Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VII/ 2
Topik :
Transformasi Energi dalam Sel dan
Metabolisme Sel
Alokasi Waktu : 1 X 30 menit
1.
Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI
2 : Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
2. Kompetensi Dasar
3.6
Mengenal konsep
energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi dalam
sel, metabolisme sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis.
4.6
Melakukan
percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
3. Indikator Pembelajaran
a.
Menjelaskan
transformasi energi dalam sel
b.
Mengemukakan pengertian metabolisme sel
c.
Menjelaskan anabolisme dan katabolisme
4. Tujuan Pembelajaran
a. Peserta didik dapat menjelaskan transformasi energi
dalam sel
b. Peserta didik dapat mengemukakan pengertian dari
metabolisme sel
c. Peserta didik dapat membedakan antara anabolisme
dan katabolisme.
5. Materi Pembelajaran
1.
Perubahan
energi yang terjadi pada mahluk heterotrof akan
mengalami transformasi mulai
dari energi potensial berupa energi kimia makanan menjadi energi panas dan
energi kinetik . Transformasi energy
tersebut terjadi di dalam organel yang terdapat di dalam sel.
2. Transformasi Energi oleh klorofil
·
Klorofil
adalah zat hijau daun yang terdapat
dalam organel sel tumbuhan yang disebut
kloroplas. Klorofil berfungsi dalam fotosintesis
·
Energi
radiasi sinar matahari yang ditangkap oleh klorofil berfungsi melancarkan
proses fotosintesis. Proses tersebut digunakan untuk mereaksikan
CO2 dan H2O menjadi glukosa. Selain itu
hasil reaksinya menghasilkan Oksigen
yang digunakan oleh tumbuhan untuk beraktivitas seperti tumbuh, berkembang
dan bernafas. Jadi energi radiasi matahari yang
berbentuk energi cahaya diubah menjadi energi potensial dan energi kimiawi yang
disimpan dalam molekul karbohidrat dan bahan makanan lainnya dan energi ini
dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk beraktivitas (tumbuh
dan berkembang) serta dimanfaatkan
oleh makhluk hidup lain untuk mengkonsumsi tumbuhan tersebut sehingga energi
yang terdapat pada tumbuhan berpindah kedalam tubuh MH lainnya dan menjadi
energi potensial. Didalam tubuh MH ini energi akan
ditransformasi kembali.
3. Transformasi
Energi oleh Mitokondria
·
Mitokondria
adalah organel yang terdapat dalam sel
yang memiliki peran dalam respirasi sel.
·
Didalam
Mitokondria energi kimia digunakan untuk mengubah karbohidrat, protein
dan lemak
·
Mitokondria
banyak terdapat pada sel otot mahluk
hidup dan sel saraf
4.
Metabolisme
Sel
·
Metabolisme
adalah proses kimia yang terjadi dakam tubuh mahluk hidup atau sel metabolisme
disebut reaksi enzimatis karena metabolisme terjadi selalu menggunakan
katalisator enzim.
·
Metabolisme
terdiri atas reaksi pembentukan /sintesis/anabolisme seperti fotosintesis
dan reaksi penguraian /katabolisme seperti respirasi. Reaksi
katabolisme adalah reaksi yang
sifatnya memecah ikatan kimia yang kompleks menjadi ikatan kimia yang lebih
sederhana sedangkan reaksi anabolisme adalah reaksi pembentukan
molekul sederhana menjadi molekul kompleks
6. Metode Pembelajaran
ü Diskusi
ü Tanya Jawab
ü Menggunakan metode Saintifik
7. Sumber/ Bahan / Alat
Sumber :
ü
Buku
IPA SMP Kelas VII, PUSKURBUK 2013
ü
Buku
IPA yang Relevan
Bahan :
1.
Buku kerja peserta didik
2.
Bahan dari internet .
3.
PPT(
Power point).
Alat :
1. LCD
2. Laptop.
7. Langkah-langkah pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Pendekatan
saintifik
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Peserta didik
|
Alokasi
waktu
|
1
|
pendahuluan
|
Apersepsi
|
Guru masuk
kelas dan mengucapkan salam.
Guru meminta
salah satu siswa untuk memimpin berdoa
Guru mengecek kehadiran siswa
Guru meminta siswa mematikan dan menyalahkan lampu di ruang
kelas.
Mengajak peserta didik
untuk melihat dan memikirkan kejadian tersebut, kemudian meminta mereka
menyampaikan idenya tentang “Apa yang dilihat?”pendapatnya tentang hal ini.
Guru
menyampaikan indikator dan tujuan
mempelajari materi yang akan diajarkan
|
Peserta didik menjawab salam
Ketua kelas memimpin doa
Salah satu peserta didik menyalakan dan mematikan lampu
Peserta didik menyampaikan pendapatnya.
|
5 menit
|
2
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
|
Guru menjelaskan tentang
transpormasi energi dalam sel dan metabolisme sel
|
Peserta didik memperhatikan penjelasan dari guru.
|
5 Menit
|
Menanya
|
Menanya
Peserta didik
dimotivasi untuk bertanya tentang transformasi energi dalam sel.
|
Peserta didik menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan
transformasi energi dalam sel. Seperti : “Bagaimana transformasi energi itu
terjadi?”
|
2 Menit
|
||
Mencoba
|
Guru menyiapkan lembar kerja yang barisi materi yang terkait
dengan transformasi energi dalam sel dan metabolisme sel.
|
Peserta didik mengamati lembar kerja yang diberikan oleh guru.
|
3 Menit
|
||
Menalar
|
Guru memberikan waktu kepada peserta didik untuk melakukan
diskusi kelompok untuk menjawab pertanyaan pada lembar kerja yang diberikan
oleh guru.
|
Mendiskusikan pertanyaan yang ada dalam lembar kerja.
|
5 Menit
|
||
Mengkomunikasikan
|
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing
|
Masing-masing
perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi yang telah dilakukan
|
5 Menit
|
||
3
|
Penutup
|
Evaluasi
|
Guru memberikan kesimpulan secara lisan tentang transpormasi
dalam sel dan metabolisme sel
Guru memberikan evaluasi kepada peserta sesuai dengan indikator
Guru mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a.
|
Peserta
didik mendengarkan kesimpulan dari guru
Menjawab
petanyaan yang diberikan oleh guru
Membaca
do’a
|
5 menit
|
8. Penilaian
Jenis
/ Teknik Penilaian
ü Portofolio (Hasil , Rangkuman)
ü Observasi Sikap
ü Penugasan
ü Lembar penilaian antar teman
LEMBAR KERJA SISWA
TRANSPORMASI ENERGI DALAM SEL DAN
METABOLISME SEL
I.
Kompetensi Dasar
3.6
Mengenal konsep
energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi dalam
sel, metabolisme sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis.
4.6
Melakukan
percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
II.
Tujuan
1.
Peserta didik dapat menjelaskan mekanisme kekebalan
tubuh pada suatu kasus yang berhubungan
dengan sistem kekebalan tubuh.
III.
Dasar Teori
Transformasi
Energi dalam Sel dan Metabolisme Sel
Pada makhluk hidup heterotrof
(makhluk hidup yang memanfaatkan sumber makanan organik/makhluk hidup yang
tidak mampu merubah senyawa anorganik menjadi senyawa organik) energi bersumber
dari makanan yang dikonsumsi. Energi ini akan mengalami transformasi mulai dari
energi potensial berupa energi kimia makanan menjadi energi kinetik/ gerak
dalam aktivitas makhluk hidup tersebut. Transformasi energi tersebut terjadi di
dalam organel yang terdapat di dalam sel.
a.
Transformasi Energi oleh Klorofil
Klorofil merupakan bagian/organel
sel tumbuhan umumnya terdapat pada organ daun. Klorofil berfungsi dalam
fotosintesis. Energi radiasi sinar matahari yang ditangkap oleh klorofil
kemudian diubah menjadi energi kimia melalui proses fotosintesis tersebut.
Energi kimia tersebut digunakan untuk mereaksikan CO2 dan H2O
menjadi glukosa. Selain menjadi glukosa, hasil reaksinya menghasilkan energi
yang dapat digunakan oleh tumbuhan untuk beraktivitas, seperti tumbuh,
berkembang, dan bernapas. Jadi, energi radiasi matahari yang berbentuk energi
kinetik diubah menjadi energi potensial dan energi kimiawi yang disimpan dalam
molekul karbohidrat dan bahan makanan lainnya.
b.
Transformasi Energi oleh
Mitokondria
Mitokondria adalah organel yang
terdapat di dalam sel, yang memiliki peran dalam respirasi sel. Di dalam
mitokondria energi kimia digunakan untuk mengubah karbohidrat dan senyawa
lainnya sebagai energi ikatan fosfat melalui respirasi sel untuk oksidasi DNA,
RNA, protein, dan lemak. Mitokondria banyak terdapat pada sel-sel otot makhluk
hidup dan sel-sel saraf.
Metabolisme
adalah segala proses reaksi kimia yang terjadi di dalam makhluk hidup, mulai
makhluk hidup bersel satu yang sangat sederhana seperti bakteri, protozoa,
jamur, tumbuhan, hewan; sampai mkhluk yang susunan tubuhnya kompleks seperti
manuasia. Di dalam proses ini, makhluk hidup mendapat, mengubah dan memakai
senyawa kimia dari sekitarnya untuk mempertahankan hidupnya. Metabolisme
meliputi proses sintesis (anabolisme) dan proses penguraian (katabolisme)
senyawa atau komponen dalam sel hidup.. Semua reaksi metabolisme dikatalis oleh
enzim. Hal lain yang penting dalam metabolisme adalah peranannya dalam
penawaracunan atau detoksifikasi, yaitu mekanisme reaksi pengubahan zat yang
beracun menjadi senyawa tak beracun yang dapat dikeluarkan dari tubuh. Anabolisme
dibedakan dengan katabolisme dalam beberapa hal: Anabolisme merupakan proses
sintesis molekul kimia kecil menjadi molekul kimia yang lebih besar, sedangkan
katabolisme merupakan proses penguraian molekul besar menjadi molekul kecil
Anabolisme merupakan proses membutuhkan energi, sedangkan katabolisme
melepaskan energi Anabolisme merupakan reaksi reduksi, katabolisme merupakan
reaksi oksidasi Hasil akhir anabolisme adalah senyawa pemula untuk proses
katabolisme Sel merupakan unit kehidupan yang terkecil, oleh karena itu sel
dapat menjalankan aktivitas hidup, di antaranya melalui proses metabolisme.
IV.
Petunjuk Pengerjaan:
a.
Bentuklah
3 kelompok dalam satu kelas
b.
Diskusikanlah pertanyaan dibawah ini dan
gunakan study literatur tentang transpormasi energi dalam sel dan metabolisme
sel untuk memperkuat pemahaman anda.
c.
Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan
kelas.
Jawablah pertanyaan di bawah ini
1.
Jelaskan
pengertian dari Transformasi Energi dalam Sel dan Metabolisme sel?
Jawab :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Jelaskan
pengertian dari Anabolisme. Berikan contoh serta jelaskan prosesnya?
Jawab :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.
Jelaskan
pengertian dari Katabolisme. Berikan contoh serta jelaskan prosesnya?
Jawab :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
INSTRUMEN KOMPETENSI SIKAP SOSIAL
|
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
1.1
Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
|
Rubrik kompetensi sikap sosial
|
|
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
A
|
Selalu mengikuti kegiatan diskusi, dan mengemukakan pendapat dengan
baik.
|
B
|
Sering mengikuti kegiatan diskusi, dan mengemukakan pendapat dengan
baik.
|
C
|
Kadang-kadang mengikuti kegiatan diskusi, dan mengemukakan pendapat dengan
baik.
|
K
|
Tidak mengikuti kegiatan diskusi, dan mengemukakan pendapat dengan
baik.
|
Petunjuk:
Lembar ini diisi oleh Guru
untuk menilai sikap sosial peserta didik. Berilah tanda cek (ü)
pada kolom skor yang telah tersedia sesuai dengan sikap sosial yang ditunjukkan
oleh peserta didik.
1.
Penilaian
Sikap Sosial
Non-Test
– Penilaian Diri
Petunjuk:
Lembar ini diisi oleh Guru untuk menilai sikap
sosial peserta didik. Berilah tanda cek (ü)
pada kolom skor yang telah tersedia sesuai dengan sikap sosial yang ditunjukkan
oleh peserta didik.
Skor:
1.
Kurang,
peserta didik tidak pernah melakukannya sama sekali.
2.
Cukup,
peserta didik kadang-kadang melakukan.
3.
Baik,
peserta didik sering melakukan.
4.
Sangat
baik, peserta didik selalu melakukan.
Nama : _____
Kelas/ Semester : _____
Mata Pelajaran : _____
Tanggal : _____
No.
|
Kriteria
|
Indikator Sikap
|
Jumlah Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Ketekunan Belajar
|
|||||
2.
|
Kedisiplinan
|
|||||
3.
|
Kerjasama
|
|||||
4.
|
Menghargai Guru
|
|||||
5.
|
Kejujuran
|
|||||
6.
|
Tanggung Jawab
|
Rubrik Penilaian Sikap Sosial
Nama : (Diisi oleh Guru)
Kelas/ Semester : VII (Tujuh)/ 1 (Dua)
Mata Pelajaran : IPA
Tanggal : (Menyesuaikan tanggal pada saat
penilaian sikap sosial)
Skor:
1. Kurang, peserta didik tidak pernah melakukannya sama sekali.
2. Cukup, peserta didik kadang-kadang melakukan.
3. Baik, peserta didik sering melakukan.
4. Sangat baik, peserta didik selalu melakukan.
No.
|
Kriteria
|
Indikator Sikap
|
Jumlah Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Ketekunan Belajar
|
Peserta didik tekun dan rajin dalam belajar.
|
Peserta didik
tekun tetapi tidak rajin dalam belajar.
|
Peserta didik kurang tekun dan rajin dalam
belajar.
|
Peserta didik
tidak tekun dan tidak rajin dalam belajar.
|
|
2.
|
Kedisiplinan
|
Peserta didik mentaati peraturan sekolah tanpa
harus disuruh Guru.
|
Peserta didik mentaati semua peraturan sekolah
dan harus disuruh oleh Guru.
|
Peserta didik kurang mentaati peraturan sekolah
dan harus disuruh oleh Guru.
|
Peserta didik tidak mentaati peraturan sekolah
dan harus disuruh oleh Guru.
|
|
3.
|
Kerjasama
|
Peserta didik mampu bekerjasama dengan baik dalam
kelompok dan aktif.
|
Peserta didik mampu bekerjasama dengan baik dalam
kelompok tetapi peserta didik kurang aktif dalam kelompok.
|
Peserta didik kurang mampu bekerjasama dengan
baik dalam kelompok tetapi peserta didik tidak aktif dalam kelompok.
|
Peserta didik tidak mampu bekerjasama dengan baik
dalam kelompok dan tidak aktif dalam
kelompok.
|
|
4.
|
Menghargai Guru
|
Peserta didik menghargai Guru didalam maupun
diluar lingkungan sekolah.
|
Peserta didik menghargai Guru hanya didalam
kelas.
|
Peserta didik kurang menghormati Guru baik
didalam maupun diluar lingkungan sekolah.
|
Peserta didik tidak menghargai Guru baik didalam
maupun diluar lingkungan sekolah.
|
|
5.
|
Kejujuran
|
Peserta didik selalu berkata jujur tanpa disuruh
dan diawasi oleh Guru.
|
Peserta didik berkata jujur tetapi dalam
pengawasan dan disuruh oleh Guru.
|
Peserta didik kurang berkata jujur walaupun
didalam pengawasan dan disuurh oleh Guru.
|
Peserta didik tidak pernah berkata jujur.
|
|
6.
|
Tanggung Jawab
|
Peserta didik selalu bertanggung jawab dalam
semua tugas tanpa pengawasan oleh Guru.
|
Peserta didik bertanggung jawab dalam semua tugas
dan dengan pengawasan oleh Guru.
|
Peserta didik kadang bertanggung jawab dalam
semua tugas dan dengan pengawasan oleh Guru.
|
Peserta didik tidak bertanggung jawab dalam semua
tugas.
|
Format
penilaian
Nilai :
Jumlah Skor
X 100
20
INSTRUMEN
PENGETAHUAN
Indikator
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
Menjelaskan
transformasi energi dalam sel
|
1. Apa yang dimaksud dengan transformasi energi dalam sel ?
|
Transformasi
energi dalam sel adalah memanfaatkan sumber makanan
organik/makhluk hidup yang tidak mampu merubah senyawa anorganik menjadi
senyawa organik) energi bersumber dari makanan yang dikonsumsi.
|
20
|
Menjelaskan
transformasi energi dalam sel terjadi
|
2.
energi dapat
ditransformasi kembali dengan bantuan ?
|
·
Transformasi Energi
oleh Klorofil
·
Transformasi Energi
oleh mitokondria
|
10
|
Mengemukakan pengertian
metabolisme sel
|
3. Jelaskan apa
yang dimaksud dengan metabolisme sel dan reaksi apa saja yang terjadi dalam metabolisme sel ?
|
Metabolisme sel adalah susunan dari proses
kimia yang memungkinkan suatu organisme untuk merespon lingkungan,
mengekstrak energi, tumbuh, berkembang biak serta mempertahankan dirinya.
Reaksi yang terjadi dalam metabolisme sel :
·
Reaksi
anabolisme
·
Reaksi
katabolisme
|
25
|
Menjelaskan anabolisme
dan katabolisme
|
4. Jelaskan apa
yang dimaksud anabolisme dan katabolisme, serta berikan contoh?
|
Anabolisme adalah suatu peristiwa
perubahan senyawa sederhana menjadi senyawa kompleks. misalnya : energi
cahaya untuk fotosintesis, energi kimia untuk kemosintesis.
Katabolisme adalah reaksi pemecahan
atau pembongkaran senyawa kimia kompleks yang mengandung energi tinggi
menjadi senyawa sederhana yang mengandung energi lebih rendah. Misalnya
respirasi.
|
20
|
Menjelaskan anabolisme
dan katabolisme
|
5. Jelaskan proses
dari anabolisme dan katabolisme?
|
Proses
Anabolisme (fotosintesis):
CO2 + H2O
-> C6H12O6 + O2
Karbondioksida + Air menghasilkan Glukosa +
Oksigen
- Proses fotosintesis
membutuhkan klorofil terjadi di kloroplas
Proses Katabolisme (respirasi):
C6H12O6 +
O2 -> CO2 + H2O
Glukosa + Oksigen
menghasilkan Karbondioksida + Air
- Proses Katabolisme
(respirasi) terjadi di mitokondria
- Eksergonik adalah membutuhkan
energi (glukosa / makanan) proses katabolisme.
|
25
|
No comments:
Post a Comment