk-bentuk bakteri
berdasarkan flagelnya!
|
Monotrik, lofotrik, amfitrik,
peritrik, atrik.
|
5
|
4.
|
Sebutkan
minimal 3 manfaat dan kerugian arcahebacteria dan eubacteria ?
|
Bakteri yang
menguntungkan:
1.
Pembusuk sisa-sisa organisme dan sisa-sisa pencernaan makanan
2.
Penghasil zat asam
3.
Penghasil antibiotic dan vaksin
Bakteri merugikan :
1. Clostridium tetani
: Tetanus
2. Diplococcus
pneumonia: Radang paru-paru
3. Mycobacterium
leprae: kusta
|
20
|
TOTAL
|
40
|
Nilai : 40 X 2 = 80
4. Keterampilan
Instrumen Penilaian Praktik
Instrumen Penilaian Praktik
No
|
Indikator
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Menyiapkan
alat dan bahan
|
|
|
|
|
2.
|
Melakukan
praktik
|
|
|
|
|
3.
|
Laporan
hasil pengamatan
|
|
|
|
|
4.
|
Mempresentasikan
hasil praktik
|
|
|
|
|
|
Rerata
skor yang diperoleh
|
|
|
|
|
Nilai Akhir : Jumlah skor/4
Pedoman Penskoran
GRADE
|
SKOR
|
INDIKATOR KINERJA
|
Kurang
|
21 – 40
|
Ada beberapa indikator yang sesuai namun tidak semua
benar
|
Cukup
|
41 – 60
|
Persiapan,
percobaan hingga laporan sesuai,namun kurang inovatif
|
Baik
|
61 – 79
|
Saat
persiapan,percobaan,presentasi hingg laporan sesuai dengan indicator namun
cakupannya tidak terlalu luas
|
Sangat Baik
|
>80
|
Saat
persiapan,percobaan,presentasi hingg laporan sesuai dengan indicator dan
cakupan luas
|
Materi Ajar
Dalam
taksonomi, bakteri diklasifikasikan ke dalam kingdom Monera. Monera
dikategorikan sebagai kingdom yang beranggotakan seluruh organisme prokaryota,
yaitu semua jenis organisme yang tidak memiliki membrane atau selaput inti.
Pada umumnta, organisme prokaryot bersel 1 (uniseluler) dengan bagian-bagian
inti sel tersebar di sitoplasma. Selain bakteri, anggota lain dari kingdom
Monera adalah Cyanopthyta (ganggang hijau-biru). Kingdom Monera dibedakan
menjadi 2 sub kingdom yaitu Archaebacteria dan Eubacteria.
Karakter
Pembeda
|
Archaebacteria
|
Eubacteria
|
Dinding sel
|
Lipopolisakarida
|
Peptidoglikan
|
Lipid pada membrane
sel
|
Rantai C bercabang
|
Rantai C- tidak
bercabang
|
Sensitivitas
terhadap antibiotic
|
Tidak sensitive
|
Sensitive
|
Enzim RNA
polimerase
|
Strukturnya
kompleks (mirip eukaryotic)
|
Struktur kecil
|
Sekuens RNA
|
Mirip eukaryotic
|
Khas bakteri
|
Bakteri
Struktur Tubuh Bakteri
a.
Dinding sel
b. Membrane
plasma
c.
Sitoplasma
d. Flagel
Bentuk Bakteri
a.
Batang (bacillus)
b.
Bulat (coccus)
c.
Koma (vibrio)
d.
Spiral (spirilium)
Berdasarkan Flagel
a.
Tidak berflagel (atrik)
b.
Berflagel 1 (monotrik)
c.
Berflagel> 1 (lofotrik)
d.
Berflagel> 1 letak dikedua ujung (amfitrik)
e.
Berflagel> 1 terletak diseluruh tubuh (peritrik)
Peranan Bakteri
a.
Bakteri yang menguntungkan
1. Pembusuk sisa-sisa organisme dan
sisa-sisa pencernaan makanan
2. Penghasil zat asam
3. Penghasil antibiotic dan vaksin
4. Meningkatkan kesuburan tanah
5. Bakteri pengoksidasi bijih besi
6. Pembuat biogas
b.
Bakteri yang merugikan
No
|
Jenis Bakteri
|
Penyakit yang
Ditimbulkan
|
1
|
Clostridium tetani
|
Tetanus
|
2
|
Diplococcus
pneumonia
|
Radang paru-paru
|
3
|
Mycobacterium
leprae
|
Kusta
|
4
|
Actinomyces bovis
|
Bengkak rahang pada
sapi
|
5
|
Bacillus anthracis
|
Antraks pada sapi,
kerbau dan domba
|
6
|
Brucella abortus
|
Bruselosis pada
sapi
|
7
|
Xanthomonas citri
|
Kanker batang jeruk
|
8
|
Agrobacterium
tumifaciens
|
Kanker batang kopi
|
9
|
Erwinia
tracheiphila
|
Busuk daun labu
|
10
|
Clostridium
botulinum
|
Merusak makanan
dalam kaleng
|
11
|
Leuconostoc
mesentroides
|
Penghasil lender
pada makanan basi
|
Lirik Lagu
Bentuk2 Eubacteria
*Irama Dari sabang-marauke
Sekarang mempelajari bentuk eubacteria
Berdasarkan bentuk dan juga flagelnya
Batang, kokus, spiral itu bentuknya dari eubacteria
Monotrik, amfitrik, lofotrik , peritrik berdasarkan
flagelnya
No comments:
Post a Comment