Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide BesarA
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Transpormasi Energi dalam Sel
|
Metabolisme Sel
|
Perbedaan
Anabolisme dan Katabolisme
|
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Siswa harus memahami Transpormasi Energi dalam Sel :
·
Transformasi
energi tersebut terjadi di dalam organel yang terdapat di dalam sel.
·
Energi
ini akan mengalami transformasi mulai dari energi potensial berupa energi
kimia makanan menjadi energi kinetik/gerak dalam aktivitas makhluk hidup
tersebut.
|
Siswa harus memahami Metabolisme Sel
· Metabolisme adalah proses-proses kimia yang terjadi di dalam
tubuh makhluk hidup/sel.
· Metabolisme disebut juga reaksi enzimatis, karena metabolisme
terjadi selalu menggunakan katalisator enzim dan berlangsung melalui
respirasi (katabolisme) dan sintesis (anabolisme).
|
Siswa dapat membedakan antara proses anabolisme dan
proses katabolisme.
·
Reaksi
Anabolisme adalah reaksi pembentukan, yaitu pembentukan molekul sederhana
menjadi molekul kompleks.
·
Reaksi
Katabolisme adalah reaksi yang sifatnya memecah ikatan kimia yang kompleks
menjadi ikatan kimia yang lebih sederhana.
|
Mengapa penting bagi
siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan
kurikulum]
|
Transpormasi Energi dalam Sel sangat penting untuk melindungi tubuh baik
dari dalam ataupun luar tubuh.
|
Metabolisme sel sangat penting untuk siswa, karena dengan mengetahui hal
tersebut siswa dapat mengetahui apa saja proses yang terjadi dalam
metabolisme sel.
|
Anabolisme dan katabolisme sangat penting untuk dipelajari karena dengan
itu siswa mampu proses apa yang terjadi pada metabolisme sel pada hewan dan
tumbuhan.
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide
ini.
[Pengetahuan siswa
sebagai peserta didik]
|
Transpormasi Energi dalam Sel
Siswa sulit untuk memahami konsep awal dari
Transpormasi Energi dalam Sel
|
Metabolisme Sel
Enzim yang digunakan mengarahkan aliran materi melalui
jalur-jalur metabolisme dengan cara mempercepat tahapan reaksi secara
selektif.
|
Anabolisme dan Katabolisme
Proses yang terjadi pada Anabolisme dan Katabolisme
|
Mengidentifikasi pengetahuan
siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
·
Pentingnya
memahami Transpormasi Energi dalam Sel, karena dengan memahani hal tersebut
kita dapat mengetahui organel yang terdapat dalam sel.
|
·
Mengetahui
proses yang terdapat pada metabolisme sel (respirasi & fotosintesis)
|
·
Mengetahui
perbedaan Anabolisme dan Katabolisme
|
Strategi pengajaran
dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan
strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan
representasi]
|
·
Menjawab
pertanyaan yang diajukan dalam lembar kerja yang berkaitan dengan Transpormasi
Energi dalam Sel
|
· Memberikan siswa lembar kerja untuk di diskusikan kelompok tentang Metabolisme
Sel.
|
·
Memberikan
gambaran umum tentang reaksi Anabolisme & Katabolisme
|
Mengidentifikasi cara
memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang
Penilaian]
|
Menanyakan siswa:
·
Meminta
siswa untuk menjelaskan Transpormasi Energi dalam Sel.
|
Menyakan siswa :
·
Meminta
siswa untuk menjelaskan Metabolisme Sel dan reaksi apa saja yang ada pada
metabolisme sel
|
· Siswa memberikan kesimpulan dari lembar kerja yang diberikan guru
·
Meminta
siswa untuk menjelaskan perbedaan antara reaksi Anabolisme dan Katabolisme
dengan antigen, dan menyebutkan nama yang termasuk antibodi dan mana yang
antigen
|
CoRe (Core Representation) Transpormasi Energi dalam Sel dan Metabolisme Sel
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment