RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Transformasi Energi dalam Sel dan Metabolisme Sel

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                       : SMP
Mata Pelajaran                             : IPA
Kelas / Semester                           : VII/ 2
Topik                                            : Transformasi Energi dalam Sel dan
  Metabolisme Sel
Alokasi Waktu                             : 1 X 30 menit
1.    Kompetensi Inti
KI 1            : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2            : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3          : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4            : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

2. Kompetensi Dasar
3.6         Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi dalam sel, metabolisme sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis.
4.6         Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
3. Indikator Pembelajaran
a.       Menjelaskan transformasi energi dalam sel
b.      Mengemukakan pengertian metabolisme sel
c.       Menjelaskan anabolisme dan katabolisme
4. Tujuan Pembelajaran
a.       Peserta didik dapat menjelaskan transformasi energi dalam sel
b.      Peserta didik dapat mengemukakan pengertian dari metabolisme sel
c.       Peserta didik dapat membedakan antara anabolisme dan katabolisme.
5. Materi Pembelajaran

1.      Perubahan energi yang terjadi pada mahluk heterotrof akan mengalami  transformasi mulai dari energi potensial berupa energi kimia makanan menjadi energi panas dan energi kinetik . Transformasi energy  tersebut terjadi di dalam organel yang terdapat di dalam sel.
2.       Transformasi Energi oleh klorofil
·            Klorofil adalah zat hijau daun yang terdapat  dalam organel sel tumbuhan yang disebut kloroplas. Klorofil berfungsi dalam fotosintesis
·            Energi radiasi sinar matahari yang ditangkap oleh klorofil berfungsi melancarkan proses fotosintesis. Proses tersebut digunakan untuk mereaksikan CO2 dan H2O menjadi glukosa. Selain itu hasil reaksinya menghasilkan Oksigen yang digunakan oleh tumbuhan untuk beraktivitas seperti tumbuh, berkembang dan bernafas. Jadi energi radiasi matahari yang berbentuk energi cahaya diubah menjadi energi potensial dan energi kimiawi yang disimpan dalam molekul karbohidrat dan bahan makanan lainnya dan energi ini dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk beraktivitas (tumbuh dan berkembang) serta dimanfaatkan oleh makhluk hidup lain untuk mengkonsumsi tumbuhan tersebut sehingga energi yang terdapat pada tumbuhan berpindah kedalam tubuh MH lainnya dan menjadi energi potensial. Didalam tubuh MH ini energi akan ditransformasi kembali.
3.      Transformasi Energi oleh Mitokondria
·         Mitokondria adalah  organel yang terdapat dalam sel yang memiliki peran dalam respirasi sel.
·         Didalam Mitokondria energi kimia digunakan untuk mengubah karbohidrat, protein dan lemak
·         Mitokondria banyak terdapat  pada sel otot mahluk hidup dan sel saraf

4.      Metabolisme Sel                                                                                
·      Metabolisme adalah proses kimia yang terjadi dakam tubuh mahluk hidup atau sel metabolisme disebut reaksi enzimatis karena metabolisme terjadi selalu menggunakan katalisator enzim.
·      Metabolisme terdiri atas reaksi pembentukan /sintesis/anabolisme seperti fotosintesis dan reaksi penguraian /katabolisme seperti respirasi. Reaksi katabolisme adalah reaksi yang sifatnya memecah ikatan kimia yang kompleks menjadi ikatan kimia yang lebih sederhana sedangkan reaksi anabolisme adalah reaksi pembentukan molekul sederhana menjadi molekul kompleks
6. Metode Pembelajaran
ü  Diskusi
ü  Tanya Jawab
ü  Menggunakan metode Saintifik

7. Sumber/ Bahan / Alat
   Sumber   :
ü  Buku IPA SMP Kelas VII, PUSKURBUK 2013
ü  Buku IPA yang Relevan

   Bahan   :
1.    Buku kerja peserta didik
2.    Bahan dari internet .
3.    PPT( Power point).
   Alat       :
1.       LCD
2.      Laptop.
7. Langkah-langkah pembelajaran            
No
Kegiatan
Pendekatan saintifik
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta didik
Alokasi waktu
1
pendahuluan
Apersepsi
   Guru masuk kelas dan mengucapkan salam.
   Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin berdoa
    Guru mengecek kehadiran siswa
   Guru meminta siswa mematikan dan menyalahkan lampu di ruang kelas.
   Mengajak  peserta didik untuk melihat dan memikirkan kejadian tersebut, kemudian meminta mereka menyampaikan idenya tentang “Apa yang dilihat?”pendapatnya tentang hal ini.
   Guru menyampaikan indikator dan  tujuan mempelajari materi yang akan diajarkan

   Peserta didik menjawab salam
   Ketua kelas memimpin doa
   Salah satu peserta didik menyalakan dan mematikan lampu
   Peserta didik menyampaikan pendapatnya.
5 menit
2

Kegiatan Inti
Mengamati
  Guru menjelaskan tentang transpormasi energi dalam sel dan metabolisme sel
    Peserta didik memperhatikan penjelasan dari guru.
5 Menit
Menanya
   Menanya
Peserta didik dimotivasi untuk bertanya tentang transformasi energi dalam sel.
    Peserta didik menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan transformasi energi dalam sel. Seperti : “Bagaimana transformasi energi itu terjadi?”
2 Menit
Mencoba
    Guru menyiapkan lembar kerja yang barisi materi yang terkait dengan transformasi energi dalam sel dan metabolisme sel.
   Peserta didik mengamati lembar kerja yang diberikan oleh guru.
3 Menit
Menalar
   Guru memberikan waktu kepada peserta didik untuk melakukan diskusi kelompok untuk menjawab pertanyaan pada lembar kerja yang diberikan oleh guru.
   Mendiskusikan pertanyaan yang ada dalam lembar kerja.

5 Menit
Mengkomunikasikan
   Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing
      Masing-masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi yang telah dilakukan

5 Menit
3
Penutup
Evaluasi
    Guru memberikan kesimpulan secara lisan tentang transpormasi dalam sel dan metabolisme sel
   Guru memberikan evaluasi kepada peserta sesuai dengan indikator
   Guru mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a.
      Peserta didik mendengarkan kesimpulan dari guru
      Menjawab petanyaan yang diberikan oleh guru
      Membaca do’a
5 menit

8. Penilaian
Jenis / Teknik Penilaian
ü  Portofolio (Hasil , Rangkuman)
ü  Observasi  Sikap
ü  Penugasan
ü  Lembar penilaian antar teman



LEMBAR KERJA SISWA
TRANSPORMASI ENERGI DALAM SEL DAN METABOLISME SEL
 


       I.            Kompetensi Dasar
3.6          Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi dalam sel, metabolisme sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis.
4.6         Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
    II.            Tujuan
1.              Peserta didik dapat menjelaskan mekanisme kekebalan tubuh pada  suatu kasus yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

      III.                        Dasar Teori

Transformasi Energi dalam Sel dan Metabolisme Sel

Pada makhluk hidup heterotrof (makhluk hidup yang memanfaatkan sumber makanan organik/makhluk hidup yang tidak mampu merubah senyawa anorganik menjadi senyawa organik) energi bersumber dari makanan yang dikonsumsi. Energi ini akan mengalami transformasi mulai dari energi potensial berupa energi kimia makanan menjadi energi kinetik/ gerak dalam aktivitas makhluk hidup tersebut. Transformasi energi tersebut terjadi di dalam organel yang terdapat di dalam sel.

a.      Transformasi Energi oleh Klorofil

Klorofil merupakan bagian/organel sel tumbuhan umumnya terdapat pada organ daun. Klorofil berfungsi dalam fotosintesis. Energi radiasi sinar matahari yang ditangkap oleh klorofil kemudian diubah menjadi energi kimia melalui proses fotosintesis tersebut. Energi kimia tersebut digunakan untuk mereaksikan CO2 dan H2O menjadi glukosa. Selain menjadi glukosa, hasil reaksinya menghasilkan energi yang dapat digunakan oleh tumbuhan untuk beraktivitas, seperti tumbuh, berkembang, dan bernapas. Jadi, energi radiasi matahari yang berbentuk energi kinetik diubah menjadi energi potensial dan energi kimiawi yang disimpan dalam molekul karbohidrat dan bahan makanan lainnya.
b.      Transformasi Energi oleh Mitokondria

Mitokondria adalah organel yang terdapat di dalam sel, yang memiliki peran dalam respirasi sel. Di dalam mitokondria energi kimia digunakan untuk mengubah karbohidrat dan senyawa lainnya sebagai energi ikatan fosfat melalui respirasi sel untuk oksidasi DNA, RNA, protein, dan lemak. Mitokondria banyak terdapat pada sel-sel otot makhluk hidup dan sel-sel saraf.

Metabolisme adalah segala proses reaksi kimia yang terjadi di dalam makhluk hidup, mulai makhluk hidup bersel satu yang sangat sederhana seperti bakteri, protozoa, jamur, tumbuhan, hewan; sampai mkhluk yang susunan tubuhnya kompleks seperti manuasia. Di dalam proses ini, makhluk hidup mendapat, mengubah dan memakai senyawa kimia dari sekitarnya untuk mempertahankan hidupnya. Metabolisme meliputi proses sintesis (anabolisme) dan proses penguraian (katabolisme) senyawa atau komponen dalam sel hidup.. Semua reaksi metabolisme dikatalis oleh enzim. Hal lain yang penting dalam metabolisme adalah peranannya dalam penawaracunan atau detoksifikasi, yaitu mekanisme reaksi pengubahan zat yang beracun menjadi senyawa tak beracun yang dapat dikeluarkan dari tubuh. Anabolisme dibedakan dengan katabolisme dalam beberapa hal: Anabolisme merupakan proses sintesis molekul kimia kecil menjadi molekul kimia yang lebih besar, sedangkan katabolisme merupakan proses penguraian molekul besar menjadi molekul kecil Anabolisme merupakan proses membutuhkan energi, sedangkan katabolisme melepaskan energi Anabolisme merupakan reaksi reduksi, katabolisme merupakan reaksi oksidasi Hasil akhir anabolisme adalah senyawa pemula untuk proses katabolisme Sel merupakan unit kehidupan yang terkecil, oleh karena itu sel dapat menjalankan aktivitas hidup, di antaranya melalui proses metabolisme.


 IV.            Petunjuk Pengerjaan: 
a.       Bentuklah  3 kelompok dalam satu kelas
b.       Diskusikanlah pertanyaan dibawah ini dan gunakan study literatur tentang transpormasi energi dalam sel dan metabolisme sel untuk memperkuat  pemahaman anda.
c.       Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.

Jawablah pertanyaan di bawah ini
1.        Jelaskan pengertian dari Transformasi Energi dalam Sel dan Metabolisme sel?
Jawab :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.        Jelaskan pengertian dari Anabolisme. Berikan contoh serta jelaskan prosesnya?
Jawab :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.        Jelaskan pengertian dari Katabolisme. Berikan contoh serta jelaskan prosesnya?
Jawab :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


INSTRUMEN KOMPETENSI SIKAP SOSIAL
Kompetensi  Inti
            Kompetensi  Dasar
1.             Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

1.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.


Rubrik kompetensi sikap sosial
KRITERIA
INDIKATOR
A
Selalu mengikuti kegiatan diskusi, dan mengemukakan pendapat dengan baik.
B
Sering mengikuti kegiatan diskusi, dan mengemukakan pendapat dengan baik.
C
Kadang-kadang mengikuti kegiatan diskusi, dan mengemukakan pendapat dengan baik.
K
Tidak mengikuti kegiatan diskusi, dan mengemukakan pendapat dengan baik.
Petunjuk:
 Lembar ini diisi oleh Guru untuk menilai sikap sosial peserta didik. Berilah tanda cek (ü) pada kolom skor yang telah tersedia sesuai dengan sikap sosial yang ditunjukkan oleh peserta didik.
1.             Penilaian Sikap Sosial
Non-Test – Penilaian Diri

 Petunjuk:
 Lembar ini diisi oleh Guru untuk menilai sikap sosial peserta didik. Berilah tanda cek (ü) pada kolom skor yang telah tersedia sesuai dengan sikap sosial yang ditunjukkan oleh peserta didik.

Skor:
1.         Kurang, peserta didik tidak pernah melakukannya sama sekali.
2.         Cukup, peserta didik kadang-kadang melakukan.
3.         Baik, peserta didik sering melakukan.
4.         Sangat baik, peserta didik selalu melakukan.
                   Nama                    : _____
                   Kelas/ Semester    : _____
                   Mata Pelajaran     : _____
                   Tanggal                : _____
                                   
No.
Kriteria
Indikator Sikap
Jumlah Skor
4
3
2
1
1.       
Ketekunan Belajar





2.       
Kedisiplinan





3.       
Kerjasama





4.       
Menghargai Guru





5.       
Kejujuran





6.       
Tanggung Jawab






Rubrik Penilaian Sikap Sosial

                   Nama                    : (Diisi oleh Guru)
                   Kelas/ Semester    : VII (Tujuh)/ 1 (Dua) 
                   Mata Pelajaran     : IPA
       Tanggal                : (Menyesuaikan tanggal pada saat penilaian sikap sosial)
 Skor:
1.      Kurang, peserta didik tidak pernah melakukannya sama sekali.
2.      Cukup, peserta didik kadang-kadang melakukan.
3.      Baik, peserta didik sering melakukan.
4.      Sangat baik, peserta didik selalu melakukan.
No.
Kriteria
Indikator Sikap
Jumlah Skor
4
3
2
1
1.       
Ketekunan Belajar
Peserta didik tekun dan rajin dalam belajar.
Peserta didik  tekun tetapi tidak rajin dalam belajar.
Peserta didik kurang tekun dan rajin dalam belajar.
Peserta didik  tidak tekun dan tidak rajin dalam belajar.

2.       
Kedisiplinan
Peserta didik mentaati peraturan sekolah tanpa harus disuruh Guru.
Peserta didik mentaati semua peraturan sekolah dan harus disuruh oleh Guru.
Peserta didik kurang mentaati peraturan sekolah dan harus disuruh oleh Guru.
Peserta didik tidak mentaati peraturan sekolah dan harus disuruh oleh Guru.

3.       
Kerjasama
Peserta didik mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok  dan aktif.
Peserta didik mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok tetapi peserta didik kurang aktif dalam kelompok.
Peserta didik kurang mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok tetapi peserta didik tidak aktif dalam kelompok. 
Peserta didik tidak mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok  dan tidak aktif dalam kelompok.

4.       
Menghargai Guru
Peserta didik menghargai Guru didalam maupun diluar lingkungan sekolah.
Peserta didik menghargai Guru hanya didalam kelas.
Peserta didik kurang menghormati Guru baik didalam maupun diluar lingkungan sekolah. 
Peserta didik tidak menghargai Guru baik didalam maupun diluar lingkungan sekolah.

5.       
Kejujuran
Peserta didik selalu berkata jujur tanpa disuruh dan diawasi oleh Guru.
Peserta didik berkata jujur tetapi dalam pengawasan dan disuruh oleh Guru.
Peserta didik kurang berkata jujur walaupun didalam pengawasan dan disuurh oleh Guru.
Peserta didik tidak pernah berkata jujur.

6.       
Tanggung Jawab
Peserta didik selalu bertanggung jawab dalam semua tugas tanpa pengawasan oleh Guru.
Peserta didik bertanggung jawab dalam semua tugas dan dengan pengawasan oleh Guru.
Peserta didik kadang bertanggung jawab dalam semua tugas dan dengan pengawasan oleh Guru. 
Peserta didik tidak bertanggung jawab dalam semua tugas.

Format penilaian
Nilai :
Jumlah Skor   X 100
   20










INSTRUMEN PENGETAHUAN
Indikator
Soal
Kunci Jawaban
Skor
Menjelaskan transformasi energi dalam sel

1.  Apa yang dimaksud dengan transformasi energi dalam sel ?
Transformasi energi dalam sel adalah memanfaatkan sumber makanan organik/makhluk hidup yang tidak mampu merubah senyawa anorganik menjadi senyawa organik) energi bersumber dari makanan yang dikonsumsi.
20
Menjelaskan transformasi energi dalam sel terjadi

2.    energi dapat ditransformasi kembali dengan bantuan ?
·            Transformasi Energi oleh Klorofil
·            Transformasi Energi oleh mitokondria
10
Mengemukakan pengertian metabolisme sel

3.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan metabolisme sel dan reaksi apa  saja yang terjadi dalam metabolisme sel ?
Metabolisme sel adalah susunan dari proses kimia yang memungkinkan suatu organisme untuk merespon lingkungan, mengekstrak energi, tumbuh, berkembang biak serta mempertahankan dirinya.
Reaksi yang terjadi dalam metabolisme sel :
·         Reaksi anabolisme
·         Reaksi katabolisme
25
Menjelaskan anabolisme dan katabolisme

4.     Jelaskan apa yang dimaksud anabolisme dan katabolisme, serta berikan contoh?
         Anabolisme adalah suatu peristiwa perubahan senyawa sederhana menjadi senyawa kompleks. misalnya : energi cahaya untuk fotosintesis, energi kimia untuk kemosintesis.
        Katabolisme adalah reaksi pemecahan atau pembongkaran senyawa kimia kompleks yang mengandung energi tinggi menjadi senyawa sederhana yang mengandung energi lebih rendah. Misalnya respirasi.
20
Menjelaskan anabolisme dan katabolisme

5.     Jelaskan proses dari anabolisme dan katabolisme?
Proses Anabolisme (fotosintesis): 
      CO2  +  H2O  ->  C6H12O6  +  O2
Karbondioksida + Air menghasilkan Glukosa + Oksigen
    - Proses fotosintesis membutuhkan klorofil terjadi di kloroplas
Proses Katabolisme (respirasi):
      C6H12O6  +  O2  ->  CO2  +  H2O 
Glukosa + Oksigen menghasilkan Karbondioksida + Air
    - Proses Katabolisme (respirasi) terjadi di mitokondria
    - Eksergonik adalah membutuhkan energi (glukosa / makanan) proses katabolisme. 
25


No comments:

Post a Comment